Serunya Festival Dolanan Tradisional 2016

     kemarin, saya senang sekali. Mau tahu kenapa? Saya kemarin ke acara anak-anak yang seru. Nama acaranya Festival Dolanan Tradisional 2016.  Acara ini diadakan, dalam rangka menyambut Hari Bumi sedunia dan international harigate Day.

foto : Dokumen Pribadi

     Sesuai namanya, Dolanan itu dalam bahasa jawa artinya permainan. Jadi Festival permainan tradisonal Indonesia. Festival ini berlangsng di rumah milik Ibu Martha Tilaar di kecamatan Gombong, Kabupaten kebumen jawa tengah. Minggu 24 April 2016.
    
Foto : Dokumen Pribadi 
   
      Banyak sekali permainan tradasional yang ditampilkan di sana. Ada engrang bambu dan engrang tempurung, holahop, dakon atau congklak, kelereng, bekel, Onclang karet, lompat tali, engklek, gasing bambu, dan masih masih banyak lagi.
     Serunya lagi, anak-anak yang hadir bisa ikut melakukan permainan tradisional itu. Tawa ceria dari anak-anak mewarnai di setiap area permainan. Saya sempat memcoba beberapa permainan. Seperti gasing bambu dan yoyo. Kurcaci pos ingin mencoba naik engrang bambu. Tapi takutnya nanti patah hehehe.
    
Foto : Dokumen Pribadi
    
Foto : Dokumen Pribadi

Foto : Dokumen Pribadi

foto : Dokumen Pribadi

Foto : Dokumen Pribadi

Foto : Dokumen Pribadi

       Selain aneka permainan tradisional, ada juga workshop dan penampilan seni budaya anak. Workshopnya seru-seru semua. Ada cara membuat wayang dari kardus, membuat kerajinan janur, membuat hiasan kunci, sampai membuat wayang daun singkong. Asyiknya lagi, hasil buatan kita bisa dibawa pulang. 

Foto : Dokumen Pribadi

Foto : Dokumen Pribadi

Foto : Dokumen Pribadi

     Tidak ketinggalan ditampilkan juga seni budaya. Seperti Eblek ngisor gayam, orkes kentongan, juga pentas tarian trasional. Kerennya lagi, seni budaya ini, semua ditampilkan oleh anak-anak. Saya bangga sekali, karena masih banyak anak-anak yang peduli pada budayanya sendiri. Di sela-sela acara, juga diadakan lomba hola hup.

Foto : Dokumen Pribadi

      Pokoknya acara ini seru sekali. anak-anak yang hadir semua antusias. Ini membuktikan, kalau permainan tradisional, masih sangat diminati oleh anak-anak Indonesia. Jadi tidak harus main game dan playstation saja, ya. Karena permainan tradisional sangat banyak manfaatnya.

    Akhirnya acara ini selesai pukul 4 sore. Saya pulang ke rumah dengan senang hati. Tidak terasa 7 jam saya ada di acara itu.  Anak-anak yang datang pasti merasakan hal sama seperti saya. Pokoknya dijamin puas bermain, deh. Jangan takut kelaparan. Karena di area festival, ada stand yang menjual makanan dan minuman. Yuk, bermain permainan tradisional.


Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Serunya Festival Dolanan Tradisional 2016"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.