} Taman Banyu Langit, Wisata Bukit Berbunga di Kebumen - Bambang Irwanto Ripto

Taman Banyu Langit, Wisata Bukit Berbunga di Kebumen

Taman Banyu Langit, Wisata Bukit Berbunga di Kebumen - Saya mengunjungi Taman Banyu Langit Kebumen ini tidak sengaja. Waktu itu, kebetulan saya dari Bukit Pentulu Indah, salah satu wisata Kebumen yang keceh. Berhubung saya datangnya pagi, maka pukul 10 pagi saya sudah selesai menjelajah Bukit Pentulu Indah.

Wisata Taman Banyu Langit Kebumen

Mau pulang, kok sayang benar. Nah, berhubung masih ada waktu, saya browsing tempat wisata yang dekat dari Bukit Pentulu Indah. Jadi boleh lah, target sehari dua tempat wisata. sekali mendayung, dua pulau terlampaui hehehe. Apalagi wisata di Kebumen yang termasuk wisata propinsi Jawa Tengah ini, sangat banyak tempat wisata menarik, dan saling berdekatan.

Setelah browsing, saya dapat info wisata yang dekat adalah Bukit Pranji. Dari foto-foto di internet dan instagram, bukit Pranji ini juga menarik. Apalagi foto-foto sunrise-nya. Makanya saya pun semangat memacu motor saya menuju ke sana. Kebetulan letaknya di Pejagoan, salah satu kecamatan di Kebumen yang nantinya akan saya lewati juga pas pulang.

Setelah bertanya dan melewati jalan-jalan yang tidak terlalu lebar dan berkelok, akhirnya saya sampai di sebuah pertigaan jalan, yang kalau lurus adalah titik jalan yang menanjak ke bukit Pranji.  Tapi sejenak saya ragu. Soalnya jalanan sepi, dan jalanannya tidak terlalu mulus. Makanya saya berhentii sejenak untuk bertanya.

Baca Juga :  Berburu Sunrise di Bukit Pentulu Indah Kebumen

Tidak lama, lewat serombongan anak SMU yang baru pulang sekolah. Saya pun langsung bertanya, apa benar kalau lurus itu menuju bukit Pranji. Dan jawaban mereka... “Benar, Pak! Tapi bukit Pranji sudah tutup!”
Wah, saya langsung lemas. Kayaknya perjalanan jauh saya sia-sia nih.

Tapi mata saya langsung segar saat melihat ada plang di belokan kanan jalan tertulis : Wisata Taman Banyu Langit. Saya pun kembali bertanya kepada anak sekolah itu. Soalnya pas browsing, saya tidak menemukan wisata Taman Banyu Langit.

Anak-anak sekolah itu kembali menjelaskan, kalau Taman Banyu Langit adalah sebuah bukit berbunga. Ada sungai dan pemandangannya juga indah. Wih.. semangat nih, saya. Apalagi kata anak-anak sekolah tadi, saya tinggal ikutin jalan saja dan tidak terlalu jauh.

Wuss.. saya pun kembali memacu motor saya menuju taman Banyu Langit. Jalanan tidak terlalu lebar, kembali sedikit menanjak dan berkelok. Tapi bagi saya tetap seru sih. Apalagi di sisi jalan pemandangan juga asyik. beberapa kali saya berpapasan dengan warga sekitar yang tersenyum pada saya. Wih, senyum mereka tulus.

Akhirnya saya sampai di Taman Banyu Langit yang letaknya di daerah Perkutukan, desa Peniron, kecamatan Pejagoan Kebumen Jawa Tengah ini. Wow.. dari kejauhan sudah tampak pemandangan memesona. Bunga-bunga berwarna kuning. Gunung, sawah, dan sunga. Lengkap juga dengan saung untuk duduk. Dan ini yang disukai anak-anak, ada kolam perahu bebek. Taman Banyu Langit ini, pas sekali untuk wisata keluarga dan segala usia.

Pemandangan Memesona Taman Banyu langit

Saya pun bergegas mencari tempat parkir. Di depan pintu masuk ada sih beberapa motor parkir, tapi saya mencari tempat yang adem. Akhirnya saya menemukan di sisi kanan Taman Banyu Langit.
Saya pun langsung memarkir motor. Seorang mas-mas menyambut saya dengan ramah. Ternyata di situ juga tempat membeli tiket masuk. Harganya hanya 5000 rupiah, termasuk parkir. Tempat parkirnya juga teduh, jadi tidak perlu khawatir motor kepanasan. Dan kata mas-nya.. dijamin aman...

Tiket masuk Taman Banyu Langit Kebumen

Saya pun bergegas memasuki Taman Banyu Langit. Pastinya dong, jeprat-jepret dulu di pintu masuk. Pemandangan sangat indah, seperti lukisan. lelah jadi hilang, mata dan otak jadi segar. Walau panas, karena saya memang datangnya tengah hari, tapi tetap semilir angin datang menerpa.

Saya langsung bersemangat mengitari taman Banyu langit. Areanya memang tidak terlalu luas, tapi sangat komplit. Spot fotonya sangat banyak. Termasuk di area taman bunganya. Di sini juga bisa tempat edukasi anak-anak. Misalnya tentang proses padi yang sudah menguning, dan sebentar lagi akan dipanen.

Puas menjelajah area taman dengan gunung dan hamparan sawah, saya menuju ke sungai di sisi kiri. Di sini juga pemandangan indah. Airnya mengalir deras-deras manjah. Banyak bebatuan besar. Dan yang saya suka adalah... bisa main air, setidaknya bisa celupin kedua kaki ke dalam air. Adeeeem... Jangan lupa selfie juga di area ini.

Sebenarnya kalau mau sekalian nyebur sih, boleh saja. Teman-teman bisa menuju ke sungai bagian belakang yang alirannya tidak deras. Waktu saya datang, ada pengunjung anak yang ditemani orang tuanya mandi di sana. Makanya wajib bawa baju ganti. O, iya, di sini juga sedang dibangun saung. Jadi asyik nanti buat duduk-duduk. Jangan lupa foto-foto juga di spot ini.

Puas menjelajah taman Banyu Langit, pastinya sedikit lelah dan lapar, ya. Jangan khawatir, ada warung yang menjajakan makanan. Bisa tuh, kembali duduk santai menikmati makanan sambil memandang pesona Taman banyu Langit. Jeprat-jepret lagi deh.

Taman Banyu Langit Kebumen jawa Tengah

Pokoknya seru berwisata ke Taman Banyu Langit. Komplit, hati senang, kantong tidak jebol hehehe. Jadi segera rencanakan liburan teman-teman ke Taman Banyu Langit, ya. Selamat berlibur.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Taman Banyu Langit, Wisata Bukit Berbunga di Kebumen"