} Tips Membeli Kulkas 1 Pintu - Bambang Irwanto Ripto

Tips Membeli Kulkas 1 Pintu

 Tahun 1998, Saat memutuskan merantau ke Jakarta dari kota Makassar. Sebulan kemudian saya mendapat pekerjaan. Saya pun memutuskan mengontrak rumah petakan, berpisah tinggal dari Om dan bulek saya di Bekasi.

Membeli Kulkas 1 Pintu
Foto : Tokopedia



Beberapa bulan bekerja, saya memutuskan untuk membeli kulkas 1 pintu. Tujuan saya adalah agar bisa membeli bahan makanan untuk beberapa hari. Kemudian saya juga bisa memasak beberapa macam lauk saat hari libur kerja. Jadi kalau mau makan di rumah atau buat bekal di tempat kerja, tinggal dihangatkan saja.

Dan sejak mempunyai kulkas 1 pintu, saya pun bisa berhemat tenaga dan waktu. Tidak harus pusing mencari lauk lagi. Pastinya saya bisa berhemat pengeluaran makan juga, dan akhirnya bisa ditabung.
Tentu saja, kulkas 1 pintu ini cocok juga bagi pasangan yang baru berumah tangga. Cocok juga bagi keluarga kecil dengan 1-2 anak. Bagi yang berdagang makanan kecil-kecilan, kulkas 1 pintu masih sangat bisa diandalkan.

Makanya sampai saat ini, kulkas 1 pintu masih menjadi pilihan banyak orang. Banyak keunggulan yang didapatkan saat membeli lemari pendingin 1 pintu ini. Seperti yang saya rasakan selama memakai kulkas 1 pintu.

Keunggulan Kulkas 1 Pintu

Memiliki kulkas, bulan lagi barang mewah. Tapi juga sudah menjadi kebutuhan. Termasuk mempunyai Lemari es 1 pintu. Beberapa keunggulan kulkas sebagai berikut :

Kelebihan Kulkas 1 Pintu
Foto Tokopedia



Lebih Efisien Ukuran dan Berat

Keunggulan kulkas 1 pintu adalah efisien ruangan. Ukurannya yang tidak terlalu besar, bisa muat di ruangan yang terbatas. Termasuk di rumah kontrakan atau di rumah kost. Jadi bisa diatur sedemikian rupa dengan barang-barang lainnya dalam ruangan yang terbatas.

Selain itu, lemari es 1 pintu tidak terlalu berat berkisar 28 kg. Jadi dengan mudah digeser-geser seorang diri, apalagi kalau sudah menggunakan kaki roda. Ini termasuk mudah saat akan diangkut pindah rumah. Bahkan tetangga saya bisa membawa kulkas 1 pintu yang diboncengkan ke motor.

Hemat Listrik

Kulkas 1 pintu lebih hemat listrik. Hanya membutuhkan rata-rata sebesar 50 hingga 150 watt. teman-teman tidak perlu boncos membayar tagihan listrik.

Harga Terjangkau

Harga yang terjangkau menjadi salah satu pertimbangan orang membeli kulkas 1 pintu. Jadi dengan dana tidak besar, setiap orang bisa memiliki kulkas di rumah dan mendapatkan banyak manfaatnya.

Mudah Perbaiki

Rangkaian dan komponen kulkas 1 pintu lebih sederhana. Tombol yang digunakan juga manual. Hal inilah yang membuat kulkas 1 pintu mudah diperbaiki. Komponennya juga mudah didapatkan.

Desain Memikat

Sekarang penampilan kulkas 1 pintu sangat menawan. Jadi bisa menambah estetika ruangan. Pintunya bahkan terbuat dari bahan kaca. Pilihan warnanya yang beragam, bisa dipilih dan disesuaikan dengan cat tembok dan perabotan lainnya.

