} Serunya Kursus Online Gratis Seputar Bisnis Kopi - Bambang Irwanto Ripto

Serunya Kursus Online Gratis Seputar Bisnis Kopi

Walau masih masa pandemi, Alhamdulillah masih ada yang dipermudah, ya. Contohnya saja kursus online gratis yang kemarin saya ikuti. Walau singkat, tapi semua materinya padat. Bayangkan dalam waktu kurang 60 menit saja, saya sudah paham.

kursus online gratis yang seru
Serunya Kursus Online Gratis

Jadi ceritanya begini, teman-teman. Sebagai penulis freelance, saya memang sudah belasan tahun menggantungkan hidup saya dari menulis. Sampai beberapa hari kemarin kepikiran hendak mencoba usaha baru juga. Pastinya, sebelum memulai usaha baru, saya harus menambah skil juga, sesuai usaha yang akan saya geluti nanti. Makanya saya coba cari-cari kursus online gratis dulu.

Sampai akhirnya tidak sengaja saya chat dengan seorang teman. Soalnya ikut kursus atau pelatihan offline di tengah pandemi begini kan, tidak mungkin. Bisanya memang kursus online saja. Lalu teman saya menyarankan coba saya mampir ke QuBisa.

qubisa kursus online indonesia
Segala Kursus Ada di QuBisa

Siap...! Saya pun langsung meluncur ke QuBisa. Dan Voila.. ternyata di sana banyak sekali kursus online Indonesia. Bahkan webinar Indonesia juga banyak, baik yang berbayar maupun gratis. 

Nah, saya pun tertarik untuk mencoba dulu kursus online gratis. Dan pilihan saya adalah Peluang Bisnis Kopi. Soalnya saya penasaran dengan bisnis kopi yang terus menjamur di Indonesia. Let's go.. saatnya belajar pengembangan diri di QuBisa


Persiapan Ikut Kursus Online Gratis Bisnis Kopi

Sebelum mengikuti kursus online Peluang Bisnis Kopi ini, saya daftar dulu, karena kebetulan saya belum punya akun di Qubisa. Cara daftarnya mudah kok, hanya tinggal isi data diri saja. Setelah itu, siap mengikuti pelatihan online gratis ini.

ini dia isian saat daftar di qubisa
Sebelum ikut Kursus Online Gratis, login atau daftar Dulu

Selanjutnya ada pre-test seputar kopi. Walau hanya 5 soal, tapi alamak.. bikin kepala saya pening hahaha. Soalnya jujur saja, selama ini saya memang bukan penikmat atau pecinta kopi. Makanya soal sejarah kopi masuk ke Indonesia, jenis kopi, sampai penulis buku kopi gayo Aceh pun, saya tidak tahu. Al hasil saya mengandalkan google. 

Dan.. setelah hasilnya keluar, dari 5 soal, saya hanya benar 3 saja. Dengan nilai 6. Kasihan deh, saya hahaha. Kalau nilai sekolah nih, dijamin harus mengulang.


Menonton Video Materi

Setelah pre-test, selanjutnya saya masuk tahapan menonton video seputar bisnis kopi ini. Nah, ada 5 video singkat yang menjadi materi saya, disampaikan oleh salah seorang yang sudah memiliki banyak kedai kopi. Nah, berikut urutan videonya :

5 video materi pelajaran bisnis kopi di qubisa
Saatnya Nonton Video Materinya



1. Sejarah Kopi Indonesia

Video pertama yang wajib ditonton pembahasannya mengenai sejarah kopi di Indonesia. Tapi sebelumnya dijelaskan dulu, dua alasan utama, kenapa bisnis kopi itu ada dan akhirnya menjamur di Indoensia. Pastinya ini juga dipengaruhi oleh sejarah panjang kopi di Indonesia.

awalnya kopi masuk kke Indonesia
Video 1 : Sejarah Kopi di Indonesia


Kopi Banyak Manfaat

Alasan pertama kenapa harus bisnis kopi adalah minum kopi itu minuman yang menyehatkan dan  banyak manfaatnya. Walaupun banyak orang yang mengatakan minum kopi itu tak baik. Dan nyatanya, selain melancarkan darah, minum kopi juga bisa mencegah kanker, mencegah diabet, dan mencegah parkinson. Bahkan, bagi para perempuan, minum kopi bisa menghaluskan kulit. Jadi sudah tak zaman lagi menggoda, eh jangan kebanyakan minum kopi, nanti kulitmu hitam hahaha.

