} Singkirkan Mitos, Semangat Yuk Jualan Online di Lazada - Bambang Irwanto Ripto

Singkirkan Mitos, Semangat Yuk Jualan Online di Lazada

Sampai sekarang, jualan online masih menjadi salah satu cara orang mengembangkan usaha. Makanya, semakin banyak orang yang saat ini berjualan online. Namun tidak semua berhasil. Salah satu kendalanya, karena mereka terbelenggu dengan Mitos Jualan Online yang beredar selama ini.

Yuk Jualan online di Lazada


Akibatnya Terlalu Percaya Mitos 

Dalam dunia jualan online, ternyata kalau terlalu percaya mitos, bisa berakibat kurang bagus. Pertama, kita akan terpaku dan tidak berani untuk melangkah. Soalnya baru mau mulai, sudah berpikiran ini itu. Takut salah, nanti tidak pas. 

Akhirnya, ini bisa membuat langkah untuk memulai bisnis jadi tertunda. Dan seperti kita tahu, dunia jualan online ini sangat cepat perputarannya. Misalnya, kita ingin jualan online baju anak, tetapi masih ragu karena memikirkan mitos, akhirnya bisa keduluan dengan orang lain yang segera jualan baju anak.

Nah, Mitos Jualan Online ini, tidak hanya berpengaruh pada diri kita sebagai pebisnis, tetapi juga terhadap penjualan produk kita. Makanya harus disingkirkan segera.


Mitos Jualan Online

Misalnya saja, ada Mitos Jualan Online itu harus modal besar dulu dengan barang yang beragam. Terus perangkat yang digunakan harus canggih. Belum lagi, katanya barang yang dijual online itu harus untuk kalangan atas saja.

5 Mitos Jualan Online
Seputar Mitos Jualan Online (Desain : Canva)

Nah, padahal saya sering membaca, kalau untuk memulai usaha itu, bisa dengan modal sedikit dulu. Bahkan ada juga usaha tanpa modal. Misalnya, pertama menjualkan dulu barang orang. Setelah modal terkumpul, bisa mulai berjualan online sendiri. Ibaratnya, sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit hehehe.

Mitos yang sering menghambat jualan online adalah adanya anggapan, kalau jualan online harus selalu memberi diskon. Semakin besar diskonnya, maka jualan akan semakin laku. Padahal, logikanya, saat jualan harus ada hitung-hitungan juga. Kalau jualan tidak ada untung, malah rugi karena modal dipakai untuk diskon, ya sama saja.


Singkirkan Mitos, Mulai Semangat Jualan Online

Namanya juga mitos. Tidak boleh langsung percaya 100 %. Soalnya bisa jadi penghambat untuk maju. Soalnya modal utama jualan, termasuk jualan online adalah semangat, kemudian memulai, dan yang pasti, tidak takut gagal.

Makanya untuk menepis mitos-mitos itu, saya pun, segera mencari infonya saja. Dan Tadaaa... saya menemukan artikel menarik seputar 5 Mitos Jualan Online di website Yuk Jualan Online. Ini langsung mencerahkan. Saya pun semakin paham, apa yang harus segera dilakukan. Makanya teman-teman harus segera mampir ke sana.

Yuk Jualan Online
Singkirkan Mitor, Semangat Jualan Online (Foto : Canva)

Nah, artikel ini, sangat cocok sekali untuk pebisnis pemula atau kalangan UMKM. Padahal kuncinya, kita akan menemukan fakta-fakta atau hal sebenarnya, saat kita sudah mulai menjalankan jualan online. Ibaratnya kita akan melakukan perjalanan dengan rute yang belum pernah kita lalui.

Pastinya akan ada keraguan atau ketakutan dengan apa yang akan terjadi di jalan.Akhirnya kita ragu melakukan perjalanan, atau bahkan bisa tidak jadi. Padahal, bagusnya kita jalani dulu, agar nanti tahu seperti apa perjalanan itu.

Mitos yang dibahas yang sering jadi penghambat, ternyata adanya anggapan, kalau pebisnis pemula merasa produknya tidak cocok dijual online. Padahal faktanya, Dari kuliner, perlengkapan dapur, sampai mainan anak, semua laku dijual online. Asalkan produknya bagus dan berkualitas.

