} Jalan-Jalan Santai di Hari Sabtu - Bambang Irwanto Ripto

Jalan-Jalan Santai di Hari Sabtu

Sebenarnya, dari sabtu lalu, saya ingin jalan-jalan ke kota tua. Kebetulan sudah lama saya tidak ke sana. Eh, pas saya tungguin busway sampai jam 9 lewat, kok belum lewat di jalan Juanda Depok. Akhirnya saya pulang hahaha. 



Nah, pas hari rabu, saya lewat di jalan Juanda sekitar pukul 10 pagi. Eh, kok ada busway. Berarti masih lewat rute itu. Mungkin saja, sabtu kemarin saya yang kurang sabar menunggu.  Kayaknya kurang  ngebakso, nih hehehe. 

Makanya, pas hari sabtu kemarin, 4 November 2022, saya kembali melaksanakan niat saya ke Kota Tua naik busway. Kok harus naik busway? Soalnya,  saya lagi malas saja naik motor. Lagian pas saya cek e money, kok masih ada saldo 20 ribu hahaha. Bisalah ongkos pulang pergi. 

Kurang pukul 7 pagi, saya sudah bersiap jalan. Nebeng dengan adik saya yang kebetulan masuk kerja, maka 5 menit, saya sudah sampai di jalan masuk menuju tol. Biasanya busway memang ambil penumpang di situ. 

Ganti Rencana

Tapi setelah menunggu sekitar 1 jam atau sampai pukul 8 pagi, kok busway tidak lewat-lewat juga. Maka sesuai opsi, saya pun naik Miniarta M06 dari Bogor ke Kampung Rambutan. Bayarnya 7 ribu, dan saya turun pas di halte busway pasar Rebo. Pokoknya acara jalan-jalan kali ini tidak boleh gagal lagi. 



Tidak lama menunggu, busway dari arah Kampung Rambutan sudah datang. Saya pun langsung naik dan turun di halte busway Cawang Uki. Kemudian lanjut busway yang menuju Harmoni. Setelah itu, lanjut naik bus menuju Kota Tua. 


Sampai di Kota Tua

Sekitar pukul setengah 10 lewat, saya sudah sampai di halte busway Museum Fatahillah. Saya pun bergegas turun, dan langsung menuju kawasan museum Fatahillah. 

Wah, pengunjung sudah ramai. Mungkin karena wiken. Tampak tenda-tenda penjual makanan ramai berjajar. Walau cuaca sangat panas, tapi pengunjung tampak bersemangat. Termasuk bersemangat selfie-selfie dan naik sepeda plus topi warna-warninya. 



Saya pun mulai menyusuri kawasan sekitar. Kalau dari segi tempat, jelas tidak ada perubahannya saat saya ke kota tua tahun 2017. Makanya saya lebih banyak mengambil video dari luar saja untuk keperluan YouTube. Mulai dari depan museum Fatahillah, lalu museum Seni Rupa, kantor pos, dan museum wayang. Saya sengaja tidak masuk ke museumnya. 

Selesai menjelajah kawasan kota Tua, termasuk museum Fatahillah dan lainnya, saya berjalan keluar menuju museum Bank Indonesia dan Museum Bank Mandiri. Saya juga hanya mengambil video tampak luarnya saja. Karena saya sudah pernah ke dua tempat itu maka saya tidak masuk. 

Selanjutnya saya tertarik dengan stasiun Jakarta kota. Dan rasa-rasanya, saya pernah naik kereta api dari stasiun ini nenuju Bekasi. Maka saya bergegas masuk. Wow.. Saya sangat tertarik dengan atapnya yang tinggi. 


Dan saya memang sangat suka sekali dengan bangunan tua, khususnya bangunan kolonial Belanda. Itu rancangan dibuat simetris, jadi kanan kiri sama. dengan bangunan yang kokoh.


Naik Busway Lagi ke Tempat Ngehits

Waktu menunjukkan sekitar pukul 11.30, saat saya memutuskan meninggalkan kota tua. Pengunjung semakin ramai, termasuk banyak juga turis. Saya pun memutuskan naik busway dari dari depan stasiun kota dengan tujuan Blok M. 

Busway pun kembali menuju ke Harmoni, setelah itu ke Monas. Lanjut menyusuri jalan... Dan akhirnya saya turun di Halte busway bundaran hotel Indonesia. Yess, saya penasaran dengan anjungan yang lagi Hits itu. 



Sampai di sana, saya bergegas ke atas. Ternyata ada beberapa bagian yang belum selesai pengerjaannya. Dan itu sepertinya tempat makan. Nanti juga di atas ada anjungan Tunai Mandiri atau ATM. 

Ternyata, di atas tidak terlalu ramai pengunjung. Saya merasa beruntung, karena anjungan itu maksimal 20 orang saja. Kalau banyak orang, bisa antre. 

Makanya saya dan beberapa pengunjung yang ada, cukup leluasa mengambil foto dan video, karena tidak memikirkan antrean. Walau langit mendung, hasil foto lumayan bagus. Dan karena saya tidak membawa tripod, maka minta bantuan sesembak yang ada. Ya, tapi gitu, tidak bisa lama dan banyak ambil fotonya hehehe. 


Menjelang pukul 1 siang, saya bergegas meninggalkan halte busway bundaran hotel Indonesia. Sebenarnya saya ingin lanjut ke blok M. Tapi langit gelap sekali. Awan-awan hitam sudah menggantung. Akhirnya saya memutuskan pulang saja. Saya pun kembali ke halte busway Harmoni. Kemudian lanjut busway menuju halte KBN. 


Salah Naik Jurusan

Seharusnya, saya dari Halte KBN itu naik bus way menuju depok. Tapi.. Alamak... Saya saya naik busway hahaha. Saya naiknya busway menuju Cibubur yang pemberhentian terakhir itu di depan Libuy Juntion. 


Tapi setiap salah rencana, maka laksanakan rencana lain hahaha. Makanya saya masuk saja ke Cibubur Juntion. Kebetulan ada beberapa barang yang hendak saya beli. Lalu dari situ, saya naik Gojek menuju tempat tinggal saya lewat Radar Auri.

Sebenarnya, kurang puas, sih. Soalnya saya biasanya, kalau jalan-jalan itu, bisa dari pagi, sampai malam. Tapi tidak apa-apa, anggap saja sebagai pemanasan dulu. sabtu besok, saya bisa jalan-jalan lagi hehehe.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jalan-Jalan Santai di Hari Sabtu"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.