} Fungsi Serat untuk Tubuh yang Harus Dipahami - Bambang Irwanto Ripto

Fungsi Serat untuk Tubuh yang Harus Dipahami

Beberapa kali saya mengalami masalah dengan pencernaan. Duh, rasanya sungguh tidang mengenakkan. Dan Setelah saya telusuri, ternyata beberapa hari itu saya kurang mengkonsumsi makanan berserat. Akhirnya saya mencari tahu, fungsi serat untuk tubuh yang harus dipahami.

manfaat serat untuk tubuh yang harus dimengerti
Serat Sangat Banyak Fungsinya untuk Tubuh

Jadi, fungsi serat adalah memperlancar pencernaan, menurunkan kolesterol, mengendalikan gula darah, dan membantu menurunkan gula darah. Sehingga fungsi serat bagi tubuh adalah hal yang sangat penting kita perhatikan dalam mengkonsumsi segala jenis makanan yang mengandung serat agar lebih bermanfaat bagi tubuh.


Apa itu Serat?

Serat merupakan tipe karbohidrat sehat, yang cuma dapat teman-teman peroleh dari tumbuhan. Saat membaca artikel tentang langkah turunkan bobot tubuh, teman-teman barangkali kerap dengar panduan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Di saat teman-teman berobat ke rumah sakit, dokter mungkin saja kerap mereferensikan tambahan konsumsi serat. Serat merupakan kandungan pada makanan dari tumbuhan, yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi, apakah sudah dipahami, apakah yang dimaksud serat?


Pahami Apakah yang Dimaksud Serat dan Jenisnya

Serat merupakan karbohidrat kompleks yang tidak bisa diolah oleh tubuh. Tidak seperti protein, lemak, atau karbohidrat biasa yang bisa dipecah oleh tubuh, serat tidak mengenyam perpecahan itu. Serat cuma dapat melewati sistem pencernaan seusai kita makan, lalu dikeluarkan kembali lagi lewat anus.

buah pisang mengandung banyak serat
Rajin Mengkonsumsi Buah Pisang , Kebutuhan Serat Tercukupi

Secara garis besar, serat terdiri atas dua tipe, yaitu serat yang larut pada air, dan serat yang tidak bisa larut pada air. Serat yang larut pada air dapat membentuk gel, yang bisa memperlancar skema pencernaan. Sedangkan, serat yang tidak larut, dapat mengikat air ke dalam feses dan membuat lebih lunak, dan lebih mudah melalui saluran pencernaan.

Tapi, teman-teman tak perlu pusing dengan macam-macam makanan yang mengadung serat yang larut pada air, ataupun yang tidak. Ini karena, makanan yang kaya dengan serat umumnya sudah mempunyai kandungan 2 tipe serat tersebut. 


Daftar Makanan yang Kaya Serat

Serat merupakan zat nutrisi yang cuma terdapat dalam tumbuhan. Maka tidak salah lagi, buah serta sayur jadi sumber serat yang baik sekali. Sumber makanan yang kaya dengan serat antara lain :

kacang merah bisa diolah apa saja untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh kita
Sup Kacang Merah, Favorit Saya yang Kaya Serat


Oatmeal

Apel

Buah pisang

Blackberry

Buah persik

Pir

Plum

Jeruk

Kacang merah

Kacang hitam

Sayur brokoli

Wortel


Kegunaan Serat untuk Kesehatan Tubuh

Serat salah satunya sumber gizi penting dari makanan, yang tidak boleh dilewatkan. Karena ada banyak kegunaan serat, bagi kesehatan. Di bawah ini beberapa kegunaan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

apel selain enak juga kaya serat
Apel Merah yang Kaya Serat


1. Memperlancar Gerakan Usus

Serat bisa menolong menambah berat dan ukuran feses dan melunakkan teksturnya. Feses yang memiliki ukuran besar lebih gampang melalui organ pencernaan, dan mengurangi resiko Anda mengalami  konstipasi atau sembelit. Jika anda mempunyai feses yang lunak dan berair, serat bisa memadatkan tinja. Karena, serat dalam kotoran sanggup mengikat air dan membuat tinja jadi padat.

2. Menurunkan Kolesterol

Serat yang larut pada air bisa menurunkan kandungan kolesterol jahat di tubuh. Dengan demikian, dampak penyakit jantung juga dapat menurun. Beberapa riset menunjukkan, makanan yang kaya dengan serat mempunyai kegunaan menjaga kesehatan jantung, terhitung turunkan tekanan darah, dan kurangi pembengkakan.

3. Mengendalikan Gula Darah

Beberapa orang yang menderita penyakit diabetes benar-benar membutuhkan asupan serat, khususnya serat yang larut pada air. Serat bisa perlambat peresapan gula, dan membantu mengendalikan kandungan gula darah.