Tapi... semua manfaat kopi akan didapat, bila minum kopi sesuai syarat dan ketentuan, ya. Dan apa itu syaratnya? Minum kopi jangan pakai gula, karena gula itulahnya yang membuat penyakit. Minum kopi boleh boleh pakai susu atau krim. Bahkan lebih bagus minum kopi pahit saja.


Kopi Budaya Asli Nusantara

Alasan kedua, kenapa bisnis kopi adalah, karena kopi minum kopi itu budaya asli nusantara Indonesia. Walaupun ada sejarah yang menceritakan biji kopi itu pertama kali dibawa oleh orang Belanda bernama Adrian Van Ommen, lalu ditanam di sebuah daerah yang sekarang menjadi dearah Pondok Kopi Jakarta timur. 

Namun dalam sebuah buku berjudul, Gayo Masyarat dan Kebudayaanya yang ditulis oleh C. Snouck Hurgronc, kopi itu sudah ada di Indonesia, jauh sebelum Belanda datang. Di mana masyarakat Aceh tampak menyeduh kopi, dan sampai saat ini jadi tradisi.

Hanya memang, kita tidak bisa menyebut ini lho kopi Indonesia, seperti negera lainnya. Misalnya kopi Brasil. Karena Indonesia punya beragam jenis kopi dari berbagai daerah. Kemudian cara penyeduhannya berbeda-beda. Mulai dari kopi tarik aceh, kopi kawah, kopi joss, dan lainnya.


2. Memulai Bisnis Kopi

Video kedua yang saya tonton membahas, berapa modal yang dibutuhkan dalam membuka sebuah kedai kopi? Jika teman-teman bertanya seperti itu, maka malah akan ditanya balik, Anda punya uang berapa untuk membuka kedai kopi?

modal berapa saja bisa mulai bisnis kopi
Mumulai Bisnis Kopi Bisa Disesuikan Modalnya

Karena membuka kedai kopi rentang harganya sangat luas, mulai dari yang sangat murah sampai bajet yang sangat tinggi.  Jadi tidak ada alasan buka kedai kopi karena belum ada modal. Karena modal dari yang paling murah pun bisa jalan. Uang 500 ribu bisa jualan kopi. Punya uang 1 juta bisa jualan kopi. Kalau punya 200 juta, lebih bagus lagi.

Dari video ketdua yang saya tonton, dijelaskan ada beberapa tahapan untuk memulai bisnis kopi. Dan ini teman-teman bisa terapkan dari tahapan awal dengan modal kecil, sampai tahapan berikutnya dengan modal yang besar.


Goes Resto

Goes Resto adalah restoran tapi tidak ada fisiknya. Dan ini bisa diterapkan tahapan awal bisnis kopi. Tidak perlu pasang plang atau bannner depan rumah. Teman-teman tinggal memproduksi kopi di rumah, lalu promosi secara online di media sosial.

Dan ternyata, peluangnya cukup tinggi kok, tergantung dari seberapa banyak teman-teman mampu menjual cup kopi. Misalnya mampu menjual 50 cup saja sehari. Labanya bisa dapat 6 juta per bulan. Kalau bisa lebih dari 50 cup, pastinya lebih besar lagi.

Modal yang dibutuhkan untuk membangun Goes Resto ini juga masih terjangkau. Pastinya harus disiapkan kulkas, cup sealer, dan bahan baku. Untuk kulkas, teman-teman bisa memanfaatkan kulkas yang ada di rumah saja. Untuk cup sealer bisa beli manual yang harganya dari 500 – 700 ribu, atau mau yang otomatis dari 1,5 juta sampai 2,5 juta. Sementara bahan bakunya juga tidak mahal. Hanya kopi konsentrat, susu, kremmer, batu es. Dengan modal 1 juta, teman-teman bisa mulai Goes Resto bisnis kopi.


Angkringan Kopi

Dari Goes Resto, teman-teman bisa pindah ke tahapan berikutnya yaitu angkringan kopi. Bisa dimanfaatkan teras rumah untuk tempat berjualan. Palingan, teman-teman tinggal membeli penggiling kopi yang kisaran harganya dari 500 ribu sampai 3 juta. Terus siapkan teko leher angsa yang kisaran harganya 100-300 ribu.

