} 10 Tips Aman Naik Pesawat Selama Pandemi - Bambang Irwanto Ripto

10 Tips Aman Naik Pesawat Selama Pandemi

 Di masa pandemi seperti sekarang, berbagai hal mengalami perubahan. Begitu juga dengan aturan-aturan saat naik transportasi umum. Dalam pelaksanaannya ada aturan yang wajib ditaati. Tujuannya tentu untuk membuat semua aman dan nyaman, bebas dari penularan virus corona. Dan ini dia 10 tips aman naik pesawat selama pandemi.

biar aman naik pesawat selama pandemi
Naik Pesawat Tetap Aman Selama Pandemi (Desain Canva)

Jika teman-teman akan bepergian dengan pesawat dalam waktu dekat, pastikan teman-teman sudah update regulasi penerbangan terbaru di sini agar penerbangan Anda bisa lancar. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat naik pesawat selama pandemi.


1. Selalu Gunakan Masker

Ini sudah jadi syarat yang mutlak. Saat naik kendaraan umum, termasuk pesawat, teman-teman harus menggunakan masker. Untuk hal ini, pastikan teman memilih masker yang berkualitas. Double masker akan lebih baik. 

naik pesawat harus pakai masker
Wajib Pakai Masker, ya (Dokpri)

Satu masker medis yang teman-teman pakai di lapisan paling dalam, yaitu yang langsung menempel ke kulit. Dan yang kedua adalah masker kain yang dipakai di lapisan paling luar. Pemakaian masker secara double dapat meningkatkan kemampuan masker dalam menyaring partikel udara, sehingga teman lebih terlindungi dari berbagai virus.


2. Selalu Membawa Tisu Beralkohol

Tips yang satu ini merupakan antisipasi terhadap paparan virus yang mungkin ada di tempat duduk di ruang tunggu. Mengelap tempat duduk dengan tisu beralkohol akan meminimalkan kita kena virus tersebut. 

Jangan dulu duduk sebelum tempat duduknya dibersihkan dengan tisu beralkohol. Dan jangan juga teman-teman mengelap tempat duduk dengan tangan, baju, atau yang lain selain tisu beralkohol.


3. Selalu Membawa Hand Sanitizer

Teman-teman jangan lupa selalu membawa hand sanitizer juga. Soalnya, setelah tangan memegang apapun, bersihkan secepatnya. Baik itu dengan menggunakan sabun dan air mengalir, hand sanitizer, atau pun dengan desinfektan. Jika memungkinkan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir akan lebih baik. 


4. Makan Dulu di Rumah Sebelum ke Bandara

Ini juga hal yang tidak boleh teman-teman lupakan. Usahakan makan dan minum terlebih dahulu di rumah sebelum ke bandara. Sebab selama di bandara atau selama dalam pesawat, sebisa mungkin tidak makan dan minum. Masker teman-teman jangan sampai dibuka. 

wajib makan sebelum naik pesawat
Jangan Lupa Makan Sebelum Naik Pesawat (Dokpri)

Membuka masker, misalnya saat akan makan, akan membuat teman-teman berisiko kena paparan virus corona maupun virus lainnya. Ingat, Virus Corona barian Delta yang saat ini banyak di Indonesia lebih mudah menular dibanding varian lainnya.


5. Memilih Maskapai Penerbangan Secara Bijak

Di masa pandemi, maskapai penerbangan pun wajib mengikuti peraturan pemerintah mengenai pembatasan kapasitas dan pelaksanaan protokol kesehatan saat di dalam pesawat. Teman-teman bisa mencari info terlebih dahulu, mana maskapai yang sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik, mana yang belum. Hal ini untuk kenyamanan dan keamanan diri teman-teman saat bepergian. 

Nah untuk itu, pastikan teman-teman memilih maskapai yang menerapkan aturan dengan ketat. Di samping itu, pilih juga waktu penerbangan di jam yang tidak terlalu sibuk. Dengan demikian, risiko penumpang penuh bisa dihindarkan.


6. Selalu Menjaga Jarak

Baik selama di bandara, atau pun selama di pesawat teman-teman tetap harus menjaga jarak. Hal ini tentunya untuk melindungi teman-teman dari potensi penularan virus saat berada di ruang publik.


7. Pastikan Tubuh Sehat dan Bugar

Jangan pergi naik pesawat jika teman-tman merasa tidak sehat dan tidak fit. Akan lebih baik jika penerbangan cancel dan ganti di hari lain. Ini karena tubuh yang sedang sakit jauh lebih rentan terpapar virus dan penyakit lainnya karena kondisi imun sedang rendah.  