Tidak hanya itu, memakai serat yang tidak larut pada air disebut bisa turunkan dampak diabetes type 2.

4. Menjaga Kesehatan Usus

Kegunaan serat yang lain adalah membantu menjaga usus dari bermacam problem. Bila Anda rajin mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan serat, dampak terserang ambeien dan penyakit divertikular (terciptanya kantong-kantong kecil di usus besar) akan menurun. Bermacam kajian menunjukkan, serat bisa menurunkan dampak kanker kolorektal (kanker pada usus besar maupun rektum).

5. Membantu Turunkan Berat Badan 

Jenis serat tertentu bisa membantu menurunkan berat badan. Dikarenakan, serat bisa menekan nafsu makan dan memberi kesan kenyang, menyerap air di usus, dan perlambat peresapan gizi. Tapi, kegunaan serat untuk turunkan berat badan ini tergantung pada jenis seratnya. Beberapa jenis serat tidak mempunyai pengaruh pada pengurangan berat badan. Sedangkan, serat tertentu yang larut pada air, bisa mempunyai pengaruh yang sangat berarti.

6. Membuat Hidup Semakin Lama

Meskipun kegunaan ini berkesan terlalu berlebihan, tapi beberapa analisis sudah memperlihatkan bahwa konsumsi serat yang tinggi bisa menolong menurunkan dampak kematian, seperti halnya penyakit jantung dan semua tipe kanker. Sama hal yang sering didengar, bahwa kanker dan penyakit jantung sebagai beberapa pemicu kematian yang paling utama.


Kesimpulan

Konsumsi harian serat merupakan sekitar 25 gram untuk wanita, dan 38 gram untuk pria. Untuk teman-teman dan bagian keluarga yang berumur di atas 50 tahun, ukuran harian serat yang direkomendasikan adalah 21 gram untuk wanita, dan 30 gram untuk pria. Sebaiknya, mengkonsumsi setiap harinya hidangan buah dan sayur, ditambahkan hidangan produk gandum utuh, untuk memenuhi keperluan serat harian.

Nah, itu tadi cerita tentang fungsi serat untuk tubuh yang harus dipahami ya, teman-teman. Dan karena manfaatnya sangat banyak, mulai sekarang wajib mengkonsumsi makanan berserat, agar tubuh terus sehat, dan bisa beraktivitas. Happy nice day... salam

Subscribe to receive free email updates:

32 Responses to "Fungsi Serat untuk Tubuh yang Harus Dipahami"

  1. buah dan sayur , serat ayng tinggi tapi kebanyakan banyak yang gak suka sayur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Makanya kadang disiasati buah dibuat jus, lalu sayuran diolah jadi camilan. Misalnya bakwan sayur, pastel, risol dan lainnya.

      Delete
  2. Selain enak rasanya, makan buah-buahan yg mengandung serat baik utk kesehatan ya. Saya sendiri kalo sedang BAB tdk lancar, bisa dipastikan saat itu saya kurang makan buah atau sayur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mas. Dan Alhamdulillah saya suka semua buah. Dan saya pun begitu, kalau ada masalah dengan pencernaan, berarti kurang makan sayur dan buah nih, selama beberapa hari hehehe.

      Delete
  3. Saya yang busui kalau ga makan yang berserat bisa berabe banget
    Makanya ini mau fokus rutin makan buah berserat lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, mantap ini, Mbak. Apalagi beragam buah yang bisa dipilih sesuai selera. Syukur-syukur kalau suka semua buah yang berserat.

      Delete
  4. Konsumsi buah dan sayur kaya serat setiap hari itu selain sehat, juga menyenangkan. Saya yang suka aneka makanan, pasti gembira kalau di rumah ada sayur dan buah-buahan. Kalau tidak ada, rasanya hampa. Hehe
    Trimakasih informasi nya Mas Bams....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib, Mbak Iim, karena merupakan 4 sehat 5 sempurna. Saya pun diusahakan camilan itu dari berbahan sayur. Misalnya bakwan. Lalu pas habis makan cuci mulutnya buah hehehe.

      Delete
  5. Mesti kudu banyakin makan makanan yang berserat tinggi nih. Biar sekalian diet kan. Mayan. Jadi nggak bohay lagi. Heehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Yuni. Makanan berserat selain untuk pemenuhan kebutuhan tubuh, pastinya juga untuk menghindari penyakit-penyakit yang tak kita inginkan.

