} Hal-Hal yang Harus Saya Lakukan Usai Lebaran - Bambang Irwanto Ripto

Hal-Hal yang Harus Saya Lakukan Usai Lebaran

Lebaran telah usia. Saatnya bersemangat lagi beraktivitas rutinitas. Dan bagi saya yang seorang freelance wajib harus bergegas. Soalnya sesuai pengalaman, saya memang wajib menjemput bola, dibandingkan harus menunggu rezeki menyapa. Tidak bisa lagi berleyeh-leyah santai kayak di pantai. Bisa-bisa dapur tidak ngebul hahaha.


Nah, berikut yang harus segera lakukan usai lebaran. 

Bergegas Mencari Peluang

Hal utama yang harus segera saya lakukan adalah mencari peluang pekerjaan. Dan Alhamdulillah sekarang peluang itu lebih mudah didapat baik dari media sosial. Seperti facebook dan instagram. Selain itu juga dari grup-grup komunitas  blogger dan komunitas cerita anak.

Bahkan ada juga teman, baik penulis cerita anak atau blogger yang japri langsung memberi tahu kalau ada job. Jadi memang perlu sekali menjaga terus pertemanan dan bahkan memperluas jaringan pertemanan.

Jadi kalau ada info job, selama masih masuk kriteria, saya pasti isi. Karena semua kan, nanti tergantung rezeki. Kecuali syaratnya yang tidak bisa ditolerir. Misalnya dibutuhkan usia Maksimal 25 tahun, saya nekat isi juga. Sudah pasti tidak kepilih hahaha

Ikut lomba-lomba Menulis

Saat ini banyak lomba menulis cerita anak, baik diadakan pemerintah maupun komunitas dan penerbit. Bahkan pengumumannya sejak sebelum puasa. Jadi hal ini harus saya kejar juga untuk semakin membuka pintu rezeki saya. 

Apalagi saya ingat sekali pesan Mbak Wiwik, salah teman penulis cerita anak, saat kami bertemu di awal puasa. Katanya, saya harus ikut, karena sayang potensinya tidak dimaksimalkan. Dan setelah saya pikir, benar juga ucapan Mbak Wiwik. 

Kemudian ada juga beberapa lowongan freelance menulis cerita anak. Saya juga akan mencoba. Apalagi bisa dilakukan secara WFA atau bisa dikerjakan darimana saja. Selain itu juga bisa WFH atau dikerjakan dari ruah. Jadi waktu saya lebih fleksibel. Saya juga masih bisa ngeblog.

Dan Untuk tahun ini, saya juga ingin lebih giat ikut lomba blog. Pastinya banyak hal yang harus saya pelajari juga. Tapi ini jelas lebih baik, daripada saya tidak ikutan sama sekali, kan. Hitung-hitung sambil belajar juga.

Rajin Posting Tulisan di Blog

Hal yang harus saya segerakan usai lebaran adalah harus kembali semangat posting tulisan di blog. Soalnya saya mengibarat blog saya sebuah toko. Harus selalu ada yang baru, agar orang terus kembali datang ke blog saya. Kalau isinya itu-itu saja,orang juga akan bosan dan akhirnya tidak datang lagi.

Kalau Postingan baru terus ada, apalagi artikel organik, ini tidak hanya bagus untuk membantu perform blog kita, tapi juga secara tidak langsung mengisyaratkan kalau pemilik blog serius mengurus blognya. Ini akan menjadi poin bagus bagi yang akun bekerjasama dengan blog saya. Akhirnya peluang diajak bekerjasana semakin terbuka lebar.

Blog Rumah Kurcaci Pos


Nah, Insya Allah saya akan semakin semangat untuk mengisi dua blog saya. Blog utama ini, sedang satunya Rumah Kurcaci Pos, blog khusus anak-anak.Saya ingin juga blog ini membuka peluang rezeki dan menambah penghasilan. Aamin.

Aktif di Media Sosial

Saat ini media sosial jadi salah satu pertimbangkan diajak job. Makanya deyelah lebaran,  saya harus kembali aktif lagi posting-posting. Apalagi kadang job itu sudah satu paket. Misalnya datang ke acara, posting di blog, juga posting di media sosial. Seperti Instagram, tiktok, facebook, dan twitter.

Menulis Cerita Anak

Basic saya memang penulis cerita anak. Dan Insya Allah saya lan terus menulis cerita anak. Makanya usai lebaran dan nastar sudah habis, saya harus segera duduk tampan rupawan mnrulis di laptop hahaha.

Naskah cerita anak yang  saya tulis itu, biasanya akan saya masukkan ke bank naskah dulu. Bila sesuai dengan kebutuhan penerbit atau lomba, akan saya kirimkan.

Membuka Kelas Menulis Kurcaci Pos

Pas puasa kemarin, saya sempat membuka kelas menulis kurcaci pos. Tapi tidak ada yang daftar hahaha. Ini memang salah moment, karena saat Ramadan, orang lebih fokus ke puasa dan persiapan lebaran.

Jadi usai lebaran, saya akan membuka lagi kelas menulis cerita anak kurcaci pos dengan tema-tema yang menarik dan spesifik. Jadi teman-teman fokus saat menulis cerita. Misalnya tema liburan, persahabatan, kearifan lokal, dan sebagainya.

Nah, itu dia hal-hal yang harus saya lakukan setelah lebaran. Apakah teman-teman ada yang sama? Kalau beda cerita di kolom komentar saya. Ayo.. semangat...

