} Resep Semur Daging Kambing Praktis - Bambang Irwanto Ripto

Resep Semur Daging Kambing Praktis

Selain menulis dan jalan-jalan, saya juga suka memasak. Tapi Kebanyakan resep praktis saja. Termasuk resep semur daging kambing. Walau praktis, tapi rasanya tetap mantap.

resep daging kambing yang praktis, mudah, dan enak
Semur Daging Kambing Praktis


Nah, bagi yang pas hari raya kurban punya daging kambing, boleh kok coba resep saya ini. Sebagai variasi saja. Jadi tidak disate terus hehehe.

Alhamdulillah resep ini pernah saya posting di cookpad, dan ternyata banyak yang mencoba resep semur kambing ini. Bahkan ada yang mengirim foto masakan dan bilang enak... Senangnya. Yuk, dicoba.

Bahan semur daging praktis :

250 gram atau ¼ kg daging kambing. Paling enak kalau kambing muda, karena dagingnya empuk.
pilih daging muda untuk semur
Dagijg Kambing untuk Semur

Bumbu untuk air rendaman semur daging kambing :

1 ruas jari kunyit
1 ruas jahe
Garam secukupnya
½ gelas air matang
Sejempol gula merah
Asam jawa secukupnya
Daun salam secukupnya
Penyedap rasa bila suka

Bumbu untuk Menumis Semur Daging Kambing:

5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
10 cabe merah (bisa ditambag bila suka pedas)
3 butir kemiri (disangrai dulu)
½ sendok teh ketumbar
2 batang sereh
Daun salam secukupnya

Pelengkap Semur Daging Kambing :

1 bks santan instan 65 ml
3 gelas air matang
Kecap Manis
Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara Memasak Semur Daging Kambing Praktis :

Pertama-tama, potong daging kambing sesuai selera. Kalau saya sukanya potong dadu atau bisa tipis-tipis. Setelah itu cuci bersih daging kambing.

Selanjutnya, siapkan air rendaman untuk daging kambing. Haluskan kunyit, jahe, dan garam. Kemudian masukan campuran setengah gelas air, asam dan gula merah. Jangan lupa beri daun salam. Kalau suka, boleh beri penyedap rasa.

Setelah air rendaman siap, masukkan potongan daging kambing. Terus diamkan 10-15 menit, sampai air rendaman meresap ke dalam daging.

O, iya, teman-teman, air rendaman ini juga bisa buat air rendaman daging kambing saat akan dibuat sate. jadi prosesnya sama. Hanya setelah direndam dan meresap, daging tinggal ditusuk dan dibakar. Air rendaman ini membuat daging kambing tidak berbau badan kambing lagi hehehe.

Sambil menunggu, buat bumbu untuk menumis. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe, ketumbar, jahe. Setelah halus,  tambahkan lengkuas keprek, daun salam, dan sereh.


Setelah 10-15 menit dan daging kambing sudah meresap, saatnya untuk diolah. Tumis bumbu sampai harum. Setelah itu, masukkan daging kambing beserta air rendamannya.. Aduk rata, lalu beri dua gelas air matang.

Setelah air berkurang, masukkan satu saset santan instan. Setelah itu, masukkan lagi 1 gelas air matang. Tambahkan kecap manis. Masak sampai daging kambing empuk, dan air menyusut.

Jangan lupa ya, gais. Selama proses memasak, wajib dicoba, jadi bisa disesuaikan rasanya dengan selera. Jadi nantinya masakan pas di lidah dan hati, hahaha.

memasak semur daging kambing dengan mudah dan cepat
Tara... Semur Daging Kambing siap disantap


Tara... masakan sudah siap. Teman-teman bisa mencoba. Cara memasak semur daging kambing ini sangat mudah dan praktis. Masaknya cepat, tapu rasanya tetap mantap. Selamat mencoba...


Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Resep Semur Daging Kambing Praktis"

  1. Replies
    1. Bisa Mbak Tira, walau ga sehebat Chef Arnol dan Chef Juna hahaha.

      Delete
  2. Besok tak coba resepnya deh mas Ir, klo dpt daging kurban embeek.Hari ini aku dpt daging kebo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, segera dicoba, Mbak Tanty.
      Boleh kirim ke rumah saya juga hahaha.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.