Tips Membeli Kulkas 1 Pintu

Bila teman-teman ingin membeli kulkas 1 pintu, maka beberapa hal perlu juga diperhatikan. Agar kulkas 1 pintu yang teman-teman beli bisa awet tahan lama, dan bisa lama digunakan.

kulkas 1 pintu LG
Foto Tokopedia


Sesuaikan Kebutuhan

Walau sama-sama 1 pintu, tapi kulkas 1 pintu kapasitasnya berbeda-beda. Antara 50-200 liter Jadi teman-teman bisa menyesuaikan dengan kebutuhan saja, termasuk melihat juga ruangan yang ditempatkan kulkas

Melihat Reputasi Produk

Saya pribadi saat membeli barang elektronik, pasti membeli merek-merek yang sudah terkenal di masyarakat, apalagi kalau sudah sejak lama ada. Karena biasanya sudah jaminan mutu. Harga lebih sedikit tidak apa-apa, tapi puas memakainya.

Kemudian merek yang sudah lama hadir dan terkenal mempunyai banyak cabang, termasuk service centernya. Jaid kalau kulkas rusak, lebih mudah diperbaiki. Apalagi kalau masih garansi, kita tidak perlu membayar ongkos perbaikan.

Beli di Tempat Terpercaya

Agar kulkas 1 pintu yang dibeli dijamin 100% asli, maka teman-teman belinya di tempat yang terpercaya. Bisa juga minta rekomendasi teman-teman.




Dan saat ini semuanya dimudahkan. Termasuk belanja online di Tokopedia. Berbagai merk ada tersedia. Teman-teman bisa membeli kulkas 1 pintu Sharp, kulkas 1 pintu LG, dan merek-merek kulkas 1 pintu lainnya. Pokoknya banyak pilihannya. 

Tokopedia merupakan marketplace yang sangat terpercaya. Teman-teman tinggal selonjoran di rumah, buka Tokopedia, pilih-pilih kulkas 1 pintu, pesan, bayar, selesai. Tinggal tunggu duduk manis di rumah. Apalagi banyak penawaran menarik, plus gratis ongkir.

Nah, itu dia tips membeli kulkas 1 pintu. Intinya kulkas 1 pintu yang akan dibeli disesuaikan dengan kebutuhan, agar menjadi lebih bermanfaat. Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam...

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

87 Responses to "Tips Membeli Kulkas 1 Pintu"

  1. Di rumah saya juga pake kulkas 1 pintu. Buat kami sih sudah cukup, apalagi rumah kecil. Masalahnya sekarang adalah umurnya sudah lama dan ada raknya yang sudah pecah. Jadi kepikiran untuk beli baru. Pengin nyoba beli lewat Tokopedia nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di rumah sih masih pake yg 2 pintu. Yg atas buat bikin es/mendinginkan yg perlu tahan lama. Yg lainnya ya kyk biasa.

      Tp pny kulkas 2 pintu agak ribet ya, terutama saat membersihkan. Lbh praktis yg 1 pintu aja kyk gini. Memudahkan dlm pencarian. Yuk ah cari di Tokopedia.

      Delete
    2. Kulkas 2 pintu itu enaknya bisa muat banyak, lebih lega. Masalahnya enggak estetik kalau ditaruh di rumah kami, karena rumah kami kecil. Makanya dari dulu saya sudah merasa pas dengan kulkas 1 pintu. Sekarang beberapa raknya sudah retak. Rencana mau beli 1 lagi, mau coba beli via Tokopedia juga.

      Delete
    3. Mas Dik, sama nih saya juga ortu punya yg satu pintu , praktis bersihin. Sementara di rumah saya adanya dua pintu, beneran jadi kerja berkali kali. Hehehe

      Delete
  2. Meski tren kulkas lebih dari 1 pintu menggema, tapi kulkas 1 pintu malah lebih hemat ya kang. Kita ga perlu repot buka sana sini. Bahkan krn ukurannya kecil, bs hemat tempat. Kalo ukurannya agak besar ya tinggal menyesuaikan aja tuh dgn ruangan.

    Btw ongkirnya gmn tuh ya kalo beli online di Tokopedia? Ada diskon ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo dari tokped ini kurang tau, tapi sepertinya ada free ongkir,, klo yang keranjang orange itu banyak yang free ongkir.

      Delete
    2. Memang kulkas 1 pintu itu cocok banget digunakan di rumah dengan ruangan terbatas, biar hemat tempat.

