} Akhirnya Bisa Mencoba Naik LRT Jabodebek - Bambang Irwanto Ripto

Akhirnya Bisa Mencoba Naik LRT Jabodebek

Sebernarnya, saya sudah ingin merasakan naik LRT atau Lintas Rel Terpadu itu sejak sabtu 27 Agustus 2023. Apalagi kan, woro-woro waktu itu hanya 1 rupiah saja. Tapi ternyata, waktu itu harus daftar online dulu. Kemudian juga jatah kuota terbatas. Akhirnya gagal cobain LRT dan saya malah ke Pameran Karakter Kekayaan Intelektual di Monas hehehe.

Lintas Rel Terpadu Jabodebek
Kolpri

Hore Akhirnya Bisa Mencoba LRT Jabodebek

Bukan namanya Bambang Irwanto, kalau tidak ikut kekinian wkwkw. Makanya keinginan cobain LRT Jabodebek masih terus membara hahaha.

Nah, kebetulan sabtu 2 September 2023, saya ada undangan menghadiri Gala Premiere Film Jomblo Fi Sabillah #Jomblo SampaiHalal di Epicentrum XXI Kuningan Jakarta Selatan. Makanya saya sudah rencana tuh, habis acara, saya mau langsung cobain naik LRT. Apalagi kan, dari Epicentrum XXI tinggal naik busway nomor 6Qke Dukuh atas 2. Wah.. Pas nih jalurnya. Memang rezeki anak sholeh hahaha.

Kelar acara sekitar jam 4, saya pun bergegas meluncur halte busway ke Dukuh Atas 2. Sebenarnya ada keraguan di hati yang tidak terlalu dalam untuk lanjut naik LRT, karena hari sudah sore. Takutnya kemalaman sampai Depok.

Tapi setelah berpikir sejenak, tidak sampai 7 hari 7 malam, saya pun memutuskan lanjuuuut... Kayak ikutan kuis Super Deal aja hahaha. Soalmya nanggung benar, kan. Siapa tahu besok jadwal pemotretan dan syuting sinetron saya padat kwkwkw.

Naik LRT dari Stasiun Dukuh Atas

Pukul 5 sore kurang, saya sudah tiba di stasiun Dukuh Atas. Pas masuk, sudah ada cobaan. Tangga naiknya tinggi benar. serasa lagi naik gunung hahaha. Mau naik lift kan, tidak boleh, karena prioritas.

Tapi untunglah semangat naik LRT di dada terus berkobar. Terlanjur basah, mandi sekalian. Apalagi saya juga sudah mencoba naik MRT Jakarta. Biar afdol kalau sudah coba LRT Jabodebek. Saya pun bisa sampai di atas.

Stasiun Dukuh Atas ramai di sore hari. Mungkin karena hari minggu. Dan mungkin saja mereka tujuannya sama seperti saya, penasaran naik LRT hehehe. Banyak juga anak-anak. Dan menurut saya bagus, mengenalkan moda transportasi umum kepada anak-anak.  Terlanjur basah, mandi sekalian.

Tanpa menunggu lama, saya pun langsung tab masuk pakai uang elektronik. Teman-teman langsung masuk dengan menggunakan flazz, e-money, tap chas, termasuk jaklinggo. Jadi saya tidak perlu membeli tiket dulu.

Nah, bagi teman-teman yang belum memiliki uang elektronik, atau misalnya jumlah kartunya padahal mengajak sekeluarga, boleh kok membeli tiketnya di loket. Nanti saat masuk dan keluar stasiun discan barcode-nya.

Begitu masuk, saya pun mengikut arah untuk naik LRT. Wah, tidak lama, sudah ada jadwal kalau LRT akan diberangkatkan menuju stasiun Jati Mulya. Kurang pukul 5, LRT pun datang. Karena saya baiknya dari stasiun awal, jadi saya bisa dapat tempat duduk.

Selanjutnya LRT bergerak melintasi stasiun-stasiun. Mulai dari stasiun Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, Halim, Jatibening Baru, Cikunir 1, Cikunir 2, Bekasi Barat, sampai Stasiun akhir yaitu Jati Mulya.

