} BRI Memberdaya Ultra Mikro dan UMKM Indonesia - Bambang Irwanto Ripto

BRI Memberdaya Ultra Mikro dan UMKM Indonesia

Saat ini, saya sedang merintis usaha kecil-kecilan. Namanya Jajanan Kurcaci Pos yang menjual camilan kacang disko. Selain itu, saya juga membuka pre order orek tempe dan sambal goreng kentang ati sapi atau ampela ayam. Alhamdulillah bisa menambah penghasilan, selain penghasilan saya dari menulis.

BRI Mendukung ULtra MIkro dan UMKM Indonesia
Desain canva

Namun sepertinya, Usaha Jajanan Kurcaci Pos yang saya rintis ini  masih berjalan di tempat. Itu karena memang modal saya seadanya, jadi produksi kacang disko pun sedikit. Apalagi hanya mengandalkan pre order. Saya memang terkendala permodalan.

Makanya setelah mengobrol dengan teman, saya dianjurkan mengajukan Pembiayaan Ultra Mikro atau UMi di Bank Rakyat Indonesia atau BRI. Wah, saya pun bersemangat untuk mencari informasinya.

Pembiayaan Ultra Mikro BRI

Ternyata Pembiayan Ultra Mikro atau UMi ini merupakan program tahap lanjutan dari program bantuan sosial menjadi kemandirian usaha. UMi ini memang menyasar pada usaha mikro yang berada di lapisan paling bawah, yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui program kredit Usaha Rakyat (KUR)

Foto : BRI

Selanjutnya Usaha Ultra Mikro itu adalah usaha perorangan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup harian. Misalnya Luandry, toko kelontong, warung makanan, warung sayuran dan sebagainya. Tapi walau usaha kecil dan banyak dilakukan di rumah, tetap bisa dikembangkan dan akhirnya bisa menjadi UMKM.

Wah, cocok juga nih, UMi buat mengembangkan Jajanan Kurcaci Pos saya. Karena memang dari modal seadanya, makanya saya hanya bisa memproduksi kacang disko seadanya. Padahal tenaga dan waktu yang diperlukan untuk memproduksi kacang disko sekilo dan 10 kilo  sama saja.

Jualan Kurcaci Pos


Terus bisa saja nantinya saya kembangkan.  Misalnya  saya buat kripik pisang, terus menambah menu pre order. Bahkan bisa membuka ketering juga. Aamjn

Kemudahan Pembiayaan Ultra Mikro BRI

Dari berbagi artikel yang saya baca, UMi ini banyak memberi kemudahan. Apalagi dengan kehadiran Digitalisasi BRI. Proses pembiayaan Ultra Mikro ini bisa langsung dilakukan lewat agen BRIlink terdekat. Jadi bisa mendapatkan informasi yang jelas seputar UMi ini

Persiapan Berkas Lengkap

Pertama, syaratnya mudah. Hanya tinggal menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Nikah bagi yang sudah menikah, pas foto, surat usaha dari RT. Dengan syarat mudah ini, siapa saja bisa mengajukan pembiayaan ultra mikro untuk mengembangkan usahanya.

Survai

Setelah syarat lengkap, lanjut dengna survai tempat usaha. Jadi bagi yang ingin mengajukan UMi ini, memang harus mempunyai usaha yang sudah berjalan. Setidaknya di bawah 6 bulan. Setelah di-ACC, maka Lanjut pada proses selanjutnya.

Pencairan Dana Pembiayaan

Dana pembiayaan antara 1-10 juta, dan  akan cair antara 5-10 hari. Bisa disalurkan lewat  Agen BRILink. Suku bunga 1,12%/bulan – 12%/6 bulan. Bisa diangsur sampai 36 bulan atau 3 tahun. Namun pembayarannya juga dilakukan secara mingguan. Nantinya bagi yang belum memiliki tabungan BRI, akan dibukakan tabungan simpedes gratis, tanpa biaya.

Alhamdulillah, Lewat pembiayaan Ultra Mikro ini, masyarakat  tidak saja terbantukan dan dapat mengembangkan usahanya, Tapi  juga meningkatkan taraf hidup. Juga terbebas dari renten@ir dengan bunga yang tinggi dan cara penagihan yang kurang sesuai. Pastinya dijamin aman

BRI Memberdaya Ultra Mikro dan UMKM Indonesia

Sesuai dengan tujuan awal saat didirikan 16 Desember 1895, BRI memang bertujuan membantu masyarakat. Salah satunya dengan membantu pembiayaan untuk mengembangkan usaha. Sampai saat ini BRI telah membiayai berbagai UMKM di Indonesia

Tahun ini, Bank Rakyat Indonesia  sudah memasuki usia 128 tahun. Pastinya sebuah perjalanan panjang. Dalam rentang itu BRI sudah banyak memberi manfat bagi Bangsa Indonesia. Benar-benar BRI untuk Indonesia.

Sekadar informasi Bank Rakyat Indonesia awalnya bernama  De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto didirikan oleh Raden Bei Wirjaatmadja di Purwokerto Jawa Tengah yang merupakan suatu lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia dengan tujuan membantu masyarakat desa dan pedesaan. Makanya di sana ada museum BRI yang beralamat di jalan Jendral Sudirman dekat dengan alun-alunnya Purwokerto. Museum ini daisahkan pada 16 Desember 1990.

 

BRI untuk Indonesia

Setelah perjalan waktu 128 tahun pada 16 Desember 2023 nanti, Bank Rakyat Indonesia telah menjadi bank komersil terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasaan nasabah. Misi BRI adalah melakukan kegiatan perbankan yang terbaik  dengan mengutamakan pelayanan pada usaha mikro, kecil, dan menengah untuk menunjang  peningkatan perekononomian masyarat.

BRI Kuat dan Hebat di usia 128 Tahun ( Foro melintas.co)

Makanya sesuai visinya, BRI telah membantu pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Bahkan saat ini BRI berfokus  pada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan perekonomian masyarakat.

Saat pandemi yang lalu, BRI berhasil mengambil peran dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan terus memperdayakan UMKM. Tujuannya agar UMKM terselamatkan dan bangkit. BRI  telah menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. BRI telah menjadi pahlawan UMKM

Sampai saat ini upaya konkret BRI memperdayakan segmen ultra mikro dan mikro sudah mencapai 85 persen. Nilai nominalnya adalah 1.015 triliun atau setara dengan USD65 miliar. 

BRI tidak hanya melayani dan memberdaya UMKM hanya seputar bisnis saja, tapi juga mensejahterakan. BRI tumbuh kuat dan Hebat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "BRI Memberdaya Ultra Mikro dan UMKM Indonesia"

  1. Adanya pemberdayaan yang optimal dari BRI ini jadi turut mendukung untuk pelaku usaha agar lebih giat lagi berbisnis ya. Makanya memang cocok nih jadi pahlawan UMKM ya, terlebih cabangnya udah tersebar luas di seluruh Indonesia

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.