      Delete
  3. Kulkas satu pintu zaman sekarang masih ada problem bunga es di freezerkah? Atau sudah bersih, Mas Bams?

    ReplyDelete
  4. Waktu daku sekolah pernah pakai Pak Bams, dan pas pula mereknya Sharp juga hehe. Memang bikin ringkes dan hemat listrik juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan kak, jaman saya masih sekolah pakai kulkas 1 pintu. Dulu malah bisa sambil jualan es batu. Lumayan bisa untuk bayar listrik.

      Delete
    2. Wah aku belum pake nih yg merek Sharp. Ntar aku coba cari deh. Kebetulan nyokap lagi kepengen kulkas satu pintu jg.

      Kalo merek Sharp, aku pakenya TV. Sampe skrg masih nyala loh meski masih pake tabung.

      Delete
  5. Jd inget zaman masih kos, aku pun pakainya kulkas 1 pintu. Krn lebih sesuai. Toh ga belanja banyak, dan palingan cuma butuh buat nyimpen sisa makanan😄.

    Lebih murah, dan selama pinter ngerawat, awet banget. Kdg ada orang2 yg pakai kulkas 1 pintu, tapi menyimpan banyaaak barang sampai melebihi kapasitas, dan bagian freezer jadi banyak bunga es. Sayang sih.. Malah bikin kulkas cepat rusak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul, yang penting sesuai kebutuhan dan terawat. Tahun lalu kami akhirnya ganti kulkas. Kulkas yang lama lelah setelah 30 tahun bertugas.

      Delete
    2. Kulkas 1 pintu sekarang masih ada bunga es ya kak?

      Delete
    3. Oh iya pernah dengar juga tips ini kak kalau banyak sedikitnya barang di kulkas 1 pintu bisa mempengaruhi bagian freezer

      Delete
  6. Kayaknya hampir semua rumah tangga sekarang punya kulkas ya Mas. Nah, jadi kepoin nih kulkas 1 pintau keluaran Sharp atau LG. Mereka itu merek terpercaya dan awet banget. Trus biasanya engga menimbulkan bunga es. Kzl banget kalau lemari es banyak bunga esnya. Kerjaan banget pas proses melelehkan dan bersihan lemari es sesudahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho ternyata bunga es bisa tergantung merek juga ya mba. Aku pun sebel bgt sama bunga es.

      Delete
    2. Kulkas ku merek LG juga kak dan memang bunga esnya dikit. Bersihinnya pun lebih mudah. Awet lagi.

      Delete
    3. Betul, Kak Hani. Soalnya kulkas bisa untuk menyimpan bahan makanan selama beberapa hari sebelum dimasak. Jadi, kita nggak perlu belanja setiap hari.

      Delete
  7. tapi saya masih tim beli langsung ke toko kalau beli elektronik
    di di ecommers buat cari barang yang di pengen sama cari tahu harga
    walau kadang lebih mahal beli langsung tapi lebih puas

    ReplyDelete
    Replies
    1. adakalanya juga saya demikian kak, ceki-ceki harga di e-commerce, biar punya gambaran, kalau kulkas yang diincar kisaran harga berapa.
      Sehingga pas nanti mau beli langsung, bisa bawa uang lebihan

      Delete
    2. Saya juga Mbak, lebih puas kalau tahu barang realnya. Meskipun dari segi harga ternyata lebih mahal dari pada beli online tapi lebih puas

      Delete
    3. Persis seperti ibuku kemarin, ka..
      Kulkasnya mendadak gak bisa nyala lagi. Pas ngliat harga perbaikannya, lebih mahal dari harga jualnya.
      Sedih..
      Jadi kudu ada pengeluaran buat beli kulkas baru. Alhamdulillah yang namanya kulkas kini modelnya cantik cantik sehingga bisa melengkapi interior rumah.

      Delete
  8. Wah beli kulkas juga sekarang sudah bisa via e-commerce kah? Dulu aku pertimbangan beli kulkas itu mikirnya kalau satu pintu suka ada kembang es nya di freezer. Tapi mungkin sekarang udah pada canggih ya si kulkasnya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang serba online jadinya lebih mudah kayaknya ya mbak? Jdnya bisa via ecommerce hehee..

