} Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung - Bambang Irwanto Ripto

Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

Suatu ketika saya bertemu teman lama. Saat dia bertanya saya ingin  makan apa? Tanya pikir panjang saya langsung bilang mau makan  bakso hahaha. Senangnya,  teman saya itu,  langsung mengajak saya ke salah satu warung bakso enak.

 

Foto Bing . Com (Desain Canva)

Kami lalu  memasan menu bakso urat yang sama. Bedanya teman saya Sudah wanti-wanti ke abangnya agar  tidak pakai seledri dan daun bawang. Saya heran dan langsung tanya. Katanya seledri dan daun bawang termasuk sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung.

Eh, saya baru tahu kalau teman saya menderita asam lambung. Dia pun Cerita harus menghindari sayuran lainnya agar asam, lambungnya tidak naik. Wah, padahal sayuran itu sejatinya menyehatkan ya.

Saya Jadi penasaran dan langsung mencari seputar asam lambung. Supaya nantinya saya bisa mencegah apa saja saja, agar tidak terkena asam lambung juga. Dan ternyata, banyak juga pemicu terjadinya asam lambung ini.


Apa Itu Asam Lambung?

Lambung merupakan salah satu organ tubuh yang bertugas mencerna makanan setelah masuk ke dalam mulut, kemudian disalurkan lewat kerongkongan. Lambung menghasilkan asam yang bernama asam hidroklorik yang tidak hanya membantu memecahkan makanan, tapi juga memilah dan menyingkirkan zat berbahaya yang ada dalam makanan. Jadi tubuh terlindung dari serangan penyakit.

 

Foto : alodokter

Namun sejatinya, segala sesuatu itu bagus bila sesuai takaran. Begitu juga takaran asam yang dibutuhkan dalam proses pencernaan dalam tubuh manusia. Jadi kapan asam berlebihan, maka terjadilah asam lambung atau empedu yang mengiritasi lapisan dalam saluran pencernaan.

Nah, asam lambung berlebihan, bisa mengganggu berbagai masalah kesehatan. Terutama gangguan pencernaan. Mulai dari nyeri perut, diare, dan kembung. Kalau sudah begini, rasanya tak akan enak. Pastinya akan mengganggu aktivitas juga.


Penyebab Asam Lambung

Ternyata setelah saya cek-cek, banyak juga penyebab terjadi asam lambung.  Beberapa penyebab sudah saya hindari, bahkan Alhamdulilah tidak pernah saya lakukan. Tapi beberapa hal lainnya kadang menggoda iman juga.  Jadi waspadalah... waspadalah.. hehehe. Termasuk gaya hidup juga.                                             

Foto : Bing .com


Jadwal Makan Malam Tak Teratur

Jadwal makan malam yang tak teratur, ternyata jadi salah satu penyebab utama hadirnya asam lambung. Ini bisa saja waktu makan malam dan waktu tidur itu jaraknya mepet. Akhirnya tidak cukup waktu proses makanan.

Merokok 

Merokok tidak hanya menyebabkan kantong kering hehe, tapi juga asam lambung. Sebabnya merokok dapat melemahkan otot lower esophageal sphincter yang berfungsi sebagai katup pemisah lambung dan esofagus sehingga asam lambung dapat naik ke atas dan mengiritasi esofagus.

Minuman Beralkohol 

Minuman beralkohol memang tidak bagus untuk kesehatan. Banyak kandungannya pada alkohol yang tidak bagus untuk tubuh. Termasuk kandungan asetaldehid beracun yang dermatalisasi dari Alkohol dapat mempengaruhi fungsi kerongkongan dan lambung.

Minum Kopi 

Kopi pasti mengandung Kafein, dan ini pemicu asam lambung juga bila dikonsumsi berlebihan. Kafein bisa mengakibatkan relaksasi cincin otot kerongkongan di bagian bawah.

Minuman Bersoda 

Minuman bersoda memang menyegarkan. Namun gelembung dan kandungan asam dari soda harus diwaspadai,  Karena keluarnya udara yang terperangkap, akan naik ke kerongkongan dan mengakibatkan luka bakar di sana.

Berat Badan Berlebihan atau Obesitas

Lemak yang menumpuk di perut dapat meningkatkan tekanan ke lambung, sehingga hal ini mendorong asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Tidak Mengontrol Jumlah Makanan yang dikonsumsi

Wajib sekali kita mengontrol makanan yang dikonsumsi. Karena kalau berlebihan, Dapat melemahkan otot sfingter esofagus bawah sehingga tidak dapat menutup dengan benar.

