} Seputar IPL di Apartemen - Bambang Irwanto Ripto

Seputar IPL di Apartemen


Seperti hunian biasa, apartemen pun ada iuran bulanan. Kalau iuran di apartemen disebut Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL) yang tentu saja harus dibayarkan setiap bulannya.

Lalu. kenapa penghuni apartemen wajib membayar IPL?
Jadi rumah susun atau apartemen itu memiliki fasilitas benda, tanah, dan bagian bersama. IPL sendiri dikeluarkan untuk memelihara dan menjaga fungsi hal-hal tersebut.

Seperti yang kita ketahui, fasilitas di apartemen itu ada berbagai macam, yang mungkin tidak ada pada hunian biasa. Misalnya kolam renang, fasilitas fitnes, joging track, taman bermain anak, dan lainnya. Pastinya para penghuni ingin agar fasilitas di apartemen berfungsi dengan baik dan terus bisa digunakan.



Lalu berapa besar biaya IPL, ya?
Biaya IPL dihitung berdasarkan kebutuhan dari seluruh jumlah biaya operasional dan perawatan benda-benda dan fasilitas tersebut yang dinikmati oleh para penghuni, seperti yang dikutip dari sumber berita www.merdeka.com, 15 Juni 2016.

IPL di apartemen, selain untuk biaya perawatan, juga untuk mengaji para karyaan yang bertugas memelihara dan meraat fasilitas yanga da di apartemen. Gaji mereka ini disesuaikan dengan UMP atau Upah Minimun pekerja. Jadi saat UMP naik, maka otomatis IPL apartemen pun ikut naik.

Makanya saat IPL naik, mungkin para penghuni mengajukan protes. Namun hal itu sangat wajar. Nah, bisa dijelaskan, kalau kenaikan IPL ini ada alasannya, dan berkaitan dengan UMP yang ikut naik. Kalau UMP pekerja sesuai, pasti pekerja dengan semangat akan bekerja memelihara dan merawat fasilitas bersama di apartemen.



Salah satu apartemen di  Jakarta yang pasti menerapkan IPL adalah apartemen Green Pramuka City.  Apartemen yang letaknya sangat strategis di jalan Ahmad Yani ini, sudah mempunyai 9 tower. Pastinya setiap tower butuh biaya pemeliharaan.

Apartemen Green Pramuka City pun pernah menaikan IPL. Namun tentu saja itu ada sebabnya, yaitu UMP naik. Jadi mau tidak mau, pihak pengembang pun harus menyesuaikan IPL lagi. Apalagi soal perawatan dan pemeliharaan fasilitas sepenuhnya tergantung pada pekerja. Bila gaji mereka sesuai, maka semangat kerja pun akan terus membara.






Nah, bicara soal IPL di Green Pramuka City, saat ini ada penawaran dan promo menarik, bila membeli unit baru. Salah satunya adalah gratis bayar IPL selama 2 tahun. Wow.. sekali itu. Jadi selama 24 bulan, tidak perlu lagi memikirkan IPL. Teman-teman bisa bergegas, lho, karena penwaran menarik ini, hanya sampai akhir Maret 2018.





Sudah IPL gratis 2 tahun, bonus full Funish, syarat mudah tanpa slip gaji, unit sudah ready, angsuran terjangkau, cicilan pun sampai 120X.  Jadi bayar DP, bisa langsung huni. Ehm... sungguh penawaran yang sangat menarik, dan tidak boleh dilewatkan.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seputar IPL di Apartemen"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.