} Membersihkan Mata dengan Daun Sirih - Bambang Irwanto Ripto

Membersihkan Mata dengan Daun Sirih

 Sebagai penulis, mata adalah senjata saya. Makanya saya selalu berusaha menjaga kesehatan mata saya. Salah satunya dengan membersihkan mata dengan daun sirih yang sangat alami


Alhamdulillah, Kebetulan di halaman rumah saya ada tanaman daun sirih.  Jadi saya sangat memanfaatkan tanaman merambat ini yang sangat manfaatnya. Kapan butuh, tinggal metik saja hehehe.

Nah berikut saya akan memberitahukan cara membuat air rendaman mata dari daun sirih. Alhamdulillah sampai saat ini saya belum pakai kacamata, walau setiap hari di depan laptop dan hape.

Tips Membersihkan Mata dengan Daun Sirih

Pertama ambil beberapa lembar daun sirih. Tapi sesuai nasihat Ibu saya, kalau petik daun sirih atau menggunakan daun sirih itu harus ganjil. Misalnya 3, 5, 7 dan seterusnya. Dan lucunya, kok saya ngikut saja hahaha. Makanya saya petik 5 lembar saja. Saya memakai 5 lembar saja.


Usahakan yang segar. Jadi kalau teman-teman tidak punya tanaman sirih, minta ke tetangga yang punya atau beli di pasar yang masih segar.  Kalau kita betetangga, boleh sekali minta ke saya hahaha.

Pilih daun sirih yang masih muda dan lebar. Ini biasa daunnya ada di pucuk. Daun sirih mudah bisa dibedakan dengan warna daunnya yang tidak terlalu hijau dan lemas. Dulu saat Nenek saya masih hidup, selalu diincar buat nginang atau nyirih hehehe.


Biar lebih jelas, coba deh, teman-teman perhatikan daun sirih muda dan daun sirih tua pada foto berikut ini. Selain jelas beda warna, daun sirih muda rasanya lebih manis. Kalau yang tua justru pahit.

Setelah dipilih daun sirih segar, saya segera mencuci daun sirih itusampai  bersih. Ini bertujuan untuk menghilangkan dulu debu-debu menempel di daun sirih. Tidak lucu kan, kalau tujuan kita membersihkan mata dengan daun sirih, malah nanti mata kena tambahan debu hehehe.


Setelah itu daun sirih dicuci bersih, siapkan wadah untuk membejek-bejek daun. Beri dulu sedikit air minum, lalu bejek-bejek daun sirihnya sampai mengeluarkan warna hijau. Pokoknya usahakan sampai daun sirih tidak mengeluarkan warna hijau lagi saat dibejek. Agar hasilnya maksimal, coba bayangkan mantan yang dulu selalu bohong pada kalian. Ibaratkan daun sirih yang sedang dibejek itu adalah wajah mantan yang sangat menjengkelkan hahaha


Setelah puas membejek, tambahkan air secukupnya. Saya menggunakan air matang atau air minum untuk menjaga kesterilan. Jadi jangan sampai kebanyakan air ya, karena khasiat daun sirih nanti akan berkurang.

Selanjutnya, saring daun sirih. Usahakan gunakan saringan yang halus ya, agar tidak ada lagi ampas daun sirih. Kalau saya menggunakan saringan teh poci. Jangan pakai saringan kelapa hahaha.


Kemudian, siapkan piring bersih. Taruh air dan sirih ke dalam piring. Usahakan jangan piring yang cekung sekali ya, tapi yang agak ceper. Ini akan memudahkan saat merendam dan mengucek-ucek mata.

O, iya. Jangan sekali-sekali menggunakan piring bekas makan, apalagi makannya tadi pakai sambal. Dijamin mata akan semakin perih. Lebih perih saat ditinggal nikah sang mantan hahaha.

Saatnya merendam mata dalam air sirih. Jadi kriyep-kriyepkan kedua mata di dalam air. Seperti kayak  habis ditetasi obat tetes mata saja. Awalnya memang perih rasanya. Kayak kena cabe hehehe. Tapi semakin perih, itu menandakan kalau mata kita kurang sehat.


Lakukan cara di atas beberapa kali. Kalau saya cukup  kali saja. Asalkan rutin dilakukan 2 hari sekali. Insya Allah mata akan dengan cara alami. Tapi ingat ya, harus mengistirahatkan mata juga, jangan di depan laptop atau gadget mulu. 

Itulah cara saya memersihkan mata dengan daun sirih. Teman-teman bisa mencoba cara saya ini Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.


Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

26 Responses to "Membersihkan Mata dengan Daun Sirih"

  1. Terima kasih untuk informasinya. Akhirnya ada juga yang share pengalaman pribadi.

    Dulu pernah baca khasiat daun sirih buat mata, tapi belum berani nyoba karena infonya bukan dari pengalaman pribadi. Lewat tulisan ini saya jadi yakin untuk mencobanya, maklum kerjaan kebanyakan depan laptop dan sering natap Hp juga baca info group kantor dan info lain yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Sama-sama, Mas Arif. Alhamdulillah bila tulisan ini bermanfaat. Dan karena berkhasiat, maka saya share sesuai pengalaman pribadi saya.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih share artikelnya Pak Bambang. Sangat bermanfaat. Sirih memiliki banyak manfaat untuk obat herbal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mas. Alhamdulillah bila bermanfaat, Mas. Dan sirih ini memang banyak sekali kegunaanya, termasuk untuk mata. Aman dan alami juga.

