} Mau Ganti ATM BCA, Kok Tanda Tangan Berbeda? - Bambang Irwanto Ripto

Mau Ganti ATM BCA, Kok Tanda Tangan Berbeda?

Sebenarnya, saya sudah lama berencana ingin menukarkan kartu ATM BCA saya, dari yang strip hitam menjadi yang chip. Apalagi sesuai anjuran dan batas tukarnya ATM BCA hanya sampai akhir Desember 2021. Tapi begitulah, karena masih ada jadwal syuting dan pemotretan wkwkwkwkw, maka saya baru sempat ke kantor BCA cabang Gombong hari jumat 22 Oktober 2021.

menukar atm bca dari strip hitam ke chip

Pukul delapan pagi kurang, saya sudah berangkat dari rumah saya menuju kantor BCA cabang Gombong. Lewat pukul delapan saya sudah sampai di sana. Setelah parkir motor, saya bergegas masuk. Eis... Sebelumnya cek suhu badan dulu. Tiiiiit.. 35 sekian. Amaaan hehehe. 

Setelahmelewati pintu masuk dan disapa oleh Pak Satpam, saya lalu menuju mesin antrean. Eh ternyata seragam satpam sekarang mirip seragam polisi. Warnanya juga cokelat. Saya sampai pangling hehehe. 

Di mesin nomor antrean, ada salah satu karyawan BCA dan Mas-Mas OB. Bapak karyawan BCA langsung menanyakan keperluan saya, dan saya pun menjelaskan ingin ganti kartu sekalian mengaktifkan m-BCA. 

Saya lalu diarahkan utnuk mengganti kartu lewat mesin CS BCA Digital saja dibantu Mas OB. Ternyata pas tempel telunjuk kanan, kok gagal terus. Padahal telunjuk saya bersih, tidak dipakai buat ngorek upil hahaha. 

Akhirnya saya diarahkan lewat Costumer Servise saja dan saya dapat nomor antrean 006.  Saya pun bergegas menuju kursi yang disediakan. Sambil menunggu, saya iseng melihat buku tabungan dan KTP saya. Alamak... Ternyata tanda tangan saya di KTP dan buku rekening berbeda. Pas saya cek ATM, memang berbeda juga tanda tangannya dengan KTP. 

Astaganaga... Kok iso hahaha... Tiba-tiba saya butuh sandaran.. halah hahaha.


Kronologi kejadian Beda Tanda Tangan

Sambil menunggu giliran dipanggil, saya pun mencoba memutar kembali memori saya. Triiiiing... saya langsung ingat. Jadi saya buat rekening BCA itu, saat saya baru bekerja di sebuah toko buku di dearah Tambun Bekasi. Waktu itu wajib punya rekening BCA, karena gajinya ditransfer dari BCA. Sedangkan Rekening saya saat itu hanya BNI.

Nah  waktu buka rekening BCA, saya masih pakai KTP lama yang biasa, dan belum E-KTP. Terus tanda tangannya juga sama seperti yang ada di buku rekening dan ATM BCA saat ini. 

Nah, pas bikin E-KTP itu, tahun 2013. Entah apa yang merasuki saya, kok saya bisa beda tanda tangan ya? Entahlah... padahal saat itu acara ngebakso sudah lancar jaya, aman, damai, sentosa hahaha.


Solusinya Beda Tanda Tangan

Saat hampir tiba giliran saya, saya disamperin oleh Ibu-Ibu karyawan BCA (Aduh..  Saya kok lupa namanya). Kembali saya ditanyain keperluannya apa. Saya jelaskan saja ingin ganti kartu dan aktifkan m-BCA. Hanya yang jadi madi masalahnya, tanda tangan saya berbeda. 

Ibu itu menanyakan apa saya ada fotocopy KTP lama.  Wah, tentu saja tidak punya hehehe. Lalu Ibu mohon diri untuk mengecek data saya dulu. 

Tidak lama, giliran saya menghadap CS. Saya dilayani oleh Mbak Nabila (tidak pakai Syakieb atau JKT 46 hehehe) yang super ramah dan sabar. Saya kembali menjelaskan masalah saya. Ibu tadi lalu mengarahkan Mbak Nabila membantu saya. 