Nah, masih lanjut. Ternyata ada yang beranggappan, kalau produk bagus, otomatis langsung laku. Padahal, harus diingat, kalau yang jualan online dengan produk bagus itu sangat banyak. Makanya harus terus semangat promo dan jualan juga.

Nah, ini mitos yang kadang menyesatkan, dan sudah saya singgung di atas. Mitosnya kalau jualan online harus sering kasih diskon. Nah, teman saya baru saja cerita. Suatu ketika dia ingin jualannya laku, maka dia pun memberi diskon. Memang banyak pembeli, tapi setelah dihitung, dia tidak dapat keuntungan apa-apa. Malah dapat capek doang. Padahal, kalau produk bagus pelayanan ramah dan cepat, maka orang akan semakin banyak belanja ke kita.

Mitos selanjutnya, katanya, kalau jualan online, maka toko offline sepi. Padahal kenyataannya, jualan online sangat mendukung toko offline. Misalnya ada konsumen yang ingin datang langsung ke toko offline. Lagipula, kalau letak toko offline strategis, pasti tetap ramai oleh pembeli.

Mitos terakhir ini sebenarnya sudah tidak berlaku di zaman now. Mitos itu katanya, kalau jualan online, harus pakai fitur-fitur keren. Padahal zaman now, sudah banyak dukungan dari e-commerce, termasuk dari Lazada.


Yuk, Jualan Online di Lazada

Ternyata di situs Yuk Jualan Online banyak sekali bertebaran artikel menarik dan menginspirasi seputar jualan online. Terus, ada juga story seller. Jadi kita bisa mengikuti kisah sukses para seller yang sangat menginspirasi. Terus kerennya lagi, bisa plus jualan di Lazada. Mantul banget, ya. Makanya saya pun langsung mencari tahu caranya.

website Yuk Jualan Online

Dan ternyata, langkah untuk jualan di Lazada sangat mudah. Hanya butuh 3 langkah saja. Wih, jauhan rumah yayang yang harus ditempuh dengan 5 langkah ya hehehe. 

Buat Akun Penjual

Pertama pastinya teman-teman harus membuat akun penjual dulu. Caranya mudah kok. Tinggal mengisi formulir dan mengikuti langkah-langkah yang ada. Dalam hitungan menit, teman-teman sudah mempunyai akun penjual di Lazada.

Unggah dan Kelola Produk 

Setelah akun penjual sudah ada, teman-teman langsung unggah produk apa saja yang akan dijual. Kemudian kelola produk dengan baik, agar bisa semakin memikat pembeli.

Jual dan Dapatkan Penjualan

Setelah produk siap, saatnya untuk dijual. Kuncinya ya, harus terus semangat. Karena hukum dagang, semakin giat jualan, maka hasilnya juga akan sesuai harapan. Insya Allah akan segera mendapatkan hasil. Aamin.


Mau Jadi Penjual Apa di Lazada?

Yuk jualan online di Lazada. Untuk memulai jualan di Lazada pilihannya beragam lho. Dari  Seller Lazada, LazMall, dan LazGlobal. Teman-teman pun bisa menyesuaikan dengan keinginan. Yuk, kita cari infonya lebih jelas.


Seller Lazada

Mudahnya Jualan di Lazada


Seller Lazada ini diperuntukkan bagi yang ingin jualan di Lazada. Berlaku untuk perorangan juga perusahaan. Menawarkan konsumen berbagai produk dari penjual lokal. Cara daftarnya juga sangat mudah :

Pertama, teman-teman langsung saja klik jualan. Selanjutnya segera diarahkan pengisian formulir daftar sebagai seller Lazada.

Langsung saja isi nomor handphone lalu klik selanjutnya. Kemudian masukin 6 digit kode verifikasi yang dikirim ke nomor handphone yang teman-teman masukin tadi.

Selanjutnya teman-teman mengatur kata kunci. Jangan lupa tentukan perorangan atu perusahaan. Masukkan email, kata kunci baru, lalu ulangi kata kunci. Klik next.

Taraaa.. toko teman-teman sudah jadi. Saatnya semangat menambah produk agar segera terlihat oleh pembeli.

