} Serunya Buku Seri Cerita Rakyat Asal-usul - Cerita Bambang Irwanto

Serunya Buku Seri Cerita Rakyat Asal-usul



Hari jumat 14 September 2018, Sore saya mendapat kejutan manis. Sebuah paket datang menyapa di sore yang cerah dan tak berawan itu. Membuat saya bertanya-tanya, siapakah gerangan yang mengirim paket untuk saya? Hehehe...

Ternyata, paket itu dari Mbak Erlita Pratiwi, salah satu teman penulis yang tinggal di Tangerang. Isinya paketnya adalah buku seri ‘Cerita Rakyat Asal-usul’, yang terdiri dari 3 judul. Judul-judulnya adalah Bunga Ajaib Taman Kinkin, Byur! Cacing Warna-warni Datang, Sssh, Air Panas Menggalir dari Batu. Hati saya makin girang, karena Mbak Erlita mengirim cemilan juga. Asyiiik... sambil baca bukunya, sambil ngemil. Mantap...



Dari tampilannya buku-buku ini sih, sudah keceh. Kavernya menampilkan 5 bagian ilustrasi isi buku. Apalagi yang mengilustrasi kaver dan isinya adalah InnerChild studios yang sudah banyak mengilustrasi buku-buku anak (termasuk buku saya, lho hehehe). Dijamin Anak-anak pasti tertarik ingin segera membaca buku ini yang termasuk picture boo(pictbook) atau cerita bergambar.



Saya pun tidak sabar untuk membaca cerita-ceritanya. Seri cerita rakyat asal-usul yang ditebitkan oleh Penerbit Tiga Ananda Solo ini, memang cerita realis atau cerita sehari-hari yang dikaitkan dengan cerita rakyat asal-usul suatu daerah di Indonesia. Jadi dalam cerita selain ada konflik dan pesan moral, juga anak-anak mendapatkan info tentang cerita rakyat asal-usul yang dimaksud.



Untuk cerita Bunga Ajaib Taman Kinkin itu berkaitan dengan cerita rakyat asal-usul Bunga Kemuning dari provinsi Riau. Sssh, Air Panas Menggalir dari Batu, dikaitkan dengan cerita rakyat asal-usul Batu Kuwung di daerah Padarincang Jawa Barat. Lalu cerita Byur! Cacing Warna-warni Datang, dikaitkan dengan cerita rakyat asal usul tradisi bau Yale di Lombok Nusa Tenggara Barat.



Cerita di tiga buku ini menurut saya pas, karena ringan untuk bacaan anak-anak. Dengan teks sedikit dan gambar yang lebih menonjol, membuat anak-anak cepat menyerap isi bukunya. Buku ini cocok untuk anak-anak usia 2-6 tahun. Baik dibacakan oleh orang tua, guru, kakak, atau pun masih belajar membaca.

Yang menambah keren buku ini, Mbak Erlita memasukan info terkait dengan isi cerita asal-usul tersebut, yaitu tentang bunga kemuning, tradisi Bau Yale, dan batu kuwung. Pengetahuan anak-anak pun semakin bertambah.



Seri buku certa rakyat asal-usul ini cetakan pertamanya dan diterbitkan juli 2018. Harganya satu buku 25 ribu, tapi ini khusus pulau Jawa, ya. Luar pulau Jawa mungkin disesuaikan, dan pasti selisihnya tidak jauh berbeda. Teman-teman bisa bergegas ke toko buku. Tapi kalau mau beli via online atau langsung ke penulisnya boleh colek Mbak Erlita.  Ini akun facebook Mbak Erlita Prwatiwi. Nanti dapat tanda tangan juga, lho.



Selamat atas seri buku barunya, Mbak Erlita. Laris manis bukunya. Terus semangat menulis mencerah ceriakan dunia anak-anak Indonesia.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Serunya Buku Seri Cerita Rakyat Asal-usul "

  1. Terima kasih ulasannya Mas Bambang, juga untuk tak bosan menyemangati 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Erlita.
      Terus semangat menulis, Mbak.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.