} Menikmati Pesona Alam di Wisata Embung Cangkring Kebumen - Cerita Bambang Irwanto

Menikmati Pesona Alam di Wisata Embung Cangkring Kebumen

Menikmati Pesona Alam di Wisata Embung Cangkring Kebumen - Wisata Kebumen itu sangat banyak dan beragam. Tersebar dari empat penjuru, Dari Timur, Selatan, Barat dan utara. Nah, khusus di daerah utara, wisata Kebumen didominasi oleh wisata geopark, termasuk ada beberapa embung atau waduk mini buatan.



Nah, setelah sebelumnya saya berjalan-jalan seru di embung Selo Asri Seboro Kebumen, saya pun melanjutkan perjalanan ke embung Cangkring yang lebih ke utara lagi, namun masih satu kecamatan sadang. Mungkin sekitar 40 menit perjalanan saya naik motor. Soalnya saya kan, hanya melajukan  motor saya maksimal 60 km/ jam, bukan kayak Rossi hahaha.

Baca Juga : Embung Selo Asri Seboro, Wisata Alam Kebumen yang Memikat


Tapi perjalanan tidak terasa sih, karena jalanan mulus, ditambah dengan keindahan alam kebumen. Sepanjang perjalanan, Banyak pemandangan indah, termasuk sungai Lukulo. Saya sempat beberapa kali berhenti untuk menjepret keindahan alam kebumen. Bahkan saya juga sempat mampr dulu
minum es dawet hahaha



Akhirnya, sampai juga saya di embung Cangkring yang berada di Desa Cangkring, kecamatan Sadang Kebumen. Benar saja, embung Cangkring ini berada di atas bukit. Jadi pemandangannya sangat indah. Rasa lelah langsung hilang. Embung Cangkring yang sebelumnya hanya bisa saya lihat di foto-foto instagram, kini terbentang nyata  di depan saya.



Saya pun segera melajukan motor saya ke tempat parkir. Tiket masuk sangat murah. Hanya 5000 ribu termasuk parkir. Dan memang rata-rata tiket wisata di Kebumen sangat terjangkau, namun wisatanya sangat memesona. Jadi semua orang bisa berwisata dan semua bisa happy, termasuk saya hehehe.

Waktu saya sampai sekitar pukul setengah 11 siang, suasana masih sepi. Hanya terlihat satu mobil di parkiran, lalu satu rombongan keluarga yang duduk di gazebo. Padahal hari minggu. Apa mungkin karena cuaca agak mendung. Tampak awan-awan hitam bergelayut manis manja. Memang sih, dini hari itu turun hujan. Tapi saya berharap, tidak turun hujan hehehe. Dan Alhamdulillah, harapan saya terkabul. Memang benar.. mendung tak selamanya hujan hahaha...



Tanpa menunggu lama, saya langsung menyusuri embung Cangkring ini. Saya harus memanfaatkan waktu seefisien mungkin. Soalnya saya mau buat vlog juga (walau hasilnya masih amburadul hahaha). Maka pertama, saya ke pinggiran bukit dulu. Dari sana pemandangannya sangat bagus, walau hembusan angin kencang. Apalagi di embung Cangkring ini juga banyak disediakan tempat duduk. Jadi bisa menikmati pemandangan.



Tampak beberapa wahana selfie. Tapi tetap, latar pemandangan alam sangat memikat. Dari atas bukit tampak gunung, sawah, pemukiman penduduk, bahkan terlihat di sekitar ada kebun duren. Wow... asyik. Bahkan menurut Mbak Novie yang termasuk mengelolah embung Cangkring ini, kemarin ada event pesta duren. Duh.. sayang saya telat tau infonya.



Eh.. ternyata, Mbak Novie ini  guru Ilham, Fadly, dan Azkal si pemeran Bocah Ngapa (K) yang tayang di Trans7. Lokasi syutingnya memang berada di Desa Sadangwetang yang sangat berdekatan dengan embung Cangkring ini. Bahkan saat saya melintas, tampak sedang dibuat juga embung Sadangwetan. Wuih.. bertambah lagi nih, wisata embung di Kebumen.

Semakin siang, pengunjung mulai berdatangan. Bahkan ada rombongan mahasiswa dari Yogya yang akan KKN di di sana. Berarti pesona embung Cangkring ini sudah meluas dan memikat banyak orang. Harapannya sih, semoga terus berkembang, dan semakin banyak yang berkunjung ke embung Cangkring ini. Termasuk turis manca negara.





Nah, puas memandang alam, saya pindah ke area embungnya. Untuk ukuran sudah masuk musim kemarau, debit air embung Cangkring masih terbilang banyak. Yang menarik perhatian ada 2 patung Merlion. Jadi rasa-rasanya seperti berada di Singapura. Terus di sekeliling embung Cangkring sudah dipavingblok. Jadi enak juga buat berjalan-jalan.





