} Strategi Pemasaran Online UKM Zaman Now - Bambang Irwanto Ripto

Strategi Pemasaran Online UKM Zaman Now

Saat ini, Usaha kecil menengah atau UKM, tidak lagi 100 persen mengandalkan sistem penjualan offline. Perkembangan zaman diiringi dengan perkembangan dunia digital, membuat Strategi Pemasaran Online UKM zaman now harus segera dilakukan.  Tujuannya sudah jelas, agar produksi semakin dikenal luas dan meningkatkan penjualan.

strategi pemasaran online ukm zaman now
Sytetegi Pemasaran Online Zaman Now

Bagusnya lagi, penjualan via online ini, tetap bisa dilakukan bersamaan dengan penjualan offline. Toko fisik masih bisa terus dibuka, karena masih banyak pembeli yang suka membeli langsung di toko. Termasuk mengikuti pameran-pameran UKM, baik berskala daerah, nasional, atau bahkan internasional. Salah satunya Pesta Kriya di Rumah Marta Tilaar Gombong Kebumen yang diadakan setiap tahun

pesta kriya martha tilaar ajang promo ukm kebumen
Pesta Kriya Sebagai salah satu ajang promo UKM Kebumen

Nah, kembali ke pemasaran online, walau sama-sama intinya menjual produk,tapi pastinya berbeda dengan pemasaran offline. Ada banyak hal yang membuat lebih fleksibel, dan akhirnya menjadi keuntungan-keuntungan sendiri bagi teman-teman yang mempunyai Usaha Kecil menengah atau UKM.

walau produk ukm bisa dijual off, bagusnya dijual online juga
Pemasaran UKM Zaman Now Offline Bisa Online Bisa
Berikut saya coba menjabarkan Strategi Pemasaran Online UKM Zaman Now dari kacamata saya. Mungkin masih banyak kekurangan, Namun setidaknya bisa membuka sedikit gambaran teman-teman seputar penjualan online ini.

Keuntungan Pemasaran Online

Sesuai namanya, pastinya produk UKM akan dijual secara online. Jadi tidak ada interaksi langsung antara pembeli dan penjual, termasuk tidak berada dalam satu tempat atau lingkungan. Produk-produk UKM hanya dipasang secara virtual lengkap dengan detailnya. Seperti harga, dimensi ukuran dan sebagainya.

kerajjnan anyaman pandan kebumen
Agar Produk UKM Dikenal Wajib Promosi Online juga

Bahkan sistem promosi secara online ini, tidak hanya berlaku untuk produk-produk UKM berbentuk fisik, tapi juga UKM yang memproduksi makanan dan minuman. Misalnya Sate Ambal Kebumen yang kini sudah dalam bentuk kemasan. Jadi tidak hanya bisa dinikmati di tempat, bisa dijadikan oleh-oleh, bahkan sudah bisa dipesan langsung tanpa harus datang ke Kebumen.

Saya mengamati bayak sekali keuntungan yang didapatkan UKM saat memasarkan via online. Pastinya ini sangat menghemat waktu, uang dan tenaga.

Tidak Harus Ada Toko Fisik

Tidak perlu menyediakan tempat berjualan. Pertama sangat efisien karena tidak perlu melakukan banyak hal. Tinggal foto, posting maka produk  ditawarkan akan terposting.

Fleksibelnya Waktu Operasional

Saat akan membuka toko offline, pastinya hal utama yanga harus ada adalah tempat berjualan. Pastinya itu disesuaikan dengan kebutuhan ya. Mulai dari kios di pasar, ruko, atau garasi yang disulap jadi toko. Ini belum lagi harus menyediakan etalase dan perlengkapan lainnya.

Tidak Harus Buka Tutup Toko

Saat membuka toko offline, otomatis kita harus menyediakan waktu untuk jam operasionalnya. Misalnya tokonya buka dari pukul 09.00 – 21.00 malam. Ini pastinya akan membutuhkan tenaga juga. Belum lagi saat melayani pembeli.

Berbeda saat memasarkan produk secara online, ini sangat menghemat tenaga. Walau ada jam buka tutup. Tapi bisa mudah dilakukan darimana saja. 

Minim Resiko Kerugian

Dengan pemasaran secara online, teman-teman bisa minim resiko rugi. Teman-teman tidak perlu stok produk secara berlebihan, asalkan barang selalu ready. Penjualn produk pun sudah pasti.
Khusus teman-teman yang berkecimpung di usaha makanan, penjualan online pun sangat efektif dan menghindari dari produk kadalursa. Jadi produksi disesuaikan saja dengan jumlah pemesanan sebelumnya.