Teman-teman juga jangan lupa melengkapi ID bank dan produk, ya.


LazMall



LazMall ini adalah saluran terkurasi yang menawarkan merek internasional dan lokal yang didukung janji keaslian 100 % dan pengalaman belanja yang unggul.

Jadi bagi teman-teman yang sudah mempunyai brand atau merek sendiri, segera daftarkan di LazMall. Selain brand teman-teman akan semakin dikenal lebih luas, pastinya akan meningkatkan penjualan juga.


LazGlobal



LazGlobal ini adalah jualan lintas Asia Tenggara. Teman-teman pasti tahu, kalau Lazada ini adalah platorm E-comerce terdepan di Asia Tenggara yang sudah hadir sejak 2012. Dengan tersebar di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam, inilah yang membuat jualan di Lazada bisa tersebar luas. 


Kelebihan Jualan di Lazada

Banyak sekali kelebihan yang teman-teman dapatkan, saat jualan di Lazada. Dan inilah yang membuat Lazada semakin diminati.



Mudah, Menarik, dan Lebih Baik

Untuk bergabung di Lazada sangat mudah. Untuk registrasi, hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit. Setelah itu, teman-teman bisa langsung mengisi produk, dan siap jualan.

Tampilan Lazada pun dibuat sangat menarik. Ini tujuan utamanya agar produk kita bisa langsung memikat pembeli. Pastinya juga menambah penjualan.

Pastinya Lazada juga lebih baik, karena jangkauannya sangat luas.

Jangkauan Jutaan Pelanggan

Logikanya, semakin banyak pelanggan, maka peluang meningkatkan penjualan produk akan semakin besar. Dan inilah salah kelebihan jualan online di Lazada. Dengan lintas negara, produk kita bisa dilihat banyak orang.

Pusat Penyimpanan di Seluruh Asia Tenggara

Ini juga menjadi kelebihan Lazada. Dengan 30 lebih pusat penyimpanan yang tersebar di seluruh Asia Tenggara, pastinya lalu lintas penjualan di Lazada akan semakin lancar.

Selain kelebihan di atas, Lazada juga sangat memberi dukungan bagi kita untuk terus maju dan berkembang, lho. Mulai dari support mulai berjualan, pendamping seller, seller center paling lengkap, partner support, sampai dengan Lazada university. Wow keren, ya.

Kesimpulan

Bagi teman-teman ingin jualan online, khususnya pebisnis pemula dan UMKM,  segera mulai saja. Singkirkan segera Mitos Jualan Online yang pastinya bisa jadi penghambat. Namanya dunia jualan, kalau terus menunda, bisa kesalip dengan orang lain.  Kemudian, kebenaran atau fakta seputar Jualan Online, akan teman-teman temukan saat sudah menjalankannya. Yuk Jualan Online. Semangat.

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

58 Responses to "Singkirkan Mitos, Semangat Yuk Jualan Online di Lazada"

  1. Bener juga, ya. Sekarang banyak cara mulai usaha tanpa modal. Contohnya jualan di lazada ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang menjadi reseller sangat diminati, Mbak. Karena semakin semangat jualan, maka cuan semakin melimpah.

      Delete
  2. Lazada tuh emang salah satu marketplace gedhe ya. Mana bisa lintas negara pula tuh. Kalau bisa masuk LazGlobal bisa lumayan. Kita bakal jualan sampai ke luar negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Terdepan di Asia Tenggara, karena sudah tersebar di 6 negara ASEAN. Makanya penjualannya lintas negara.

      Delete
    2. Keren ya, Pak. Mana Lazada tuh memikirkan banget perkembangan para sellernya. Asal mau belajar, seller Lazada pasti sukses deh ya.

      Delete
  3. Kuncinya itu tetap semangat. Dan bener, kudu diitung jg, gak asal jualan. Sedikit curcol nih, beberapa waktu lalu kan saya jualan online. Karena sepi, saya bikin diskon. Eh laris. Tapi diitung2 setelah dikurangi biaya packing, kok jd pak pok alias gak ada untungnya, cuma dapat capek aja. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia, Mbak. Kalau kita kasih diskon, tapi akhirnya tidak ada untung, kan percuma. kata orang, itu kerja bakti hehehe.