Sebenarnya, embung Cangkring ini sunsetnya sangat indah. Hanya karena perhitungan keamanan perjalanan, saya perginya siang. Soalnya agak degdegan juga kalau saya bela-belain menunggu sunset, lalu pulangnya kemalaman hehehe. Apalagi setelah dari embung Cangkring ini, saya berencana ke wisata Kebumen lainnya, yaitu Wasiat Bukit Putri. Coming soon saya tulis di blog ya...

Saya pun berjalan-jalan sekeliling embung Cangkring. Di sini juga banyak disediakan tempat duduk. Jadi pengunjung yang datang tetap bisa menikmati embungnya, juga pesona alamnya. Sambil ngemil juga asyik nih. Hanya.. jangan buang sampah sembarangan hehehe.





O, iya di satu sudut embung Cangkring ada taman juga. Namanya Taman Sejuta Janji. Tampak bunga aneka warna. Hanya memang belum tumbuh dengan baik. Tapi tetap, di sini teman-teman bisa selfie-selfie. Kalau teman-teman lapar, jangan khawatir. Ada kantin tersedia. Cari mendoan.. pastinya ada. Harga pun sesuai di hati dan kantong hehehe.




Demikian jalan-jalan saya di embung Cangkring Kebumen. Jadi kalau teman-teman ke Kebumen, jangan lupa mampir ke embung Cangkring, ya. O, iya.. yang mau nonton vlog-nya (walau masih amburadul), silakan mampir ke channel saya, ya. Selamat berwisata... yuk dolan ke Kebumen.



Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

42 Responses to "Menikmati Pesona Alam di Wisata Embung Cangkring Kebumen"

  1. Ya ampun mas.. lagi-lagi wisata kebumen murah bener yak.. Cuma 5 ribu bisa poto ala Singapore.
    Heheheh, aku jadi inget tetangga ku iki..foto di merlion kayak gitu. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Jadi pas di hati dan kantong hahaha.
      Nah, kalau tidak dijelaskan, banyak yang mengira lagi berada di Singapura kan, Mbak hehehe.

      Delete
  2. Tiketnya masuknya murah sekali ya. Lain waktu harus kesana nih kayaknya.
    Pemandangannya indah sekali.
    Kebumen memang mantap, dimana-mana ada tempat wisata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Pokoke hati senang, kantong aman, Mase.
      Makanya yuk, eksplor keindahan Kebumen, Mas. kapan-kapan bareng saya ya hahaha

      Delete
  3. Wahhh keren y mas,,,
    Bisa lihat langsung patung Merlion ala Indonesia..

    Harapan kita, dengan keindahan alam embung cangkring ini mampu menarik minat para wisatawan lokal maupun manca negara untuk berkunjung, tentunya dengan begitu ekonomi masyarakat disekitar lokasi wisata bisa meningkat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mas Eman.
      Dengan kehadiran embung ini, bukan hanya sebagai penampungan air, tapi juga jadi tempat wisata yang bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar juga.

      Delete
  4. Bagus banget pemandangannya, plus tiketnya murmer, rasanya top banget.
    Memang enak ya kalau ada wisata dengan harga terjangkau gini, jadi lebih puas kita explore tanpa merogok uang banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget, Mbak Rey. Dan Kebumen memang wisatanya sangat banyak dan beragam. Terus tiketnya sangat terjangkau.

      Delete
  5. Nah... Kalo liat-liat pemandangan gini, jadi malas buat ngeblog... hahaa... pengennya hirup udara segaar aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eits.. jangan salah, Mas.
      Di sini asyik sekali buat nulis juga. Dan acara jalan-jalan ini, bisa buat bahan ngeblog juga hahaha. Jadi sekali dayung, 3 pulau terlampau, mas hahaha.

      Delete
  6. Kebumen, saya belum pernah kesana sih. Dari tiketnya sudah bikin orang tertarik untuk mengunjungi embung cangkring. Cuma 5000 sudah bisa lihat ijo ijoan seger...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, segera dolan ke Kebumen, Mas Suga.
      Pokoknya banyak sekali tempat wisata dengan harga tiket yang pas di hati dan kantong hahaha.

      Delete
  7. Tadinya aku gak paham embung itu apa. Ternyata semacam waduk gitu ya hehe Asik ya klo jalan ke alam, membuat kita merasa kecil dan gak ada apa2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Kartika. Embung berarti waduk mini buatan. Di sini ada waduk besar juga. Seperti waduk Sempor dan waduk Wadaslintang.

      Delete
  8. Keren pak, kalau di daerahku nama embung itu identik dengan penampungan air yang ada di sawah dan dipake buat melihara ikan. Dan alamnyapun masih alami, karena biasanya selalu di kelilingi sama pohon bambu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mas Ilham. Ini pun embung, ya buat penampungan air. Hanya karena letaknya bagus, maka sekalian saja dibuat tempat wisata.

      Delete
  9. Wow, eksotis sekali sungai Lukulo nya, Mas... Kayak di manaa.. gitu ya. Memang alam Indonesia ini tiada duanya ya. Sepotong surga yang jatuh ke bumi kata orang²

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali Mbak Nur. Indonesia itu penuh pesona dari Sabang sampai Merauke. Dan sunga Lukulo itu kalau airnya banyak, bisa buat geo tubing juga, Mbak.

