} Pentingnya Membacakan Dongeng Kepada Anak Sebelum Tidur - Cerita Bambang Irwanto

Pentingnya Membacakan Dongeng Kepada Anak Sebelum Tidur

Pentingnya Membacakan Dongeng Kepada Anak Sebelum Tidur - Membaca dongeng menurut saya adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Membaca dongeng itu seru dan bisa dilakukan  di mana saja. Bisa di kamar, di bawah pohon rindang, di tepi sungai dan lainnya. Makanya, saya membaca dongeng sejak kecil sampai sekarang.

Desain Canva

Membaca dongeng sebelum tidur juga sangat menyenangkan bagi seorang anak. Baik anak yang masih dibacakan dongengnya oleh orang tua, ataupun anak yang sudah bisa membaca dongeng sendiri. Dan ini memang bertahap, ya. Saya sendiri waktu kecil, membaca sendiri dongeng sebelum tidur. Cukup satu dongeng saja.

Dan inilah yang membuat imajinasi saya berkembang. Jujur saja, saat tidur, saya sering bermimpi tentang dongeng yang baru saja saya baca. Bahkan saya seakan ikut sebagai salah satu di dalam dongeng itu.Misalnya nih, saya baru saja membaca dongeng Hansel dan Gretel. Nah, saya pernah bermimpi masuk ke dalam cerita itu. Saya menjadi teman mereka dan  menyelamatkan mereka dari nenek sihir. Endingnya, kami makan biskuit dari rumah biskuit nenek sihir itu.

Ilustrasi Tanti Amelia - Dongeng Prngantar Tidur Persahabatan


Dari situlah, imajinasi mendongeng saya. Sampai saat ini, Alhamdulillah imajinasi saya terus saya jaga dan terus berkembang. Dan akhirnya, jadi modal saya untuk terus menulis dongeng. Dari sekedar suka membaca dongeng, akhirnya bisa menulis dongeng sendiri, itu sesuatu buat saya hehehe.


Manfaat Membaca Dongeng Sebelum Tidur


Membaca dongeng tidak hanya sekedar membaca sebuah cerita. Tapi dari dongeng itu, selain menghibur, juga memberikan pesan moral bagi anak. Dan salah satu cara paling efektif menyampaikan sesuatu pada anak adalah lewat cerita, termasuk dongeng. Sehingga anak-anak tidak terkesan dinasihati ini dan itu. Lalu karena pesan disampaikan lewat cerita, anak merasa tidak digurui, dan pesan bisa cepat tersampaikan kepada anak.

Ilustrasi Tanti Amelia - Dongeng Prngantar Tidur Persahabatan


Membaca dongeng sebelum tidur, juga akan menghadirkan perasaan nyaman sebelum tidur kepada anak. Ini saya rasakan. Selesai membaca dongeng, mata saya sudah mengantuk, akhirnya proses tidur jadi cepat. Apalagi kalau mimpi indah seputar dongeng, pas bangun, saya jadi gembira dan bersemangat.

Khusus buat orang tua yang membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur, maka akan menambah banyak nilai plus. Misalnya ikatan antara orang tua dan anak akan semakin dekat. Apalagi bila di hari kerja, intensitas pertemuan antara anak dan orang tua agak sedikit. Anak juga anak merasa nyaman menjelang tidur. Karena membaca dongeng ini masuk dalam mengeloni anak. Ada rasa diperhatikan, dan kasih sayang.


Kenapa Harus Dongeng yang Dibaca Sebelum Tidur?

Dongeng itu, cerita yang tidak harus terjadi di dunia nyata. Makanya tokohnya beragam. Mulai dari Putri, kurcaci Peri, flora fauna, bahkan sampai benda mati. Settingnya pun beragam dan imajinasi. Anggapannya,apa yang nanti dibaca anak dalam dongeng itu, belum pernah mereka alami.

Ilustrasi Tanti Amelia - Dongeng Prngantar Tidur Persahabatan

Kalau cerpen atau cerita realis atau cerita sehari-hari, mungkin saja mereka sudah mengalami. Jadi saat dibacakan sebuah cerpen yang mirip dengan cerita mereka, anak-anak tidak suprais lagi. Apalagi kalau dalam cerita ada kejadian tak menyenangkan. Suasana ridur jadi kurang menyenangkan

Jadi dongeng memang paling pas dibacakan  atau dibaca anak menjelang tidur. Apalagi pada usia anak, proses imajiansi itu sangat bagus untuk berkembang. Makanya saya pribadi belum menemukan buku misalnya berjudul kumpulan cerpen anak sebelun tidur.

Kenapa harus kumpulan dongeng? Karena walau dalam satu buku banyak dongeng, tapi dongengnya tidak panjang. Jadi bisa dibaca dalam sekali waktu. Anak-anak pun bisa selesai membaca satu dongeng sebelum tidur.

Kalau dalam satu buku hanya ada 1 dongeng panjang, maka membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan ceritanya. Bisa saja karena penasaran, anak-anak memaksa untuk terus membaca dalam keadaan sudah mengantuk. Akhirnya tujuan membaca dongeng sebelum tidur, tidak akan tercapai.