      Delete
  4. Saya juga udah mulai jualan pa, kecil-kecilan aja semoga nanti jd besar aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat, Mbak. Intinya terus semangat. Sedikit-sedikit, lama-lama jadi bukit.

      Delete
    2. Aamiin, membangun semangat nya itu kadang penuh tantangan. Kala sepi jualannya atau kala mandeg ide jualan trus waktu untuk update bisnis nya, ternyata tak mudah

      Delete
  5. Berjualan di Lazada untungnya bisa jutaan ya mas. Mungkin ini salah satu cara berpenghasilan secara online. Bagus juga untuk mereka yang ingin buka usaha namun minim modal, karena berjualan melalui marketplace semacam ini tak harus ada stok barang, melainkan bisa jadi dropshipper pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak Yuni. Ini pastinya berbanding lurus dengan semangat jualan online juga. Semakin semangat, maka cuan semakin berlimpah hehehe.

      Delete
  6. Selain modal semangat, juga modal kuota, Maaas. Hehe.... Baru tadi pagi ngobrol sama ibuku, mau jualan online. Ibuku (udah sepuh) kaget dong lihat di onlenan itu segala macam ada dijual

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Eno.
      Kalau ga ada kuota, ya sama saja boong ya, Mbak hahaha.
      Pokoknya zaman now, mau beli apa saja secara online ada hahaha.

      Delete
  7. Nah betul ini, memberikan diskon gede juga perlu memperhatikan anggaran yang dikeluarkan untuk modal. Dan jika pemula yang ingin membangun bisnis online, jualan di Lazada bisa menjadi pilihan yang tepat, sebab ada banyak insight yang bagus untuk mengembangkan toko online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Jangan sampai alih-alih mau banyak pembali, malah tidak ada untung, malah capek doang.

      Delete
  8. Berbisnis online jaman sekarang sangat di mudahkan sekali ya pak Bambang. Berbekel tekat semangat, internet dan hp/laptop. Siapapun bisa berjualan dengan modal minim.
    Aplikasi lazada salah satu contoh aplikasi buat yang mau belajar jualan atau penjual bisa join disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Makanya kesempatan ini harus dipergunakan dengan baik. Apalagi pendukung itu ada yang gratis juga. Jadi harus semakin semangat jualannya.

      Delete
  9. Nah, iya banget. Kata siapa kalau jualan online harus ngasih diskon melulu. Kadang malah jadi curiga kok murah terus. Khawatir kalau barang yang dipesan jadinya kurang bagus. Emang harus tetap merhatiin untung rugi sih, bukan cuma promosi biar kitanya yang jualan juga hepi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak, aku juga dulu mindsetnya begitu, tanpa wawasan apapun langsung kasih diskon biar produk ada yang beli, laku sih tapi akunya rugi banget malah gak balik modal

      Delete
  10. Ternyata buat mulai usaha ada aja ya mitosnya.
    Dan jadinya buat pemula kudu cerdas menyikapi. Serta mendingan join dengan yang pasti aja ya, apalagi yang ada dukungan tambah wawasan seperti dari Lazada

    ReplyDelete
  11. Menurut aku jualan online itu mudah. Asal ada keinginan kuat dan konsisten aja. Trus mau belajar. Salah satunya belajar menjualkan produk ke platform e-commerce. Seperti lazada salah satunya.

    ReplyDelete
  12. Emang sih ya mitos jualan online yang kudu modal gede itu kuat banget. Tapi sekarang jaman makin berkembang dan ada platform macem Lazada gini jadi memudahkan banget buat pemula jadi seller olshop cuan selangit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak,
      Karena jaman now pemanfaatan teknologi sangat bisa diandalkan.
      Jadinya peluang untuk memulai bisnis pun gak perlu lagi khawatir soal modal, tapi jangan menyerah untuk selalu belajar

      Delete
    2. Bener nggak perlu khawatir soal modal. Sekarang kalau mau berbisnis yang penting itu selalu belajar dan jangan menyerah

      Delete
  13. semangat juala online, sekarang jual apa aja di online dpt hasilin pundi-pundi rejeki, Intinya yg penting halal ya mas bro

