} Tanya Dokter Jantung Saja Mengenai Penyebab Penyakit Jantung - Bambang Irwanto Ripto

Tanya Dokter Jantung Saja Mengenai Penyebab Penyakit Jantung

Tanya Dokter Jantung Saja Mengenai Penyebab Penyakit Jantung - Jantung merupakan organ yang sangat vital bagi seseorang. Ketika jantung berhenti berdetak, maka juga merupakan akhir dari hidup seseorang. Makanya penting sekali menjaga kesehatan jantung kita ya, teman-teman.



Penyakit jantung juga merupakan penyakit yang mematikan dan dapat terjadi karena berbagai faktor atau kondisi. Penyakit jantung sendiri merupakan penyakit yang menyebabkan jantung mengalami gangguan kesehatan. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor tergantung dari jenis penyakit jantung yang dihadapi.

Nah, untuk dapat menjaga kesehatan jantung, teman-teman bias mendapatkan infonya secara lengkap. Teman-teman bisa untuk tanya dokter jantung secara langsung atau online.

Teman-teman bisa membuat janji dokter terlebih dahulu, sedangkan apabila di online bisa langsung untuk berkonsultasi dengan segera seperti di aplikasi Halodoc yang hanya membutuhkan kurang dari 1 menit untuk konfirmasi dokter yang diinginkan.



Apabila telah memilih tempat konsultasi tersebut, Teman-teman bisa untuk bertanya mengenai keluhan yang dialami. Untuk menghindari penyakit jantung sendiri bisa dengan mengenali jenis penyakit jantung dan penyebabnya terlebih dahulu.

Berikut beberapa penyebabnya. Jadi Tanya Dokter Jantung Saja Mengenai Penyebab Penyakit Jantung 



Jantung Koroner

Penyakit jantung yang paling umum dialami adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini dikarenakan jantung yang tidak cukup untuk mendapatkan darah yang kaya nutrisi dan oksigen. Sehingga kondisi tersebut akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah jantung yang disebut dengan arteri koroner. Pada umumnya untuk penyakit jantung koroner ini dikarenakan penyempitan pembuluh darah karena terjadi penumpukan plak. Selain itu penyebab lainnya adalah karena emboli arteri, radang arteri, diseksi aorta, dan juga aneurisma.


Gangguan Irama Jantung

Gangguan yang dapat dialami jantung selanjutnya adalah gangguan irama jantung atau disebut juga aritmia. Penyakit ini menyebabkan jantung mempunyai irama yang tidak normal dan membuatnya kurang berfungsi dengan baik yaitu lebih lambat, lebih cepat, atau tidak beraturan. Adapun untuk penyebabnya disebabkan oleh beberapa kondisi seperti misalnya mengalami diabetes, kelainan jantung saat lahir, mengkonsumsi alkohol dan kafein secara berlebihan, mengonsumsi obat-obatan, mempunyai kebiasaan merokok, stress, mempunyai tekanan darah tinggi, dan juga karena mempunyai penyakit jantung koroner dan katup jantung.

Penyakit Jantung Bawaan

Kelainan selanjutnya adalah ketika terjadi penyakit jantung bawaan yang membuat bentuk dan fungsi jantung tidak normal dan dialami semenjak lahir. Penyakit ini dapat terjadi pada bagian katup jantung, dinding jantung, dan juga di pembuluh darah sehingga menyebabkan penaykit VSD, tetralogy of fallot, patent ductus arteriousus, dan juga penyakit lainnya. Penyakit jantung bawaan sendiri belum diketahui penyebabnya, tetapi umumnya karena disebabkan oleh beberapa kondisi. Mulai dari riwayat kelainan jantung yang terjadi pada keluarga, infeksi virus, penggunaan obat saat kehamilan, kecanduan alkohol, dan juga diabetes.


Infeksi jantung

Penyakit selanjutnya yang dapat dialami adalah infeksi jantung atau yang dikenal dengan juga peradangan yang bisa terjadi pada otot jantung, lapisan dalam jantung, dan juga bagian membran jantung. Penyakit yang dapat timbul misalnya endokarditis, perikarditis, dan juga miokarditis. Adapun untuk penyebab penyakit ini adalah karena virus, parasit, dan jamur yang dipicu karena AIDS, gagal ginjal, cedera jantung, lupus, dan juga kecelakaan.


Penyakit Katup Jantung

Penyakit terakhir yang dapat terjadi pada jantung dan bisa tanya dokter jantung untuk mendapatkan solusi dari profesional adalah penyakit katup jantung. Penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan pada bagian katup jantung. Adapun untuk penyebab penyakit ini adalah karena mengalami penyempitan dan juga kebocoran jantung yang disebabkan oleh demam rematik, infeksi, gangguan jaringan ikat, dan juga karena kelainan jantung yang dialami sejak lahir.


Nah, sudah jelas ya, teman-teman, betapa pentingnya menjaga kesehatan jantung. Sebabnya itu tadi, jantung itu adalah pusat seluruh organ tubuh bekerja. Jantung berhenti bekerja, maka seluruh organ tubuh akan berhenti bekerja.

Jadi jangan ragu bila ada gelaja, tanya dokter jantung saja. Segala informasi lengkap seputar jantung, dan solusinya bisa teman-teman dapatkan. Akhirnya masalah jantung bisa diatasi sedini mungkin. Terus hidup sehat teman-teman.