      Delete
    2. Bisa kak, aman juga kayak beli barang elektronik lainnya. Bahkan bisa dapet freong juga. Nah bener kalau zaman dulu problem kulkas satu pintu itu ada bunga esnya

      Delete
  9. Kami di rumah pun pakai kulkas satu pintu, Mas, karena kebutuhan kami ya cuma segitu. Belinya pun online, tapi aku pilih yang ada pengiriman oleh kurir toko (alias beli yang tokonya satu kota denganku).

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap mbaa..membeli sesuai kebutuhan yaa. Dulu waktu masih ngontrak pun kami beli kulkas 1 pintu karena saat itu belum punya anak dan seringnya ada di luar rumah

      Delete
    2. Nah, jadi solusi nih biar gak mahal di ongkir. Kalau saya ngambil dari Surabaya masih kehitung murah meski terpisah selat. Ya masih sama-sama Jawa Timur.

      Delete
    3. Sama mbak. Aku juga pakai kulkas satu pintu. Itu udah cukup kok dan muat buat masukin bahan makanan untuk keluarga kecil kami.

      Delete
  10. Saya sekarang juga lagi ngontrak. Semua perabit rumah tangga penting sudah ada. Seperti kompos dan mesin cuci. Tinggal kulkasnya, kayaknya beli yang 1 pintu emang lebih pas buat anak kos yang minim bugdet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang paling enak kalo masih anak kos cari yg simple ya jd bisa maksimal jg manfaatinnya gak cuma jd pajangan aja hehe

      Delete
  11. Aku juga ada kulkas satu pintu yang ukuran kecil, ini jadi secondary kulkas, biasanya buat simpan bahan makanan atau rempah yang baunya ekstrim, soalnya suamiku jarang buka kulkas yang ini. Menurutku kulkas satu pintu ini juga cocok untuk usaha untuk menyimpan makanan atau minuman yang siap kita pasarkan.

    ReplyDelete
  12. Saya juga termasuk tim yang memilih kulkas 1 pintu dengan pertimbangan efisiensi ukuran dan beratnya menyesuaikan engan rumah minimalis kami, jadi memang ga memakan space terlalu banyak sih pakai kulkas 1 pintu ini, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya selain suka desain rumah minimalis, juga suka yang ringkes-ringkes. Berarti benar ya, kalau nanti punya rumah, saya sebaik pakai kulkas 1 pintu saja.

      Delete
  13. Maaf pak aku salfok sama tahunnya 1998, itu aku masih umur 4 tahun pak Bams udah merantau aja 🙈 btw emang kulkas 1 pintu itu menarik bgt ya, cocok sih untuk kos atau rumah tangga juga. Nggak makan tempat, simple dan praktis. Kalau yang tipe nggak banyak nyimpen stok kaya aku gini cocok bgt kulkas 1 pintu. Bisa beli di Tokopedia lagi.

    ReplyDelete
  14. Setuju banget, pak. Kulkas sekarang sudah jadi kebutuhan. Apalagi sekarang cuaca yang puwanas banget, pengen minum yang seger-seger mulu. Dengan adanya kulkas pun jadi lebih mudah kalo mau ngapa-ngapain.

    ReplyDelete
  15. Kebutuhan kulkas memang sangat oenting banget biar makanan tetap segar dan tidak cepat basi. APalagi jika makanan itu belum habis dimakan, dan sisanya kita masukin ke kulkas. Pilihan tepat untuk membeli kulkas memang harus dilihat dulu reputasinya, thanks infonya pak bams..

    ReplyDelete
  16. Setelah melihat dan menyesuaikan dengan kebutuhan, lalu cek juga ya dananya bisa memenuhi harga tidak batu deh bisa kita lanjutkan tentukan merk dan warna. Duh, itu yg warna biru kulkas satu pintu nya menggoda banget buat ditaruh di kostan. Hehe...