    ReplyDelete
  14. Ah iya bener, kadang takut untuk mulai jualan online karena suka dengerin mitos-mitos kayak kalau jualan online nanti toko offlinenya sepi, padahal cuma mitos. Cakep nih jualan di Lazada, jangkaun pelanggannya luas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga kak.
      Jadinya lebih baik hempaskan mitos yang gak jelas dengan semangat memulai berbisnis sambil baca basmalah.
      Apalagi ini jualannya asik di Lazada yang mendukung

      Delete
  15. mas saya sudah punya account lazada, tapi sebagai pembeli sih, ternyata simpel ya kalau mau jualan di lazada, jadi ingin coba jualan di lazada, thanks infonya mas

    ReplyDelete
  16. Jadi seller di Lazada itu mudah banget ya. Selain itu kita juga dibimbing untuk jadi seller yang baik agar bisa meningkatkan penjualan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya jadi seller semakin diminati ya, Mbak. Tapi semua hasil tergantung pada personal masing-masing. Siapa yang semangat, itulah yang cuannya melimpah hehehe.

      Delete
  17. Sementara jadi pembeli dulu Pak. Masih repot ada bayi juga. Takut ga keurus.btw makasih infonya siapa tahu ada kesempatan bikin toko online. Bisa jadi ladang pemasukan juga

    ReplyDelete
  18. Kebanyakan pertimbangan atau ragu-ragu juga bisa jadi penghambat untuk memulai bisnis online ya Mas. Baru tau juga kalo jualan di Lazada ternyata banyak benefitnya ya. Nice post Mas Bambang

    ReplyDelete
  19. Membahas sebuah bisnis online selalu menairk untuk saya Mas Bam, tapi memilih platform aman dan terpercaya wajib dipertimbangkan. Dan Lazada adalah platform yang aman dan terpercaya, selain itu juga pasarnya sudah mencapai Asia Tenggara ya jadi pastinya potensi berkembangnya produk kita cukup besar

    ReplyDelete
  20. Membahas sebuah bisnis online selalu menairk untuk saya Mas Bam, tapi memilih platform aman dan terpercaya wajib dipertimbangkan. Dan Lazada adalah platform yang aman dan terpercaya, selain itu juga pasarnya sudah mencapai Asia Tenggara ya jadi pastinya potensi berkembangnya produk kita cukup besar

    ReplyDelete
  21. Berjualan online salah satu cara untuk mendatangkan cuan dengan lebih mudah. Yang penting dipelajari dan lakukan prakteknya dengan konsisten

    ReplyDelete
  22. pesisme yang aku rasakan ketika mau jualan online itu melihat saingan yg udah buka dan udah ramai duluan, secara gitu yaa kalau mau belanja online orang-orang pasti lihat reviewnya.

    Kalau jualan di Lazada yg memiliki banyak support untuk seller pemula sih oke banget yaa, mitos jualan online jadi bisa tersingkirkan deh

    ReplyDelete
  23. Rupanya banyak juga ya mitos jualan online, dan masih banyak pula yg percaya. Padahal, kalau udah niat, jualan online bisa mendapatkan cuan dimulai dari modal kecil.

    ReplyDelete
  24. ternyata mitos jualan online tuh begitu yaa, aku kira mitos2 serem hehe. Iya sih sekarang kan bisa reseller/dropship juga ya ga perlu banyak modal. Btw aku baru tau LazGlobal, wkwkwk. Yang paling aku suka dari Lazada banyak tap2 promo buat ngumpulin cashback, jadi bisa berlipat2 promonya sekali belanja hihi

    ReplyDelete
  25. Lazada udah jadi langganan juga ni kak dan pembuka jalan juga untuk berusaha. Percaya sih. Kalau udah usaha, ikhtiar sama doa pasti diberi aja jalan ya kak. Rezeki mah gk bakal lari kemana. Usaha aja dlu ya

    ReplyDelete
  26. Selalu ada jalan bagi yang mau berusaha. Dukungan yang diberikan Lazada ini menurut saya saya LUAR BIASA. Kita sudah bisa jualan di Lazada masih dapat support berbagai macam pendampingan. Ini yang bisa menyingkirkan mitos.