Buku kumpulan Dongeng Pengantar Tidur

Sejak dulu, buku kumpulan dongeng itu sudah ada. Hanya memang lebih banyak buku terjemahan. Saya pun terinpirasi menulsis dongeng dari penulis-penulis luar. Misalnya kumpulan dongeng Hans Christian Andersen atau Grimm bersaudara.

Namun seiring waktu, penulis-penulis cerita anak mulai menulis dongeng. Hadirnya majalah anak Indonesia seperti Bobo, membuka peluang penulis cerita anak untuk menampilkan dongengnya. Saya pun banyak terinspirasi dari penulis cerita anak. Misalnya Ibu Widya Suwarna, Ibu Lena D, atau Ibu Kemala P. Dongeng-dongeng mereka sangat indah.

Namun saat ini, kumpulan dongeng yang ditulis oleh penulis Indonesia pun sudah sangat banyak. Salah satunya buku Seri Pengantar Tidur yang akan segera terbit 27 Mei 2019 ini. Seri ini terdiri dari 3 judul buku dengan tema berbeda, yaitu tema bunga, tema Kasih Sayang dan tema Persahabatan.







Buku bertema Bunga dan Kasih Sayang ditulis oleh Mbak Renny Yaniar. Sedangkan buku bertema persahabatan ditulis oleh saya bersama 23 teman penulis lainnya. Ceritanya sangat beragam. Tokohnya pun komplit. Mulai dari orang, pangeran, putri, penyihir, raksasa dan lainnya.

Harga buku Seri Pengantar Tidur ini adalah 88 ribu perjudul. Semua cerita diilustrasi oleh Mbak Tanti Amelia. Spesialnya, ilustrasi Mbak Tanti ini dikerjakan secara manual. Jadi beda dan berkarakter. Kehadiran seri ini, diharapkan bisa menambah cerita dongeng untuk anak menjelang tidur.

Nah, demikan Pentingnya Membacakan Dongeng Kepada Anak Sebelum Tidur. Semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat membaca dongeng....

Bambang Irwanto



Subscribe to receive free email updates:

38 Responses to "Pentingnya Membacakan Dongeng Kepada Anak Sebelum Tidur"

  1. Wah, ilustrasinya Mak Tanti, bagus ya. Iya sih, sekarang mulai memudar ya untuk mendongeng sebelum tidur. Saya pernah mendongengkan ke keponakan sebelum pada tidur. Antusias dan banyak bertanya sih, tapi bagus untuk mengasah cara berpikirinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Titis.
      Mbak Tanti itu multi talent.
      Dan kalau anak banyak bertanya saat dibacakan dongeng justru bagus, Mbak.
      Artinya dia merespon dongeng yang dibacakan atau dibaca sendiri.

      Delete
  2. Setuju mas Bambang, membacakan dongeng buat anak sangat penting dan banyak manfaatnya, salah satunya bonding antara anak dan orang tua akan tercipta, dan itu akan terbawa hingga ia dewasa nanti.

    Wah ada mba Tanti Amelia nih ternyata bukan hanya jago Doodle ya tapi keren sudah berhitung buku cerita dongeng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Teddy. Ikatan antara orang tua dan anak anak terus terjaga ya, Mbak.
      Dan Mbak Tanti itu juga bisa menulis cerita anak, Mas.
      Di buku ini pun, ada cerita Mbak Tanti hehehe.

      Delete
  3. sampai skr, si bungsu masih minta dibacakan dongeng sebelum tidur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah keren itu, Mbak Inna. Insya Allah imajinasi akan berkembang, dan bagus untuk tumbuh kembangnya.

      Delete
  4. yes, setiap sebelum tidur saya membiasakan baca cerita tuk si kecil, karena dulu ibu saya pun berbuat demikian meski beliau tidak paham benar manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena sudah sejak kecil merasakan dibacakan dongeng sebelum tidur, jadi sekarang diteruskan ke buah hatinya ya, Mbak.
      Dan nilai plusnya sekarangg, Mbak Lid tau manfaat membacakan dongeng sebelum tidur.

      Delete
  5. Tradisi mendongeng sudah mulai berkurang ya. Harus dibangkitkan lagi karena penting. Jangan terlena gadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Kak.
      Ini harus terus digalakkan, karena sangat bermanfaat untuk anak-anak.

      Delete
  6. saya termasuk yang bacain dongeng sebelum tidur pada anak saya sampai usianya 6 tahun ^_^ keren bukunya pa, semoga menjadi best seller

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, setelah 6 tahun, bisa membaca dongeng sendiri ya, Mbak.

      Aamiin, terima kasih doanya, Mbak.

