} Embung Selo Asri Seboro, Wisata Kebumen yang Memikat - Cerita Bambang Irwanto

Embung Selo Asri Seboro, Wisata Kebumen yang Memikat

Embung Selo Asri Seboro, Wisata Kebumen yang Memikat - Setelah sebulan libur ngebolang dan ngadem di rumah, akhirnya minggu 21 Juli 2019 saya jalan lagi. Horeeee... dan rencana ini sudah saya susun sejak minggu lalu. Sempat agak degdegan, soalnya sudah persiapan semalam, eh setengah dua dini hari malah hujan. Takut batal hehehe. Tapi masih ada harapan sih, dan berdoa semoga paginya terang.



Nah, pas bangun pukul 5 subuh, ternyata masih gerimis kecil. Tapi tetap menerbitkan harapan sih, semoga nanti berhenti. Saya pun siap-siap lagi. Dan.. Taraa... pas pukul setengah 6, hujan berhenti. Hati saya girang dan langsung meluncur ke Kebumen. Tujuan saya kali ini ingin menikmati wisata Kebumen di wilayah utara yang masuk geopark Karangsambung Karangbolong Kebumen.

Tujuan pertama wisata Kebumensaya kali ini adalah embung Selo Asri yang berada di desa Seboro Kebumen. Jaraknya dari kota Kebumen sekitar 29 kilo. Pokoknya lebih jauh dari bukit Pentulu Indah. Tapi karena niat banget mau ngebolang, jarak jauh tak mengapa. Seperti jarak kita kan, jauh di mata dekat di hati.. sedaaaaap... hahaha.

Baca juga : Berburu Sunrise di Bukit Pentulu Indah

Pukul setengah 8, saya tiba di lokasi embung Selo Asri Seboro. Lumayan juga perjalanan dari rumah saya di Gombong sekitar 2 jam. Tapi jalanan menuju lokasi mulus sih. Hanya pas mau masuk saja ada jalan yang rusak. Terus karena memang baru pertama kali ke sana, jadi saya banyak bertanya. Alhamdulillah semua petunjuk pas dan semua lelah segera terbayar pas sampai di sana.



Sebelum masuk, ada loket tiket. Harga tiket sangat terjangkau, hanya 5 ribu. Dan inilah alasan kenapa saya suka berwisata di Kebumen, tempat wisata oke, tapi tiket terjangkau. Jadi pas di hati jiwa dan kantung hahaha. Para geotourism Kebumen pastinya happy wisata ke Kebumen.

Karena hari masih pagi, pengunjung belum ada. Tapi tak apa, ini malah menguntung saya, karena bisa bebas mengeksplor embung Selo asri dan terbebas dari kejaran para fans hahaha gaya benar saya ini. Jadi tanpa menunggu lama, saya pun langsung in action. Apalagi, saya berencana mengunjungi beberapa tempat hari itu. Jadi waktunya harus dibuat seefisien mungkin hehehe.



Embung itu memang waduk mini buatan. Jadi memang fungsinya sebagai pengairan. Hanya karena panorama sekitar embung Selo Asri sangat bagus, maka sangat berpotensi jadi tempat wisata. Apalagi di sini juga ada kebun lengkeng. Dan saya lihat, ada beberapa orang bekerja membangun fasilitas. Dan memang di wilayah Sadang ini, tidak hanya ada embung Selo Asri, tapi juga ada embung Cangkring, embung Wonosari, dan yang baru dibangun embung Sadang Wetan.





Pas saya datang, debit embung Selo Asri agak surut, Wajar sih, soalnya masuk musim kemarau. Bahkan pas lewat sungai Lukulo, itu kering. Sepanjang jalan, saya juga melihat orang mencuci baju di saluran-saluran irigasi besar yang airnya memang jernih.

Panorama embung Selo Asri ini memang memikat. Setelah puas melihat embung, saya pun bergegas naik ke atas bukit. Ada area bermain anak. Tampak ayunan, jungkat-jangkit dan panjatan. O iya, di dekat embung tadi ada kebun bintang mini juga. Ada beberapa kelinci dan ayam kalkun. Anak-anak pasti tambah suka berada di sini.



Saya terus melangkah. Tampak banyak tempat-tempat duduk yang beberapa ada pakai payung besar warna-warni. Jadi bisa duduk asyik sambil menikmati panorama indah di sekitar embung Selo Asri. Dan jangan lupa selfie-selfie di wisata Jawa Tengah ini. Pastinya buat diposting dimedia sosial hehehe.



Untuk wahana selfie memang belum banyak. Baru ada satu yaitu bertemakan cinta hahaha. Tapi tentu saja yang foto di sini bukan pasangan saja, tapi biasa saja. karena kan cinta itu universal, ya. Cinta dan kasih sayang bisa [ada siapa saja.



Tapi jangan lupa juga dengan panorama di embung Selo Asri ini yang sangat indah. jadi eksplor dan cari angle yang pas. pas akan dapat foto yang keren.









Nah, yang seru, di Embung Selo Asri ini bisa buat camping juga. Pas saya datang, masih berdiri tenda kementrian perhutani. Tendanya luas. Bisa muat 10-12 orang. Saya juga melihat di dekat tenda ada sisa api unggun. Jadi pastinya ada yang habis camping. Bisa tuh bangun pagi, lalu lihat sunrise hehehe.



Embung Selo Asri ini memang cocok untuk wisata bersama keluarga. Jadi bila teman-teman ke kebumen dan berniat wisata ke wilayah utara, jangan lupa mampir ke embung Selo Asri Seboro Kebumen. Kalau teman-teman mau melihat vlognya, bisa mampir ke channel youtube saya. Selamat berwisata, teman-teman...



Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

30 Responses to "Embung Selo Asri Seboro, Wisata Kebumen yang Memikat "

  1. Mas Bambang, emang embung selo asri ini beneran asri sekali seperti namanya. Saya paling suka lihat pemandangan yang sejauh mata memandang terlihat hamparan hijau. Mata ini rasanya segar sekali. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asri banget, Mbak. Pas buat wisata bersama seluruh anggota keluarga. Dan saya memang paling happy kalau wisata ke alam, Mbak. pemandangannya bikin sejuk mata, hati dan jiwa hehehe.

      Delete
  2. Mirip kaya embung kledung yang di temanggung ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin, Mbak. karena saya belum pernah ke embung Kledung. Tapi secara bentuk, embung di Kebumen ini hampir mirip bentuknya.

      Delete
  3. Saya baru tahu embung itu waduk..meski waduk buatan lokasi sekitar hijau dan asri ya..Sesuai dengan namanya Embung Selo Asri Seboro...pas ini buat wisata keluarga, tiketnya murah pula ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Dian. Embung itu sebutan waduk mini buatan. Dan di Kebumen ada beberapa embung dengan panorama yang memikat juga.

      Delete
  4. Aku juga suka lo explor tempat2 sekitar, berpetualang gitu. Kadang terlewat aja karna sibuk pengen kesana kemari malah yang deket gak tau hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memangm Mbak Kartika. istilah, saya selalu bermimpi wisata ke luar negeri. Padahal di sekitar masih banyak tempat bagus dan belum pernah saya kunjungi hehehe.

      Delete
  5. Belum pernah saya ke Kebumen. Bagus ya pemandangannya. Jadi penasaran pingin ke Embung Seloasri saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, segera dolan ke Kebumen, Mbak.
      Soalnya banyak sekali tempat wisata menarik dan seru. Tiket juga sangat terjangkau.

      Delete
  6. Wow... Lihat yang hijau-hijau langsung seger mata. Kebumen banyak wisata alamnya ya..jadi pengen kapan-kapan mbolang ke Kebumen. Wisatanya murmer pula... Hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, segera dolan, ke Kebumen, Mbak Sapti. Banyak sekali tempat wisata asyik dan sesuai di kantong hehehe.

      Delete
  7. Ini ide embungnya keren loh. Sebagai tadah hujan sekaligus tempat wisata. Salut buat pengelolanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Dan di Kebumen khususnya wilayah utara, ada beberapa embung. Panorama yang memikat, menjadikan tempat wisata yang menarik.

      Delete
  8. Jadi pengen menjelajahi Kebumen juga, kayaknya ke embung selo ini enaknya pagi-pagi banget biar sejuk, mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. tapi sebenarnya siang pun sejuk, Mas. Karena sekelilingnya alam. Dan kalau mau camping juga bisa. Jadi bisa lihat sunrise hehehe.

      Delete
  9. Di sana banyak obyek wisata alam ya pak Bambang, harga tiket masuknya pun murah banget :D
    Enak kalau masih pagi2 ke sananya ya, bisa merasakan nikmatnya udara pagi dari oksigen yang dikeluarkan pohon2 dan tanaman ijo di sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak, Mbak April. bahkan ada tiketnya cuma 3 ribu, Mbak. Pokoknya semua bisa happy berwisata di kebumen.
      Dan memang pas saat pagi, Mbak. Mau nginap juga bisa. Sekalian lihat sunrise hehehe.

      Delete
  10. Jauh juga ya jaraknya, 29 km dari Kebumen. Tapi kalau lihat foto2nya sih worth it banget ini mah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi ini bisa sekalian wisata satu jalur, Mas.
      Misalnya bisa ke Bukit Pentulu, Bisa ke Lipi, bisa ke Watu Kelir, dan embung-embung lainnya. Apalagi sudah banyak homestay, mas. jadi sekali jalan, banyak tempat yang bisa dieksplor. kemarin saya PP sih, dari pagi sampai siang, bbisia ke 4 tempat hehehe.

      Delete
  11. Seru banget nih kalau ajak keluarga kesana, lokasinya kece2 buat tempat berfoto ya. Jadi pengen ajak suami kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, segera agendakan liburan ke Kebumen, Mbak Elva.
      Ini sih, baru salah satunya, Mbak. Tempat wisata lainnya di Kebumen sangat banyak hehehe.

      Delete
  12. Seger banget ya tempatnya, jadi bebas menikmati udaranya bebas polusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali. Bikin adem mata, hati dan jiwa. selesai liburan, bisa semangat lagi beraktivitas.

      Delete
  13. Banyak wisata Alam menarik dan seru ya ternyata di Kebumen. Diliat dari foto-fotonya juga masih nampak hijau dan belum tersentuh banyak wisatawan. Semoga suatu saat saya Ada kesempatan bisa mampir di Kebumen menikmati kuliner dan wisata alamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Mbak Nanie. Insya Allah bisa jalan-jalan ke Kebumen Mbak.
      Dari Makassar sudah enak, Mbak. Bisa via Yogya

      Delete
  14. Di kebumen lebih banyak pegunungan ya tempat wisatanya. Aku belum pernah nih ke sana. Jadi pengen halan-halan juga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komplit, Mbak Tika. Jadi wilayah utara ini memang didominasi gunung, Mbak Tika. sedangkan wilayah selatan itu, didominasi pantai, juga ada beberapa bukit.

      Delete
  15. Ada tempat tersembunyi nih di kebumen... Aq blm pernah ksna.. Suatu hari nanti next mau ksni ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah bukan tempat tersembunyi lagi, Mbak Ria. karena sudah banyak yang berkunjung ke sana. Akses jalan sudah terbuka lebar hehehe. Yuk, dolan ke Kebumen, Mbak.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.