Saat Kalah Lomba

   
    Beberapa waktu lalu, saya mengikuti lomba blog. Kebetulan sudah ada pengumumannya. Menang, ya? Tentu saja tidak hehehhe.
     Kecewa, sedih? Kecewa pasti, bohong saja kalau tidak kecewa. Lah, sudah berusaha nulis dan    ikut lomba, tapi tidak menang.
     Sedih? Tentu tidak. Kok tidak sedih? Kan Kalah?
     Soalnya saya memang baru belajar ikut lomba blog. Yang penting saya sudah berusaha. Yang penting tulisan saya sudah dibaca teman-teman. Bahkan ada yang komen juga ada hehehe.
     Tapi semua itu, jangan membuat saya berpuas diri. Setelah kalah lomba ini, maka saya segera melakukan sesuatu. Nah, apa saja yang saya lakukan?

Cek Blog Pemenang
      Hal pertama yang saya lakukan adalah mengecek blog pemenang. Penasaran dong, kok mereka menang. Apa kelebhan tulisan mereka dan membuat mereka menang.
     Saya pun mengunjungi blog pemenang satu persatu. Saya pelajari tulisan mereka yang diikutkan lomba blog. Dan voila... ternyata saya salah menulis. Tentu saja tidak menang hahaha.
      Jadi, para pemenang itu, memasukkan manfaat dari tulisan-tulisan atau postingan-postingan yang dibuat brand di websitenya. Misalnya 5 Cara mensiasati uang THR, 10 pekerjaan yang bisa dilakukan menjelang lebaran, dan lainnya. Sementara saya fokus menulis bank yang pakai hehehe. Pantas saja kalah.

Ikut Lomba Blog Lagi
     Hal kedua yang saya lakukan adalah ikut lomba blog lagi. Tidak takut kalah lagi? Lah, kalah kan waktu ikut blog kemarin. Jadi jangan mau kalah, maksudnya tulisan kali ini harus lebih baik dari kemarin. Jadi sebisa mungkin, lebih memerhatikan kriteria lomba yang memang diinginkan panitia lomba. Termasuk mempersiapkan materi lebih baik lagi.

Sebuah Proses.
     Saya sangat percaya sebuah proses. Seperti naik sebuah tangga. Kita tidak bisa langsung sampai ke atas. Harus menapak satu persatu anak tangga. Begitu juga saat kita mendaki gunung.
     Jadi, bila saya masih belum berhasil menang lomba blog, itu hanya sebuah proses. Berarti saya harus terus menulis, menulis, menulis, dan rajin ikut  lomba blog.
     Tidak takut bosan ikut lomba? Tentu tidak, karena dengan begitu, saya memacu diri saya untuk terus belajar, dimana letak kekurangan saya. Dan percayalah, semakin lama, proses itu berjalan, maka hasilnya akan semakin bagus. Karena sang pemenang adalah bukan berarti tidak pernah gagal, tapi lebih gigih berusaha.
     Jadi kalau kalah lomba, ya ikut lagi hehehe...
     Salam semangat menulis.
    




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saat Kalah Lomba "

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Terima kasih. Salam semangat menulis.