} Dibawa Enjoy Saja - Bambang Irwanto Ripto

Dibawa Enjoy Saja

Minggu lalu banyak sekali hal-hal yang tak terduga terjadi. Dan pastinya, sedikitnya menganggu aktivitas menulis saya. Panik sih, tapi cuma sedikit hahaha.

Desain : Canva

Jadi sekitar hari selasa itu, tiba-tiba Microsoft Office di laptop saya tidak berfungsi. Jadi harus minta password lagi. Saya pun otomatis tidak bisa menulis atau mengoreksi tugas dari laptop ini. Tapi sebenarnya, saya sudah menduga-duga hal ini akan terjadi. Soalnya laptop saya ini secara berkala selalu minta password ulang. Mungkin 3 bulan sekali. dan kalau ini tidak bisa, maka Word, Excel, dan PowerPoint tidak bisa digunakan.

Biasanya, setiap kejadian seperti ini, saya langsung ke toko laptop tempat saya instal dulu di Gombong. Bayar 25 ribu, beres, Microsoft Office bisa dipakai lagi. Nah, masalahnya sekarang, saya lagi di Depok. Masa iya, saya ke Gombong hanya buat update hahaha. Dan ada hal-hal yang mengharuskan saya untuk terus semangat menulis. Makanya harus show must go on.. Halah... gayane saya ini hehehe.



Saya sempat bertanya pada teman-teman blogger di sebuha grup WA. Ternyata, itu memang password dari tokonya. Jadi ya, harus update di sana. Terus agak ngeri, kalau tokonya tutup atau bangkrut, karena otomatis sudah tidak bisa lagi. Jalan paling pas, install ulang Microsoft Office.

Pindah Laptop 

Karena belum sempat install baru, maka yang bisa saya lakukan adalah pindah laptop. Alhamdulillah, kemarin saya juga membawa laptop pertama saya, yang saya beli tahun 2012. Makanya sebagai penulis, memang harus punya serep, bukan ban mobil doang hehehe.

Hanya Microsoft Office-nya masih versi lama. Jadi bila ada yang kirim Microsoft Office versi 2016, maka tampilannya agak berantakan, banyak kata yang bersambung. Untuk mengakalinya, saya buka dulu pakai word pad, baru saya copas, dan masukan ke word office.

Terus namanya laptop berumur, jadi kadang agak lelet, harus penuh kesabaran hahaha. Termasuk saat konek ke whatsapp web juga. Agak ribet memang, tapi darimana tidak bisa sama sekali hehehe.

Whatsapp Error

Setelah mengalami keleletan membuka whatsapp di laptop lama, akhirnya sejak jumat, whatsapp sukses tidak bisa terbuka. muter bae kayak gasing hahaha. Saya coba install ulang, katanya versinya beda, harus windows 2010 hahaha.


Akhirnya lengkap sudah, laptop A whatsapp bagus, tapi Word office error, sedangkan laptop B Word office bisa, tapi whatsapp error. Padahal, tahapan kelas itu seperti ini, teman kirim tugas lewat whatsapp. terus saya koreksi, lalu kirim lagi ke whatsapp.

Dibawa Enjoy Saja

Kata orang bijak, setiap masalah, pasti ada solusinya. Begitu juga dengan masalah ini. Selama masih ada aban bakso yang lewat depat rumah, harus terus semangat hahaha.

Makanya sekarang saya akali saja. Teman-teman kelas Kurcaci Pos kirim saja tugas via email. Nanti saya unduh pakai laptop lama, dan langsung koreksi. Setelah itu, dari email utama saya, saya kirim ke email saya satunya lagi. Setelah itu, saya unduh di hape. Baru kirim filenya ke kelas Kurcaci Pos di grup whatsapp.

Sekali lagi, memang agak ribet. Tapi daripada tidak bisa sama sekali kan? Ribet atau rumit itu, kalau tidak dikerjakan sama sekali. Tapi kalau dibawa enjoy, maka semuanya akan beres. Namanya ornag hidup, pasti ada kendala juga. Semangat..

Bambang Irwanto








Subscribe to receive free email updates:

17 Responses to "Dibawa Enjoy Saja"

  1. Dibawa enjoy aja itu....ngomongnya gampang ya, Mas, tapi praktiknyaaa....aku nggak selalu bisa. Hehe... Paling stres itu waktu dulu laptopku digondol maling. Abis lapor pulici (yang yaaa...cuma buat dapet surat keterangan kehilangan), mampir makan nasi padang. Enjoy bentar pas kenyang, abis itu stres lagi :))

    ReplyDelete
  2. Wah, iya tuh harus install ulang Mas Baim. Masa harus update pasword secara berkala. Tapi, aku malah baru tahu ya tokonya masukkan pasword. Kalau service atau instal ulang orang toko gak pernah pakai pasword.
    Semoga, cepat balik bener lagi Microsoft Wordnya Mas dan tetep dibawa santai.

