Tips Pergi Ke Pameran Buku

Menulis dan membaca buku itu adalah satu kesatuan yang utuh. Orang yang suka membaca, belum tentu suka menulis, tapi orang yang suka menulis pasti suka membaca. Makanya membeli buku menjadi sebuah kewajiban, untuk menambah amunisi menulis kita.

Selain membeli ke toko buku, salah satu berburu buku keren dan murah adalah pergi ke pameran Buku. Khususnya di Jakarta, dalam setahun diadakan beberapa pameran buku. Baik Pameran buku-buku umum, maupun pameran buku muslim.

Nah, sekarang saya bagi tipsnya berburu buku di pameran buku :

1. Pertama, siapkan waktu khusus untuk ke pameran buku. karena bagi saya, ke pameran buku itu, tidak bisa dikunjungi  hanya dalam waktu 1-2 jam. dijamin, tidak akan puas. Padahal ratusan buku, bahkan ribuan buku keren siap menanti kita.
Jadi saran saya, pilih satu hari full untuk ke pameran buku. Kalau bisa dari buka sampai menjelang tutup.

2. Pasti ada 1-2 buku yang sudah lama kamu incar. Maka jadikan itu prioritas utamamu membeli buku. Bila dana masih tersedia, boleh membeli buku baru. Kamu harus teguh pada pendirianmu. Karena kalau goyah, dijamin kamu akan kalap melihat buku keren. Akhirnya semua ingin dibeli dan melebihi dana yang tersedih.

3. Bila buku impian sudah didapat dan dana masih tersedia, maka boleh membeli buku lain. Saran saya, jangan langsung terpaku di satu stand buku saja. Tapi boleh keliling dulu, sebagai perbandingan. Karena sesuai pengalaman, saya sudah terlanjur membeli buku di satu stand, eh pas ke stand lain, ada buku yang lebih menarik dan harganya lebih murah.

4. Saat pameran buku, saatnya berburu buku keren, tapi didiskon. Biasanya buku diskon itu dicampur aduk dalam sebuah bak atau tempat. Jangan ragu untuk mengubek-ubek tumpukan buku itu. Bisa jadi, tumpukan buku idamanmu ada di bagian paling bawa.

5. Jangan lupa mengunjungi stand buku-buku lawas.

6. Biasanya, bila ada pameran, maka ada acara taks show seputar buku dan dunia penulisan. Jangan lewatkan acara itu. Selain gratis juga bisa menambah ilmu. Malah kalau lagi hoki, bisa dapat door prize buku gratis. Selain menambah ilmu, kan bisa sekalian istirahat juga. Malah bisa berfoto dan minta tanda tagan penulis favorit.

7. Kenakan pakaian yang nyaman dan meresap keringat. Pergi ke pameran buku, bagi saya mencari harta-harta karun. jadi butuh ekstra tenaga juga. Jadi jangan lupa sarapan sebelum berangkat. Jangan lupa makan siang bila tiba waktunya.

Selamat berburu buku, teman-teman....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Pergi Ke Pameran Buku"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Terima kasih. Salam semangat menulis.