Subscribe to receive free email updates:

28 Responses to "Tanya Dokter Jantung Saja Mengenai Penyebab Penyakit Jantung "

  1. kalau ngomongin penyakit suka rada serem, apalagi yang mematikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Tira. Makanya wajib selalu menjaga kesehatan jantung ya, Mbak Tira. Istilahnya lebih baik mencegah daripada mengobati.

      Delete
  2. Wah kalau sudah ada gejala2 seperti gejala penyakit jantung harus segera tanya ke dokter jantung ya.. Semakin dini mengetahui penyebabnya semakin cepat bisa diobati ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak Rita. jadi kan lebih jelas infonya, berikut penaganannya juga, Mbak Rita.

      Delete
    2. Sekarang ini kita bisa tanya2 secara Online ya kepada dokternya karena dah ada aplikasinya, gak perlu antre dulu di tempat praktek dokter. Praktis banget nih..

      Delete
    3. Iya, Mbak Rita. :ebih praktis. Hemat waktu dan tenaga.

      Delete
  3. wah terima aksih banyak sharingnya mas, banyak juga ya ternyata jenis oenyakit jantung. dulu tahun 2005 saya punya pengalaman divonis jantung saya bocor oleh dokter umum, bikin semua keluarga panik, pas ke dokter spesialis jantung dan cek segala macam alhamdulillah saya normal semuanya, dan terakhir bulan lalu saya scan jantung karena saya terkena GERD almhamulillah semuanya normal juga kata dokternya, jadi mesti hati-hati juga dan betul harus check ke dokter spesialisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Mei.
      Sekarang semakin mudah tahu seputar penyakit jantung ya, Mbak. Termasuk juga periksa langsung pada dokternya.

      Delete
  4. Semoga kita terhindar dari penyakit jantung ini yaa Mas Bambang. Soalnya jantung ini organ dalam yang vital banget bagi manusia. Organ yang pernah beristirahat. Sebab kl dia sempet rehat bekerja, walahh bisa berakhirlah hidup kita huhuu... Tfs ya Mas Bambang... mari kita jaga kesehatan jantung kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Mbak Mia. Semoga kita terus sehat ya, Mbak. Karena memang jantung ini pusatnya organ bekerja dalam tubuh. makanya kita harus menjaga kesehatan jantung kita.

      Delete
  5. Layanan Halodoc memang mudah. Saya pernah menggunakan untuk mengambil obat di Rumah Sakit. Praktis, bayar 5000 langsung dikirim ke rumah tanpa antri apotik berjam-jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sangat membantu ya, Mbak. Jadi praktis, cepat, dan mudah.Tidak perlu pakai antre lama lagi.

      Delete
  6. Sakit jantung yg ngeri itu kalo tiba-tiba serangan jantung. Hiks. Terutama yang punya darah tinggi alias hipertensi juga perlu waspada penyakit jantung

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali, Mbak Dian. Makanya sering serangan jantung lalu tak tertolong lagi. Jadi memang wajib menjaga kesehatan jantung kita.

      Delete
  7. Emang udah seharusnya bertanya ke dokter daripada buat kesimpulan sendiri.

    ReplyDelete
  8. Duh kalau ngomongin penyakit jantung ini jadi inget bapak. Sudah pasang ring jantung dan minum obat seumur hidup. Jadi takut gimana gitu. Untungnya sekarang bisa tanya dokter jantung yah. Untuk mengetahui lebih lanjut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak meilia, jadi kita harus jaga kesehatan jantung kita. Terus kalaua da gejala, lebih baik tanya langsungpada dokter ahlinya.

      Delete
  9. Beberapa teman bercerita saat usia muda pun bisa terkena penyakit jantung. Memang penting banget untuk menjaga kesehatannya nih. Tapi lebih bagus tanya dokter yah biar makin jelas dan menjaga-jaga agar bisa waspada sejak dini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Mbak. Karena penyakit jantung itu tidak kenal usia. Muda tua bisa kena juga.

      Delete
  10. Aku jadi teringat alm papa meninggal karena serangan jantung.

    Harus menjaga pola makan juga supaya ttp sehat jantungnya ya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, Mbak. menjaga pola hidup sehat, termasuk pola makanan juga.

      Delete
  11. Ternyata penyakit jantung tuh ya macam-macam ya jenisnya. Semuanya penuh resiko apabila tidak terdeteksi sejak dini. Selain rajin kontrol, pola hidup sehat juga penting ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Uniek. Beragam jenis penyakit jantung ini. Makanya bila ada gejala bisa tanya langsung saja pada dokter ahlinya.

      Delete
  12. Aku termasuk yg sering memanfaatkan halodoc ini Mas. Tp belum pernah konsul dokter jantung. Beberapakali konsul masalah gizi dan penyakit tbc. Konsul di Halodoc enak penjelasannya dan ramah2 dokternya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sangat terbantu ya, Mbak. Jadi tidak perlu keluar rumah untuk tahu info penting seputar kesehatan dan permasalahannya.

      Delete
  13. Alhamdulillah bermanfaat banget, makasih banyak infonya ya pak.. jadi inget dulu punya temen smp yg punya penyakit jantung jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Yesi.
      Nah, penyankit jantung tidak mengenal usia, Mbak. Jadi kita harus menjaga kesehatan jantung kita.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.