} Biar Dimuat Terus di media - Bambang Irwanto Ripto

Biar Dimuat Terus di media



"Mas Bambang, bagaimana cara agar dimuat terus di media?"
"Mas, bagi tips dong, biar dimuat terus di media!"
"Boleh tau rahasianya biar dimuat terus, Mas?"

Ehm, pertanyaan seperti itu, sering mampir di inbox saya. Dengan senang hati saya akan menjawabnya. Namun biar semuanya bisa membaca, saya posting saya tulisan ini di blog.
You ready....
Lets go, inilah tips-tips dari saya :

1. Rajin menulis dan mengirim karya
Ini harga mati dan mutlak harus kamu lakukan. Ya iyalah. Masa mau karyanya dimuat, tapi tidak pernah menulis dan mengirim ke media. Jangan cuma mimpi di siang bolong. Tapi harus mewujudkan mimpi-mimpi kita.
Terus, jangan menunggu naskah yang sudah dikirim. Lupakan. Tulis lagi cerita yang baru. terus kirim lagi. Begitu seterusnya.

2. Jangan Pelit
Kalau tulisanmu sudah dimuat di media, kamu pasti senang, dong?
Pastinya. Jingkrak-jingkrak kesenangan, lalu posting di media sosial. Biasanya akan ada ucapan selamat dan pertanyaan-pertanyaan seputar media yang memuat cerita kamu.
Jawablah pertanya-pertanyaan sesuai yang kamu tahu. Misalnya persyaratan kirim media, alamat email atau redaksi, sampai berapa lama pemuatannya.
Kadang juga, ada yang inbox langsung ke kamu. Saya pribadi, dengan senang hati akan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Karena selain pahala, kita juga menyenangkan dan mempermudah jalan orang lain. Kalau teman yang kita kasih tahu itu kirim naskah, terus dimuat, kita juga yang ikut senang. Insya Allah, rejeki kita juga akan terbuka.

3. Harus Fleksibel
Sebagai penulis, kita harus bisa fleksibel menulis ke berbagai media. Jangan galau, langsung bilang ga bisa. Semua bisa di pelajari. Dengan mengirim naskah ke banyak media, tentu saja peluang dimuat semakin besar.

4. Harus Bersyukur.
Kalau dimuat, jangan lupa bersyukur kepada Allah SWT atau Tuhan Yang Maha Esa. Karena saya percaya, apapun yang kita lakukan, ada campur tangan Tuhan dan atas kehendaknya.
Walaupun naskah kita dimuat memang karena sesuai dengan medianya.

5. Berbagi
Setiap habis dimuat, jangan lupa untuk berbagi di sekitar. Tidak harus menyumbang di lembaga resmi, kan. Kasih tukang parkir, tukang sampah, anak-anak sekitar juga boleh.
Insya Allah, rejeki kita akan bertambah lagi.

6. Nulis lagi
Nah, ini penting. kadang setelah dimuat, kita terlena dalam kesenangan. Akhirnya waktu cuma habis narsis sana sini. Cukup sehari saja narsisnya. Besoknya nulis, nulis dan nulis lagi. Biar dimuat terus hehehehe...

Salam semangat menulis






Catatan :
Tips ini dari pengalaman pribadi saya. jadi jangan membanding-bandingkan dengan penulis lain. karena setiap penulis mempunyai cara berbeda-beda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Biar Dimuat Terus di media"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.