} 4 Rahasia Membuat Sriping Enak, Gurih, dan Renyah - Bambang Irwanto Ripto

4 Rahasia Membuat Sriping Enak, Gurih, dan Renyah

4 Rahasia Membuat Sriping Enak, Gurih, dan Renyah - Salah satu camilan favorit saya adalah Sriping atau kripik pisang. Dan pisangnya itu adalah pisang kepok, tak mau pisang lainnya. Halah... Gaya benar saya ini ya.



Dan saya beryukur, karena di halaman belakang dan samping rumah saya, ada pisang kepok. Jadi setiap panen pisang, saya selalu membuat sendiri sriping. Pastinya sripingnya sesuai dengan selera saya. Makanya rasa namba hahaha.

Eh.. Iso toh Mase Bambang (yang tampan rupawan, imut, lucu dan menggemaskan hahaha) ngawe Sriping gedang (pisang)?




Iso dong... Malah banyak yang suka dengan sriping buatan saya. Seluruh keluarga saya, dari Ibu saya, sampai cucunya yang baru berusia  tahun. Malah Mbak Erlita yang pernah saya kirimin sriping buatan saya, juga suka. Malah putrinya pas menikmat sriping saya, dicocol pakai susu kental manis hehehe.

Nah, karena sudah terbukti enak, maka saya akan membagikan rahasia cara saya membuat Sriping enak, gurih dan renyah. Siapa tahu teman-teman juga punya pisang kepok, dan ingin mencoba membuatnya.

Inilah 4 Rahasia Membuat Sriping Enak, Gurih, dan Renyah


Pisang Harus Tua Matang

Ini kunci utamanya membuat sriping enak, gurih, dan renyah. Jadi pisang yang digunakan untuk Sriping itu harus tua dan matang di pohon. Makanya saya tidak mau membuat Sriping yang pisangnya tidak matang di pohon. Karena inilah bahan utamanya.



Soalnya kalau pisangnya tua matang di pohon, itu proses membuat sriping jadi mudah dan cepat. Pisang mdah dikupas kerena tidak banyak getahnya. Terus rasa pisangnya sudah ada manis-manisnya, maka rasa Sriping akan lebih gurih. Kemudian pisang juga cepat saat digoreng.

Nah, cara sederhana mengetahui pisang yang sudah matang adalah daunnya itu sudah kering semua. Terus bisa ada satu buah  pisang yang sudah kuning. Atau kadang juga sudah ada satu buah pisang yang dimakan codot.

Jadi jangan dipaksakan menebang pisang yang kulitnya masih muda dan masih ada rambut di ujung pisangnya.  Soalnya rasa sriping akan ada rasa-rasa getah. Sayang sekali , kan. Padahal proses membuatnya sama, bumbu sama, tenaganya sama, minyaknya sama. Jadi kalau ada bisa pakai pisang yang tua matang, buat apa pakai pisang yang masih muda hehehe.

Langsung Diolah

Agar Sriping yang saya buat enak, gurih, dan renyah, maka saya langsung olah dalam satu waktu. Jadi begitu ditebang, saya langsung kupas, bikin bumbu, lalu goreng.



Jadi jangan tebang pisang, lalu diendapkan atau disimpan. Takutnya pisang sudah matang dan itu tidak bisa dibuat Sriping lagi. Kalau sudah terlanjut pisang ditebang, tapi tidak bisa langsung diolah bisa simpan dulu, tapi paling lama sehari, ya.

Bumbu Sriping Pisang

Sriping atau kripik pisang itu bunbunya termasuk sederhana saja. Sriping idak mau pakai bumbu neko-neko. Kalau macam-macam bumbunya, rasanya amburadul hehehe.

Jadi saya sebelumnya berekspreriman. Jadi biar renyah, saya coba bumbu sriping dikasih kemiri. Tapi apa yang terjadi, pisang malah lengket pas digoreng. Minyak juga cepat hitam.

Saya juga pernah kasih gula pasir. Sama pisang lengket pas digoreng. Pernah kasih penyedap rasa ayam, malah printil -printil bumbunya hahaha. Malah pernah pakai ketumbar juga.  Sama rasanya amburadul. Emang tempe goreng pakai ketumbar hahaha

Trio si Putih Sebagai Bumbu Sriping (foto Pribadi)


Akhirnya saya sudah patenkan bumbu Sriping itu hanya Three white atau Trio si Putih hahaha. Mereka adalah....  bawang putih, garam dan sedikit penyedap rasa alias micin. Kalau ga suka micin ya tidak usah pakai. Dan hasilnya, sriping malah pas rasanya.

Aromanya pas sedang digoreng itu wangi sekali. Minyak juga jadi bersih, dan bisa dipakai untuk menggoreng masakan yang lainnya. Pastinya selalu ada ada sebuah proses sampai akhirnya saya menemukan resep pas sriping ini.

Sriping Digoreng langsung

Nah, biar Sriping semakin renyah, maka saya menerapkan sistem penggorengan langsung. Jadi pisang diperet langsung di atas wajan berisi minyak panas. Soalnya kalau diperet dulu, terus nanti baru digoreng, maka kadang pisang yang sudah diperet akan sedikit hitam.



Setelah itu tinggal kasih bumbunya langsung begitu pisang sudah berada dalam. Minyak panas. aduk agar bumbu merata, goreng sampai kuning keemasan, lalu tiriskan dulu di sarangan. Setelah itu, baru ditempatkan di tampah yang sudah dilapisi koran.