      Delete
  6. Dari daftar tersebut, kelompok kacang-kacangan, kacang hijau ndak termasuk ya. Berarti harus harus ditambah nih konsumsi kacang yang sesuai daftar itu, biar kebutuhan serat daku lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftar di atas itu, kacang-kacangan yang kandungan seratnya paling tinggi, Mbak. Jadi lebih bagus cari paling tinggi. Kalau kacang ijo, mungkin banyak kandungan lain yang tetap dibutuhkan oleh tubuh.

      Delete
  7. Aku baca postingan ini sambil makan pisang lho, Pak Bamz, kebetulan juga kemarin abis makan yg bikin tubuh seret jadi perlu serat hahaha. Kacang merah ternyata mengandung serat juga ya, kukira semacam dari buah dan sayur saja. Dibikin es kacang merah juga enaaak XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, benar sekali, Mbak Marfa. Dulu pas di Makassar itu, keluarga saya sering buat es kacang merah. Malah banyak yang jual es mambo kacang merah.
      Lainnya, saya suka sekali kalau rendang dicampur kacang merah, Mbak.

      Delete
  8. Kalo ngomongin serat, pasti hubungannya sama pencernaan.

    Dan soal buah, aku lebih suka pisang daripada apel. Karena selain baik untuk lambung, juga bikin kenyang. Jadi sekaligus diet tersembunyi ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan, saya suka apel dan pisang. Hanya memang pisang itu beragam jenisnya juga, jadi tidak bikin bosan ya. bahkan selain bisa dimakan langsung, beberapa jenis pisang enak diolah jadi berbagai macam kue.

      Delete
  9. Wajib banget deh kita makan makanan yang berserat. Dan kesukaan aku itu pisang sama kacang-kacangan. Bisa lahap banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi pisang itu buah yang tak mengenal musim ya. Jadi mudah didapat terus dan tersedia di mana-mana.

      Delete
  10. Wah ternyata ada banyak ya manfaat makanan berserat untuk tubuh. Saya juga nih paling suka makan sayuran kacang-kacangan seperti kacang merah apalagi kalau dibuat sup dan disantap saat cuaca lagi dingin seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak. Sup kacang merah itu favorit saya. Terus temannya itu tempe goreng biasa, terus pakai sambel hahaha.

      Delete
  11. Buah dan sayur memang kaya serat yang dibutuhkan oleh tubuh... Alhamdulillah udah rutin meski engga tau juga nih jumlahnya udah sesuai dengan kebutuhan belum nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau sudah rutin. Hanya memang kita perlu tabel ya, Mbak, jadi bisa tahu apa sudah sesuai serat yang tubuh butuhkan atau belum. Karena kalau kelebihan serat juga, pasti kurang baik.

      Delete
  12. Kurang serat juga bisa bikin obesitas, senang nih kalau kebutuhan serat harian terpenuhi.. kepingin juga makan kacang-kacangan yang kaya akan serat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya saat program diet, sayur dan buah sangat dianjurkan, ya. berat badan tubuh terjaga.

      Delete
  13. Semakin berumur, aku semakin sadar untuk menjaga makanan. Waktu didiagnosis tekanan darah tinggi, aku langsung sadar ada yang salah dengan pola hidupku termasuk pola makan. Sekarang benar-benar memperhatikan asupan makanan, termasuk makanan berserat. Jadi sekarang wajib harus ada buah kalau di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mas. Jadi semakin bertambah usia, apa yang kita konsumsi memang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Bukan apa yang kita ingin makan.

      Delete
  14. Wah ini favorit keluarga banget, buah pisang. Kebetulan kami hobi mengkonsumsi pisang tanduk, Mas. Bibitnya nanam dari kebun yang jauhnya 6 jam dari rumah... Enak digoreng ataupun dikukus. Yang pasti, pencernaan lancaaarrr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, saya juga suka tuh, Mas. Pisang tanduk goreng, lalu temannya teh hangat manis hahaha.

      Delete
  15. Aku paling doyan sama kacang merah. Btw, kalau kacang merah dibuat es kacang merah dan ada tambahan santan, aman nggak ya pak secara gizi dan serat? Karena doyan banget kalau es kacang merah haha.

    Apalagi dulu pernah jualan es kacang merah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, Mbak Niken. Saya dulu pas di Makassar suka buat es kacang merah. Bahkan dulu ada tetangga saya jual es mambo kacang merah. Besok kalau pas dapat kacang merah yang bagus, akan saya buat es kacang merah hehehe.

      Delete
  16. Serat dalam makanan memang selalu identik dengan melancarkan pencernaan. Baru ku tahu bisa juga untuk membantu menurunkan kolesterol dan gula darah. Terima kasih infonya. Sungguh eye-opening :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, awalnya juga saya mengaitkan begitu. Ada masalah pencernaan, pasti kurang makanan berserat. Ternyata banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi makanan berserat.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.