} Wisata nJegir Dendipati Kebumen - Bambang Irwanto Ripto

Wisata nJegir Dendipati Kebumen

wisata njegir dendipati gombong kebumen
Wisata nJegir Dendipati Kebumen yang Memikat

Di kebumen ada wisata baru lho. Namanya Wisata nJegir Dendipati. Letaknya di daerah Pekuncen, Konsepnya sangat menarik dan modern. Enaknya lagi,  tidak jauh dari rumah saya hehehe.


Jadi ceritanya kemarin itu, saya antar krucil cukur. Katanya sih, senin mulai dicoba PTM atau Pelajaran Tatap Muka. Rambut tuh anak mamang sudah lebat kayak hutan hahaha. Untungnya pas saya dan krucil sampai tukang cukur, itu belum antre. Eh.. Pas giliran krucil, sudah mulai berdatangan. Antre pun mulai banyak. 

Kelar cukur, akhirnya saya ajak krucil saja jalan-jalan sekitar rencananya saya mau ke wisata Watu Jali Somagade. Pengin lihat yang hijau-hijau hehehe.  Kebetulan krucil juga belum pernah ke sana.

Akhirnya saya mengarahkan motor saya ke dearah Soamgade yang menghubungkan kebumen dan Banjarnegara. Tapi kok pas di perjalanan,. Saya melihat ada tempat baru. Kayaknya seru. Makanya saya niatkan mampir setelah dari Wati Jali


Mampir ke Wisata nJegir Dendipati

Saya cukup suprais dengan hadirnya Wisata Njegir Dendipati ini. Soalnya saya itu sering melewati jalan ini. Tapi memang sebulanan saat puasa, tidak. Maka pas lihat.. Eh.. Kemarin belum ada kok tiba-tiba ada. Pastinya bukan sulap bukan sihir hahaha. 



Setelah mamarkir motor, saya dan krucil bergegas masuk. Dari kajuhan saja sudah memikat hati. Saya harus akui konsep wisata ini keren. 

Karena masih tahap pembangunan, maka sebenarnya Wisata nJegir Dendipati ini belum resmi dibuka. Pas saya tanya, katanya sekitar Desember 2021. Makanya belum ada tiket masuknya. Hanya ada kotak sumbangan suka rela. Paling bayar parkir saja.


Konsep Keren Wisata nJegir Dendipati

Seperti yang saya bilang kan, konsep wisata nJegir Dendipati ini menarik. Walau belum rampung, tapi saya bisa menikmati wisatanya. Misalnya selfie-selfie hehehe. 



Saya dan krucil pun berkeliling menikmati wisata nJegir Dendipati ini. Beberpa pengunjung asyik selfi-selfi di spot yang menarik.  Mulai dari perahu, sarang burung, sampai angkat batu hehehe.

Pastinya, saya juga tidak mau ketinggalan. Dan karena saya memang tidak berencana ngebolang, maka saya tidak bawa kostum dan tripod. Seadanya saja. Bahkan saya 'mempekerjakan krucil sebagai fotografer dadakan. Hasilnya.. Lumayan lah hahaha. 


Wisata Religi nJegir Dendipati 

Saya penasaran dengan tangga menuju atas bukit yang sedang dibangun. Saya pun iseng naik ke atas. Dan trnyata.. Di atas sana ada beberapa makam. Dalam hati saya, kok tumben bengat, ada wisata moderen berdekatan dengan makam.



Setelah turun, tidak lama saya disamperin seorang Bapak yang sepertinya penanggung jawab proyek pengerjaan wisata ini. Bapak itu menjelaskan, kalau nanti wisata nJegir Dendipati ini akan jadi wisata religi juga. 

Ternyata.. Di antara makam tadi di atas, ada makam Bupati Kebumen Pertama yang menurut cerita itu masih Kakek buyutnya Bapak Prabowo.  Namanya Panembahan Bodronolo yang menjadi Bupati Kebumen tahun 1642. Saya pun langsung teringat dengan masjid Saka Tunggal yang tidak jauh dari wisata Njiger Dendipati ini. 



Itulah sebabnya wisata ini dinamakan nJegir Dendipati. Njiger arinya lerang, Dendipati Raden Adipati atau Bupati. Arti lengkapnya Lereng Raden Adipati, karena wisata ini memang dibangun di bagian lereng menuju makam Penembahan Bodronolo.


Potensi Wisata nJegir Dendipati

Kalau melihat potensi wisata nJegir Dendipati ini ke depannya, saya sih, bisa katakan akan berkembang dan banyak dikunjungi orang. Banyak hal yang membuat menari orang untuk datang. Berikut saya susun berdasarkan jalan-jalan saya kemarin :



Lokasi Strategis

Ini salah satu satu hal utama wusata nJegir Dendipati bakalan ramai didatangi pengunjung. Lokasinya sangat strategis di tepi jalan raya. Begitu sampai lokasi, langsung parkir, langsung menuju masuk ke lokasi wisatanya. Pastinya menghemat waktu dan tenaga juga.


Wisata 2 in 1

Saya akui ini konsepnya menarik dan matang. Seperti yang kita ketahui, banyak orang yang suka wisata religi. Nah, di Wisata Njiger Dendipati ini tidak hanya dapat wisata hati, tapi juga wisata modern. Bahkan sangat memikirkan pengunjung anak-anak juga.

Nah, itu dia cerita saya seputar jalan-jalan di wisata nJegir Dendipati. Rasanya tidak sabar untuk menunggu rampung seluruh pembangunan. Pastinya bakalan jadi wisata andalan di kabupaten Kebumen. Selamat jalan-jalan...

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata nJegir Dendipati Kebumen"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.