Serumah.com, Mencari Rumah Sewa Semakin Menyenangkan

 Tahun 1998 saya memutuskan merantau dari kota Makassar ke Jakarta. Sebagai ibukota negera Indonesia,  Jakarta memang masih menjanji mencari pekerjaan, termasuk saya. Tapi sebenarnya, saya juga ingin lihat Monas dan pergi ke Blok M. Soalnya selama ini hanya lihat monas di televisi, dan tahu blok M dari setting-setting cerita remaja.
Makanya dengan semangat 45, saya menuju Jakarta dengan menumpang kapal laut pelni. Perjalanan dua hari dua malam. Maklumlah, waktu itu pesawat muahaaal benar. Saya pun dijemput oleh Om saya, dan langsung menuju rumahnya di daerah Bekasi timur.
Akhirnya setelah ke sana kemari mencari pekerjaan, akhirnya saya mendapatkan pekerjaan di Jakarta. Om dan bulek saya sih, menawari tinggal di rumahnya saja. Tapi jarak Jakarta-Bekasi lumayan jauh (itu menurut saya, ya). Saya juga tidak enak kalau menumpang. Jadi saya memutuskan mencari rumah kontrakan saja yang tidak terlalu jauh dari tempat kerja, tapi murah hehehe.
Ternyata mencari rumah kontrakan tidak semudah yang saya kira. Sepulang kerja, atau di sela-sela libur, saya harus ke sana kemari mencari rumah kontrakan. Ada yang lokasinya bagus, dekat empat kerja, tapi harganya mahal. Ada yang lokasinya bagus, harga pas, tapi jauh dari tempat kerja.
Sampai akhirnya, saya menemukan rumah kontrakan di daerah Pulo Gadung. Itu pun secara tidak sengaja. Saat istirahat, saya ngobrol dengan anak baru. Eh, dia ngontrak sendiri, berkenan berbagi bayar sewa kontrakan dengan saya. Horeee... saya pun bisa ngirit dari uang rumah kontrakan hehehe.



Begitulah yang saya alami. Mencari rumah kontrakan ternyata ribet juga dan menguras tenaga (dan airmata hahaha...). Tetapi sekarang, itu tidak perlu lagi terjadi pada teman-teman. Saat ini, ada website keren bernama serumah.com yaitu platform yang menghubungkan pengguna untuk mencari teman sekamar dan berbagi kamar.
Jadi teman-teman  yang ingin berbagi kamar sewa (sharing room rent) bisa mengiklankan kamar di Serumah.com dan mencari roommate. Target utama pengiklan kamar di Serumah.com adalah teman-teman yang menyewa kamar sewa dan membutuhkan teman untuk sharing biaya sewa, bukan pemilik kost/properti lainnya.
Saat ini, ada tiga fitur utama di website serumah.com, yaitu:




a.      Penyewa
Bagi teman-teman yang mempunyai tempat tinggal seperti apartemen, kost dan juga rumah sewa, bisa mengiklan di serumah.com.  Kemudian teman-teman mencari calon penyewa yang bisa dilihat di link berikut: http://serumah.com/en/submit-room-ad/  . Namun teman-teman harus terlebih dahulu mendaftarkan diri  terlebih dahulu sebagai user di: http://serumah.com/register/

b.      Pencari
Ini berlaku bagi teman yang mencari tempat tinggal (apartemen, kost, rumah sewa). Teman-teman dapat mencari properti yang sesuai dengan yang dibutuhkan, juga bisa disesuaikan dengan budget (Price Range). Termasuk juga lokasi (Map Function). Teman-teman dapat melihat di link berikut: http://serumah.com/en/find-room/

c.       Pencari Roommate
Ini berlaku bagi teman-teman yang ingin mencari teman untuk tinggal bersama. dan berbagi biaya tempat tinggal (baik itu housemate, roommate, kostmate atau flatmate). Dapat dilihat di link berikut: http://serumah.com/search-people/ lalu pilih "orang yang mencari teman sekamar/people looking for a room" Pada halaman http://serumah.com/search-people/, teman-teman juga akan menemukan opsi "orang yang mencari penyewa/people looking for a tenant".
Pada menu tersebut teman-teman akan menemukan profil penyewa yang ingin mencari teman patungan sewa yang mengiklankan properti yang mereka tempati (kost, apartemen, rumah sewa). Saat ini khususnya di kota besar seperti Jakarta, trend berbagi kamar (room sharing) semakin hype. Serumah.com ingin memfasilitasi mahasiswa dan juga profesional muda yang mencari roommate (teman sekamar) untuk dapat menggunakan fitur dari website serumah.com.


          
 Keren kan, teman-teman? Jadi segera mampir ke serumah.com.  Situs serumah.com merupakan jawaban mudah bagi mahasiswa dan profesional muda yang merantau dari kota asal yang mencari tempat tinggal dan teman sekamar berdasarkan preferensi teman-teman. Dan lagi, mayoritas masyarakat di Indonesia adalah pengguna mobile phone sehingga serumah.com telah pastikan bahwa serumah sangat mobile-friendly tanpa mengharuskan pengguna mengunduh aplikasi. Tapi harapan saya sih, serumah.com ada aplikasi yang bisa diunduh di playstore. Jadi lebih memudahkan teman-teman lagi.
         O, iya. Serumah.com tidak memiliki fokus golongan/kelompok tertentu karena serumah.com ingin melibatkan semua jenis. Serumah.com ingin membantu teman-teman yang di kelas menengah dan kebawah atau pun "middle income" dan "low income" group khususnya mahasiswa dan profesional muda yang baru memulai pekerjaan di kota besar dengan adanya fitur berbagi ruangan (roomshare/flatshare). Price range yang serumah.com tawarkan di menu berkisar Rp 0 hingga Rp 10 juta. Itu karena serumah.com percaya bahwa bagi golongan seperti mahasiswa dan profesional muda yang tidak dapat mengelola keuangan dengan baik, range tersebut memudahkan mereka memilih harga yang sesuai budget mereka. Dan menyewa kamar adalah salah satu cara untuk mengelola keuangan dengan baik.
       Bagaimana, teman-teman? Tertarik dengan serumah.com? Segera meluncur ke websitenya, ya.


Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Serumah.com, Mencari Rumah Sewa Semakin Menyenangkan"

  1. Wah, dengan adanya serumah.com segalanya jadi mudah dan praktis. Terima kasih infonya pak baim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Noer Ima.
      Cari rumah sewa makin mudah.
      Sama-sama, Mbak Ima.
      Terima kasih sudah mampir, Mbak.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.