Dongeng Pembentuk Akhlak Terbaik Sepanjang Masa

Judul          :  Dongeng Pembentuk Akhlak Terbaik Sepanjang Masa

Penulis       :  Irma Irawati
Penerbit      :  Ziyad Books
Cetakan      :  2015
Harga          :  Rp. 40.000,-



                        

                                Semua Pekerjaan Hebat
     
        Robin, si burung robin sedang sedih. Bu Guru menyuruh semua murid-murid untuk bercerita pekerjaan ayah mereka Pekerjaan Paman Caladi, ayahnya Robin adalah memperbaiki perabotan rumah tangga yang rusak. Sesekali ada juga yang minta dibuatkan perabotan baru.
      Saat tiba gilirannya bercerita, Robin tidak mau maju ke depan kelas. Ia malah menangis sambil menenggelamkan wajahnya di antara kedua tangannya yang menelungkup di meja. Tentu saja teman-temannya bingung. Kenapa Robin bersedih, ya?
       Ternyata Robin malu dengan pekerjaan ayahnya. Apalagi pekerjaan ayah teman-temannya semuanya hebat menurut Robin. Ada yang menjadi guru, pegawai, pedagang, nelayan, wartawan dan sebagainya.
     Tetapi dugaan Robin ternyata salah. Menurut teman-temannya, pekerjaan Paman Caladi itu sangat hebat. Tidak semua hewan bisa melalakukan pekerjaan itu. Paman Caladi justru seorang pahlawan. Ayahnya Robin itu menyelamatkan barang-barang yang rusak menjadi berguna lagi.
     Koko si Kura-kura malah bercerita. Paman Caladi pernah membuatkan seruling bambu untuknya. Waktu itu, ayahnya Koko bingung memilihkan hadiah ulang tahun untuk Koko. Koko senang sekali dengan hadiah seruling bambu itu. Malah teman-teman lain ingin juga dibuatkan seruling bambu oleh Paman Caladi.


     Akhirnya Robin sadar. Kini ia sudah bergembira dan tidak malu lagi dengan pekerjaan ayahnya. Karena semua pekerjaan itu hebat, asal dilakukan dengan ikhlas, dan senang hati.
     Cerita Robin adalah salah satu cerita dari 10 cerita yang terdapat di buku ini. Buku yang ditulis oleh Kak Irma Irawati  ini sangat menarik, karena semua tokoh cerita adalah hewan-hewan. Setiap cerita juga mengandung pesan moral yang kuat tentang belajar akhlak yang baik
       Selain si Robin, ada Nihal si lebah madu yang suka jajan. Ada Paman Sepo, si ikan sapu-sapu yang rajin bekerja. Ada Pak Adhar, si harimau yang baik hati. Ada Anka, si Laba-laba yang sombong. Ada  Bibi Merry merak yang sombong. Ada Koci kakaktua yang baik, juga lain-lain.
      

      Serunya lagi, buku ini dilengkapi dengan lembar aktivitas mewarnai Jadi setelah membaca semua cerita yang menarik, teman-teman bisa mewarnai tokoh-tokoh hewan dalam cerita. Dijamin seru. Selamat membaca, teman-teman.


Bambang Irwanto 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dongeng Pembentuk Akhlak Terbaik Sepanjang Masa"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.