      Delete
  4. Mas, Ibuku juga bilang metiknya ganjil..kwkw ternyata sama ya
    Dan aku pun punya daun sirih di rumah, tapi biasa buat jamu
    Kalau buat membersihkan mata belum perna coba...
    Mau coba nih jadinya, depan gadget mulu biasa lelah nih mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. ternyata aturan metik ganjil sudah berlaku di mana saja ya, Mbak Dian.
      Nah, kalau dulu, sering dipetik nenek saya buat nginang, Mbak. Lalu tetangga juga sering minta yang masih ada embahnya. atau bisa juga buat mimisan.
      Pokoknya daun sirih ini banyak manfaatnya.

      Delete
  5. Resep baru nih mas, baru saya tahu lebih tepatnya. Oh iya, pernah baca di mana juga..ternyata daun sirih bisa untuk meredakan batuk dan asma. Banyak juga yaa manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daun sirih banyak manfaatnya, Mbak Andy. Termasuk membersihkan daerah kewanitaan, buat nginang para Embah hahaha, juga buat mimisan.

      Delete
  6. Ternyata sirih bermanfaat untuk membersihkan mata juga.. sharing yang sangat bermanfaat pak. Terima kasih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Dan saya sudah mencoba. Tapi tentu saja, harus segera mengistirahatkan mata juga saat lelah.
      sama-sama, Mbak Inova.

      Delete
  7. Oke, mengerti. Pokoknya saat mbejek-mbejek si daun sirih, bayangin wajah mantan ya. Makin diinget, makin alus dah tuh daun, wkwkwk ...

    Eh Mas, kalau waktu mencuci mata pakai air daun sirih ini, nanti di airnya keluar kotoran gitu nggak, sih? Jadi ingat waktu mencuci mata pakai borewater. Kan suka keluar kotoran-kotoran kecil tuh, ya. Sama, nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Melina. Semakin ingat mantan, maka semakin halus bejekannya hahaha.

      Iya, Mbak, saat mata direndam, lalu dikriyep-kriyep, itu keluar kotoran dari mata saya. Makanya setelah dicuci, penglihatan saya jadi jelas lagi hehehe.

      Delete
  8. dulu dari kecil sering pake daun sirih kalo lagi demam, metik sendiri karena dulu punya di rumah yang lama. Setelah pindah udah jarang banget liat daun sirih, ternyata selain bisa buat demam, bisa juga buat mata. Tapi saya agak takut ya kalo mata direndem gituu, kalo di tetes bisa kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ketemu bibitnya, mending tanam lagi, Mbak. Karena daun sirih mudah perawatan dan karena merambat, bisa ditanam di mana saja.

      Harus direndam, Mbak,dan dikriyep-kriyep, biar kotoran dalam mata keluar semua.

      Delete
  9. Aku pernah mas. Rasanya pediiiih banget. Sepedih hati yang ditinggal pas lagi sayang-sayangnya. Hahaha.

    Btw nasihat itu mirip nasihat bapak saya mas Bambang. Beliau juga suka bilang begitu. Bilangan ganjil. 3 5 atau 7.
    Selain mata, saya sering memakai sirih buat menghilangkan masuk angin. Dijus dengan kencur sedikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, memang preih sekali, Mbak. Tapi itulah khasiatnya. Dan tingkat keperihan itu, memandakan kondisi mata kita, Mbak.
      Dan kok sama ya, Mbak. metiknya harus ganjil, dan sampai saat ini saya belum tau alasannya apa hahaha.

      Delete
  10. cara yg cukup mudah mas dan juga pasti ampuh apabila melakukan kesehatan dengan cara tradisional pastinya daun sirih ini jika di lakukan dengan konsisten maka mata akan cepat sembuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Karena daun sirih ini sangat alami. Dan kebetulan di halaman rumah saya ada, maka saya memanfaatkan saja. Alhamdulillah sangat membantu membersihkan mata saya dari kotoran.

      Delete
  11. Alhamdulillah saya juga pernah diajarin ibu membersihkan mata dengan daun sirih seperti ini Mas Bambang. Rasanya mata jadi bersih dan lelah jadi hilang. Tp ya karena mata minusnya udah ada sejak dari janin alias keturunan bermata minus dari gen ayah, jadinya ya pake lensa sejak kelas 1 SMA. Tp bener kok pakai daun sirih emang berfaedah sekali buat mata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Mia. Rendaman daun sirih ini memang hanya bermanfaat membersihkan mata dari kotoran, bukan untuk mengurangi mata min. Dan manfaat daun sirih memang sangat banyak sekali.

      Delete
  12. bener banget ini. dulu sering pakai. cm knp skrg jd engga ya. kl tanaman yg semak/rumput gitu tau ga, mas bambang? ada yg bs buat obat mata. lupa namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang kayak ilalang itu saya juga lupa namanya, Mbak. Tapi belum pernah coba. Hanya pernah dengar juga bagus buat memebersihkan mata.

      Delete
  13. Saya pernah praktik ini..
    Perih hehe..
    Tapi stlh itu mata jadi terang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin perih, menandakan mata kita kotor, Mbak Zie. Dan itulah khasiatnya.
      Perih-perih dulu, terang mata kemudian hahaha.

      Delete
  14. Saya pernah nih begini, dulu banget tapi. Setelah udah gede, nikah punya anak belum pernah ngebersihin mata pake daun sirih lagi. Selain karena emang gak punya tanaman nya aja sih hehehe belum lihat tetangga ada yg punya soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tetanggaan sama saya, boleh petik, Mbak Qoty. Tapi petiknya harus ganjil ya, biar ampuh membersihkan mata.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.