Maman Oh Maman



      
                     
                           Maman Oh Maman  
                                                  Bambang Irwanto
                             
             Berkali-kali gue melihat jam. Sudah sejam lebih gue nunggu, tapi si Maman belum nongol juga. Lima sms gue, nggak Maman balas. Mau telpon pulsa nggak cukup. Tau gini, gue pacaran dengan anak tetangga aja. Irit ongkos dan tenaga.
        “Min, buruan ke pasar sudah siang, nih.” Suara Nyak menggelegar dari dapur.
 Pantas aja tuh Nyak dulu ketua genk pemandu sorak di sekolahnya. Suara Nyak memang kayak geledek. Untung aja suara gue merdu bagai bulu perindu. Itu kata si yayang Maman.
“Iya, Nyak. Bentar lagi!”
Tiba-tiba Nyak muncul. Waduh, hidung Nyak merah kayak tomat. Tuh tandanya Nyak  lagi murka.
“Udeh, buruan ke pasar sana! Kagak ada tapi-tapian.”
“Iya, Nyak!” akhirnya gue mengkeret juga.
Terpaksa gue berangkat ke pasar. Duh, mau naik becak, ongkos pas-pasan. Mana cuacanya terik banget lagi.
Tiba-tiba hape gue berdering. Dilayar tampak nama yayang Maman.
“Lo di mana? “Uh, sampe bulukan gue nungguin lo!” semprot gue.
“Sorry Min, gue baru bangun tidur.  Sekarang lo di mana?”
“Jalan menuju pasar. Lo langsung ke pasar aja. Jemput gue, bantuin angkat keranjang.”
“Oke, Yayang Mimin.”
Yayang... yayang. Pala dia peyang. Sambil berjalan, gue masih ngebayangin janji manisnya sepulang sekolah kemarin.
“Min, besok minggu kita jalan, yuk!”
“Nggak bisa Man, gue harus bantuin Nyak yang mau arisan.”
Maman tersenyum kayak iklan pasta gigi. “Kebetulan, kalo gitu gue ke rumah lo aja. Gue mau bantu-bantu lo persiapan arisan. Sebagai calon mantu, gue harus mulai memperlihatkan itikad baik pada calon mentua. Lo setuju kan?”
“Ciyus, lo? Ih, Yayang Maman emang keren. Nyak pasti senang,” pujiku biar dia senang.
Aku menendang kerikil yang menghalangi jalanku. Gombal, janji palsu nggak bisa dipercaya. Omongan Maman tak lebih hanya dusta, gumamku kesal. Eh, kok jadi ngucapin syair lagu?
Akhirnya gue sampai juga di pasar. Bujune, daftar belanjaan Nyak panjang banget. Gue kayak kutu loncat, pindah dari satu pedagang ke pedagang lain. Akhirnya sejam lebih, gue baru kelar belanja.
Duh, keranjang ini berat banget. Coba Maman udah dateng, kan lumayan buat angkat belanjaan. Lagian gue akan lebih semangat, kalo belanja ditemeni pacar. Rasanya gimana gitu...
 “Duh, mana si Maman. Katanya mau jemput di pasar. Sebenarnya bisa aja gue naik ojek. Tapi uangnya sudah habis. Salah Nyak juga, ngasih uang pas banget, gumam gue kesal.
Gue lalu meng-sms Maman.
Man, lo di mana?”
Lima belas menit sms balasan maman baru masuk, sampai bulukan gue nungguin.
Masih di rumah. Sorry Yang, tadi Babe nyuruh betulin genteng yang bocor.
Walah, gue menjerit tertahan. Ditungguin sampe gue mengkerut di pasar, ternyata dia malah benerin genteng.
Dua menit kemudian sms Maman masuk lagi.
Tapi gue janji akan datang ke rumah lo. Arisan baru jam 4 kan.
Terpaksa gue harus jalan kaki sambil nenteng keranjang belanja yang beratnya minta amplop. Maman..Maman...tega banget lo menyiksa cewek lo yang manis ini
        Pukul  11 siang, gue baru nyampe rumah. Nyak sudah menunggu di depan pintu. Sepertinya gue bakal kena semprot lagi nih, batin gue.
“Min, lo kemana aje?” Nyak dan Cing lo udah nungguin buat racik-racik masakan. Perawan kok ngelayap mulu.”
“Mimin jalan kaki, Nyak!”
Mata Nyak melotot kayak ikan mas koki. “Kenape lo kagak naik ojek.”
“Gimana mau naik ojek, Nyak? Uangnya ngepas gitu.”
“Lah, lo kan bisa bayar di rumah,” jawab Nyak santai.