Dengan pindah ke tahapan ini, teman-teman pun bisa menambah menu baru, pastinya dengan mempertahankan menu-menu saat Goes Resto juga.  Dengan penambahan menu, lalu orderan secara online dan offiline, maka pemasukan akan bertambah juga.


Kedai atau Resto kopi

Tahapan ketiga adalah membuka kedai atau resto kopi. Dengan tempat dan peralatan yang mulai lengkap, teman-teman bisa menambah menu kopi lainnya. Seperti kopi late dan esspresso. Tinggal membeli alat kopi yang manual saja, namun bisa menyajikan menu kopi selengkap yang otomatis. Modalnya sekitar 20-50 juta. 


3. Peluang Bisnis kopi

Video ketiga yang saya tonton adalah sharing tentang peluang bisnis kopi di Indonesia. Apakah masih menjanjikan? Apalagi di tengah pandemi seperti ini. Dan ternyata jawabannya... masih sangat bagus peluangnya.

peluang bisnis kopi masih sangat beras
Peluang Bisnis Kopi Masih menjanjikan

Alasannya adalah, biji kopi Indonesia sangat melimpah. Dalam setahun, biji kopi yang dipanen tu mencapai 680 ribu ton. Biji kopi yang diekspor itu, hanya sekitar 400 ribuan ton. Pasar lokal itu hanya bisa menyerap 5 persen saja. Sisanya dieksplor. 

Faktanya, Petani kopi Indonesia, lebih suka menjual kopi di pasar lokal, karena yang diekspor itu adalah kopi kualitas rendah dengan harga yang murah. Kalau wilayah lokal, orang ingin kopi kualitas bagus, makanya berani membeli dengan harga tinggi.

Peluang usaha kedai kopi indonesia masih terbuka. Walau menjamur menu kekinian yang waktunya hanya sebentar, tapi pondasinya kuat. Asal mampu mengolah menu-menu baru. Jadi walau menu kekinian hilang, tetap pondasinya ada. Bisa jual kopi hitam, kopi tubruk dan lain-lainnya


4. Tips dan Trik Bisnis Kopi

Lanjut video ke empat, Syarat utama masuk ke bisnis kopi adalah.... MODAL, bukaaaaan.. tapi syarat utamanya adalah kenali dulu kopi, belajar minum kopi, tahu jenis kopi yang kita minum. Pelajari lebih mendalam  2 jenis kopi Indonesia, yaitu Arabika dan Robusta.

tips-tips seputar bisnis kopi
Video 4 yang Membahas Tips dan Trik Bisnis Kopi

Robusta ditanam di daratan rendah dan lebih pahit. Ini karena kopi Robusta tidak mempunyai asam. Makanya Robusta cocok digunaka espresso atau kopi-kopi yang pahit atau campuran kopi susu. Bisa juga tambahkan gula aren

Arabika ditanam di daratan tinggi, karakternya lebih asam dan kaya cita rasa ada rasa buah, manis-manis cokelatnya, tergantung bagaimana kita mengolahnya.

di video ini juga, diperkenalkan Roasting atau proses kopi disangrai. Dan roasting ini ada beberapa level lho.


Light Roast

Proses ini adalah sangrai yang tidak terlalu lama. Makanya warna biji kopi masih cokel;at cerah. Tingkat asamnya juga masih tinggi. bahkan tidak terdapat minyak pada proses ini.

Medium Roast

Medium Roast berwarna cokelat tapi masih memeprtahanakan rasa dari panennya. Masih ada asam, herbal masih terasa rasa buah

Dark Roast

Dark Roast ini proses sangrai agak lama. Makanya  biji kopi gosong, mengkilap, dan keluar minyaknya.. Karakter asli kopinya hilang. Jadi hanya pahit saja.


5. Kompenen Penting Marketing Bisnis Kopi

Yang tidak kalah penting dalam bisnis kopi ini adalah marketing. Makanya di video ke lima dibahas, seberapa besar kita menjual? Berapa omsetnya? Bagaimana kita melakukan teknik promosi? Dan semua itu merupakan 1 komponen.

penting mempelajari kompenen penting bisnis kopi
Perlu nih, Mempelajari Komponen Penting Bisnis Kopi

Kalau dulu, orang ingin berjualan, hal penting itu adalah.. lokasinya yang strategis. Tapi sekarang, fokus pada promosinya. Makanya minimal update status 3X sehari. Kita berusaha bukan hanya mendatangkan orang saja, tapi bagaimana orang mau datang lagi. Jadi konsepnya rencanakan dengan matang

Cara lain adalah ajak teman datang ke kedai kopi kita. Sehari 1 teman saja. Ajak ngobrol sambil menikmati menu kopi yang ada. Nah Besok teman itu datang lagi dengan membawa 1 teman. Akhirnya efeknya besar. Pastinya, sambil terus promosi di media sosial.