Nah, kemarin saya coba nih, pakai rasa baru, yaitu pakai bubuk balado. Nah, kalau cara ini, prosesnya sama hanya tidak perlu dikasih bumbu saat menggoreng, istilahnya polos saja. Kalau mau dikasih bumbu, sedikit saja.



Setelah sriping diangkat dan masih dalam keadaan panas, lalu masukkan ke sebuah wadah. Masukkan bubuk balado sesuai takaran, lalu kocok sampai bumbu merata. Maka jadilah sriping varian baru.

Itulah 4 rahasia Sriping pisang renyah, enak, dan gurih. Selamat mencoba resep saya. Semoga suka.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

27 Responses to "4 Rahasia Membuat Sriping Enak, Gurih, dan Renyah"

  1. Dih lihatnya enak bener...
    ntar pas saya nyoba hm...
    hahaha suka begitu sih biasanya ini anak2 yang buat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan saja enak dilihat, Mbak. Tapi juga enak dimakan hahaha.
      Ayo, cobain, Mbak. Pasti akan ketagihan ingin membuatnya.

      Delete
  2. Buat temen kopi yahud tenan ini haha

    ReplyDelete
  3. Wa, pas ini bikin sriping pisang, mumpung di rumah aja, pasti laris manis pakai resep Mas bambang. Ternyata ada tipsnya ya..pantesan kadang kalau bikin suka lembek, karena pisangnya ga langsung diolah ya...Wah bisa dicoba nih tips jitunya biar sriping enak dan gurih rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak Dian. Jadi bagusnya lansgung diolah, jadi sangat fresh dan nantinya renyah. Ayo, langsung dicoba, Mbak Dian hehehe

      Delete
  4. Oalah ada pale' kolom komentar di sini, saya telanjur komen di atas. Ndak apa ji dih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dong, Mbak Niar. Ri balla'ku komplit. Tinggal pilih saja hahaha.

      Delete
  5. Itu awet renyah gak om keripik pisangnya? Soalnya aku bikin tapi gampang melempem dan ayem itu kenapa ya? Padahal udah aku masukkan stoples loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Eni. Ini renyah sekali. Mungkin pisangnya tidak langsung diolah, atau sudah kematangan, Mbak. bisa juga pas menggoreng minyaknya kurang panas, dan tidak sampai garing benar menggorengnya.

      Delete
  6. Walah serius ini saya baru tau kalau irisnya langsung sekalian di penggorengan ya mas. Jadi tau ini rahasia bikin kripik atau sriping yang enak dan renyah. Kapan-kapan saya pasti pakai resepnya ya. Makasih banget soalnya di depan rumah banyak pohon pisang juga hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. karena kalau diperet duluan, itu pisangnya bisa agak hitam, Mbak.

      Delete
  7. Serius wis "dipateni" Mas bumbune? Walah.. malah salah istilah ya haha... tadinya saya gak percaya Mas Bambang bikin sendiri Sripingnya. Soalnya dari foto pertama moso' megang sutilnya tangan kiri kayak canggung gitu. Nahh lihat videonya br deh percoyo. Mantul sharingnya, Mas. Matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. maksudnya dipatenkan oleh diri sendiri, Mbak Mia. Jadi saya tidak mau coba pakai racikan bumbu lain.
      Oh, ternyata foto itu kebalik, Mbak.Jadi saya aslinya pegang pakai tangan kanan dan pegang hape buat selfie tangan kiri. Lupa saya balik hahaha.

      Delete
  8. Kayaknya renyah banget ya kak, kalau liat ini jadi inget ART saudara ku dia pinter banget bikin keripik pisang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan kayaknya lagi, Mbak Nia. memang enak,renyah dan gurih hahaha memuji buatan sendiri.

      Delete
  9. Kayaknya renyah banget ya kak, kalau liat ini jadi inget ART saudara ku dia pinter banget bikin keripik pisang.

    ReplyDelete
  10. Oo jadi sriping yg rasa gurih asin itu bumbunya ada b.putih nya ya kak..tp kok ga kerasa aroma b.putihnya ya?? Btw kalo terima pesanan sy order ya kak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau punya saya terasa sekali bawang putih, Mbak Fitri. Bahkan pas digoreng, itu aromanya mengular sampai keluar rumah hahaha.
      Mungkin yang dijual itu, bawang putihnya tidak sebanyak takaran sripijg saya.

      Delete
  11. Kalo saya nyemilnya biasanya asin atau manis, belum nyoba sih yg balado mas. Lumayan varian baru hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak yang balado, Mas. Dan saya juga kemarin baru coba racik sedikit. Eh.. masih mau sudah habis hahaha

      Delete
  12. Wah mas, aq suka banget keripik pisang. Gak harus pisang kepok sih, pisang aja aja suka asal manis. Hehehe. Ternyata namanya sriping ya kalo di Jawa. Terima kasih resepnya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah coba sriping pisang lain, Mbak Mutia, tapi paling sreg memang pisang kepok. Iya, di jawa namanya sriping.

      Delete
  13. Ya ampun aku salfok nih bacanya td sepiring, makanya ga nyambung, kece ya bikin keripik pisang, mantap buat cemilan selama #dirumahaja

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. pasti belum ngebakso ya, Mbak Belgie.

      Delete
  14. wah mau juga coba ah minggu depan buat cemilan bulan puasaa. karena keluarga ku suka banget sma sripiing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, dibuat, Mbak Putri. Enak disantap dengan teh hangat hehehe.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.