} Hal-Hal yang Harus Dilakukan Saat Mata Lelah - Bambang Irwanto Ripto

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Saat Mata Lelah

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Saat Mata Lelah - Bagi saya, menjaga kesehatan mata sangat penting. Soalnya mata itu senjata utama saya saat bekerja. Setiap hari, saya selalu berhadapan langsung dengan laptop dan smartphone, yang pastinya membuat mata saya lelah.

Desain Canva


Nah, dengan sikon seperti itu, pastinya saya harus mencari cara jitu juga, biar bisa terus bekerja tanpa mata lelah. Dan memang menurut saya, memang hal wajib PENULIS HARUS MENJAGA MATA. Akhirnya saya punya trik jitu. Alhamdulillah, sampai sekarang, saya belum pakai kacamata minus.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Saat Mata Lelah :

Desain Canva

Istirahatkan Mata

Saat mata lelah, saya usahakan segera mengistirahatkan. Saya meninggalkan laptop dan juga smartphone. Soalnya kalau dipaksa malah membuat mata saya lelah.  Istilah saya, mata saya kriyep-kriyep hahaha. Bahkan pernah karena urusan pekerjaan, saya paksakan. Eh malah larinya ke kepala.

Saat diistirahatkan, saya biasanya pergi ke halaman rumah saya. Saya pandangi tanaman di halaman rumah saya yang hijau-hijau. Setelah beebrapa waktu, baru saya kembali ke depan laptop, dan siap cek-cek smartphone lagi.


1  Menit : 5 Detik

Ini rumus saya menjaga agar mata tidak lelah saat sedang mengetik di depan laptop. Jadi jangan menatap terus menerus layar laptop atau komputer. Setiap 1 menit menatap layar laptop atau komputer, maka saya akan alihkan pandangan seya selama 5 detik. Bisa tengok kanan kiri.

Saya juga mensiasati menaruh tanaman hijau dalam pot kecil di dekat meja kerja saya. Jadi saat ingin mengalihkan apdangan, maka tanaman hijau itu saya pandang. Tanaman kaktus juga sangat bagus ditaruh dekat laptop atau komputer, karena bisa mengurangi radiasi.

Masker Timun

Saat mengistirahatkan mata,. Saya melakukan masker timur. Tapi bukan timunnya ditaruh di wajah saya ya, tapi di kedua mata saya.Adeeem.. hehehe.

foto Bambang Irwanto Ripto

Jadi timun dicuci, lalu diiris dengan ketebalan 1 cm. Setelah itu, timun dimasukan ke dalam Kulkas. Setelah dingin, saya rebahan sambil menempelkan timun di kedua mata saya. Itu kedua mata saya jadi adem.


Rendam Mata di Air Daun Sirih

Daun sirih itu banyak manfaatnya. Selain untuk nginang dan membersihkan area kewanitaan, juga bisa untuk mata. Bahkan kemarin, tetangga saya minta daun sirih di rumah saya. Katanya buat bikin sanitizer. Dan saya beruntung, karena di halaman rumah saya ada daun sirih yang lumayan subur.

Foto Bambang Irwanto Ripto

Untuk membersihkan mata, caranya sangat mudah. Jadi ambil beberapa lembar daun sirih, lalu taruh di piring bersih. Masukkan ai,r lalu rendam mata sambil Dikucek-kucek. Nah, itu kotoran-kotoran di mata akan keluar. Penglihatan jadi cling kembali.


Rajin Mengkonsumsi Wortel

Saya beruntung  karena suka wortel. Nah untuk menjaga kesehatan mata, saya suka membuat jus wortel. Biar mata saya setajam dan sebening mata kelinci hahaha.




Tentu saja, wortel tidak harus dibuat jus terus. Biar variasi dan saya tidak bosan, wrotel bisa dimasukkan dalam berbagai olahan makanan. Misalnya bikin bakwan, tahu isi, pastel masukin wortel. Bikin risol, masukin wortel. Termasuk dalam memasak sayuran juga.