Jadi solusinya, buku tabungan saya akan diganti dengan yang baru. Data akan disesuaikan dengan E-KTP saya. Itulah sebabnya kenapa saya gagal ganti kartu di mesin tadi. Alhamdulillah.. Lega saya.


Proses Ganti Kartu

Mbak Nabila lalu mengkonfirmasi kembali data diri saya. Dari tempat tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor telepon, sampai dengan pekerjaan saat ini. Saya pun menjawab sebagai penulis. Tadinya saya mau jawab seleb Kebumen, tapi takut nanti terjadi kehebohan. Bakalan banyak fans yang minta foto dan tandatangan halah... gayane saya ini hahaha.

Dan soal pekerjaan ini agak mendetail. Saat saya menjawab pekerjaan saya penulis, Mbak Nabila meneruskan dengan pertanyaan, menulis apa? Di media mana? Apa. Sudah ada buku diterbitkan? Sampai apakah saya ikut manegemen atau tidak. Tapi saya jadi punya kesempatan pamer cerita-verita saya yang dimuat di media anak dan buku sudah terbit hehehe

Selanjutnya ada serangkaian lembaran yang harus saya tanda tangani. Dan itu wajib pakai tanda tangan sesuai E-KTP. Terus beberapa kali juga memasukkan nomor pin. Sampai semua proses selelesai O, iya. Biayanya semua 15 ribu dengan rincian 10 ribu untuk materi pada lembaran ganti tanda tangan, sedangkan 5 ribu untuk biaya buku tabungan baru.


Hippie.. Kartu ATM BCA Baru

Setelah semua beres, Mbak Nabila mengajak saya kembali ke mesin CS BCA Digital di dekat pintu masuk. Kartu ATM saya yang lama akan diganti dengan yyang baru. Prosesnya cepat sekali, tidak sampai 5 menit. 

Jadi pertama, pilih menu ganti kartu, lalu tempelkan E-KTP. Setelah itu tempelkan jari telunjuk kanan. Horee.. Kali ini berhasil. Selanjutnya masukan kartu ATM lama, lalu masukkan pin. Konfirmasi kembali dan taraaaa... Kartu ATM chip saya sudah ada.

Kartu ATM BCA Chip

Jadi kalau teman-teman mau ganti kartu ATM BCA, tidak perlu ke coustumer servise. Bisa langsung ke mesin CS BCA Digital saja. Selama identitas sama antara E-KTP dan data di rekening bank, maka langsung bisa diproses. lebih hemat waktu dan tenaga. Dan ini gratis.


Mengaktifkan m-BCA. 

Setelah kartu dapat kartu ATM baru, Mbak Nabila mengajak saya kembali ke area CS untuk mengaktifkan m-BCA. Karena dari rumah saya sudah install m-BCA di play store, maka prosesnya cepat saja. 

Setelah registrasi, saya dapat SMS, lalu dikirim kembali, kelar.. MBCA saya sudah aktif dan bisa segera digunakan. Pastinya akan memudahkan saya.

m bca
Hippie..m-BCA sudah jadi

Alhamdulillah akhirnya urusan ganti kartu dan aktifkan MBCA selesai. Total waktunya kurang dari 1 jam. Dan kayaknya, saya paling lama berada di CS dibandingkan nomor antrean 1-5 hahaha. Terima kasih banyak untuk Mbak Nabila dan karyawan BCA lainnya. Saya kasih bintang 10 nih hehehe.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

33 Responses to "Mau Ganti ATM BCA, Kok Tanda Tangan Berbeda?"

  1. Walah bisa ganti ATM tanpa ke CS ya, Pak. Sudah ada mesin CS BCAnya. Tambah nggak ada antrian dong ya CS BCA. Emang kalau inovasi BCA nggak diragukan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ada, Mbak. Jadi lebih memudahkan. Apalagi kalau e-KTP dan data rekening sudah sama. Saya saja di kota kecamatan sudah ada mesinnya, apalagi di kota besar. Sangat membantu kita.

      Delete
  2. Wadiawww, sibuk syuting teruuuss nih Pak. BTW emang bener ya, satpam BCA katanya ramah-ramah??