    ReplyDelete
  17. Kalau untuk kebutuhan alat elektronik seperti hp, tv hingga kulkas, rasa-rasanya memang belanja paling tepat itu di tokopedia ya pak. Selain banyak promonya, tokopedia juga punya garansi keamanan, jadi kita yang belanja online gak perlu was-was kena tipu online seluler bodong, apalagi kalau belinya di official store brandnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget mbak,untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan waktu beli peralatan elektronik dengan online, harus banget cari tempat yang memberikan garansi keamanan seperti di tokopedia.

      Delete
  18. betul nih, kalau beli barang elektronik memang baiknya beli di tempat yg terpercaya ya.. kalau bisa lihat juga reviewnya pengguna sebelumnya, biar lebih ada gambaran dari pengalaman mereka hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat. Biar nggak zonk ys, Mbak. Jadi cari aman sama yg berpengalaman dan terpercaya.

      Delete
  19. Penting banget buat cari rekomendasi produk, terutama kepada orang yang telah memiliki pengalaman menggunakan produk tersebut

    ReplyDelete
  20. Kulkas merk LG favoritku banget, karena aku tinggal dirumah petak dengan ukuran ruang yang terbatas. aku lebih memilih untuk membeli kulkas 1 pintu. Lebih efektif sesuai dengan kebutuhan keluarga kecil kami..

    ReplyDelete
  21. aku kebetulan banget lagi sering nyari-nyari referensi kulkas buat rumah. walau rencananya ditempatin abis nikah, tapi udah banyak cari perabotan dari sekarang. tadinya aku lebih sering liat-liat kulkas 2 pintu, tapi kalau dipikir-pikir kulkas 1 pintu lumayan hemat banget yaa listriknya bisa menekan pengeluaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Kak Happy udah ada rencana mau nikah ya terus udah siapin perabotan-perabotan buat di rumahnya termasuk mikirin untuk beli kulkas 1 pintu. Nah mending Emang beli kulkas 1 pintu aja Kak Soalnya lebih hemat listrik

      Delete
  22. Aku setuju soal kulkas 1 pintu yang memang lebih ringan jadi bisa dipindahin sendirian kalau misalkan mau ubah posisinya di rumah Udah gitu juga lebih hemat listrik dibandingkan kulkas yang dua pintu. nah untuk tempat membelinya Tokopedia Emang aman banget kalau mau beli kulkas secara online

    ReplyDelete
  23. Ibuk kemarin juga mendadak kulkasnya rusak, mas Bams.
    Jadi panik karena uda manggil tukang buat benerin dan dikabari kalau habisnya sekian sekian. Akhirnya memutuskan untuk membeli kulkas baru.

    Mengingat Ibuk juga hobi masak dan bikin jamu sama jus. Jadi biar sayuran, buah dan bahan jamu lainnya gak mudah busuk, kulkas ini wajib punya. Apalagi yang tinggalnya di daerah panas.

    ReplyDelete
  24. Kulkas satu pintu, kulkas pertama kali yang saya punya setelah menikah. Memang belinya harus di tempat terpercaya biar mendapatkan jaminan keaslian dari produk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dunk ya, awal-awal sekali menikah dulu belinya kulkas 1 pintu juga. Nah, jaminan garansi sangat penting untuk menghindari hal yang tidak diinginkan hehe...

      Delete
  25. Kulkas saya 1 pintu pak. Merk LG. Alhamdulilah awet. Belinya di toko elektronik di kotaku. Sesuai kebutuhan sih dan wattnya gak banyak.

    ReplyDelete
  26. Saking semua barang kebutuhan ada di Tokopedia, bahkan kulkas satu pintu pun ada, gimana coba s TokPed ini nggak jadi andalan buat belanja ya, kan, Mas? Kulkas 1 pintu juga hemat space di rumah deh. Walaupun untuk mengelola isi kulkasnya, harus rapi dan teratur karena ukurannya kan lebih kecil dibanding yang pintunya ada dua.

    ReplyDelete
  27. Saya juga pakai kulkas 1 pintu Mase. Soalnya saya nggak terlalu banyak nyetok makanan, jadi so far masih cukup lah kulkas 1 pintu. BTW, ibu saya juga pakai kulkas 1 pintu Sharp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini bisa jadi pertimbangan juga ya dalam memilih kulkas. Kalah perlunya untuk nyetok makanan sedikit, maka kulkas 1 pintu bisa jadi pilihan.