8. Disiplin Pada Protokol Kesehatan

Protokol kesehatan wajib selalu teman-teman ikuti dengan disiplin. Nah saat naik pesawat, maskapai pasti punya protokol kesehatan sendiri. Bandara juga begitu. Agar supaya semuanya aman dan perjalanan lancar, semua penumpang harus menerapkan protokol kesehatan, termasuk teman-teman. 


9. Bersihkan Kursi Terlebih Dahulu

Saat hendak duduk di dalam pesawat, pastikan teman-teman membersihkan kursi yang akan diduduki dengan tisu beralkohol. Bersihkan seluruh bagiannya dengan teliti. 

Dari mulai tempat duduk, kemudian sandaran kepala, lalu gesper sabuk pengaman, lalu layar hiburan, sandaran kursi dan sandaran tangan, hingga meja baki. Ini agar tempat duduk dan area di sekitarnya bersih.


10. Check in Online

Untuk mempersingkat waktu Anda berada di ruangan check in, ada baiknya pilih check in online dari rumah saja. Jauh lebih aman, nyaman dan praktis. 

Setibanya di bandara, teman-teman tinggal drop bagasi jika membawa koper atau print tiket mandiri di mesin check in yang ada di bandara (jika ada). Dengan begini teman-teman tidak harus berpapasan dengan orang banyak saat check in. 

O, iya. Bila teman-teman berencana naik pesawat dalam waktu dekat, teman-teman bisa membeli tiketnya dengan mudah lewat Traveloka lho! Teman-teman juga bisa sekalian pesan tes PCR melalui platform ini. Tentu saja, teman-teman harus tetap jaga kondisi agar selalu sehat sebelum bepergian dan terapkan prokes yang disiplin di mana saja. 

Itu dia 10 tips aman naik pesawat selama pandemi. Ini bisa teman-teman lakukan saat naik pesawat di masa pandemi. Pastikan teman-teman selalu waspada dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum berangkat naik pesawat. Selamat bepergian!



Subscribe to receive free email updates:

28 Responses to "10 Tips Aman Naik Pesawat Selama Pandemi"

  1. Harus tetap ikuti prokes ya pak Bambang, biar tetep aman pelaku perjalanan maupun keluarga yg menanti maturnuwun tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mas Priyo. Insya Allah bila mengikuti prokes, maka naik pesawat akan aman dan nyaman.

      Delete
  2. Wah makasih tipsnya Pak, meski saya nggak ke mana-mana, tapi tipsnya bolehlah disimpan, siapa tau suatu saat nanti bisa naik pesawat lagi, hehehe. Ribet banget sih, tapi mau gimana lagi yak, kita mesti ikuti prokes, biar sama-sama aman dan nyaman saat traveling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Hendra. Ini semua demi kesehatan kita, juga orang lain. Jadi walau agak ribet, waji dijalankan, karena kesehatan itu nomor 1.

      Delete
  3. Aku terakhir naik pesawat, udah chek in online, tetep aja harus cetak tiket, udah ada mesin cetak otomatis tetep aja antre panjang, udah ambil flight yang weekday tetep aja bandara ruameee, luar biasa emang mobilitas orang kita hehe

    Stay save and stay chill om bams

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ini untuk memastikan lagi ya, Mbak. Tapi yang utama, terus menerapkan protokol kesehatan. Terutama yang berhubungan langsung dengan kita.

      Delete
  4. Waspadalah waspadalaah.. Dengan menjalankan 10 tips pasti bakal aman selama di pesawat. Semoga pandemi lekas berlalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Mbak. Itu memang harapannya pandemi cepat berlaku. Dan salah satu kuncinya, tetap menerap protokol kesehatan, termasuk saat naik pesawat.

      Delete
  5. Yang ingin melakukan perjalanan udara, gak perlu cemas apalagi bingung harus menyiapkan apa di masa seperti ini.

    Tipsnya Pak Bambang memang perlu diterapkan. Paling untuk yang tisu, daku biasanya pakai tisu basah. Suka dibawa juga kalau buat pergi-pergi sekian tisu kering. Dan tentunya selama dalam perjalanan tetap berdoa juga ya

    ReplyDelete
  6. kudu sisipilin dengan protokol kesehatan. % M emang wajib dan kita juga kudu mengingatkan orang sekitar kalau ada yang melanggar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Karena orang yang lalai itulah sumber menyebaran virus. Jadi harus sama-sama menerapkan protokol kesehatan.

      Delete
  7. Tepat banget Pak Bambang, di musim pandemi kalau kita naik pesawat perlu mematuhi prokes dg disiplin. Dan setuju banget, sebelum makan mesti makan dulu. Biar kagak buka-buka masker di bandara.

