} Antara Jumlah Kata, Jumlah Karakter, dan Jumlah Halaman - Bambang Irwanto Ripto

Antara Jumlah Kata, Jumlah Karakter, dan Jumlah Halaman

Masih banyak teman yang bingung, saat membaca persyaratan menulis di media atau penerbit. Syarat itu adalah antara jumlah kata, jumlah karakter, dan jumlah halaman. Apakah jumlah kata dan karakter sama? Lalu berapa kata atau karakter satu halaman itu?
jumlah kata, karakter dan halaman dalam format naskah
Antara Jumlah Kata, Jumlah Karakterm dan Jumlah Halaman
      

Kali ini, saya mau berbagi tips tentang seputar jumlah kata, jumlah karakter dan jumlah halaman itu. Karena setiap media atau penerbit persyaratannya berbeda-beda mengenai naskah. Ada persyaratannya sesuai jumlah kata, ada yang menentukan jumlah karakter, dan ada yang menentukan naskah dengan jumlah halaman.


Soalnya, inilah salah satu syarat yang harus kita penuhi untuk naskah kita. Kita harus menyesuaikan dengan keinginan media atau penerbit. Kalau Mereka minta naskah kita sesuai jumlah kata, maka jangan berpatokan jumlah halaman. Begitu juga kalau mereka minta naskah sesuai jumlah karakter,  tidak usah berpatokan sesuai jumlah kata.


Biar lebih jelas, terang benderang laksana bulan purnama, yuk, simak tips berikut ini soal. Biar naskah teman-teman tidak ditolak, hanya karena salah tentang persyaratan ini.

Jumlah Kata

Jika media atau penerbit memberi persyaratan naskah dengan jumlah kata, maka naskah kita harus sesuai jumlah kata. Tidak perlu terlalu memikirkan karakter dan jumlah halaman. Soal spasi, disesuaikan dengan syaratnya juga, ya. ada yang minta pakai 1,5 spasi, atau 2 spasi.


Misalnya syarat naskah cerita antara 600-700 kata. Maka patokan naskah yang kita tulis lebih 600 kata, dan tidak boleh lebih 700 kata. Namun sesuai pengalaman saya, 700 kata itu bukan harga mati (istilah saya). Maksudnya, kita boleh kok menulis lebih sedikit di atas 700 kata. Misalnya 720 kata, 735 kata, atau 740 kata. Jangan karena naskahnya kelebihan kata sedikit, lalu harus dipaskan maksimal 700 kata. Itu akan mengurangi keindahan cerita kita.


Jumlah Karakater

Untuk persyaratan naskah yang mengharuskan sesuai karakter, maka perlu diperhatikan juga. Karena karakter itu ada dua macam. Jumlah Karakter dengan spasi, dan jumlah karakter  tanpa spasi. Jadi sesuaikan kembali dengan persyaratan media atau penerbit.

contoh dengan syarat jumlah karakter
Contoh Syarat Dengan Jumlah Karakter

Misalnya penerbit memberi syarat 5200 karakter with spasi. Berati naskah kita harus 5200 karakter dengan spasi. Bukan 5200 karakter tanpa spasi. Karena akan beda. Begitu juga kalau syaratnya 5200 dengan spasi, maka sesuaikan kembali.


Nah, 5200 karakter itu bukan harga mati. Bisa kok kurang 5200 karakter. Misalnyya 5100 karakter atau 5150 karakter. Boleh juga lebih. Misalnya 5250 atau 5300 karakter. Karena kalau 5200 pas, pasti sangat susah. Tepatnya susah sekali hehehe....


Jumlah Halaman

Banyak media atau penerbit yang syarat pengiriman naskahnya sesuai halaman. Nah, kalau sesuai halaman, kita tidak perlu berpatokan pada jumlah kata atau karakter. Sesuaikan jumlah halaman naskah kita.
syarat dengan jumlah halaman
Contioh Syarat Dengan Jumlah Halaman

Tapi jangan lupa. Kalau syarat pengiriman berdasarkan jumlah halaman, maka diperhatikan spasi, dan jenis huruf yang jadi persyaratannya. Karena beda spasi, dan beda jenis huruf, jelas akan mempegaruhi jumlah halaman. Juga perlu diperhatikan jenis kertas yang diminta. Apa A4 atau folio atau kuarto. Karena ukuran kertas kan berbeda. Otomatis akan mempengaruhi jumlah halaman.


Misalnya syaratnya naskah antara 15 -25 halaman, spasi 1,5 time news roman pt 12, kertas A4. Ikuti persyaratan. Jangan mencoba pakai spasi 2 spasi. Karena akan berbeda kepadatan isi cerita kita

       

Cara mengecek Jumlah Kata dan Karakter 

Nah, teman-teman sudah tahu kan, perbedaannya. Jadi kalau ada pesyaratan halaman, tidak perlu bingung harus berapa kata. Atau kalau persayaratnnya jumlah kata, tidak perlu bingung harus berapa karakter. Jadi sesuaikan saja dengan syarat media atau penerbit.
cara mengecek jumlah kata, jumlah karakter dan jumlah halaman
Cara mengecek jumlah kata, karakterm dan halaman

Cara mengeceknya cukup mudah kok. Klik saja word di bawah kiri saat kita mengetik. Maka akan terlihat berapa jumlah kata, berapa jumlah karakter pada naskah kita. Kalau halaman kan, bisa dengan mudah kita tau hehehe.

        

Nah, sekarang sudah tidak bingung lagi ya, antara jumlah kata, jumlah karakter dan jumlah halaman. Jadi nanti teman-teman sudah bisa menyesuaikan dengan syarat yang diminta media atau penerbit. Yuk, kembali semangat menulis. Salam menulis teman-teman...

Bambang Irwanto   


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Antara Jumlah Kata, Jumlah Karakter, dan Jumlah Halaman"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.