Kelas Kurcaci Pos

 Awal Mula Membuka kelas 

       Kelas Kurcaci Pos adalah kelas menulis cerita anak online. saya membuka kelas ini, karena keinginan saya untuk berbagi pengalaman saya menulis cerita anak. Banyak sekali teman yang bertanya saya via inbox, bagaimana caranya menembus media anak, termasuk syarat mengirim naskah. Walau pengalaman saya cuma sedikit, tapi semoga bisa bermanfaat bagi teman lain.
       Awalnya, saya membuka kelas gratis. Namanya pun bukan kelas Kurcaci Pos itu gratis. Saya sengaja membuka audisi. Setiap orang mengirim naskah cerita anak yang ia tulis, lalu saya seleksi. Audisi ini pun berlaku hanya bagi teman yang baru belajar menulis, belum mempunyai buku, termasuk ceritanya belum pernah dimuat di media. Dari naskah yang masuk, saya memilih 3 peserta saja. Kelasnya pun hanya 4 kali, setiap minggu, dan 2 jam setiap pertemuan. Lalu setelah selesai materi, akan ada tugas menulis cerita.
       Saya membuka kelas  gratis ada 4 kali. Ada yang berhasil mengikuti kelas ini, namun lebih banyak yang usai kelas, kabarnya tidak ada. Bahkan ada yang saya keluarkan, karena tidak mengerjakan tugas, dengan alasan sibuk dan tidak punya waktu. padahal kalau memang niat menulis, maka waktu bukan masalah. Kita yang mengatur waktu menulis, bukan waktu menulis yang mengatur kita.
   

Kelas Kurcaci Pos

       Setelah itu, saya memutuskan untuk jeda sejenak membuka kelas. Namun beberapa teman menginbox saya. Mereka menanyakan, kapan buka kelas lagi. Termasuk yang pernah belajar di kelas Kurcaci Pos Gratis. karena saya melihat minat mereka besar, maka saya pun membuka kembali Kelas  kembali. Nah, biar seru, saya mencari nama kelas yang unik. Maka terpikirlah memberi nama kelas Kurcaci Pos. Namanya dari julukan saya, si "Kurcaci Pos" hehehe.
        Tapi saya tidak membuka pengumuman umum. Saya hanya mengontak teman-teman yang kemarin bertanya pada saya, dan memang serius belajar menulis cerita anak. Maka kelas pertama Kurcaci Pos online berbayar saya buka. Yang ikut hanya 6 orang. Ada 8 pertemuan.
Namun sayangnya, saat berlangsung, 2 orang tidak menunjukkan progres. Bahkan jarang masuk kelas. maka saya pun keluarkan. Apalagi mereka belum membayar uang kelas hehehe. Maka 4 orang kurcaci inilah yang melaju dan menyelesaikan kelas sampai selesai.
        Alhamdulillah, kelas Kelas Kurcaci pertama, ternyata banyak yang inbox saya. Mereka juga ingin ikut kelas kurcaci. Ternyata, 4 orang ini mempromosikan kepada teman yang lainnya. Maka Saya pun dengan senang hati membuka postingan umum. Tapi saya hanya menerima 6 orang saja. Akhirnya semakin lama, kuota kelas saya tambah, dan sekarang maksimal 10 orang tiap kelas. Dan sudah selesai 15 kelas. Sekarang masuk kelas ke 16.





 Sistem Belajar Kelas Kurcaci Pos  

        Mekanisme belajar kelas Kurcaci Pos sederhana saja. Setiap kelas, saya akan posting materi. lalu Kurcacies bertanya seputar materi. tentu saja boleh bertanya hal-hal lain, yang penting berhubungan dengan dunia menulis cerita anak. Curhat juga boleh. Misalnya kendala apa yang dihadapi saat sedang menulis cerita anak. karena itu, saya selalu menekankan, saat sharing berlangsung, terus bersemangat dan terus bertanya. manfaatkan waktu yang ada. Saya pun sesekali bercanda, "Ayo, terus semangat. Jangan biarkan saya makan honor buta!" atau "Semangat semua, biar nanti saya makan bakso tidak keselek, karena makan honor buta."
Saya juga selalu mengingatkan. Ikut kelas Kurcaci Pos jangan mau rugi. Bayar 350 ribu, harus bisa menghasilkan 3,5 juta, atau 10 cerita dengan honor 350 ribu.
         nah, selesai tiap materi, ada tugas. Tentu saja ada deadlinenya. Misalnya kelasnya senin, maka deadlinenya kamis atau jumat. Biar ada seru, tiap tugas ada tantangannya. Bisa hanya clue, nama tokoh, atau gambar. Kemudian saya akan koreksi dan posting di kelas. Yang belum pas, harus revisi. Yang sudah pas, bisa langsung kirim ke majalah anak. Bahkan d luar kelas, kurcacies tetap bisa inbox saya untuk bertanya.
        Alhamdulillah... sudah banyak cerita kurcacies dari hasil tugas yang dimuat.







                   
                                         Koreksian Tugas yang menggunakan balon Komentar


          Ahamdulillah, hasil tugas-tugas kelas Kurcaci Pos, sudah dimuat di berbagai media anak Indoensia. Bila teman-teman ingin membacanya, silakan mampir ke RUMAH KURCACI POS. Kebetulan sudah ada beberapa yang saya posting.


Kelas Kurcaci Pos Agustus 2017

       Kelas Kurcaci Pos akan kembali membuka kelas baru.

Inilah materi yang akan kita sharing :
1. Cerpen anak realis
2. Dongeng
3. Fabel
4. Cerita misteri dan cerita detektif

Kelas akan berlangsung, Mulai selasa 1 Agustus, pukul 19.00 - 21.00 wib.
selanjutnya, kelas akan berlangsung setiap hari dan jam yang sama.

setiap materi akan ada tugas dan ada deadlinenya. Jadi yang ikut, harus terus bersemangat. usahakan semua naskah tugas selesai. Jadi siapa kirim ke media.
Ikut kelas Kurcaci Pos jangan mau rugi.
Bayar 250 ribu, harus minimal menghasilkan uang 1 juta.
Hanya ada 6 kursi yang tersedia.

Tidak ada sistem pemesanan tempat. Ini untuk menghindari, menutup kesempatan bagi teman lain. Karena biasanya, ada yang sudah memesan tempat jauh hari, namun menjelang kelas dibatalkan.

Biaya kelas 250 ribu dan dibayar di depan

Silakan yang ingin ikutan.
Bisa langsung inbox.
Ingat ya, yang berminat harus serius, dan terus bersemangat belajar menulis cerita anak.
Salam semangat menulis, teman-teman...

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Kelas Kurcaci Pos"

  1. Dear Mas Bambang,
    Salam kenal. Saya Afrilla. Saya sangat ingin ikut kelas kurcaci pos. masih bisakah?? Saya berharap sangat masih bisa. Hehe. Oia posisi saya di Jerman, bisa dijelaskan bagaimana prosedur dll nya utk mendaftar? Utk transfer biaya saya bisa lakukan online dari sini. Trimakasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam, Mbak Afrilla.
      Maaf baru membalas komentarnya ya, Mbak.
      Kemarin kelewat pasti hehehe.

      Kelas Kurcaci adalah kelas online, Mbak Afrilla, jadi bisa ikut, walau domisili di mana saja.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Terima kasih. Salam semangat menulis.