Media yang Bisa digunakan Dalam Pemasaran Online

Saat ini, media yang bisa teman-teman gunakan untuk pemasaran online sangat beragam. Mulai dari media sosial sampai marketplace. Bagusnya lagi, media sosial itu gratis, selama tidak ada penambahan fitur-fitur khusus. Nah, berikut media sosial dan maketplace yang bisa teman-teman gunakan untuk memasarkan produk UKM.

Media Sosial

Dulu itu jejaring sosial hanya digunakan untuk menambah pertemanan. Tapi seiring waktu, media sosial bisa dijadika media promosi online juga. Jadi facebook, intagram, atau twitter bisa kita manfaat. Apalagi ini sangat menguntungkan karena gratis.

Walau begitu, perlu juga persiapan sebelum promosi di media sosial. Setidaknya sebelum diupload, teman-teman harus mempersiapkan foto produk yang menarik, karena ini senjata utama, orang pertama melihat produk kita.

Jangan pernah bosan untuk terus upload produk. Tidak hanya sehari sekali, tapi bisa 3 kali sehari. Terus perhatikan juga waktu-waktu yang bagus saat posting. Misalnya kita bisa pelajari dari postingan mana yang kira-kira responnya banyak.

kaos kurcaci pos perlu markening online juga
Salah Satu Pemasaran Online di Media Sosial

Walau belum mempunyai UKM, tapi saya sangat memanfaatkan media sosial untuk membantu Cara Promosi Buku di Media Sosial, juga kelas kurcaci pos. Hasilnya sangat membantu. Tidak hanya memperkenalkan diri saya, tapi juga meningkatkan penjualan buku dan orang tertarik mengikuti kelas saya.

1. Facebook

Facebook ini selain mempunyai fitur akun pribadi, juga ada halaman. Nah teman-teman bisa memanfaatkan halaman ini untuk ajang promosi produk. Instraksi di komentar postingan atau di messsage akan sangat membantu teman-teman dalam berinteraksi dengan pembeli.

2. Instagram 

Jangan sampai teman-teman lewatkan untuk promosi di akun instagram. Apalagi instragram juga menyediakan akun bisnis yang sangat bisa teman-teman.
Teman-teman juga tidak hanya bisa memajang produk UKM di feed dengan maksimal 10 photo, tapi juga bisa memposting di IG Story. Bila video teman-teman lebih 1 menit, jangan lupa manaatkan IG TV.

Tersedianya layanan interaksi dari telepon, DM, sampai email, bahkan alamat website, meudahkan pembeli terkontak lansung dengan teman-teman.

3. Twitter

Walau jumlah karakter twitter sangat terbatas, tapi sangat  mumpuni teman-teman gunakan untuk ajang memajang produk UKM teman-teman. Triknya ada postingan yang captionnya singkat dan padat, lalu masukkan maksimal 4 foto menarik.

Marketplace

Kemudahan untuk berpromosi secara online ini bisa teman-teman lakukan juga lewat marketplace. Hadirnya beragam marketplace di Indonesia, tidak hanya menjadi angin segar bagi pelaku bisnis, termasuk UKM, tapi juga membantu dan meningkatkan penjualan.

Ada 2 jenis marketplace yang perlu teman-teman ketahui. Yaitu Makrketplace Murni dan Marketpalce  Konsinyasi. Walau tujuannya sama promosi dan menjual, tapi ternyata memiliki sedikit perbedaan. 

A. Marketplace Murni

Marketplace murni ini adalah sebagai perantara antara teman-teman dan pembeli. Jadi marketplace ini ibaratnya menyediakan tempat atau sebuah mall. Nah, teman-teman menempati salah satu toko di mall itu. Teman-teman berinteraksi langsung dengan para pembeli.

Contoh marketpace yang populer di Indonesia adalah Tokopedia, Bukalapak, atau Sophee. Tapi saya yakin, dengan perkembangan marketplace, maka akan bermunculan marketplace-marketplace murni lainnya. Nah, teman-teman bisa pelajari semua marketplace yang ada. Silakan memilih yang sesuai.

B. Marketplace Konsinyasi

Marketplace Konsinyasi ini adalah ibaratnya sebuah toko kosong. Nah, teman-teman dan orang lain nanti menitip barang di toko ini. Jadi teman-teman tidak berinteraksi dengan pembeli. Interaksi jual beli dilakukan oleh pihak toko. Nanti keuntungannya akan dibagi. 

marketplace konsinyasi ini ada duamacam juga. Pertama marketplace konsinyasi satu tema atau satu niche. Soalnya Marketplace Konsiyansi ini harus sesuai dengan niche atau tema. Misalnya marketplace khusus fashion. Jadi yang bisa dititip di sana seputar fashion, seperti baju, sepatu, tas, ikat pinggang, kacamata dan lainnya. Kalau marketplace khusus kerajinaan Indonesia, maka batik, ukiran, sarung tenun, patung, kerajinan  perak dan lainnya bisa dititip di sana. Contoh Marketplace Konsinyasi di Indonesia adalah Zalora yang bertema fashion.