    Praktis banget ya aktifin m-banking nya. Prosesnya juga cepat, kurang dari 1 jam. Wah selamat sudah ganti kartu ATM baru dan aktifin mbca. BTW, butuh nomor rekening saya nggak nih, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sok sibuk syuting dan pemotretan, Mas Hendra hahaha.
      Semua ramah, Mas. Jadi kita nyaman dan sangat terbantu. Yuk, kirim nomor rekeningnya, Mas hahaha

      Delete
    2. asyiiik, mo ditransfer nih, hehehehe

      Delete
  3. saya baru bikin MBCA juga nih pak..
    Tapi nggak tau kenapa nggak bisa buat transfer bank. Sementara buat BCA virtual account tetap bisa.

    Kayaknya harus kembali ke kantor cabang buat minta tolong. Kalau lewat telepon, pengalaman malah habis banyak pulsa. Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya bisa, Mbak Iim. Dan sebaiknya ke CS saja Mbak. Karena kemarin saya prosesnya cepat. Tidak perlu pakai isi data segala, karena langsung diinput data rekening ke m-BCA. kalau pakai m-BCA jadi memudahkan kita.

      Delete
  4. Oh kalau engga ada masalah bisa ya lewat cs digital... Saya belum sempat aja nih ganti kartu atm, tadi dapat email katanya terakhir 30 november...
    Kalau enggak ganti kartu baru, enggak perlu aktifin ulang mbca kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Kalau data e-KTP dan di rekening bank sudah sama, itu langsung pakai mesin CS Digital saja. Cepat prosesnya. Sebaiknya ganti kartu baru, karena kita kan, perlu tarik uang tunai juga.

      Delete
  5. Eh, Pak Bambang samaan dengan adik saya, sama-sama baru ganti ATM BCA. Hanya bedanya Pak Bams di Kebumen, adik saya di Bekasi hihihi
    Adik saya cerita juga mengenai kemudahan dalam proses mengganti kartu ATM. Gak pake ribet yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss dulu dengan adiknya Mbak Nurul hahaha.
      Iya, Mbak. Prosesnya cepat. Kita sangat dibantu. Masalah terselesaikan dengan baik.

      Delete

  6. Daku pun pernah juga soalnya hahaha, tapi dengan bank lain.

    Padahal lagi buat akun baru. Terus tanda tangan dong buat di buku tabungannya. Si CS nya pusing sama saya, "mbak ini kok tanda tangannya beda-beda dari KTP?"

    Dia gak tahu, saya lagi laper, belum ketemu bakso, hix. Urusan beda tanda tangan padahal punya kita sendiri itu memang konyol sih Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya saya sampai membatin, entah apa yang merasuki saya saat itu, Mbak Fenni. Kok bisa beda tanda tangan hahaha.

      Delete
  7. Saya sebentar lagi juga harud ganti kartu atm BCA nih pak. Semoga tidak ada data yg nggak sama, biar agak cepat prosesnya.
    Pengalam pak Bams mengungatkan utk mempersuapkan tanda tangan keren biar nggak kepikiran utk menggantinya saat udah banyak fans, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Harus bergegas. Soalnya katanya sampai 30 November 2021.
      Mulai sekarang saya bedakan, Mbak. Tanda tangan untuk urusan ini itu beda dengan tanda tangan untuk fans hahaha.

      Delete
  8. hahaha jadi kebayang kenapa dulu tiba2 beda tanda tangan.. pasti nih pas buat tanda tangan banyak pilihannya jd yg diinget malah pilihan kedua. benar atau benar Mas ? Tapi untung ya bisa diproses terus bisa ke mesin CS juga buat urus begini.. kecuali kalo beda ttd ya hehed

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. itu memang tanda tangan untuk fans Mbak. Dan baru ngeh beda hahaha. Makanya mulai sekarang saya bedakan.
      Iya, Alhamdulillah prosesnya cepat dan sangat membantu.

      Delete
  9. wah wah pengalamannya kok seru mas
    alhamdulillah masalah teratasi ya mas
    cs bya sangat membantu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Alhamdulillah, Mbak. Ini karena kru BCA sangat membantu. Jadi semua dipermudah.

