Jejak-jejak Menulis Saya di Tahun 2016

Sebentar lagi, tahun 2016 akan berlalu, berganti dengan tahun 2017. Sepanjang 2016 ini, Alhamdulillah saya lewati dengan terus semangat menulis. Tetap menyenangkan, dan akan jadi perjalanan indah dalam perjalanan menulis saya.

                                     
Awal januari 2016, dibuka dengan kelas menulis Kurcaci Pos. Kelas ini selalu ada karena saya mempunyai 2 tujuan. Pertama, saya ingin berbagi pengalaman menulis saya, yang walau masih seuprit. Kedua, dengan adanya kelas Kurcaci Pos, semangat menulis saya semakin bertambah. Karena, biasanya saat memberi tugas di kelas, saya pun ikut mengerjakan. Jadi sebulan sudah pasti ada tambahan 4 cerita hehehe...

Kelas Kurcaci Pos di Grup Rahasia FB


Alhamdulillah... kelas Kurcaci Pos hadir setiap bulan. Jadi sepanjang tahun ada 12 kelas. Selain itu, ada juga kelas-kelas privat sepanjang tahun ini. Ada yang sudah selesai, tapi masih ada yang lanjut tahun 2017. Bahkan kelas Kurcaci Pos edisi Januari 2017 sudah terbuka. Semangat semuanya...
Kelas Kurcaci Pos 2017 Segera Dibuka
                   
Akhir Januari kemudian ditutup dengan manis. Saya mendapat kabar dari Mbak Shinta, kalau buku serial Ghost School Days (GSD) yang saya tulis terbit. Penerbitnya Muffin Graphics (Dar Mizan). Tentu saja saya senang sekali. Buku ini prosesnya termasuk cepat. Saya diminta Mbak Shinta menulis akhir tahun, lalu terbit januari. Ceritanya ada di sin, ya!
Tas Impian Edisi Mix 29 ribu

Kebetulan saya menulis beberapa naskah GSD ini. Alhamdulillah 2016 ini, terbit 3 buku.  Dua edisi yaitu ada 3 cerita saya, dan 2 komik yang ceritanya ditulis penulis lain. Harganya 29 ribu saja. Satu buku edisi cerpen. Jadi ada 4 cerita saya. Harganya 32 ribu.
Selebriti Cokelat Edisi Cerpen 32 ribu

Bintang Jatuh Edisi Mix 29 ribu

Selain serial Ghost School Days (GD), Mbak Shinta juga meminta saya menulis serial Princess Academy (PA). Tentu saja dengan senang hati saya menerimanya. Serial PA ini bercerita tentang 6 Princess yang bersekolah di Academy Princess, dan kebetulan satu kamar. Cerita seru.Tentu saja. Alhamdulillah, serial PA terbit 2 buku. Semua edisi mix. Harganya 29 ribu
Shopa Holic Edixi Mix 29 ribu


Wisata Keraton Edisi Mix 29 ribu

Selain serial GSD dan serial PA, ada 2 buku duet saya dan Almarhum Pak Endang Firdaus yang terbit. Naskah ini kalau tidak salah sekitar akhir tahun 2014 atau awal 2015. Saat itu Pak Endang masih sehat.
Melihat dua buku ini, membuat hati saya campur aduk. Antara sedih, senang, terharu. Senang dan terharu karena buku ini terbit. Sedihnya, saya teringat Almahum Pak Endang Firdaus. Bagaimana saat masa-masa kami bekerja sama. Saya banyak belajar dari Pak Endang. Ini buku duet ketiga kami. Tahun 2015, terbit buku kumpulan Cerita Sahabat Ramadhan.
                                      
Maka sebagai penghargaan dan terima kasih saya pada Almarhum Pak Endang, dan tidak ada maksud lainnya, maka seluruh royalti bagian saya, saya berikan kepada kelurga Almarhum. Semoga bermanfaat. Aamiin...
                                        
Jadi silakan beli bukunya teman-teman. Cerita dan 50 Doa Sehari-hari Anak Muslim. Harganya 60 ribu, Sedangkan Kumpulan cerita Anak Muslim Berakhlak harganya 60 ribu juga.



Selain buku duet, saya terbit juga dua buku antalogi. Pertama, buku aku mau jadi penulis cerita anak. Saya senang sekali buku ini akhirnya terbit. Soalnya saya yang jadi PJ proyek ini hehehe...
Waktu itu, saya chat-chit dengan Pak Didik Djunaedi di inbox. Tiba-tiba saya meluncurkan ide, menulis buku yang isinya pengalaman menulis para penulis cerita anak. Pak Didik setuju. Maka saya pun mengontak teman-teman penulis cerita anak. Alhamdulillah semua mau. Eh, ada sih satu yang menolak waktu itu hehehe.
Aku Mau jadi Penulis Cerita Anak harga 46.500
Taraaa... inilah bukunya. Berisi 12 cerita dari penulis cerita anak. Sebenarnya ini buku untuk didstribusikan ke sekolah-sekolah. Tapi karena banyak yang mau, maka Pak Didik mencetaknya. Awalnya hanya sistem order, lho. Jadi hanya dicetak sesuai pesanan. Makanya harga bukunya Rp.54.500,- itu juga ilustrasinya masih hitam putih.
Karena masih banyak permintaan, maka Pak Didik mencetaknya massal. Dan karena dicetak massal, maka harganya lebih murah, bahkan ilustrasinya hitam putih. Sekarang Cuma empat puluh enam ribu lima ratus rupiah saja. Yang minat bisa pesan via saya hehehe...

Buku Edisi Berwarna
  
Buku antalogi satunya lagi adalah kumpulan cerita misteri terbitan Kiddo. Jadi Alhamdulillah ada 1 cerita misteri saya yang pernah dimuat di bobo, dipilih masuk ke kumcer misteri ini. Ada 20 cerita dalam kumcer ini. Semua seru, lho. Penulisnya juga keren-keren. Harganya 38 ribu.

Kumcer Misteri Kiddo Harga 38 ribu
                
Selain buku yang hadir di tahun 2016, Alhamdulillah masih ada percikan saya dimuat di Majalah Gadis. Ini suprais buat saya. Waktu diinbox Mbak Hairi Yanti, saya langsung kegirangan. Ini percikan ketiga saya di majalah Gadis. Dua percikan lainnya bisa dibaca di sini, ya. Lupa, juga Terpesono Miko
Percikan di Majalah Gadis
                                  
O, iya. Hampir lupa. Tahun ini saya juga happy, karena untuk pertama kalinya dapat duit dari blog. Jadi waktu itu tiba-tiba ada email masuk, mengajak kerjasama, penawaran sponsor post. Mereka bikin artikel, lalu saya hanya posting di blog.
Tentu saja saya mau. Rezeki tidak akan saya tolak hahaha. Fee-nya 150 ribu. Begitu fee-nya ditransfer, saya langsung ngacir ke warung bakso hahaha. Walau baru sekali, tapi ini menambah semangat saya, untuk terus mengisi blog hehehe... 
Email penawaran Sponsor Post

Nah, itu dia pejalanan menulis saya sepanjang tahun 2016. Alhamdulillah.. Tuhan memberi banyak keberkahan untuk saya, termasuk kesehatan. Semoga saya terus sehat, biar terus semangat menulis, berbagi cerita dan ceria. Aamiin..
Salam semangat menulis....

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jejak-jejak Menulis Saya di Tahun 2016"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.