Tapi paling penting, jangan lupakan konsep juga. Tentukan juga market pasarnya. Misalnya membuka kedai kopi bernuansa tahun 70 atau 80. Maka target pasarnya usia 40-65 tahun. Seru kan, sambil ngopi menikmati lagu-lagu lawas.

Terus buat menunjang, jangan lupa daftarkan kedai kopi kita di goggle map. Selain itu daftarkan juga di Go food atau Grab food.


Serunya Kursus Online di QuBisa

Dari kursus online gratis seputar bisnis ini, walau singkat, saya senang sekali. Dalam waktu sebentar saja, pengetahuan seputar kopi, juga seputar bisnis kopi jadi bertambah. Materi videonya mudah dipahami. Buktinya, setelah pelatihan singkat, pas tes akhir, nilai saya sudah 100. Horeee...


Jadi buat teman-teman,, bisa sekali nih, segera meluncur untuk belajar pengembangan diri di QuBisa. Soalnya banyak sekali keuntungan yang teman-teman dapatkan dari kursus online Indoensia ini. Mau webinar gratis pengembangan karir juga ada. Pokoknya komplit di QuBisa.

qubisa pelatihan online gratis
QuBisa.. Aku Bisa Kamu Bisa

1. Banyak Kategori Kursus

Di QuBisa, sangat banyak ketegori kursus yang bisa teman-teman pilih. Mulai dari seputar bisnis dan keuangan, sampai dengan kursus online personal development. Kerennya lagi, selain berbayar, ada juga yang gratis.

banyak pilihan kategori di qubisa
Banyak Pilihan Kategori di QuBisa

Makanya, setelah ini, saya akan mencoba kursus-kursus lainnya di QuBisa. Mulai dari bisnis, keuangan dan akutansi, Human Resouce, IT dan software, IT Development, Gaya Hidup dan Kesehatan, Persenol Development, Sales dan Marketing, juga Tesching dan Academics.

Terus dari ketegori ini, dispesifikasikan lagi, lho. Misalnya kategori Sales & Marketing itu spesifikasinya ada All Sales & Marketing, Digital Marketing, Product Marketing. Atau kategori Tesching dan Academics. Ada All Teaching & Academics, Geography, History, Language.


2. Banyak Webinar yang Bisa Diikuti

Selain kursus online gratis, di QuBisa juga banyak juga Webinar Indonesia, baik yang berbayar maupun gratis yang bisa teman-teman ikuti sepanjang bulan Februari 2021 ini yang bisa diikuti siapa saja. Pastinya yang akan semakin menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman Jadi jangan ketinggalan, ya. Sstt.. webinar gratis pengembangan karir jelas jangan sampai teman-teman lewatkan juga.

webinar indonesia di qubisa
Banyak Pilihan Webinar di QuBisa

3. Hal-Hal Keren di QuBisa

3 hal keren di bawah ini, membuat saya makin jatuh hati pada QuBisa. Akhirnya, saya ingin terus ikut kursus lain, termasuk kursus online personal development.

3 hal keren di qubisa
Yang Keren di QuBisa


Materi Keren

Hal pertama yang keren dari QuBisa adalah materi yang disajikan itu ringan, padat, tapi mudah dipahami. Itu yang saya rasakan saat mengikuti kursus online gratis Seputar Bisnis Kopi. Saya yang sangat awam, langsung paham dan mengerti.

Akses Seumur Hidup

Hal keren lainnya adalah, akses belajar di QuBisa itu seumur hidup. Jadi setelah selesai kursus seputar kopi, saya bisa masuk lagi nih, kapan saja. Akhirnya bila ada yang kemarin belum begitu paham, bisa ditonton lagi videonya. 

Mudah Diakses

QuBisa itu bisa diakses dengan mudah secara website atau mobile. Baik memakai laptop ataupun smartphone. Jadi saya tidak harus selamanya duduk tampan rupawan depan laptop hahaha. Sambil baring-baring manjah juga bisa hehehe.