      Delete
  10. hehehee tapi satpamnya oke punya dan ramah kan pak bams? hahaaha.
    Bener dehh aku dlu pernah kejadian beda ttd juga tapi ngga di bank,melainkan di absensi wkwkwkwkw. parah orang lagi buru2 jadi gitu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ramah banget, Kak. Dan semuanya ramah. Jadi kita sangat nyaman.
      Kalau di absensi, biasanya karena telat datang, Mbak hahaha.

      Delete
  11. wah pak bambang, aku jadi inget belum ganti kartu bca-ku wkwkwk. kemarin baru sempet ganti yang bni. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, segera ganti, Mbak.
      Makin cepat, makin baik. Takutnya pas dekat deadline, malah antre.

      Delete
  12. Saya mau bilang ya ampuun takut nggak enak. Haha. Alhamdulillah berarti di tempat saya udah lumayan canggih pelayanan BCA-nya Mas. Saya juga beberapa bulan lalu ganti kartu dari yang gesek menjadi chip. Jadi waktu itu saya datang ke kantor cabang pembantu terus langsung diarahkan ke mesin kartu oleh security. Tinggal letakkan kartu lama lalu keluarlah kartu baru. Saat itu aku masih bengong karena prosesnya cepat banget. Untung saja dibantu oleh security yang mengarahkan. Tak lebih dari semenit tadaaa...kartu baru udah di tangan kartu lama lansung ditelan mesin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bilang saja ya ampun, Mbak Lina hahaha.
      Sebenarnya di sini mesin CS Digital sudah ada, Mbak. Masalahnya, saya beda tanda tangan antara e-ktp dan data di rekening hahaha.

      Delete
  13. Kejadiannya sama dengan saya Mas Bambang, tapi saya bukan urusan Bank, saya urusan passport, gara-gara salah satu syaratnya ada ijazah, nah waktu itu ijazah master saya belum keluar, pakailah ijazah S1 eh ttdnya beda sama KTP wah njlimet kasusnya. Jangan-jangan nanti pas saya benerin kartu ke bank juga bakal ribet niy Mas. Rencana minggu depan mau ganti kartu pakai yang chip juga niy Mas, doakan mudah-mudahan ga ribet, sekalian mau aktifin juga yang mobilenya. Btw ngakak pas baca bagian Nabila ga pakai Syakieb atau JKT48 nya :)

    ReplyDelete
  14. Saya juga barusan ganti kartu ATM, Mas, karena yang lama tergores panjaaang sampai tidak bisa terbaca mesin.
    Cuepet pol gak sampe 15 menit, Mas. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Muna. Karena kalau tergores, otomatis ada yang terbutus. dan Alhamdulillah sekarang proses gantu kartu cepat.

      Delete
  15. Ya ampun pak, jangan dipakai buat ngorek upil. Ehhh gimana? Wkkwwk

    Btw aku suka takut kalau ke cs bank.
    Krn khawatir nggak sama ttd atau data. Padahal yo aku nggak nipu. Cuma ada rasa parno gitu. Hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu parno, Mbak. Soalnya benar, kita kan ga mau nipu atau gimana. Justru kalau ada beda data, kita perbaiki. Apalagi di bank kan, sejuk udaranya.. eh.. hahaha.

      Delete
  16. Aku dulu sempet kepo, kenapa kartu ATM aja digonta-ganti?
    Tenryata penjelasannya cukup masuk akal, plus gak ada biayanya kan yaa..
    Jadi ya, ganti berapa kalipun, oke lah..demi keamanan dan kenyamanan nasabah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ATM BCA saya sejak bikin 2010 sampai 2021 tidka pernah ganti memang, Mbak. Karena BCA kan, selama tidak rusak, ya aman. Tapi mungkin demi keamanan dan melindungi data nasabah, jadi diganti chip. Tapi kalau prosesnya mudah, kita pasti enjoy saja hehehe.

      Delete
  17. Saya juga sering hasil tanda tangan beda. Tapi sampai sekarang belum ada yang bermasalah. Selamat sore, terima kasih telah berbagi pengalaman.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.