Konsumsi Makanan Pedas dan Asam

Kadang-kadang saya tergoda mencoba makanan pedas dan asam. Padahal ini juga penyebab asam lambung. Makanya saya heran, kalau ada orang yang berlebihan makan makanan pedas dan asam. Apa tidak sayang dengan lambungnya, ya?


Gejala Asam lambung

Setelah tahu apa itu asam lambung dan penyebabnya, saya pun segera mencari tahu apa saja gejala asam lambung. Teman-teman juga harus tahu, lho. Jadi kalau teman-teman sudah merasakan hal-hal berikut, bisa segera mencegah atau mengambil tindakan.

Foto : Bing .com

                                       

Gejala asam lambung itu saat merasakan panas dan terbakar pada perut bagian atas

Perut kembung 

Bila sering mual dan muntah

Sering bersendawa 

buang gas atau kentut

Refluks atau kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan

Diare yang sangat parah

Cepat kenyang


Sayuran yang Harus dihindari

Selain menerapkan hidup sehat, teman-teman juga harus menghindari  sayuran yang bisa memicu asam lambung naik. Selain seledri dan daun bawang itu, kol, brokoli, kubis, dan sawi memiliki kandungan fruktosa tinggi yang memicu lambung menghasilkan banyak gas. 

Desain Canva

Bagi yang suka tomat, juga harus hati-hati. Tomat mengandung asam yang tinggi menjadi pemicu asam lambung naik karena menghasilkan banyak gas dalam perut. Apalagi kalau dikonsumsi secara berlebihan. Cabai mengakibatkan dinding lambung iritasi sehingga memicu asam lambung naik lebih cepat.

Nah itu dia seputar penyakit asam lambung dan sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam lambung. Intinya dari kita sendiri yang menerapkan terus pola hidup sehat dan mengkonsumsi sesuatu sesuai takaran. Semoga bermanfaat.

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

46 Responses to " Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung"

  1. Banyak juga ya sayuran yg harus dihindari u/ penderita asam lambung. Kirain cuma cabe dan kol aja. Harus dicari juga nih sayur-sayur apa yg banyak-banyak pun engga apa-apa...

    ReplyDelete
  2. Makasih sharingnya. Dulu suami nih yg suka kena asam lambung harus dijaga biar ga kambuh

    ReplyDelete
  3. Setiap orang memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda terhadap makanan.
    kita Sebaiknya catat reaksi tubuh setelah mengonsumsi jenis sayuran tertentu.
    Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan panduan diet yang tepat sesuai dengan kondisi asam lambung kalau emang kita udah ngerasa sangat ngga nyaman

    ReplyDelete
  4. Oh kol juga nggak boleh ya.. padahal itu lalapan favorit saya hehe. Tapi memang tricky sekali ya memilih makan untuk penderita asam lambung

    ReplyDelete
  5. Daku ada asam lambung Pak Bams, cuma biasanya yang daku hindari adalah kol, sambal terlalu pedas, sama cuka (atau yang terlalu asam). Kalau daun bawang sama seledri masih tetap dimakan, dan alhamdulillah masih aman

    ReplyDelete
  6. ternyata tomat juga termasuk pemicu asam lambung yaa, harus hati-hati ini karena banyak lihat sodara dan teman yang kena asam lambung

    ReplyDelete
  7. ya Allah kol, brokoli, kubis, semuanya padahal aku suka bangeettt :(( pantesan abis makan sayur itu tuh justru perutku makin begah yang ada hiks..

    ReplyDelete
  8. saya juga memiliki asama lambung
    tapi semua sayur di atas itu favorit aku, terutama sayur sawi
    kalau lagi gak kambuh si aku tetap makan, tapi kalau asam lambung sudah naik mau gak mau menghindarinya terlebih dahulu

    ReplyDelete
  9. Wah, sawi juga ya. Itu sayuran yang sering kubeli, karena bisa dimakan semua anggota keluarga. Bahkan masak mi juga harus pakai sawi. Berarti kalau asal lambung lagi naik, sawi ini mesti diliburkan dulu, ya.

    ReplyDelete
  10. molly suka kena asam lambung. gara2 telat makan. wkwk.. baru tahu klo brokoli dan kubis itu mesti dihindari. padahal itu sayur kesukaan.

    ReplyDelete
  11. Kopi menjadi pantangan utama para penderita asam lambung. Aku sempat punya asam lambung trus minum kopi, rasanya kayak mual dan pengen muntah ga sembuh sembuh, semenjak itu aku dah g pernah kopi hitam. Tapi kopi saset masihh wmwkw

    ReplyDelete
  12. Kopi menjadi pantangan utama para penderita asam lambung. Aku sempat punya asam lambung trus minum kopi, rasanya kayak mual dan pengen muntah ga sembuh sembuh, semenjak itu aku dah g pernah kopi hitam. Tapi kopi saset masihh wmwkw

    ReplyDelete
  13. Selama ini saya juga menghindari makan kol karena takut asam lambungnya naik. Tapi malah senang makan brokoli dan sawi yang ternyata juga memicu asam lambung, ya. Waduh, harus mengurangi makan sawi dan brokoli nih.