Maketplace konsinyasi lainnya adalah beragam tema. Jadi misalnya seperti Oshop yang menjual beragam produk. Dari produk rumah tangga, kesehatan, lifestyle, dan fashion. Jadi misalnya, produk teman teman sesuai dengan salah satu niche marketplacemen itu, silakan dimasukkan saja.

Website

Bila teman-teman ingin melebarkan sayap dalam berpromosi online, bisa membuat website khusus untuk berjualan. Dengan adanya website sendiri, teman-teman bisa lebih bebas memanegen sendiri UKM-nya. Syarat dan ketentuan, teman-teman bisa tentukan sendiri.

Keuntungan lain teman-teman mempunyai website adalah nama branda tau produk teman-teman lebih menonjol namanya. Ini karena nama website dan semua nama produk yang dijual itu memakai nama sendiri.

Misalnya, saya punya UKM namanya Kurcaci Pos. Jadi saya menjual berbagai marchandais Kurcaci Pos. Dari t-shirt, topi, tas, bantal, mug, dan lainnya. Pastinya nama website saya juga memakai nama Kurcaci Pos.

Dengan adanya website, teman-teman pun bisa menghubungkan akun media sosial. Masukkan alamat website teman-teman di akun media sosial. Jadi nanti saat orang lain melihat akun media sosial kita yang mana saja, bisa langsung mengklik alamat website kita juga.

Bekerjasama dengan Blogger

Ada satu cara lagi yang bisa teman-teman tempuh bila ingin promosi online dengan hasil maksimal Teman-tenan bisa bekerja sama dengan blogger. Mereka akan membantu teman-teman mempromosikan produk lewat tulisan di blog, juga promo di media-media sosial.

Jadi walau jalur  strategi promosi online di atas bisa teman-teman tempuh, tapi ada kalanya ada sesuatu yang membuat teman-teman tidak bisa menghandel. Misalnya keterbatasan waktu atau pengetahuan soal media online.

Nah, itulah strategi pemasara online UKM zaman now yang bisa teman-teman lakukan. Semuanya bagus dan sangat membantu teman-teman. Jadi pelajari semuanya, dan pilih sesuai dengan kebutuhan teman-teman. Harapannya bisa meningkatkan penjualan, UKM di Indonesia semakin maju dan berkembang. Aamiin.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

54 Responses to "Strategi Pemasaran Online UKM Zaman Now"

  1. baru tahu kau namanya marketplace konsinyasi klo menjual barang2 dr berbagai merchan dgn tema yg sama. aku pernah mau blnja ke marketplace konsinyasi ini mas bingung knp ongkirny bnyak, e ternyt dikirim dr bnyak toko. hmmmm....ternyta ada nmnya ya. tfs mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau marketpalce konsinyasi ini ibaratnya barang kita dititipkan di satu toko, Mbak. nanti kalau pemilik toko itu yang menjual dan mengirimnya ke pembeli. jadi kita tinggal bagi hasil saja sesuai kesepakatan.

      Delete
  2. Jaman terus berkembang ya, Mas. Sebagai pelaku usaha, sangat penting untuk peka menangkap perubahan itu dan ikut serta terlibat di dalamnya. Kalau adem ayem aja malah profit penjualan jadi nggak ayem. Pemasaran online sangat memudahkan tapi pelaku usaha harus jeli memilih strategi yang tepat dan cara memanfaatkannya. Pasti banyak pelaku usaha terbantu deh dengan tulisan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Melina. pelaku usaha harus jeli juga melihat berbagai peluang untuk pemasaran online. Apalagi media sudah tersedia dan tinggal dimanfaatkan saja secara maksimal.

      Delete
  3. Baru tau marketplace ada jenisnya gitu murni dan konsinyasi, terima kasih infonya mas.

    Tapi bener lho, dengan adanya socmed, teman bliger dan vloger.. insyaallah usaha ini bsa berjalan khusunya disisi marketingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Winda. Jadi pemilihan marketplace bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Dan kehadiran sosmed itu memang sangat membantu.

