Roti Mas Baim

          Hari kamis lalu, tanggal 15 Oktober 2015, pukul 13 lebih sedikit, saya iseng-iseng membuat roti. Roti memang salah satu cemilan favorit keluarga saya. Saat sarapan, atau sekedar teman minum teh. Tapi bisa juga buat menganjal perut hehehe...
      Karena itu, dengan modal nekat, saya memberanikan diri membuat roti. Apalagi saya sudah beberapa kali membuat donat. Jadi mungkin hanya sedikit perbedaanya.
     Setelah berjibaku beberapa jam, akhirnya roti saya jadi. iseng-iseng saya posting di facebook saya. Eh, banyak yang suka, dan ada dua yang membagikan kiriman saya. Komentar juga ramai. Roti saya memang (Rasa-rasanya) lebih enak dibandingkan yang dijual hahahaha... memuji diri sendiri.



       Karena banyak yang minta resepnya, maka dengan senang hati saya tuliskan di sini, ya :

ROTI MAS BAIM KEREN BEKEN HAHAHA :
Bahan :
1. Tepung Terigu 
2. Mentega 1 sachet 200 gram
3. Farnipan 1 sendok teh
4. Gula Pasir setengah gelas sedang
5. Telur 3 biji
6. susu kental manis 2 Sachet
7. garam secukupnya
Cara Membuat :
1. Pertama farnipan dilarutkan dengan air hangat-hangat kuku. Airnya setengah gelas sedang. diaduk sampai membuih. sisihkan.
2. Campurkan gula, telur, mentega, garam. tidak usah dimixer. pakai entong kayu saja. Asal jangan pakai pacul atau sekop. Bahaya hahaha...
Setelah merata, masukkan farnipan.
3. Masukkan 2 Sachet susu kental, diaduk sampai rata.
4. Masukkan terigu sedikit sedikit, sambil diuleni. Pokoknya sampai kalis. Sambil diuleni, dibanting-banting. Biar nanti mengembangnya bagus. Banting-bantinya bisa kok sampai 30 kali. Sekalian olahraga juga hahahhaa
5. Sisihkan adonan sampai mengembang. Jangan lupa tutup pakai kain basah.Biar cepat mengembang, nyalakan lampu atau taruh di atas lampu. jangan taruh di atas atap rumah, apalagi di halaman rumah.
6. Setelah mengembang, bagi adonan menjadi 20 bagian. Lalu buletin. masukkan isi, lalu tunggu mengembang lagi.langsung taruh di atas loyang. Jangan lupa diolesi mentega. jangan diolesi oli, sungguh terlalu hahaha.
7. panaskan oven. setelah panas, masukkan loyang. Pertama, taruh dulu di rak 2. Setelah roti mengembang dan agak merah, pindahkan ke rak 3 paling atas. Setelah kecokelatan, keluarkan dori dari oven. jangan ditinggal tidur. Bisa nangis bombay karena rotinya gosong.
8. Dinginkan roti. Lalu bikin teh manis. Kopi susu juga boleh. Mantap lah. Bisa menambah semangat menulis hahaha...
Selamat mencoba.



 Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Roti Mas Baim"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Terima kasih. Salam semangat menulis.