      Delete
  7. Huaa Mak Tanti idolaque banget deh ilustrasinya selalu oke dan buat terkesima orang. Aku suka sama doodle hasil beliau juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Tanti itu multi talent, Mbak. Bisa juga menulis cerita anak. Di buku ini, ada cerita Mbak Tanti.
      Eh, nama belakangnya sama ya, Mbak Nia hehehe

      Delete
  8. dulu waktu anak masih balita sering baca dongeng, skrg anak dah pd gk mau, gimana resepnya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa diminta membaca sendiri, Mbak Sasya.
      Sodorkan dongeng penuh warna dengan ilustrasi yang indah.
      maka dari awalnya melihat gambar, jadi tertarik membaca ceritanya.

      Delete
  9. Mbak tanti memang bagus banget ilustrasinya. Saya jg setuju membaca dongeng sebelom tidur punya banyak bnget manfaat buat anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilustrasi Mbak Tanti memang bagus, Mbak.
      Soalnya dikerjakan manual. Makanya beda dengan lainnya.

      Delete
  10. Kalau membacakan kumpulan dongeng itu seakan-akan imajinasi kita itu ikut terbawa juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Mbak Fenni.
      Perasaan juga nyaman. Makanya saya sering mimpi seputar dongeng yang baru saya baca menjelang tidur hehehe.

      Delete
  11. Saya nembacakan Buku dobgeng, sejak anak2 dlm kandungan. Ketika usia 3 Dan 6 tahun, kedua anak Saya bergsntian saling Membacakan. Si kecil lebih tepatnya menceritakan karena isinya sdh hafal. Membacakan dongeng jadi modal awal anak2 ku suka buku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren sekali, Mbak Elisa.
      Jadi sudah ada ikatan kuat antara Ibu dan anak. Dan memang membuat anak gemar membaca adalah dengan menyodorkan buku-buku cerita yang dia sukai, Mbak.

      Delete
  12. Waktu anak-anak saya masih kecil, saya selalu membacakan dongeng sebelum tidur. Yang langsung saya rasakan itu bonding dengan mereka. Jadi berasa makin dekat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum sekali, Mbak Myra.
      Soalnya membacakan dongeng sebelum tidur pada anak, termasuk mengeloni anak juga ya, Mbak.
      Jadi menjelaang tidur, anak-anak merasa nyaman.

      Delete
  13. Harga buku kumpulan dongengnya sangat terjangkau. Selama ini kan kalau anak mau tidur cuma di nina bobok in doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harganya sesuai, Mas.
      Dengan cerita beragam dan ilustrasi memikat hehehe.

      Delete
  14. Saya yang sekarang adalah produk dongeng dari nenek saya yang jago bercerita. sampai saat ini dongeng dongeng yang diceritakan masih bisa saya ceritakan ulang kepada anak-anak. Makanya waktu anak-anak saya masih kecil, mereka pun banyak saya bacakan buku dongeng. Sayangnya saya membaca dari buku, tidak seperti nenek yang semua ceritanya langsung dari imajinasinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nenenknya keren sekali, Mbak Evi.
      Bisa sekali jadi penulis cerita anak. Imajinasi sangat bagus.
      Dan kalau memang Mbak Evi mau, bisa buat buku. Isinya dongeng nenek saya. Jadi Mbak Evi tinggal menceritakan kembali dalam bentuk buku, dongeng-dongeng nenek Mbak Evi itu.

      Delete
  15. Anak balita saya paling betah kalau dibacakan dongeng, bisa lama menyimak dan selalu tertarik meskipun sering mengulang cerita yang sama. Banyak pelajaran etika dan sopan santun yang bisa disisipkan ke dalam cerita-cerita tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu sudah bagus, Mas. Jadi sudah mulai ada rangsangan dari mendengarkan cerita. Dan memang dalam cerita anak, salah satu poinnya ada pesan moral atau ada sesuatu yang bisa dipetik anak-anak dalam cerita yang dibacakan atau dibaca sendiri.

      Delete
  16. Bener juga ya, apa mungkin karena dulu suka banget baca dongeng jadi imajinasinya kerap kali cukup tinggi. semoga budaya mendongeng masih banyak diberlakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Siti, dan membacakan dongeng pada anak, sampai dia bisa membaca sendiri, bagus buat motorik mereka. Jadi memang budaya mendongeng atau membaca termasuk mendongeng harus terus digalakkan.

      Delete
  17. Bagus banget ilustrasinya Mba Tanti Amelia. Multitalenta juga ya dia. Saya juga sesekali membacakan cerita sebelum tidur ke anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Leyla. Bahkan Mbak Tanti juga jago menulis cerita anak. Di buku kumdong ini, ada cerita Mbak Tanti juga.

      Delete
  18. dulu aku rajin banget ngedongengin ponakanku sebelum tidur, apalagi ada ponakan yang seneng berimajinasi jadi seneng aja kl dongengin, ekspresi dia menyimak betul sambil ngayal haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini keren, Mbak Farhati.
      Dan karena sering didongengkan sebelum tidur, maka imajinasinya berkembang dengan luas.

      Delete
  19. Masya Allah,t teman tercinta ternyata mengapresiasi juga ilustrasinya! Terharu banget.. terimakasiiiiih mas Baim dan teman teman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Tanti.
      Ayo, terus semangat menggambar dan juga menulis cerita, Mbak Tanti.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.