      Delete
  4. Geliat UMKM di era Covid ini terlihat cukup meningkat tajam malah ya.
    Benar sekali bahwa media sosial seperti yang disebutkan diatas cukup berpengaruh dan sangat mendukung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, Mbak shisca. Makanya pemasaran harus semakin ditingkatkan, termasuk pemasaran ia online.

      Delete
  5. Saya jadi ingat saya juga pernah menulis tentang centra UKM nya bank sumut.
    Kapan kapan saya letak di list BW ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, dishare, Mbak Vivi.
      Biar UKM Indonesia semakin dikenal luas, akhirnya meningkatkan penjualan.

      Delete
  6. Untuk zaman digital seperti ini memang sudah seharusnya UKM melakukan pemasaran online ya pak. baik itu dari media sosial, web pribadi maupun marketplace. walaupun offline juga seharusnya tetap jalan. Soalnya kadang ada saja yang nanya tokonya dimana. hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Dyah. Kalau memang memungkinkan membuka toko offline, boleh sekali, Mbak. jadi pemasaran online dan offline salig mendukung. Dan memang dengan adanya toko offline semakin menambah kepercayaan pelanggan.

      Delete
  7. hanya cukup bermain media sosial dan internet kita bisa berjualan dan memasarkan barang lewat online. rasanya cukup duduk main hp lalu jualan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi kita memang harus mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkan media onlone dengan maksimal. Apalagi memang sangat membantu dalam pemasaran online.

      Delete
  8. Menurut Pak Bambang kalau misalnya bisnisnya jualan buku edukasi gitu, kalau mau bikin konsep website sendiri, sebaiknya langsung dibikin website jualan produknya terpampang atau sof selling gitu ya lewat cerita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dilakukan semuanya, Mbak. bahkan bagus juga dibuat videonya. Jadi pembaca semakin tertarik.

      Delete
  9. Zaman digital gini memang jaman sekali klik aja ya pak Bambang,
    Tapi itu kita kudu kreatif juga dalam memasarkannyaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak. Jadi kita harus kreatif dalam hal promosi, agar nanti orang tertarik membeli barang kita.

      Delete
  10. Pemasaran konvensional makin handal jika dilengkapi juga dengan pemasaran digital. Secara online produk dan jasa akan dikenal banyak orang hingga menembus batas lokasi yang dulu jadi kendala tersendiri. Apalagi didukung sarana trnasportasi dan jasa ekspedisi yang kini makin mumpuni. Membuat pelaku usaha berpeluang besar mengembangkan usahanya hingga makin sukses dari hari ke hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Dian. Zaman now jualan memang semakin dimudahkan. termasuk bagi pelaku UKM. Makanya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin sarana pendukung yang ada.

      Delete
  11. Hidup di zaman digital itu enak memang. Kalau mau usaha nggak harus produksi sendiri, nggak harus punya toko, nggak ada punya stok barang. Karena semua bisa dilakukan secara online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Sugi. Karena dimudahkan, jadi harus semakin giat dan semangat, agr hasilnya maksimal juga.

      Delete
  12. Bekerjasama dengan bloger ini efektik kayaknya ya Mas, soalnya mbak dan mas bloger itu baik2 banget mengupas tuntas dan mempromosikan barang dagangan kita, hmm... layak dicoba kl satu hari nanti memulai usaha lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Mia. Terus jaringan pertemanan kan juga luas, jadi promosinya akan semakin luas.

      Delete
  13. Semua pilihan di atas bagus, dan kalau bisa diambil semua. Atau satu dulu tapi harus konsisten. ini amat sangat penting.
    Saya mau isi barang di marketplace kok masih maju mundur, karena ternyata langkah awal itu berat, tapi konsisten lebih berat lagi. KAlau bisa semua marketplace... malah sudah ringan karena sudah biasa. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Susi. Semua media online bagus dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. tapi memang bagusnya secara bertahap juga, biar semua bisa dikuasai teknik pemasarannya dengan baik.

      Delete
  14. dengan adanya srategi pemasaran onlinen pasti menambah pundi pundi rupiah dari kalangan bisnis kelas menengah bawah karena menggunakan platform gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Mas. Soalnya cara pemasaran lebih mudah zaman now. Jadi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

      Delete
  15. Pernah bantu jualan salah satu UKM, tapi terkendala juga dengan persaingan barang impor yang murah meriah. Semoga masyarakat sekitar ikut me-laris-kan dagangan UKM

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang harusnya begitu, Mbak Sari. Masyaarat sekitar bisa membantu mempromosikan UKM yanga da di sekitarnya. Kalau perlu bantu memasarkan. Saya pun kalau ada UKM di sini, saya bantu promo juga

      Delete
  16. setuju kak, apalagi saat seperti ini, kita mau buka toko dan sewa toko jadi berpikir 2 x, dengan adanya online kita bisa memaksimalkan produk dan menekan biaya yang tak pasti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak. Pokoknya bagi yang mau membuka usaha, termasuk UKM, bagian pemasaran ini jauh lebih mudah dan menambah penjualan juga.