Alamak, bener juga. Kenapa gue nggak kepikiran ya. Ehm, gara-gara Maman nih, yang selalu ngaku tampan kayak Reza Rahardian.
“Udah jangan bengong kayak ayam sakit. Buruan bawa belanjaan ke dapur terus bantu cing lo racik-racik bumbu. Nyak mau ngambil bolu rainbow di rumah Bu Utik dulu.”
Gue langsung ke dapur.  Cing Ida, adik Nyak tampak sibuk mempersiapka peralatan masak.
“Kita mau masak apa sih, Cing?” tanya gue.
“Biasa, pucung gabus, sayur asem, tempe tahu goreng sambel. Beres. Lo bantuin geprok kepala ikan gabus tuh!”
“Mimin kagak bisa, Cing. Biasanya Babe yang lakuin.”
“Eh, Babe lo kan lagi ke luar kota. Sekarang zaman moderen, Min. Kita kudu bisa melakukan pekerjaan ape saja. Karena  laki-laki dan perempuan itu sama aje. Apa tuh namenye emansisapi atau emansisapa....”
Emansipasi, Cing!”
Cing Ida nyengir. “Iye, emansisapi. Halah udahlah, buruan getok kepala ikan gabus. Apa kata dunia, kalo geprok kepala ikan gabus aje, lo kagak bisa.”
Gue mengambil ketokan balok kayu, lalu menuangkan ikan gabus yang masih hidup ke baskom. Agak geli gue menangkap satu. Lalu memegang kepalanya. Pas gue getok, ikan gabus itu masih mengelepar dan airnya memercik ke wajah manis gue.
“Wau..” gue menjerit.
Cing Ida buru-buru menghampiri gue. “Ada apa, Min?”
“Ikan gabusnya digetok malah mercikin air, Cing.”
“Ah, elo. Cing kira lo kenape? Getoknya jangan sekali tapi berkali-kali. Ayo terusin, Cing mau meracik bumbu sayur asem dulu.”
Gue menghembuskan napas kesal. Uh, coba Maman sudah datang, dia aja yang ngetokin ikan gabus ini.
Bibibbib hape gue di kantong berbunyi. Buru-buru gue cuci tangan lalu membuka pesan. Dari Maman.
Gue masih benerin genteng. Kalo kelar, gue janji ke rumah lo buat bantu-bantu.
Uh gombal banget. Tapi gue masih punya satu harapan, semoga Maman masih datang buat bantuin gue ngangkat kursi dan meja lalu menggelar karpet.
Pukul dua siang, masakan baru kelar. Bau harum mengundang selera, tapi gue malas makan, udah capek banget. Kenapa Nyak nggak ketering aja, sih.
“Beda, Min. Enakan juga masakan sendiri dan lebih irit,” begitu selalu kata Nyak
Gue manyun. Irit sih, irit. Tapi menyiksa anak perawan semata wayang, omel gue dalam hati. Abis ini, gue masih harus mengeluarkan kursi dan menggelar karpet.
Ehms... gue menghembuskan napas lega. Akhirnya kelar juga arisan Nyak. Walau badan kayak habis dipukuli, tapi gue senang bisa sedikit bantu orang tua. Sekarang gue bisa rebahan dikit.
“Min, ada teman lo di luar,” Nyak tiba-tiba masuk ke kamar.
“Siapa, Nyak?”
“Katanya teman sekolahan. Belum pernah dimari.”
Gue buru-buru keluar. Siapa lagi, yang tega menganggu istirahat gue?
“Hai, Darling! Yayang Maman datang. Siap membantu.”
Seketika darah gue naik ke kepala. “Mamaaaaaan... Lo kemana aje?????” teriak gue. Dan kayaknya gue sekarang mewarisi suara Nyak yang menggelegar itu.

   

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Maman Oh Maman"

  1. Maman...kite putus aje ye...wakakakkkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mimin putusin Maman, terus si Maman jadian dengan Annisa hahaha...

      Terima kasih sudah mampir, Annisa

      Delete
  2. Maman oh maman. Beruntung pacar gue bukan maman jadi suara gue juga gak kayak bledheg pas ujan deres.
    Yang bikin cerita ki ya bisaaaa ajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting orangnya ga kayak Maman, Mbak Ima hahaha.

      Terima kasih sudah mampir, Mbak Ima.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Terima kasih. Salam semangat menulis.