Bersertifikat

Saat selesai mengikuti kursus di QuBisa, teman-teman akan mendapatkan sertifikat. Pastinya dong, bisa digunakan sesuai kebutuhan, terutama melamar pekerjaan. Dengan adanya sertifikat, berarti sudah mendapat mengakuan sudah menyelesaiakan kursus online personal development di QuBisa.


Makanya, teman-teman harus memanfaat kesempatan bagus ini. teman-teman bisa belajar pegambangan diri di QuBisa. Manfaatkan webinar Indonesia dan kursus online Indonesia. Tidak ada kata terlambat, asal terus semangat. 

Nah, itu dia cerita seputar serunya kursus online gratis seputar bisnis kopi. Semoga bermanfaat, dan membuat teman-teman juga semangat ikutan kursus QuBisa.. Aku Bisa, Kamu Bisa. Semangat semuanya.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

48 Responses to "Serunya Kursus Online Gratis Seputar Bisnis Kopi"

  1. Lengkap juga ya materi bisnis kopi dari QuBisa, boleh nih jadi rekomendasi untuk belajar bikin usaha dari rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lengkap, Mbak. Makanya wajib dicoba. Ulasannya walau singkat tapi daging semua, akhirnya tambah ilmu seputar kopi dan bisnisnya.

      Delete
    2. Okee mas bambang, menarik sih apalagi bisa diakses seumur hidup pokoknya materi bisa diulang sampe bisa

      Delete
  2. Sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di dunia, bisnis kopi memang menjanjikan ya mas. Tapi emang mesti banyak belajar karena jenis kopi saja begitu banyak, belum lagi cara membuat dan penyajiannya yang berbeda-beda. nah, Kursus Online ini bisa jadi solusi banget apalagi dimasa pandemi begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Dyah. biji kopinya sudah juara, tinggal inovasi penyajian saja, dan semangat jualan. Makanya bisnis kopi terus menjamur.

      Delete
  3. Bisnis kopi emang lagi enjamur banget karena prospeknya emang sesuai dengan budaya orang Indonesia yang suka minum kopi ya pak. Dan diajarkan tips trik nya ini jadi memudahkan peserta yang berniat bikin bisnis kopi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Dan Aceh merupakan salah satu tempat dengan biji kopi terbaik, ditambah tradisi masyarakatnya minum kopi.
      Insya Allah niat, Mbak. Ini mau dipelajari dulu semua, sambil menyiapkan modalnya juga.

      Delete
    2. Emang niat mau bisnis warung kopi pak. ditambah rumah roasting kopi jadi pengunjung bisa sambil belajar dan lihat prosesnya. Semoga bisa kesampaian. Soalnya emang berpotensi banget biji kopi di Aceh juara.

      Delete
    3. Rencananya emang gitu sih pak. bikin warung kopi sekaligus rumah roasting kopi gitu. Jadi pengunjung bisa belajar langsung sambil lihat prosesnya. Semoga kesampaian. Soalnya sayang banget kalau nggak dimaksimalkan. komoditi kopi di Aceh juara banget..

      Delete
  4. Ya ampun menarik banget mas Bam. Lengkap banget bahasannya. Kalau aku ditanya soal yang tadi tanpa liat google kayaknya nilai ku 0 deh..haha.
    Aku meluncur ke QuBisa ini. Tadi ada kursus seputar digital marketing ya? Aku mau cobain ah soalnya tahun ini aku tiba2 ditempatin di bagian digital marketing padahal background aku desain mesin wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lengkap kursusnya, Mbak Afifah. bahkan webinar gratis juga banyak. Ayo.. segera meluncur, Mbak.

      Delete
  5. Aku jadi penasaran juga mas Bambang, pingin tau ada kursus apa aja di QuBisa, siapa tau ada yang sesuai dengan minat nih.
    Sama dong sebenarnya bukan pencinta kopi banget, paling buat fun aja itu aja bukan kopi pahit yang aku suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, segera meluncur, Mbak Lidya. Karena kursusnya sangat lengkap. Jadi tinggal dipilih sesuai minat.
      Nah, saya orang suka penasaran, Mbak. Makanya karena dulu tidak paham seputar kopi, makanya pemgin tahu dan belajar.

      Delete
    2. Jadi bisa belajar berbagai hal baru ya dari berbagai kursus yang diadakan di Qubisa. Sekalipun bukan bidang keahlian kita.