      Delete
    2. Membeli produk apa pun itu, termasuk kulkas memang sangay perlu menentukan sesuai kebutuhan, kalau hanya untuk kebutuhan rumah tangga kecil, kulkas 1 pintu masih bisa banget jadi pilihan

      Delete
  28. Jadi inget dulu waktu di awal nikah dan pindah ke luar kota. Kami juga memakai kulkas 1 pintu. Memang jadi lebih hemat dan praktis.

    ReplyDelete
  29. Kulas satu pintu ini memang lebih efisien dan menghemat tempat, untuk harga juga lebih bersahabat, ini cocok untuk ibu-ibu yang ada usaha bisnis makanan dirumah, jadi bisa disimpan disana.

    ReplyDelete
  30. Kulkas satu pintu ini cocok untuk keluarga baru
    Lebih hemat dan minimalis ya mas

    ReplyDelete
  31. Wih, bener nih! Keren banget ya sekarang belanja kulkas 1 pintu bisa praktis kayak gini. Tokopedia memang jadi pilihan favorit buat cari barang elektronik, gak cuma lengkap tapi juga bisa dipercaya. Langsung aja dari sofa, cari kulkas 1 pintu sesuai kebutuhan, pesen, dan tinggal tungguin sampenya, plus bisa dapet penawaran menarik lagi. Mantap! 🛒👍

    ReplyDelete
  32. Wih, bener nih! Keren banget ya sekarang belanja kulkas 1 pintu bisa praktis kayak gini. Tokopedia memang jadi pilihan favorit buat cari barang elektronik, gak cuma lengkap tapi juga bisa dipercaya. Langsung aja dari sofa, cari kulkas 1 pintu sesuai kebutuhan, pesen, dan tinggal tungguin sampenya, plus bisa dapet penawaran menarik lagi. Mantap! 🛒👍

    ReplyDelete
  33. Kulkas memang jadi barang wajib di rumah ya, saya juga pakainya kulkas 1 pintu soalnya harganya masuk di kantong saya hehe tapi lumayan kulkas 1 pintu bagus dan awet ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya kulkas 1 pintu ini juga cocok banget ya kak buat anak-anak kos, karna budgetnya rendah juga hihihi.

      Delete
  34. saat ini sepertinya jarang ya rumah ga ada kulkasnya secara negara kita kan hot-hot potatoess wkwkwk, jadi pada suka minum dingin untuk mengahalau cuaca yang terik

    ReplyDelete
  35. Waktu kecil aku pernah punya kulkas satu pintu, suka penuh sama bunga es. Tapi kami senang karena jadi bisa mainin esnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget mbak, dulu gak tau kalau itu namanya bunga es. Suka keruk pake tangan buat di jadin es serut ala ala dulu

      Delete
  36. Awal menikah dulu kulkasku juga 1 pintu, awet banget sampai anak-anak agak kede. Ganti pun bukan karena rusak tapi menyesuaikan kebutuhan

    ReplyDelete
  37. di rumah pun menggunakan kulkas satu pintu namun ada dua, entah kenapa dulu juga memutuskan satu pintu tapi pastinya enak bisa dipindah-pindahnya lebih mudah

    ReplyDelete
  38. Tipsnya setuju banget nih, Mas Bambang, memang harus sesuai dengan kebutuhan, dan pastinya memastikan membeli dari toko yang terpercaya sehingga mudah pertanggungjawabannya jika terjadi sesuatu pada kulkas yang dibeli

    ReplyDelete
  39. Tips nya bakal aku pake nih, aku kebetulan lagi cari kulkas 1 pintu yg memanag sesuai sama kebutuhan.

    ReplyDelete
  40. Saat ini kami masih menggunakan kulkas 1 pintu jugaa..
    Dan awet banget. Usianya uda 13 tahun. Rasanya senang sekali bisa menemukan barang elektronik yang awet dan gak pernah rewel.