    ReplyDelete
  14. Oalah pantesan, dulu temenku pernah minum jus tomat+wortel eh nggak lama asam lambungnya kambuh. Ternyata tomat bisa memicu asam lambung ya pak, perlu ku kasih tau temenku informasi ini

    ReplyDelete
  15. Betul banget tuh mas Bam. Aku dulu jg dilarang makan kol krn bs menyebabkan gas tertentu setelah makan. Itu yg bikin asam lambung naik. Di samping itu, kita ga boleh stres sih agar enzim yg bertugas mengeluarkan zat asamnya ga berontak mulu. Hehe.

    ReplyDelete
  16. Menderita asam lambung itu memang gak enak banget, sebisa mungkin kkta harus mencegah terkena sakit asam lambung. Kalau udah asam lambung, harus pinter - pinter dalam pilih makanan seperti menhindari sayuran yang berpotensi meningkatkannasam lambung seperti diatas

    ReplyDelete
  17. Nggak nyangka ya, tomat dan cabai ternyata bisa jadi pemicu asam lambung juga. Ayo, mulai dari sekarang kita lebih aware soal pilihan makanan biar tetap sehat dan nyaman! 😊🥦🍅

    ReplyDelete
  18. Ah baru tau tomat jg jd pemicu asam lambung huhu padahal lgmulai rutin konsumsi tomat karena bikin kulit glowing hehe

    ReplyDelete
  19. Kalo dipikir², serem juga si asam lambung ini. Harus pilah pilih makanan, kalo memang nggak mau kumat lagi.

    ReplyDelete
  20. aku juga sering telat makan, habis itu klo makan juga musti ada sambel. Kalo ini diteruskan pasti akan bahasaya banget. Musti merubah pola hidup sepertinya.

    ReplyDelete
  21. Paling gak nyaman sih kalau asam lambung naik.
    Wah baru tau brokoli ternyata harus dihindari bagi penderita asam lambung. Padahal suka banget sama brokoli..

    ReplyDelete
  22. Kadang memang gak sadar kalau makan dan minum, jadi berakibat asam lambung naik. Aku kalau bepergian ke daerah panas, suka gak kuat kalau cuma minum air mineral doank, mas Bams.. Jadi biasanya minum yang seger-seger, kaya soda gituu.. Dan sudah bisa dipastikan berikutnya apa yang terjadiii.. huhhu... memang yang paham diri sendiri tuh yang kudu disiplin jaga kesehatan.

    ReplyDelete
  23. Jadi keinget temen yang kalau makan bakso juga gini, gak pake seledri dan juga daun bawang, bahkan gak pake mie juga, maunya bakso polosan aja, tapi saya gak pernah tanya alasan kenapa dia sukanya gitu, entah karena selera atau karena asam lambungnya, btw terima kasih infonya mas

    ReplyDelete
  24. Reflux tuh engga enak banget loh...Jadi asem gitu mulut. Baru tahu juga loh kalau sawi termasuk yg harus dihindari buat penderita asam lambung.

    ReplyDelete
  25. Kol juga meningkatkan asam lambung katanya pak, jadi penderita asam lambung juga harus membatasi konsumsinya

    ReplyDelete
  26. Duh ini pantangan asam lambung banyak sekali...mana beberapa menggoda iman nih. Tapi kalau mau sehat ya lebih baik sih dihindari ya, karena kalau asam lambung naik itu rasanya....huaaa

    ReplyDelete
  27. Sebagai pengidap asam lambung, saya baru tahu harus menghindari seledri dan daun bawang
    Emang banyak sih pantangannya.
    Tapi sekarang saya fokus menurunkan BB dulu
    dan emang kerasa, BB turun (walau belum maksimal) gangguan aslam mereda

    ReplyDelete
  28. Info menarik, Mas. Apalagi kebanyakan orang kan tahunya sayuran tuh makanan sehat dan menyehatkan. Padahal yaaa, orang dengan penyakit tertentu justru harus berpantang sayuran tertentu.

    ReplyDelete
  29. Wah, setahuku hanya sawi dan kubis. Ternyata brokoli dan tomat juga ya. Iya sih, tomat memang masam tapi ga kepikiran harus di hindari saat asam lambung tinggi

    ReplyDelete
  30. Aku taunya penderita asam lambung gak boleh makan pedas atau makanan asam. Ternyata gak boleh kopi juga ya. Waduh adikku harus dikasih tau nih. Dia punya asam lambung juga soalnya.