    ReplyDelete
  27. marketplace yang pertama kali kucoba dan nggak pernah gagal sama hasilnya nih Lazada.. emang jualan online itu worthed banget ya, apalgi di zaman teknologi seperti sekarang ini

    ReplyDelete
  28. Aku suka nih belanja di Lazada. Tapi, baru tahu kalau ada artikel menarik untuk seller. Boleh juga nih, buka toko di Lazada kebetulan ada produk yang mau dijual. Soal mitos jualan, memang masih banyak yang percaya tapi kalau tidak dijalani langsung gimana mau tahu kebenarannya ya Mas Bam.

    ReplyDelete
  29. Sekarang kalau mau jualan online bisa lebih mudah dan berkembang ya mas, jika bergabung dengan seller Lazada ini

    ReplyDelete
  30. senangnya sekarang mulai berjualan online jadi semakin mudah ya, dan banyak cara belajar gratis juga dari platformnya langsung kaya Lazada gini, mantap deh :)

    ReplyDelete
  31. Lazada sekarang makin top, sudah lama gk buka lazada, jadi pengen tahu affiliate nya lazada nih kak

    ReplyDelete
  32. Sayang banget sih kalau banyak yang masih kemakan mitos jualan online. Aku sendiri udah pernah jualan online dan nggak butuh modal besar kok.

    ReplyDelete
  33. Jangan mau percaya mitos yang bikin kita jadinya tidak bergerak untuk memutuskan yang terbaik. Apalagi jualan online sama sekali tidak ada negatifnya...

    ReplyDelete
  34. Yang penting aksi dulu ya Pak. Kesempatan itu susah didapat kesekian kalinya. Benar juga, soal mitos dll toh nanti akan kita buktikan kalau kita sudah menjalankan usahanya

    ReplyDelete
  35. Nah iya sebenarnya kl udah ada kemauan lanjut usaha pasti bisa kok jualan online, di mulai dr reseller ajh dl ya. Pasti bisa apalagi bergabung dgn Lazada, InsyaAllah keliatan hasilnya.

    ReplyDelete
  36. Wah cepet banget 5 menit bikin akun, bisa langsung jualan di Lazada. Kalau biaya adminnya free atau ada persenannya juga ya, mas?

    ReplyDelete
  37. Kadang mitos juga sama dengan alasan ya :D
    kebanyakan excuse jadinya nggak mulai-mulai, padahal di Lazada udah disiapkan fitur-fitur yang memudahkan untuk menjual dan bisa laris manis, yang dibutuhkan adalahg, ayo mulai aja dulu :)

    ReplyDelete
  38. Selama ini Saya kerap menggunakan Lazada sebatas untuk belanja saja, ternyata jadi seller pun prosesnya lumayan gampang ya..
    Dari pada kemakan mitos, lebih baik action dulu dan jadi seller di Lazada nih

    ReplyDelete
  39. betul, bahkan bisa jualan di Lazada tanpa modal
    Cukup memotret produk yang akan dijual (gak perlu beli) kemudian mengunggahnya di Lazada
    Yang penting ulet, selalu menjawab jika ada yang tanya tentang produk dan cepat mengemas produk ketika ada yang beli

    ReplyDelete
  40. Saya pembeli di Lazada...baru tahu kalau dalam waktu 5 menit, registrasi dan bisa siap jualan di sana. Wah, mudah dan menarik ini jualan di Lazada bisa dilakukan oleh pebisnis pemula dan UMKM nih

    ReplyDelete
  41. Kalau membaca mitos jualan online, biasanya jadi meragu kalau ingin melangkah. Padahal jualan online ini nyaris tanpa modal sama sekali kecuali sambungan internet yaa..
    Buyer akan sangat terbantu sekali ketika ada jaminan keaslian barang dari LazMall.

    ReplyDelete
  42. Namanya mitos baiknya ya jangan dipercaya ya Kak, yg penting maksimalkan usaha sampai akhir, dan tambah dengan kekuatan doa, insya Allah dibukakan jalan kemudahannya

    ReplyDelete
  43. Sementara ini jadi pembeli setia di Lazada dulu deh, karena jualan itu butuh strategi kan ya. Nanti kalo udah gak repot sama anak-anak, aku kepengen lagi jualan online kaya dulu dan coba jualan di Lazada

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.