Menyiapkan Obat Tetes Mata

Ini saya lakukan saat saya berada di luar rumah, dan harus tetap menulis. Jadi kan, akan ribet sekali kalau saya  melakukan hal-hal di atas. Maka solusi saya menyiapkan obat tetes mata saja. Dan saya pakai obat tetes mata Insto  Dry Eyes yang membuat selamat tinggal mata kering.

Foto Bambang Irwanto Ripto

Jadi saat mata saya lelah, saya istirahatkan mata. Saya lalu berbaring lalu memberi obat tetes mata pada mata saya. Setekah berbaring sejenak, maka saya kembali ke laptop.


Jalan-Jalan

Ini salah satu hal yang saya lakukan saat mata saya lelah, karena terus berhadapan terus dengan laptop atau smartphone. Yessss... jalan-jalan hahaha. Selain bisa mengistirahatkan mata dengan melihat keindahan alam, juga bisa dapat ide menulis untuk rubrik JALAN-JALAN BAMBANG dan pastinya mendapat inspirasi yang menbuat saya semakin semangat menjalani hidup.

Foto Bambang Irwanto Ripto

Jadi kalau memang tujuannya jalan-jalan, maka saya sengaja tidak membawa laptop. Malah terkadang smartphone saya matikan jaringan internetnya. Saat inilah, saya memanjakan mata saya, agar lebih segar dan bisa semangat beraktivitas kembali menulis depan laptop.

Foto Bambang Irwanto Ripto

Nah, itulah hal-hal yang saya lakukan saat mata saya lelah. Tentu saja tips ini saya susun sesuai pengalaman pribadi saya, ya. Kalau cocok dengan teman-teman, bisa diterapkan. Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam...

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

32 Responses to "Hal-Hal yang Harus Dilakukan Saat Mata Lelah"

  1. Ini yg sering sy lakukan merendam dengan air daun sirih. Hasil membuat penglihatan jernih kembali. Tp sebaiknya kalau mata sudah lelah istirahatlah. Jgn memaksa krn bisa berakibat fatal bagi kesehatan mata kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Mas Abdul. Paling ampuh mengistirahatkan mata, tentunya sambil melakukan hal-hal yang membantu membuat mata tak lelah lagi. Salah satunya rendam air daun sirih itu.

      Delete
  2. Wah manfaat ini mas...apalagi mata saya akhir2 ini sering lelah gara-gara kelamaan depan komputer. Makasih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bila bermanfaat, Mbak Novie. Yuk, jaga kesehatan mata kita, Mbak.

      Delete
  3. jalan-jalan nih yang paling afdol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak Tira. Sekali jalan, dapat semuanya. Cuci mata iya, kepala segar iya, dapat ide dan inspirasi iya hehehe.

      Delete
  4. Saya pilih insto aja kali mas Bambang. Pake sirih itu pedes banget lohhh.
    Gak nahan. Kalo pake insto itu ademmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru rasa pedasnya itu jadi indikator, Mbak. Semakin pedas rasanya, berarti mata kita memang sedang sakit dan perlu diistirahatkan. Kalau tetes mata, saya pakai saat bepergian saja hehehe.

      Delete
  5. Aku sering pake timun dingin tuh pak, tapi kalau sudah rada merah andalan kami tuh insto. Mata jadi blink lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Dyah. Saya biasanya masker timun dulu. Soal kelopak mata ikut adem hehehe.

      Delete
  6. Semenjak dirumah aja, Mata ku jadi gampang lelah banget om . Aku perlu tips yg seperti ini nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang, Mbak. Karena kayaknya yang dilihat itu-itu saja ya. kalau kelaur rumah kan, bisa lihat tanaman hijau atau pemandangan alam hehehe.

      Delete
  7. Metode 1 menit: 5 detik itu memang mujarab, Mas. Apalagi kalau saat lima detik itu melihat ke arah lain yang terlihat indah, tanaman, makanan, ehhh ... Nggak papa dong, kan yang penting berpaling sejenak.