    ReplyDelete
  31. Aku mulai mengurangi kopi sama soda, mas Bams.
    Kalau di Bandung mah aman-aman aja.. karena udaranya dingin yaa...
    Kemarin pas mudik ke Surabaya, mashaAllaa~ panasnyaaa.. dan pinginnya minum yang seger-seger teruusss, kaya soda.
    Padahal tau kalau ini minuman gak baik yaa.. Huhhuhu~

    ReplyDelete
  32. sayuran pantangan yang disebutkan di atas kesukaan aku semua hiks, aku ada asam lambung eh GERD kalo kambuh ya lord lumayan banget sakitnya bikin nangis

    ReplyDelete
  33. Penderita Gerd hadiirr! Pernah kambuh tengah malam sampai akhirnya boyongan pergi ke IGD cuma buat dapet suntikan pereda nyeri. Selain fisik yang babak belur, Gerd juga ngaruh banget ke psikis loh mas. Anyway, aku kok malah baru tahu kalau seledri gak bagus buat aslam, soalnya sering bikin jadi jus yang menyegarkan, hehe

    ReplyDelete
  34. Saya salah penderita asam lambung, kalau lagi kumat, yah gitu deh, hehe. Baru tahu ada sayuran pemicu asam lambung, padahal brokoli, sawi, kol dan kawan-kawannya itu saya suka banget lho. Hiks.

    ReplyDelete
  35. Kalo sudah kena asam lambung ini repot. Harus hati-hati memilih makanan dan aktivitas sering terganggu karena gangguan asam lambung naik.

    ReplyDelete
  36. wah padahal aku suka tomat sama brokoli. tapi kalau konsumsinya enggak berlebihan alias terkendali, masih aman kan ya buat asam lambung

    ReplyDelete
  37. Untuk menghindari Asam lambung sebaiknya makan secara teratur, dan juga menghindari sayuran yang tidak boleh untuk di makan.

    ReplyDelete
  38. Gangguan pencernaan itu sungguh membuat tak nyaman. Pengin makan enak pun harus memilah-milah mana yang boleh mana yang tidak. Padahal sayur itu bagus lho ya.. Tapi ternyata ada yang harus dipantang oleh penderita asam lambung.

    ReplyDelete
  39. Iya ya, ternyata tomat juga kalau dimakan penderita asam lambung juga perlu dihindari. Soalnya asam yang dikandung itu loh. Saya pernah waktu itu kena asam lambung dan diharuskan makan yang gak asem, sayuran apapun yang penting gan ganggu fungsi lambung.

    ReplyDelete
  40. Yg pasti sih, kol itu ga bs utk penderita maag dan asam lambung. Itu bikin asam lambung naik. Tp kl dikonsumsi sedikit sih sbnrnya gpp jg.

    Tp kl udh akut, ya udh ikutin saran dokter. Soalnya emg bisa bikin gas naik sih.

    ReplyDelete
  41. Brokoli sama kol tuh sayur kesukaan saya banget. Sepertinya harus mulai dikurangi ya kalau sudah ada gejala-gejala asam lambung. Kopi juga harus mulai dijaga konsumsinya biar tidak tambah fatal nih perut

    ReplyDelete
  42. Wah iya, penderita asam lambung harus memperhatikan makanannya ya
    Termasuk memilih sayuran

    ReplyDelete
  43. Aku juga baru tahu ada sayuran yang nggak boleh dimakan buat penderita asam lambung. Harus bilang ibuk, nih. Ibukku soalnya punya asam lambung tinggi, kalau udah kumaat gitu penyebabnya ya karena stress, sih. Hehe

    ReplyDelete
  44. Wah ini beneran deh, buat penderita asam lambung tapi penyuka makanan pedes, sambel itu ujian banget ya Mas. Hhaha. Udah ditahan-tahan biar ga dimakan, tapi pas liat sambelnya rasanya kek dipanggil terussss. Hiks. Ujung ujungnya aslam kumat lagi kumat lagi

    ReplyDelete
  45. Berat yaa.. ternyata makanan yang harus dijaga adalah yang biasa kita makan sehari-hari banget, seperti sawi. Sayur yang paling common dicampur sama mie.
    Kalau aslam terlanjur naik (kambuh), pasti rasanya gak nyaman banget.

    ReplyDelete
  46. Karena ibu saya pernah punya asam lambung tinggi, saya akhirnya paham ada beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan oleh beliau. Kol adalah salah satu sayuran yang sudah lama saya ganti dengan sawi putih. Kalau brokoli masih bisa dimakan sih meski gak sering-sering.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.