    ReplyDelete
  3. Semangat, pak Bams. Menulis adalah hobi yang mendatangkan cuan, soal teknis bisa diakali ya. Semoga segera dapat rezeki laptop baru. Aamiin.
    Btw, saya juga menggunakan perangkat tua, notebook thn 2010 dan laptop 2015 yang baterainya udah nggak nyimpan sama sekali. Jadi, kalau mati lampu, auto mati gaya #nebengcurhat wkwkwk.

    ReplyDelete
  4. iya banget mas! klo urusan gadget udh eror kita tuh udah kaya mati gaya yaa, tapi harus calm dan jangan panik, biar bisa diatasi satu-satu! wahh ternyata kita udh jadi tetanggan di Depok nih ya mas

    ReplyDelete
  5. Setujuuu
    Setiap orang pasti punya masalah
    Yang berbeda adalah bagaimana bersikap saat masalah datang. Memang harus dibawa enjoy sih, kalau nggak yang ada malah jadi makin ruwet dan keburu emosi
    Semoga laptopnya lekas baik kembali ya
    Atau mungkin nanti bakalan dapat pengganti yang lebih baru ya

    ReplyDelete
  6. Setuju dengan Mas Bams. Pekerjaan yang berhubungan dengan menulis memang harus dibawa enjoy, ya. Writing is healing, kalau kita ga enjoy, ya bisa-bisa kita stres tanpa alternatif solusi yang baik

    ReplyDelete
  7. Bener banget, Pak. Mau seribet apapun kalau kita mengerjakannya dengan enjoy ya tetap saja akan selesai kemudian. Kalau nggak dikerjakan itu yang repot. Hehehe

    Semangat, Pak Bambang...

    ReplyDelete
  8. Inspiratif pak Bambang
    Memang semua itu akan mudah, kalau kita kerjakan dengan sungguh-sungguh ya
    Dibikin asik saja

    ReplyDelete
  9. bener nih, kadang ada-ada saja masalah ya hihi.. meski terasa bikin gregetan, tetep kudu dihadapi dengan enjoy aja Pak :)

    ReplyDelete
  10. Itu Ms Office nya yang 365 ya Pak? Atau bagaimana? Sepertinya minta product key nya berkala ya?
    Paling mengakalinya menulis lewat G-Doc ya, Pak, kalau misalnya begitu terus. Atau tukar tambah ke OHS 2019, siapa tahu aja bisa

    ReplyDelete
  11. Saya pernah juga mengalami seperti ini Mas, pas lagi butuh banget buat nulis di Word eh tahu-tahu minta key karena udah habis, akhirnya saya turunin ke office lama makan waktu pula kan harus download, saya belum terbiasa nulis di google doc juga. Baru beberapa ahri lalu juga WA seperti ini, akhirnya uninstall yang didesktop, WA web masih sering error juga, lengkap sudah tapi bener bawa enjoy saja lah semuanya akhirnya selesai

    ReplyDelete
  12. Kalau ada kejadian error kayak gitu, saya suka panik tapi kemudian dibawa santai dan solusi pun datang, eh jadi pengen ikut kelas kurcaci sama mas Bambang nih, biar pinter nulis juga hehe

    ReplyDelete
  13. Lho, masih belum beres ya itu masalahnya, Pak Bams? Kirain udah beres lho. Atau sementara coba pake Google Doc saja, jadi kerjanya online. Bisa pakai hp juga kok penggunaannya

    ReplyDelete
  14. Hahahahaha, kadang gitu yaaa banyak dramanya, kadang bisa hilang pas lagi butuh-butuhnyaaa, tapi positif aja kali yaa siapa tau disuruh untuk istirahat dulu.

    ReplyDelete
  15. wah bener, dibawa enjoy aja. Selalu ada jalan stiap ada kesulitan. Daripada stress, marah-marah ngomel, nanti mood nulisnya hilang malah. Yang penting semua beres, nanti klo udah biasa terasa nggak repot lagi ye, kan.

    ReplyDelete
  16. Laptop saya juga lagi bermasalah ini, Pak. Kebanyakan game, foto sama video. Minggu ini mau servis dulu tapi mau beres2in dulu deadline yg udah terlanjur diterima. Tetap semangat, Pak Bams. Dibawa asyik aja.

    ReplyDelete
  17. Setuju, dibawa enjoy aja ya Mas. Yang penting tak ada akar rotan pun jadi. Eh selama masih ada device lain yang masih bisa digunakan masalah MS Office itu masih bisa teratasi. Saya malah nulis, kerja draft, kirim dan terima email semua lewat hp saja krn laptop juga lagi bermasalah dan belum diperbaiki.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.