      Delete
    3. Banyak Mbak Lidya
      Bahkan ada yang gratisan dan aku sudah mencobanya
      Ilmunya top pokoknya

      Delete
  6. Wah keren banget nih Pak Bam, Qubisa.. Kursus onlinenya beda dari yang lain ya, macemnya juga lebih banyak yaaa.. Jadi penasaran, langsung cuss mampir ke webnya aaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung meluncur, Mbak Adriana. Beragam kursus dan webinar bisa dipilih, Mbak.
      Bisa mulai dari yang gratis dulu hehehe.

      Delete
  7. belajar zaman now enak banget bisa pakai daring dan dapat ilmu yang cukup komplit. Mungkin kurangnya gabisa langsung cium-cium aroma kopi seperti kalau kursus offline ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak. Ttapi secara teori, sudah lebih tercerahkan. Jadi tinggal prakteknya saja. Apalagi bisnis kopi bisa dimulai dari modal yang kecil dulu.

      Delete
  8. Menarik banget. Makin penasaran dengan Qubisa ini. Materi tentang bisnis kopi aja bisa dibedah sedemikian komplit mas...

    Kayaknya siapapun ingin mempelajari sesuatu dari nol, semisal pengen belajar bisnis kopi tadi, pasti langsung termotivasi dan langsung paham apa yang harus dilakukan. Keren nih. Harus coba cari ilmu di Qubisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Iim. Di QuBisa kursus apa saja ada. Terus karena materinya bagus, kita yang mulai dari nol pun langsung paham, dan semakin tercerahkan.

      Delete
  9. Seru banget kursus tentang kopi ini ya. Tapi ngomong2 utk mulai bisnis kopi (buka kafe yg sederhana) butuh modal berapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai bajetnya saja, Mas.Sesuaikan dengan alat dan bahannya. Nanti bisa dipertegas konsepnya.
      Tapi tetap disarankan, Mas. Bagusnya mulai dari Goes Resto dulu, jadi proses sampai kafe, kedai atau resto kafe.

      Delete
  10. Wah tulisan tentang kopi langsung kulahap dengan semangat, Mas. Dua tahun lalu aku mulai merintis jualan kopi bersama teman di Jombang. Memang sih pasarnya masih sangat besar kopi di Nusantara karena jenisnya beragam dan penggemarnya banyak. Syukur banget Mas bisa belajar bisnis kopi dari QuBisa, praktis banget ga perlu ke luar rumah ya. Pilihan kursus banyak, gratis dan berbayar pun ada. Jadi kepikiran buka gerai langsung seduh gitu ya, modalnya kayaknya terjangkau. Mupeng nonton video di QuBisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Dan zaman now segalanya dipermudah, termasuk kursus bisa dari rumah saja. Dan Mas Rudi keren ya, karena sudah ada produk kopi Jola-Joli. Selamat dan sukses, Mas.

      Delete
  11. Lah kok seru ada pre-testnya segala. Wah, aku kalo ikut, ga minum kopi, ga lulus kalik yah...
    Tapi daftar sih, banyak pilihan lain di Qubisa. Keren lah, gratis juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mbak Hani. Tes awal dan Tes Akhir. Tujuannya seberapa besar kita menyerap materi yang sudah dipelajari.
      Tapi kalau tes awal nilai kurang bagus, tidak apa, Mbak. Yang penting tes akhirnya, nilainya 100 hehehe.

      Delete
  12. yang pengen belajar tentang kopi + bisnis kopinya bisa nih di rekomendasikan dari Qubisa. Yukk upgrade skill kita di jaman teknologi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, Mas semangat menambah skill. Apalagi sarananya sudah tersedia dan mudah. Banyak yang gratis lagi hehehe. Sehera meluncur ke QuBisa, Mas.

      Delete
  13. Peluang bagus ini buat yang ingin terjun ke dunia bisnis. Misalnya dianya udah punya niat mau bisnis apa, terus kursus online di QuBisa yang ada pretest nya. Selain belajar nya, PreTest nya ini mantul banget manfaatnya agar yang mau mulai berbisnis makin mengena lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba. Jadi yang sudah punya niat dan modal, semakin tercerahkan. Akhirnya pas dan fokus bisnis kopinya karena sudah ada panduan-panduan yang sesuai.

      Delete
    2. Bisa langsung diterapkan ya Pak, karena memang kalau udah mulai belajar harus dibarengi dengan praktek agar keilmuannya makin mantap untuk dimanfaatkan

      Delete
  14. Mas Baiiiim...nggak ngajak-ngajak ih kursus kopinya. Workshop offline yang terakhir kuikuti sebelum pandemi itu workshop kopi. Abis itu mana bisa lagi ikut acara offline gitu. Aku coba Qubisa deh.