Perjalanan lancar jaya dan menyenangkan. LRT Jabodebek berhenti di setiap stasiun. Tapi kemarin, khusus stasiun Halim, tidak menaik dan menurunkan penumpang. Sepertinya masih tahap pembenahan.

Sampai di Stasiun Jatimulya

Pukul 18.00 kurang 10 menit, LRT sudah tiba di stasiun Jati Mulya. Pas baru turun dari gerbong, sudah ada pengumuman kalau LRT dari Dukuh atas akan diberangkatkan pukul 18.000 wib dan merupakan kereta kerakhir.

Waduh.. Saya langsung bergegas. Jangan  sampai ketinggalan nih. Saya sedikit panik. Mana kebelet pipis lagi hahaha. Saya pun langsung menuju ke toilet, lalu bergegas naik ke atas. Alhamdulilah, tidak lama, LRT masuk. Karena naik dari stasiun awal keberangkatan, saya pun kembali dapat tempat duduk. Hanya sayangnya, karena perjalanan pulang sudah gelap, saya tidak bisa menikmati pemandangan.

Tiba di Stasiun LRT Cawang

28 menit kemudian, saya pun turun di setasiun cawang untuk lanjut pulang saja. padahal kalau masih sore, bisa saja saya dari Cawang pindah jalur untuk menuju ke stasiun Harjamukti. Tapi lain waktu saja.Saya pun lalu lanjut naik busway 5C, kau turun di BKN. Dari sana saya naik yang ke kampung rambutan, lalu turun di PGC luar. Terakhir tinggal lanjut D11 menuju Depok.

Kesan naik LRT

Dari kacamata saya, naik LRT menyenangkan. Tapi ini saya ulas saya naik di hari minggu yang tidak terlalu padat ya. Mungkin akan berbeda yang saya rasakan saat naik di hari kerja. Yang pasti lebih cepat dibandingkan zaman dulu. Apalagi LRT ini sudha terintegrasi dengan transportasi lainnya.

Kehadiran LRT jelas sangat membantu. Bayangkan saja, dari Dukuh Atas sampai Jati Mulya hanya sekitar kurang 1 jam. Pasti memudahkan teman-teman yang tinggal dan bekerja di Jakarta dan Bekasi. Next saya akan coba dari Dukuh Atas menuju Harjamukti.

Untuk tarifnya, kemarin karena masih promo, hanya 5000 rupiah saja. Pasti nanti akan berlaku tarif normal juga. Nah, mumpung masih harga promo, segera coba LRT Jabodebek.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

21 Responses to "Akhirnya Bisa Mencoba Naik LRT Jabodebek"

1. Wuihhh pengalaman yang mengesankan ini, kalau saya bahkan naik kereta api aja baru sekali doang hahaha.
    Kadang penasaran aja gitu, gimana rasanya naik KRL, asalkan jangan yang berdesakan banget sih ya :D

ReplyDelete
  2. Ke bekasi dan Cibubur jadi lebih mudah dan cepat . Gak pakai macet lagi berkat lrt

3. Asik nih mas sudah merasakan naik LRT. Aku belum kesampaian nih. Memang enaknya di hari Minggu ya mas, tidak terlalu padat. Aku mau coba deh di weekend

4. lebih nyaman ya naik LRT, aku pernah cobain juga 2 hari ketika mau liputan naik LRT, adem karena ber AC, waktu itu sih ... aku naiknya siang, jadi agak sepi. sukses selalu perkeretaapian Indoinesia

Replies
    1. Kepingin ngobain juga naik LRT kemarin2 masih rame ya. Mau ke rumah kakak ku nih yg di Cikunir coba naik LRT

Delete
    2. kalau lihat di Tiktok juga gitu Bu,
      katanya kalau pas agak siang masih agak sepi.
      Mungkin bukan di jam sibuk juga ya.
      Yang penting senangnya sudah makin bertambah pilihan moda transportasi kita

Delete
  5. Kalau yang rute Jabodebek ini saya belum coba Pak.
    Eh lihat foto penampakan tangganya, kok ya sesuatu banget, hehe.. tingginya menuju puncak..
    Yang pernah saya coba yang LRT Jakarta Pak, keknya gak setinggi itu tangganya.