    ReplyDelete
  8. Naik pesawat di masa pandemi gini agak was-was sih kalau aku. Kalaupun kepaksa bgt naik pesawat, harus nerapin prokes yang ekstra kaya yg Mas Bam tulis di artikel ini.
    Oh ya bener bgt, di Traveloka bisa book tiket pesawat sekaligus untuk tes antigen nya juga ya, suamiku bulan lalu juga pesen nya di Traveloka, untuk keperluan kerjaan.
    Btw nasi kuning nya menggoda haha pasti enak banget buat sarapan..

    ReplyDelete
  9. Setuju, Pak, selain melakukan protokol kesehatan yang ketat, kita juga perlu teliti memilih maskapai penerbangan yang akan kita gunakan. Pastikan maskapainya memberlakukan prokes dengan ketat.
    BTW saya saji salfok sama menu makannya, Pak. Porsinya lumayan banyak ya...hihihi

    ReplyDelete
  10. betul, kak, mendingan memang checkin online biar gak berlama2 antre sebelum masuk yaa. jangan lupa juga penuhi persyaratan penerbangan

    ReplyDelete
  11. Apa masih ada maskapai yang kurang memerhatikan prokes? Tips2nya ini betmanfaat sekali, sih. Terima kasih sudah diingatkan.

    ReplyDelete
  12. Artha Nugraha JonarAugust 1, 2021 at 5:34 AM

    Aku terakhir terbang di bulan Mei 2021. Waktu itu masih belum seketat sekarang. Syaratnya cuma ada surat antigen aja. Sejujurnya waktu itu aku sudah tidak menjalani prokes terlalu ketat. Penumpangnya pun penuh.

    ReplyDelete
  13. Hwaa bener banget sih tips2nya. berasa denger nasihat dari ibu saya. Gagal fokus dong sama makanannya. Nasi kuning paling topp deh buat sarapan haha

    ReplyDelete
  14. Wih, sarapannya mamteb bener pak. Nasi kuning plus sambal goreng tempe hehe

    Dan untuk check in, baru tahu kalau bisa online. Maklum nih, lama gak keluar "kandang" jadi kudet ��

    ReplyDelete
  15. terima kasih tipsnya Mas, masker itu wajib banget deh.
    gak naik pesawat aja sekarang sebisa mungkin pakai masker dua lapis kalau ke tempat umum, apalagi di pesawat yang sirkulasi udaranya segitu-gitunya aja, huhuhh.
    so far belum ada rencana bepergian naik pesawat saat pandemi gini, selain ribet, biaya lebih mahal juga karena harus PCR dan segala macamnya. Seringnya biaya tambahan ini lebih mahal malah dari tiket.

    ReplyDelete
  16. Wah makasih infonya mas Bambang. Poin satu wajib bnget meski gak naik pesawat. Masker itu jadi hal yang wajib sekarang dan GK bisa tawar menawar klu mau sehat.

    ReplyDelete
  17. Bepergian saat pandemi butuh persiapan lebih dari biasanya untuk kesehatan dan keselamatan selama perjalanan ya pak. Saya selain bawa hand sanitizer juga bawa disinfectan spray gitu buat semprot2 kursi dll

    ReplyDelete
  18. Setuju. Lepas masker saat di pesawat ini dilarang sekali. Karena kemungkinan tertular lebih besar karena sirkulasi udara yang kurang. Jadi makan minum di pesawat harus dilakukan seminim mungkin.

    Tante saya perjalanan aljazair ke beijing 8 jam....masker full terpasang

    ReplyDelete
  19. Memang sebaiknya selama pandemi nggak keluar kota dulu ya tapi kalau memang mendesak karena urusan keluarga atau pekerjaan ada baiknya memang memperhatikan 10 hal tersebut di atas. Semoga kita semua selalu dilindungi Allah SWT ^^

    ReplyDelete
  20. Aduh, enak2 baca serius eh jadi lapeer liat nasi kuning hahaha. Belum kesempatan sih naik pesawat pas pandemi, rencana tunggu vaksin full dulu baru mikir lanjut mau bepergian. Nice informasinya pak!

    ReplyDelete
  21. Jauhi kerumunan kecuali kalau memang antrian
    Ya tapi trtap aman sekama pakai masker. Kalau bisa double mask

    ReplyDelete
  22. Suwun tipsnya Om Bams. Penting banget emang prokse yang ketat ini, dah yang lainnya juga penting tiket online, membersihkan tempat duduk, makan dulu dan lain sebagainya

    ReplyDelete
  23. Halo pak bams
    saya baru saja naik pesawat sebelum PPKM kemarin
    rasanya jadag jedug
    yg nggak kalah penting isi e-HAC pak
    kemarin saya lihat ada ibuk-ibuk yang panik karena blm tau perihal e-HAC ini

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.