    Btw, sepengalamanku ngopi, lambungku bermasalah kalo minum kopi sachet instan. Kebanyakan kopi instan (menurutku) bukan kopi tapi minuman dengan aroma kopi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. ayo segera meluncur ke QuBisa, Mbak Eno.
      Dan memang, Mbak. Kalau minum kopi asli, malah akan membawa manfaat yang banyak.

      Delete
    2. Ahaha...belum jadi ke sana, Maaaas. Kemarin sempat sakit. Dan hari gini, demam aja parnonya ke mana-mana :D

      Delete
  15. Bisnis kopi sedang naik daun ya pak. Kebetulan banget lagi ngobrol sama teman yang lagi produksi kopi. Dan ini giling sendiri kopinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya, Mbak Niken. Makanya saya baru paham sekarang, kenapa orang lebih suka giling kopi sendiri. Bahkan saya sering lihat, banyak orang yang punya penggilingan sendiri. Karena memang rasa dan aromanya beda.

      Delete
  16. Senangnya bisa kursus dan dapat ilmu baru sesuai dengan keinginan. bisa dipilih yang sesuai dan ada yang gratis.
    Mau coba akh ikutan..... Siapa tahu ada ilmu yang sesuai dengan kebutuhan ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, Mas Don dicoba dan langsung ke QuBisa. Soalnya memang banyak kursus yang bisa dipiih sebagai pasion kita.

      Delete
  17. Menarik banget ini Mas Bams... kursus online mengenai kopi di QuBisa ya, penting banget ini soalnya zaman now kopi kan teman setia banyak orang buat bekerja di depan komputer. Trus termasuk bagian dari sejarah budaya bangsa kita juga kan. Selain tentang kopi QuBisa juga ada topik2 yg lainnya yaa, kereen

    ReplyDelete
  18. Bisnis kopi lagi menjamur pak dan pas banget kalo ada kursus kayak gini bakal malin memudahkan buat yang mau mendalami perkopian

    ReplyDelete
  19. Sejujurnya kalau membahas bisnis kopi, saat ini yg paling enak dibidik adalah manual brew (modalnya murah) dan bisnis roasting kopi.
    Banyak loh kedai kopi sekarang, mereka tentu perlu pasokan kopi. Menunggu Qubisa ada pelatihan roasting kopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini...mb Putri yang faham banget tentang kopi. Artikelnya banyak nih tentang perkopian. Roasting perlu teknik tersendiri juga ya...
      Aku cuma suka wangi kopi dan campuran rasa aja. Kalau meneguk kopi jarang banget...

      Delete
  20. sepertinya menarik sekali kursusnya ini. menambah pengetahuan di masa pandemi dan workfrom home. Siapa tahu bisa bikin kita tetep produktif dan nambah cuan nih

    ReplyDelete
  21. Tahu aja Mas sekarang bisnis kopi sedang naik daun, pas banget ambil kursus seputar kopi biar ikut mendulang manis untungnya. Kok ada ya kursus gratisan bersertifikat pula. Dengan banyak pilihan tema dan dukungan mentor yang profesional, QuBisa bakalan jadi alternatif belajar online nih, terutama buat calon wirausaha. Makasih infonya, Mas!

    ReplyDelete
  22. Bisnis kopi memang lagi trend banget nih. Betul banget, kualitas kopi lokal top banget. Dan kopi ini bisa dibuat minuman apa aja.

    Buat yang mau mendalami bisnis kopi, bisa banget ya sekarang belajar di Qubisa. Mantap deh.

    ReplyDelete
  23. Aku lagi kepingin banget punya usaha nih pak Bambang. Boleh juga idenya untuk ukutan kursus online begini ya jadi dapat ide-ide & tips ya. Aku udah lihat webnya QuBisa nih banyak juga ya macam-macam kursus yang bisa kita ikuti

    ReplyDelete
  24. Kursus peluang bisnis kopinya seru banget ya, lengkap sekali penjelasannya, dari mulai sejarah sampai tips dan trick bisnisnya. Gara-gara baca artikel di sini saya langsung kepo ke halaman kursus online gratisnya, dan betah belajar soal personal development :) Terima kasih infonya kakak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.