    ReplyDelete
  41. Dulu pas pertama pindah rumah sendiri, kulkas adalah barang pertama yang saya beli. Membantu banget untuk menyimpan bahan makanan. Jadi nggak boros.

    ReplyDelete
  42. Kalau untuk anak kos atau mungkin pasutri baru memang sangat membantu untuk food preparation daripada beli. Pilih yang hemat energi jadi bisa pangkas kebutuhan listrik juga

    ReplyDelete
  43. Praktis dan efisien juga punya kulkas satu pintu, apalagi dari segi harga kan hemat bujet dn pas bayar listrik juga hemat. makanya selalu jadi pilihan ya

    ReplyDelete
  44. Sama lama garansinya juga perlu diperhitungkan ya, Pak, saat mau beli kulkas 1 pintu. Kebetulan akhir tahun kemarin aku juga terpaksa ganti kulkas karena kulkas yang lama rusak. Nah pas saat itu baru tahu kalau jangka waktu garansi juga berbeda-beda lho tiap merek kulkas tuh

    ReplyDelete
  45. Membeli kulkas baru bisa menjadi hal yang membingungkan, terutama dengan banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran. Salah satu jenis kulkas yang populer adalah kulkas 1 pintu, yang menawarkan kesederhanaan dan kepraktisan bagi pengguna. kudu pinter ya pilih barang

    ReplyDelete
  46. Bagi aku yang memiliki rumah tdak terlalu besar, kulkas satu pintu memang jadi pilihan. Selain hemat listrik, pertimbangan juga untuk posisi kulkas di rumah tidak menjadikan suasana semakin sempit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku setuju nih sama Kak Anis. Punya kulkas satu pintu tuh bisa jadi pilihan untuk yang punya dapur kecil, selain itu memang hemat listrik juga lho. Bahkan dulu waktu masih ngontrak, dengan listrik hanya 900kwh, bisa punya kulkas satu pintu ni

      Delete
  47. salfok dengan paragraf pertama, pak Bambang orang Makassar kah?

    Kulkas bagiku wajib ada di rumah hehe, bahkan dulu ketika ada pilihan kulkas atau mesin cuci, saya pilih kulkas

    ReplyDelete
  48. wajib banget punya kulkas karena bisa untuk naruh bahan makanan maupun sayuran, punya juga kulkas satu pintu karena butuhnya nggak banyak sih, untuk bahan makanan aja, air minum seringnya yang biasa atau hanggat, nggak dingin, dan beneran gampang untuk dibersihkan

    ReplyDelete
  49. kalau beli kulkas di Tokopedia pasti untung yaa, soalnya kan suka banyak voucher diskon disana lumayan jadi bisa hemat. Saya juga suka belanja di Tokopedia

    ReplyDelete
  50. Kulkas satu pintu juga bisa jadi rekomendasi ya
    Lebih praktis untuk disimpan di rumah, nggak makan banyak tempat

    ReplyDelete
  51. KAlau diriku Jangan terburu-buru membeli kulkas yang pertama kali ku lihat. Lakukan riset terlebih dahulu dan bandingkan harga dan kualitas dari beberapa merek yang berbeda. Pastikan emang diriku membeli kulkas dari brand terpercaya yang menawarkan garansi resmi.

    ReplyDelete
  52. Setuju banget, Kak. Kulkas 1 pintu kesannya lebih simple dan sederhana, ya.

    ReplyDelete
  53. Wah, kulkas 1 pintu ini memang cukup komplit, ya. Selain desainnya yang eye catching, juga konsumsi listriknya yang hemat banget.

    ReplyDelete
  54. Dulu awal2 berumah tangga saya juga menggunakan kulkas 1 pintu. Pilihan yang tepat untuk menghemat daya listrik dan juga hemat tempat. Kulkas 1 pintu kan biasanya body-nya ramping dan tidak memakan tempat terlalu banyak.

    ReplyDelete
  55. Klo buat kebutuhan keluarga kecil, cocoknya sih kulkas 1 pintu. Keuntungan lainnya jd bikin kita ga nyimpan makanan terlalu lama. Jd di isi secukupnya dan seperlunya aja.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.