Enaknya Kripik Tempe Buatan Sendiri

      Tempe itu tidak saja enak digoreng, diorek, digarangasem, dibacem, atau dimendoan. Tapi tempe juga enak saat dibuat kripik. Selain buat lauk, juga buat cemilan.
       Selama ini, saya selalu membeli kripik tempe. Tapi biasanya, kurang pas di lidah saya. Baik rasa, juga soal minyak yang digunakan. Kalau pun ketemu tempe yang enak, terus minyaknya oke, tetap saja kurang, yaitu kurang banyak hahaha...

       Karena itu, saya pun bereksperimen membuat sendiri. kebetulan tetangga saya ada pembuat tempe. jadi komplitlah sudah. Penasaran dengan kripik tempe buatan saya, monggo disimak, ya.


       Pertama, saya memakai tempe khusus mendoan. Saya tidak perlu capek mengiris lagi, karena tipisnya sudah sama. Satu lembar tempe mendoan ini, saya potong jadi 6 bagian. sebenarnya bisa dipotong sesuai selera. Tapi potong 6 bentuknya jadi bagus, dan mudah dimasukkan ke stoples hehehe.


    
 

Selanjutnya, kita membuat adonan celupannya. Gampang kok. Siapkan saja bawang putih, kemiri, garam, dan penyedap rasa. Ulek sampai halus. 


       Setelah itu, buat adonan dari tepung beras. Biar mudah saya pakai saja tepung beras yang dijual di toko. campur tepung beras dengan bumbu tadi, lalu beri air. Sesuaikan dengan kekentalan adonan.
       

        Proses selanjutnya penggorengan. Siapkan wajan, lalu panaskan minyak. Untuk mengoreng kripik, minyak harus cukup banyak. Tunggu sampai mendidih, setelah itu celupkan tempe ke adonan, lalu goreng sampai kecokelatan.


       Setelah itu angkat, lalu tiriskan. Nah, biar lebih renyah, esok harinya goreng kembali. Ini membuat kripik keras, tapi renyah. Soalnya pada penggorengan pertama, ternyata kripiknya 'layu' atau 'lemas'. Jadi seperti mendoan.


     Nah, mudah bukan cara membuatnya, teman-teman.. Selamat mencoba, ya!

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Enaknya Kripik Tempe Buatan Sendiri"

  1. Replies
    1. Terima kasih, Mbak Iis.
      Kalau dicoba, Mbak.
      Buatnya mudah. Bisa buat cemilan saat menulis hehehe...

      Delete
  2. Replies
    1. Karena saya masih koki abal-abal, jadi dikira-kira saja, Mbak Afrilla hehehe...
      Kemarin kalau tidak salah 10 bawang putih, 10 kemiri, Mbak. Tempenya 10 lembar.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.