} Pengalaman Update NIK dan Ganti KK - Bambang Irwanto Ripto

Pengalaman Update NIK dan Ganti KK

Awalnya saat keponakan saya divaksin. Ternyata NIK miliknya tidak muncul. Kakak saya langsung panik. Apalagi, KK miliknya itu terbitan tahun 2012.  Terus NIK itu kan buat daftar sekolah saya. Kebetulan keponakan saya sudah kelas 6 SD, dan sebentar lagi akan masuk SMP.



Maka dia langsung colek adiknya yang tampan rupawan ini hahaha. Kebetulan karena waktu saya paling fleksibel, maka saya siap membantu. Kalau bukan sama saudara, siapa lagi kan. Betul apa betul? Hehehe


Mencari Info

Langkah pertama yang saya lakukan adalah mencari info dulu soal NIK yang tidak muncul. Setidaknya, saya sudah ada bayangan kan. Siapa tahu, bisa update NIK lewat online saja.


Via Twitter

Setelah mencari Info ke sana kemari, akhirnya saya temukan akun Dukcapil Jakarta di Twitter. Nah saya DM adminnya. 



Setelah menunggu sehari, akhirnya saya mendapatkan jawaban. Memang Nik keponakan saya tidak ditemukan. Maka saya saya disarankan untuk langsung mengurus  di Kelurahan Jatinegara sesuai domisili kakak saya.




Lewat WA

Sambil mempersiapkan berkas, saya coba cari info lagi. Siapa tahu kan, bisa update NIK lewat cara lain.

Nah, saya ingat, teman blogger ada yang tinggal di sekitar kelurahan Jatinegara. Namanya Rizki alias Bang Doel. Dia kasih info coba tanya via WA dulu. Akhirnya saya tanyakan.



Setelah dijawab, NIK keponakan saya memang belum aktif. Maka fix, besok saya akan ke kelurahan Jatinegara.




Meluncur Kelurahan Jatinegara

Hari Kamis saya meluncur ke sana. Sayangnya paginya saya ada urusan (pemotretan dan syuting hahaha), jadi saya baru bisa ke kelurahan Jatinegara di setelah lepas Dzuhur. Samlai di sana, saya langsung menuju lakauanan Dukcapil. Saya ceritakan masalahnya.

Saya lalu dianjurkan ganti KK baru saja. Seperti yang saya ceritakan tadi, KK kakak saya sudah lawas. kK sekarang sudah lembaran HVS dengan barcode.

Oke siap. Saya hanya diminta KK Asli, fotokopi kakak saya. Lalu saya diberi resi pengambilan.

'Besok diambil jam 9 ya, Pak!"

"Maturnuwun!

Si ibu agak melongo hehwhw.Karena terbiasa di Kebumen bilang maturnuwun 


Kembali ke Kelurahan Jatinegara

Esok pagi, sebelum pukul 8 saya sudah berada kembali di kelurahan Jatinegara. Berhubung Jumat, jadi ada senam dulu. Lepas pukul 8 lewat, saya dan lainnya dipersilakan masuk.

Saya bergegas ke layanan Dukcapil. Resi saya serahkan, lalu KK kakak saya dicari. Ga sampai semenit, KK baru kakak saya sudah saya terima.

Saya pun langsung mengecek. Dan eh kok... Nama keponakan saya malah tidak ada di KK baru? Saya pun langsung mempertanyakan kepada Bapak yang bertugas. Saya jelaskan kembali masalahnya.

Kemungkinan, keponakan saya tidak masuk di KK baru, karena Niknya tidak ditemukan. Artinya Niknya belum diupdate.


Lanjut ke Dukcapil

Oleh Bapak petugasz saya diberikan surat Update Nik dan langsung ke Dukcapil di jalan Cipinang Baru. Alhamdulillah Jaraknya tidak terlalu jauh dari Kelurahan Jatinegara.

Sampai di Dukcapil, saya diarahkan mengambil nomor antrean dulu di bawah. Namun oleh Bapak petugas, saya diarahkan menanyakan via telegram dukcapil. Saya pun mengikuti. Katanya kalau beginian,bisa diselesaikan lewat telegram.

Selang 5 menit, saya menghampiri lagi meja petugas. Saya ceritakan masalah KK dan Nik belum aktif. Akhirnya saya dikasih nomor antrean dan menuju ke dalam kantor.

Pelayanan jempol dan cepat. Hanya 5 menit saya sudah dipanggil. Ceritakan lagi masalahanya. Lalu Mas petugas meminta saya menunggu sebentar.

Tidak lama, saya dipanggil, lalu diberikan draf KK yang baru. Nah, kali ini nama keponakan saya sudah masuk lagi. Saya diminta ke kelurahan lagi untuk print KK baru.


Print KK Baru

O, iya, saat draf KK, ini belum ada barcodenya. Nanti seelah print di kelurahan, baru ada.

Saya pun bergegas ke kelurahan lagi. Saya kembali menemui Bapak yang melayani saya. Tidak sampai semenit, KK baru bercode sudah jadi. Lalu saya diinformasikan kalau NIK keponakan saya sudah aktif. Alhamdulillah.

Pas pulang, saya cek telegram sudah ada balasan dari dukcapil, kalau nik keponakan saya sudah aktif. Pada saya iseng masukin di peduli lindungi, juga sudah tercantum.

Alhamdulillah.. kelar juga tugas membantu KK saya. Tapi sebenarnya urusan cepat kelar, karena pelayanan sudah keren dan cepat. Istilah langsung satu pintu. Terima kasih Dukcapil dan kelurhan Jatinegara

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengalaman Update NIK dan Ganti KK"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.