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

22 Responses to "Hal-Hal yang Harus Saya Lakukan Usai Lebaran"

  1. Mantap lah. Abis lebaran langsung genjot sederet agenda menulis, ya. Semoga lancar semuanya, Om

    ReplyDelete
  2. Mantap nih semangatnya patut ditiru. Setelah sibuk fokus puasa dan lebaran, langsung gas ngurus blog. Sementara saya masih leyeh-leyeh hahaha 🤣

    ReplyDelete
  3. Lebaran udah usai. meski nuansanya masih kerasa. Setuju, Pak. Seorang freelancer nggak hanya harus menunggu bola. Kita harus menjemput bola. Bagian paling peer banget adalah aktif di medsos dan rajin posting artikel di blog. hehehe...

    ReplyDelete
  4. Boleh nih mas diinfo juga kalau ada peluang bisiki saya ya😊. Pelatihan kurcaci pos kapan?

    ReplyDelete
  5. Mantap 'kali nih si Kakak! Bener banget, abis lebaran saatnya kembali ke realita hidup a.k.a nyari sebongkah berlian. Semangat, Kak! Positive vibe-nya insyaa allah menular 😊

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah Pak Bams, selalu semangat mencari cuan. Peluang dan uang memang wajib diusahakan dengan cara jemput bola ya.

    Semoga kelas Kurcaci Pos selalu fully booked.

    ReplyDelete
  7. Habis lebaran langsung bikin rencana lagi supaya semakin produktif nih, wajib ditiru banget nih semangankan pak Bams!

    ReplyDelete
  8. Pas libur blogwalking di BRT tuh kesempatan buat aku update artikel banyak-banyak. Jadi punya cadangan artikel baru deh. Hehe... Lagian aku mager, engga mudik, engga ke luar kota.

    ReplyDelete
  9. Semangat Pak, keren nih list to do nya sudah banyak aja, duh jadi malu saya
    semangat Pak Bams nular nih ke saya, saya juga mau buat list ah supaya lebih semangat lagi

    ReplyDelete
  10. Peluang bagus kah menulis cerita anak ini Pak?
    Jika bisa tahu ntar karya kita bisa dikirim kemana, saya mau ikutan juga belajar dong...

    ReplyDelete
  11. Sama nih Pak Bams. Setelah lebaran ini usai, selain buka semangat baru untuk nyari ide, saya juga pengen aktif lagi untuk nyari peluang, biar tabungan makin gemilang hahaha

    ReplyDelete
  12. Nah setuju Pak Bams, apalagi bagian yang nulis di blog, jangan sampai terlewatkan deh, karena kan kita bayar domain sayang gitu kalau gak diisi blognya

    ReplyDelete
  13. Semangat yang kereeeen! Jadi ikut bersemangat bacanya. Tapi lomba nulis "yang itu" aku skip. Fokus nyelesein naskah buku, ngeblog, dan jualan :))

    ReplyDelete
  14. Abis lebaran langsung mengembalikan daya dan upaya,serta semangat untuk kembali ngeblog dan melakukan aktivitas lain seperti sebelum-sebelumnya ya, Pak. Mantab semangat bapak yang satu ini memang

    ReplyDelete
  15. MasyaAllah, keren banget semangatnya. Saya pun sekarang juga mulai aktivitas rutin, berkarya dan aktif ikut kelas-kelas favorit.

    ReplyDelete
  16. Mau ikut kelas menulis anak dong pak. Semoga online ya kelasnya hehe. Saya pengen mulai juga merambah ke dunia kepenulisan anak

    ReplyDelete
  17. Semangat selalu Mas Bams. Sama banget nih. Mulai tahun ini, aku pun kembali melirik untuk bergabung sebagai peserta dalam berbagai lomba kepenulisan, sembari menyeleaikan pekerjaan selaku freelancer untuk salah satu agensi periklanan. Paling nggak tujuanku untuk menaikkan jam terbang sih, Mas. Mana tahu kan peluang bertandang saat waktunya tiba untukku kan ya. Bismillah. Ah ya, blog juga sudah waktunya kuisi rutin kembali.

    ReplyDelete
  18. Wah, mas bams sangat produktif sekali
    Aku baru tahap mengumpulkan mood untuk kembali menulis mas
    Kelamaan libur lebaran, nulis jadi mager. Huhu

    ReplyDelete
  19. Saya niatnya mau rajin posting organik pak biar blognya makin banyak traffic dan dilirik job blogger, tapi baru niat aja nih. Nulis draftnya belum beres-beres hehe. Keren pak Bambang udah banyak targetnya. Saya merasa tertampar ini

    ReplyDelete
  20. After lebaran gak boleh santai ya pak. Justru harus lebih giat lagi menulisnya biar cuan lebih banyak mengalirnya. Keren nih buka kelas menulis. Jadi ingat kelas menulisku juga lom kubuka. Wkwkwk. Semangat pak

    ReplyDelete
  21. Tetap semangat, Pak Bambang. Cari-cari peluang bisa juga dengan mulai bikin portofolio digital, bikin e-book, atau buka kelas online dengan mengajar keterampilan yang dikuasai.

    ReplyDelete
  22. Banyak sekali hal yang harus dilakukan setelah lebaran yaa, mas Bams.
    Pingin liat schedule kontennya euuii.. Akutu keteter pas sosmed. Jadi, gak fokus banget karena sukanya nulis di blog aja.

    Sayang padahal yaa..
    Kudu beneran dirawat semua agar berimbang trafficnya.

    Nuhun semangatnya, mas Bams.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.