} Media Tutup? Bagaimana Nasib Naskah Saya? - Bambang Irwanto Ripto

Media Tutup? Bagaimana Nasib Naskah Saya?

          Sejak pagi ini, inbox saya cukup ramai. Rata-rata mereka menanyakan soal media anak yang secara mendadak tutup. Lalu teman-teman menanyakan soal nasib naskah mereka yang masih berada di sana.
Jadi begini teman-teman. Bila media tutup, maka otomatis naskah akan kembali pada penulisnya. Tidak perlu mengirim surat penarikan naskah lagi. Tidak perlu menunggu naskah dikembalikan lagi. Karena (biasanya), media tidak akan mengembalikan lagi naskah pada penulis.
Selanjutnya, naskah yang kembali pada kita, jangan dibiarkan saja. Segera permak, dan sesuaikan dengan media yang masih ada. Lalu kirim ke media tersebut. Jadi tidak ada naskah yang kita tulis akan sia-sia. Semua naskah yang kita tulis, akan menemukan jodohnya masing-masing. Mungkin bukan di majalah, tapi bisa juga jadi buku.


Pengalaman saya, setiap mengirim naskah, saya selalu mencatat tanggal, bulan, dan tahunnya. Termasuk naskah itu dikirim kemana. Saya cukup menulis di sebuah buku tulis. Secara berkala, saya selalu mengecek. Jadi bila saat ada media yang tutup, saya tinggal membuka catatan saya, dan melihat naskah apa saja yang saya kirim ke sana.
Cara lain adalah melihat dari email yang terkirim. Sampai saat ini, saya tidak pernah menghapus email-email yang saya kirim yang berhubungan dengan dunia menulis. Dari situ, saya bisa melihat, naskah-naskah apa saja yang pernah saya kirim ke media yang sudah tutup itu.
Bila ternyata naskah-naskah yang saya kirim ke media itu lumayan banyak, maka mungkin saya akan membuat kumpulan cerita saja. Nah, tentu saja kita butuh mempermak kembali naskah-naskah itu. Saya sesuaikan dengan penerbit yang akan saya kirimkan naskah. Karena kumcer itu intinya, harus satu tema, atau ada benang merah antara satu cerita dengan cerita yang lainnya.

Nah, sekarang sudah tidak bingung lagi soal naskahnya, kan? Naskah itu milik kita. Saya mengibaratkan naskah itu seperti anak-anak saya. Jadi saya berkewajiban mencarikan jalan dan tempat terbaik untuk mereka. Jangan sampai mereka terlantar. Jadi kalau ada naskah nganggur, segera carikan jalannya. Salam semangat menulis...

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Media Tutup? Bagaimana Nasib Naskah Saya?"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.