ReplyDelete
  6. Seru juga ya naik LRT Jabodebek.... JAdi pingin ngerasain juga kalau pas di JAkarta. Dulu pernah sih naik kommuter Sidoarjo - Surabaya waktu masih kuliah. Nyaman, murah dan aman sih... Selain itu bisa mengurangi kemacetan dan polusi udara..

7. dengan kekurangannya LRT ini semoga bisa jadi moda alternatif buat orang-orang di sana yaaa...

8. Aku juga pas ke Jakarta pantang melewatkan mencoba naik LRT, mas Bams.
    Seneng banget.
    Keretanya super tenang dan cepeettt.. Walau setiap stasiun jadi ajang promosi ya.. Nama-namanya ada Mandiri apa, BCA apa.. hihihi.. Jekarda gituloo..

Beneran, di saat naik tangga ini, aku merasa beruntung bareng anak-anak.
    Jadi bisa alesan naik lift prio, huhuhu.. maafkan.

ReplyDelete
  9. Seru banget pak bisa mencoba LRT, wah bisa ajak keluarga yah ini, happy pastinya, tapi aku lihat tangga nya setinggi itu, jadi berasa jompo dah hahahhaha, tapi penasaran pengen tetep coba naik LRT

10. Selamat, ya. Terus terang aku belum kebayang bedanya sama komuter dan MRT. Aku dulu yang sering ya naik komuter

11. Wah, berkat event nonton film jadi punya kesempatan nyobain LRT ya, Pak. Pengennya ikutan nyobain nih, mana area bersih begitu jadi pasti nyaman yah.

ReplyDelete
  12. seru banget ada LRT. dari kmrn liat video di IG dan TikTok jadi berharap semoga di Surabaya bisa segera menyusul (jalurnya padal masih amburadul) hehe

13. Wadohhh serius gak ada eskalator atau lift? Harus naik tangga segitu tinggi dan panjang? Semoga nanti ada tambahan eskalator. Lumayan mengurangi beban pundak kalo bawa tas besar :D

14. Asik banget perjalanan Mas Bambang. Berburu naik LRT lumayan menguji adrenalin ya, Mas. Apalagi pas terakhir, dah jadwal mepet, kebelet pipis lagi. Btw, jadi ikut ngerasain gimana perjuangan Mas Bambang nih. Kapan hari pas saya di Jakarta ga sempat nyoba MRT, LRT, dan sebagainya. Kapan-kapan harus cobain nih

ReplyDelete
  15. Wah seru banget pengalamannya, Mas Bams. Mungkin saya juga bakalan takut naik tangganya. Itu cukup amankah?

16. Busyeeett tangga di Stasiun Dukuh Atasnya apa ga kurang tggi? Wkwk. Itu ngalahin tangga di stasiun MRT Bundaran HI tuh. Sampe pegel bgt tuh kalo turun dstu dan hrs naik ke atas.

Btw smg ada lift buat penumpang ya. Kalo kyk gini kan menyusahkan penumpang. Mgkn lift ada tp blm bs dipakai sih.

Utk tarif 500p rupiah termasuk terjangkau. Smg bnyk masyarakat beralih ke transportasi umum, termasuk ke LRT ini. Ntr kalo ke Jkt lagi, mau cobain ahhh.

ReplyDelete
  17. Seru banget ya bisa naik LRT. Btw, aku fokus sama tangganya, sekalian olahraga ini mah...

18. Naik LRT ini termasuk murah kan yaa, mas Bams?
    Dengan harga yang cukup terjangkau, masyarakat Jakarta bisa menikmati transportasi cepat tanpa macet. Nyaman banget.

ReplyDelete
  19. Baca cerita orang naik LRT tuh kayak seru bangett, tapi apalah daya yang tinggal di Sumatera Utara ini... belum bisa coba langsung. Semoga nanti ada kesempatan yaa.

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.