} Modal Utama Bisnis Online Syariah - Cerita Bambang Irwanto

Modal Utama Bisnis Online Syariah

Modal utama bisnis online syariah - Tidak bisa dipungkiri, zaman now hampir semua aktivitas saya berhubungan dengan internet. Mulai dari komunikasi, mencari informasi, kelas menulis, sampai belanja online. Dengan dukungan internet, semua aktivitas saya itu berjalan cepat, lancar dan menyenangkan.

Hal ini, tentu saja mendorong saya untuk lebih memanfaatkan fasilitas yang ada. Pastinya, kehadiran internet, akan membuka peluang lainnya bagi saya. Apalagi, selain menulis dan menjadi blogger, tentunya saya ingin mencari tambahan penghasilan lainnya. 

Setelah mengulik peluang apa yang cocok bagi saya, akhirnya saya menemukan peluang bisnis online. Berjualan sesuatu yang bisa saya kerjakan sambil tetap bisa menulis cerita dan ngeblog. Dan saya inginnya bisnis online syariah. Seperti berdagang Rasulullah. Biar apa yang saya kerjakan menjadi bisnis halal dan berkah.



Tapi sebelum memulai bisnis syariah pastinya saya harus belajar banyak dulu, dan tahu seluk beluk bisnis online apa yang akan saya jalani. Dan setelah saya browsing mencari info, juga bertanya pada teman, ternyata bisnis online yang paling bagus dilakukan adalah bersumber dari hobi sendiri.

Kenapa? Karena hobi itu adalah suatu aktivitas yang kita sukai, dan dijalankan dengan senang hati. Jadi kalau bisnis online yang saya jual sesuai hobi yang saya sukai, maka akan enjoy dan senang hati menjalankannya. Dan memang sudah saya buktikan. Awalnya saya itu hobi menulis. Karena saya menjalani dengan senang hati, maka hasilnya bisa maksimal.


Makanya, saya mencari lagi hobi saya lainnya. Dan ternyata... seputar makanan hahaha. Saya suka memasak dan suka ngemil. Jadi saya bisa mencoba menjual makanan sesuai resep keluarga saya. Misalnya sambal goreng tempe, sambal goreng ati, atau rendang. Sedangkan untuk cemilannya, saya membidik lanting, cemilan khas Kebumen.


Sip, produk sudah didapat, saatnya saya belajar dulu soal bisnis online yang syariah. Saya pun browsing lagi, tanya sana-sinii, sambul mempersiapkan hal-hal lain. 

Dan inilah  modal utama bisnis online syariah :

* Jujur


Pertama itu, saya harus tekankan kejujuran dalam diri saya, yang nantinya harus saya terapkan saat bisnis online. Ini yang paling utama. Soalnya orang jujur, disukai orang, dan banyak rezeki hehehe.
Makanya, nanti saya harus jujur dengan apa yang saya jual. Soalnya orang yang baru pertama kali membeli, pasti tidak tahu pasti apa yang saya jual. Ibaratnya, membeli kucing dalam karung. Tidak boleh ada tipu menipu. Selain merugikan pembeli, tentu saja saya akan kena imbasnya. Segala sesuau yang kita lakukan, pastinya kita akan mendapatkan balasannya.

Makanya saya terus menanamkan hal itu pada diri saya. Mulai dari harga yang sesuai, bahan makanan yang saya pakai, sampai timbangan. Pokoknya semua harus jujur. Apalagi prinsip berdagang kan suka sama suka. Jadi tidak boleh ada yang dirugikan.


* Amanah


Selanjutnya, saya harus bisa dipercaya. Dan memang, dalam bisnis online, harus ada saling kepercayaan antara penjual dan pembeli. Pembeli pencaya pada saya, setelah transfer, akan segera mengirimkan pesanannya. Bisa dipercaya kalau pengiriman sesuai jadwal. Bisa dipercaya kalau barang yang diterima sesuai dengan yang dipromosikan atau ditawarkan.

Soalnya ini jadi modal penting juga. Sebuah bisnis online kalau sudah tidak amanah, maka akan ditinggal pembelinya. Tapi sebaliknya, kalau kita dipercaya, maka konsumen tanpa diminta akan promo ke teman-temannya juga.


* Halal


Nah, ini termasuk poin penting juga. Namanya usaha saya berkaitan dengan makanan, maka bahan yang saya gunakan harus halal juga. Termasuk cemilan yang saya beli harus ada label halal MUI.
Makanya saya sangat memperhatikan hal ini. Makanya, nanti sebisa mungkin, saya sendiri yang ke pasar dan memilih bahan-bahannya. Jadi saya berusaha memberikan yang terbaik bagi pelanggan bia bisnis saya halal dan berkah.

O. iya. Selain bisnis online yang bisa kita kita ciptakan sendiri, teman-teman bisa juga mengikuti Bisnis Online Syariah. Misalnya ikut  K-Link Indonesia yang merupakan contoh bisnis  syariah. Apalagi  K-Link merupakan bisnis MLM syariah pertama dan terbesar di Indonesia.
“Sejak 2002, K-link Indonesia menjadi salah satu pemain bisnis MLM Syariah yang diperhitungkan dan terbukti memberikan peluang bisnis usaha rumahan bagi ibu rumah tangga dan peluang usaha bisnis online terutama bagi  anak-anak muda yang memiliki ide bisnis kreatif


Teman-teman yang tertarik bergabung bersama K-Link Indonesia, bisa bergabung menjadi member. Banyak sekali keuntungan yang teman-teman dapat bila sudah menjadi member bisnis online terpercaya ini  Salah satu keuntungan menjadi member, adalah mendapatkan keuntungan diskon belanja produk senilai 20 persen,  dan mengembangkan jaringan jika serius ingin menjalani bisnis MLM syariah dan menikmati fasilitas Coworking Space, Dynamic Youth Lounge, K-Link Tower Jakarta serta Rumah Cantik K-Link di sejumlah daerah.



O, iya. Bisnis MLM syariah K-Link ini terbuka untuk semua orang, ya. Jadi bukan muslim saja. Jadi  makna syariah yang diterapkan oleh K-Link ini bersifat umum, dan bisa diterapkan oleh siapa saja. K-Link menitik beratkan cara berbisnis yang berkemanusian, seperti mengandung azas keadilan, kenyamanan dan ketenangan bagi semua pihak yang terlibat seperti distributor, penjual dan pembeli. Dijamin tidak ada tipu menipu, apalagi memperalat demi meraup keuntungan. Sangat keren, kan...

Nah, itu tadi yang akan saya terapkan dalam bisnis online syariah. Teman-teman bisa juga kok. Bahkan bisa menjalani kedua-duanya. Jadi tinggal semangat melakukannya. Agar hasilnya berkah. Aamiin.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Modal Utama Bisnis Online Syariah"

  1. Bisnis Online Syariah sedang marak ya, bisa dicoba nih sbg side job..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Rita.
      Jadi kita harus memanfaatkan peluang yang ada, Mbak.

      Delete
  2. Bisnis online syariah lagi banyak diminatin bisa di jadikan job kayak kami mahasiswa ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Faizah.
      Termasuk bisnis online syariah yang targetnya anak-anak muda yang kreatif.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.