      Delete
  10. Tiketnya muraah banget. Dan ini bersih tempatnya. Memang sunsetnya bikin penasaran pasti..cuma ya mesti siap tiba-tiba gelap.
    Tapi beneran nih, Kebumen terus berjaya wisatanya. Cantik semua!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan di Kebumen banyak sekali tempat indah dengan tiket terjangkau, Mbak Dian. Jadi wajib dolan ke Kebumen.
      Semoga ke depannya ada resort sih, Mbak. Jadi orang bisa sekalian menginap juga.

      Delete
  11. Jadi gak usah jauh2 ke Singapore, di Embung Cangkring Kebumen juga bisa nemu Merlion ya pak :D
    Kyknya enak juga tu mendung2 ke sana, gpplah sepi, bisa poto puas2 tanpa bocor2 haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak April. Sambil nabung ke Singapore asli, nah bisa ke sini dulu hahaha.

      Delete
  12. Wisata Embung Cangkring ini hampir mirip sama salah satu perumahan elit di Surabaya, yang mana ada patung merlionnya. Bedanya kalo mau poto2 disana harus uber uberan sama satpam dulu.
    Tiket masuknya murmer pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... jadi triknya berdua, Kak. Ada satu yang ngajak Satpam ngobrol.
      Jadi emnding ke sini saja ya. Mau foto sepuasnya juga, dijamin tidak diuber satpam hahaha.

      Delete
  13. Wah bsia nih jadi pejalan spesialis embung. Jadi menulis seluruh embung di dunia nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. rencananya sih begitu, Mas Pring. Dan Insya Allah saya masih ingin ke embung Wonosari yang ada di Kebumen juga.

      Delete
  14. Masih asri banget ya disana , cocok buat tempat refresing bareng keluarga. Btw harganya murceee bangett sihhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas banget, Mbak Nia. Bawa bekal makanan dan tikar. Jadi makan bersama sambil menikmati pemandangan. Dih.. nikmatnya hehehe.

      Delete
  15. Ih, Kebumen ternyata enggak abis-abis ya tempat wisatanya. Keren banget. sudah tiketnya murah, pemandangannya keren dan kulinernya yang enak dan murah. jadi pengen nyobain mendoan di sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, segera dolan ke Kebumen, Mas. Pokoknya sehari, dua hari tidak bakalan cukup. Minimal seminggu hahaha. Apalagi mendoannya di sini enak banget Mas hahaha.

      Delete
  16. Kok kayak rada sepi ya mas. Embung Cangkring bisa menjadi destinasi yang keren nih yak kalau ke Kebumen. Suasananya seger jugak

    www.ngopisetengahgelas.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan sedang sepi. Tapi pas saya mau pulang, sudah banyak rombongan juga. Tapi embung Cangkring berpotensi sekali.

      Delete
  17. Cantik bgt views nya.. Masya Alloh.. Yg hijau2 emang bisa menenangkan n lebih bisa buat refreshing. Well noted nih klo ada rezeki ke kebumen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Desi. Bikin rileks, sejuk di mata, sejuk di hati hehehe.
      Semoga bisa segera ke sini ya, Mbak Desi. Aamiin.

      Delete
  18. Wow Background Merlion itu yang menarik mas. Kebumen rasa Singapura

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Sugi.
      Kalau saya posting foto tanpa caption, dikira lagi liburan ke Singapore hahaha.

      Delete
  19. Mau banget deh kalau diajak jalan-jalan bahkan berkemah ke kebumen ini. Beberapa teman sudah jalan-jalan kesana. Eh iya tapi makanan dan penginapan murah gak ya di kebumen mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, Mbak Tika. Dan di sini makanan dan penginapan terjangkau, Mbak.
      Dan nanti teman saya mau buat agen wisata Mbak. Jadi bisa lebih nyaman eksplor wisata Kebumen.

      Delete
  20. Tiketnya murah meriah ya mas. Infrastuktur wisata nya juga udah mulai bagus. Bawa anak2 juga nyaman kayaknya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok, Mbak. Anak-anak akan senang berlari-larian sambil melihat pemandangan hijau. Tapi harus terus diawasi ya, Mbak. Tapi yang pasti, embung Cangkring cocok untuk seluruh keluarga, Mbak.

      Delete
  21. Nambaah lagi nih list jalan jalan saya ke kebumen gara gara liat postingan mas Bambang .

    Sejuk bangeet liat hamparan hijau pepohonan dan ada taman gitu .
    Merenung sambil liat pemandangan pasti bakal banyak ide ide buat nulis ya mas . Hehehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Yulia. Pokoknya wisata Kebumen itu paket komplit. Dapat refreshingnya dapat idenya juga. Pulang wisata, jadi semakin semangat menulis, dapat ide banyak, kantong aman terkendali hahaha.
      YUk, segera berwisata ke Kebumen, Mbak.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.