    Saya juga sedia Insto di laci kamar. Para pekerja laptop macam kita ini memang kudu punya, sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Nah, iya, Mbak Melina. Saya juga suka melirik ke makanan yang ada di dekat saya. Lalu tanpa diperintah, langsung nyomot, langsung masuk ke mulut hahaha.

      Delete
  8. Wah sama kaya saya nih pakai insto hehe saya juga gitu kalau mata lelah sebisa mungkin pejamkan mata dulu biar mata istirahat tapi kalau harus terpaksa melek pakai insto aja hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Nia. saya kalau memang dikejar deadline, saya usahakan istirahatkan mata sejenak.

      Delete
  9. Bener banget ini Mas Bambang, kl mata lelah sebaiknya jangan dipaksain ya, ambil jeda buat mengistirahatkan mata, dan jangan lupa dipakai dong Instonya.. hehe saya sendiri selalu sedia nih, buat jaga2 kalau2 mata jadi perih hehe... Tfs ya Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Mbak Mia. Soalnya mata memang senjata utama kita menulis ya. Makanya wajib diperhatikan sekali.

      Delete
  10. Yang biasa saya lakukan cuma 3 doang. Mengalihkan pandangan agar tidak menatap layar terus, makan wortel dan stand by insto. Apalagi, kalau travelling, selalu melakukan 3 hal itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sudah mantap, Mas Taumy. Dan kalau Instto, jadi andalan saya saat jalan-jalan, Mas hehehe

      Delete
  11. Tipsnya seru2 ya.. Saya milih yang jalan2 buat menjaga kesehatan mata. Heheh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss, Mbak Fauziah. Jalan-jalan memang obat mata paling mujarab hahaha.

      Delete
  12. Kayaknya enakan pake yang langsung tetes aja kali ya mas. Soalnya kalo gak bener2 mencuci daun sirih dengan tepat malah kuatir ada bakteri yang nempel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Shicha. Makanya saya cuci bersih dulu sebelum digunakan. Malah saya pakai air hangat buat rendaman juga.

      Delete
  13. Habis maskeran, mentimunnya enak tuh mas dicocol sama sambal ha..ha...

    Bagiku mata memang senjata penting buat pekerjaan apapun. Ngomongin jalan jalan, kudu sabar selama pandemik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... jangan sampai kecolongan, Mas Erfano. Jangan sampai lupa langsung dipakai lalapan hahaha.
      Memang Mas, mata adalah senjata utama kita.

      Delete
  14. Iya nih. Demi punya mata sehat saya masak wortel terus. Bahkan dadar pun ada larutan wortelnya
    Kalau mata lelah biasanya saya ke kebun depan rumah. Lumayan bikin mata segar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak Susi. Dan saya beruntung suka wortel. Jadi mau dimasukan ke makanan appa saja, saya suka hehehe.

      Delete
  15. Aku baru tau nih mas daun sirih bisa buat rendam mata. Padahal di rumah ada tanamannya lho!

    Sayangnya aku sekarang udh pake kacamata. Meski masih kecil minusnya tapi ya cukup tergantung juga hikss akibat dari kecil suka baca sambil tidur wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mulai dilakukan, Mbak Kartika. Jadi Mbak Tika hanya pakai kacamata saat membaca saja. Bisa juga menerapkan tips lainnya hehehe.
      Saya juga kalau membaca tiduran, Mbak Tika. Tapi Alhamdulillah belum pakai kacamata minus.

      Delete
  16. Cara pertama sepertinya simpel banget ya. Tapi justru paling susah dilakukan karena lupa! :)))) Selama wfh ini jadi sering banget mata terasa capeeeeek banget. Kayak ngantuk, padahal engga. Eh ternyata ya karena kebanyakan lihat layar laptop dan HP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Ratri. Saking seriusnya menulis, jadi lupa mengistirahatkan mata. padahal mata senjata utama kita ya, Mbak.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.