      Delete
  17. jadi ada banyak cara jika memang ingin memulai sebuah bisnis UKM ya pak bamz. termasuk tentang mempelajari strategi marketing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Sadli. Makanya semua harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, agar nantinya membantu pemsaran dan meningkatkan penjualan.

      Delete
  18. wah keren sekali ya, dengan adanya media promosi online UKM bisa menambah chanel penjualan lewat berbagai macam sosmed.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Inez, apalagi semuanya bagus, malah ada yang gratis pula. jadi harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

      Delete
  19. Betul banget pak, toko offlinenya juga masih penting hanya saja dibantu penjualan online supaya lebih luas ya jangkauannya. Makanya dibutuhkan banget strategi pemasaran online tersebut. Duh aku kok tertarik lihat dompet kunci mobil ya itu, unik banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Lidya. Karena pemasaran via online sangat mendukung sekali. Apalagi banyaknya media pendukung, jadi harus dimanfaatkan dengan baik.

      Delete
  20. Zaman now mah kita harus melek teknologi ya mas. Lebih banyak menciptakan jejaring buat memasarkan produk! Yang untung kita juga. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mas Bimo. Apalagi semua bisa dipelajari. Karena nantinya meningkatkan pemasaran produk juga.

      Delete
  21. Betul mass, tahun 2020 memang tahunnya teknologi maju, tak terkecuali bisnis UKM harus merambah pemasaran secara online juga. DIbanding konvemsional, pemasaran online memiliki beberepa keuntungan seperti dijelaskan diatas. GO UKM Indonesia!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Aldhi, maka pelaku UKM jangan sampai tidak dimanfaatkan nih pemasaran secara online ya, Mas. pelajari strategi-strateginya juga.Biar hasil penjualan semakin meningkat.

      Delete
  22. Zaman sekarang mah penting banget ya ukm bisa memasarkan secara online jadi bisa menjangkau pembeli lebih luas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Rani. Dengan sistem penjualan online ini, jangkauan semakin luas. Penjual dan pembeli sama-sama dimudahkan.

      Delete
  23. Banyak banget bisns UKM di Indonesia yang secara kualitas atau rasa bisa banget diadu dengan produk import atau pabrikan. Semoga industri UKM lebih maju dengan adanya edukasi tentang pemasaran digital seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Diaz. UKM Indonesia sangat banyak dan beragam. makanya harus digenjot terus pemasarannya. Dan promosi dan pemasaran via online ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Bahkan penjualan bisa sampai ke luar negeri.

      Delete
  24. Bener banget nih promosi di sosial media itu penting banget, ternyata di via digital juga ada tekniknya ya. Agar hasilnya maksmimal. wah terimakasih ni kak jadi lebih banyak paham nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Eka, karena kan setiap media online berbeda-beda, jad harus dipelajari juga, agar nantinya promosi berhasil, dan pemasaran produk kita semakin meningkatkan.

      Delete
  25. sekarang memang sudah serba online. Pemasaran produk UKM dengan mudah bisa dipasang di media sosial maupun status WhatsApp. Cuma itu dia, harus punya keterampilan khusus juga.. pemasaran online ada ilmunya sendiri supaya mendongkrak penjualan ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Mbak Iim. Walau media online sudah tersedia, tapi kita harus belajar juga, agar terampil menggunakan media online itu untuk promosi, sekaligus pemasaran.

      Delete
  26. Karena gratis, promosi lewat media sosial ini menjadi salah satu alternatif untuk memasarkan produk UKM secara online ya mas. Selain itu juga jangkauannya lebih luas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kang Syahri. jadi jangan sampai disia-siakan hal ini. Apalagi terbukti pemasaran online itu sangat membantu dan mendukung juga pemasaran offline.

      Delete
  27. Ini lah jalan ninja UKM untuk tetap bertahan di tengah pandemi dan di tengah ketatnya persaingan ya pak. Jadi emmang harus go digital demi bertahan dan meningkatkan angka penjualan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus, Mbak Jasmi. Dan sejatinya, kita harus fleksibel dan bisa mengikuti perkembangan. Seperti soal pemasaran ini. Dulu kan sistem offline, sekarang dibantu dengan penjualan online juga.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.