} Tips Menjaga Kesehatan Anak - Bambang Irwanto Ripto

Tips Menjaga Kesehatan Anak

 Menjaga kesehatan anak sangat penting. Anak sehat  pastinya dambaan semua orang tua. Melihat mereka selalu ceria dan lincah bergerak di setiap aktivitasnya, membuat orang tua bahagia. 

kesehatan anak harus dijaga
Yuk, Jaga Terus Kesehatan Anak

Nah, menjaga kesehatan anak ini terbagi atas dua unsur, yaitu kesehatan Jasmani dan Rohani. Kedua unsur ini harus terus berjalan seimbang. Terus apa saja ya, yang bisa kita lakukan dan ajarkan kepada anak agar tetap sehat? 


Menjaga Asupan Gizi

Asupan gizi untuk anak pastinya harus tercukupi. Patokan 4 sehat 5 sempurna harus terus diterapkan. Apalagi di masa keemasan tumbuh kembang mereka.

Makanya makanan harian si buah hati harus terus diperhatikan dan seimbang. Mulai dari makanan pokok berupa karbohidrat, seperti nasi, bihun, kentang dan lainnya. Lauk pauk pun tidak boleh luput. Padukan lauk yang berprotein nabati dan hewani.

menjaga kesehatan dengan sayur dan buah
Asupan Gizi Sangat Penting untuk Menjaga Kesehatan Anak

Nah untuk sayuran dan buah ini, kadang menjadi kendala bagi orang tua. Sebabnya, tidak semua anak suka makan sayuran dan buah. Walaupun suka, mereka memilih yang disukai saja. 

Tipsnya, bisa disiasati dengan membuat camilan yang mengandung buah dan sayuran. Biar lebih mengundang selera, bentuk harus unik, lucu, dan memikat anak-anak. Warna-warna cerah dengan menggunakan pewarna alami bisa ditambahkan. 

Saat anak-anak lahir  biasanya telah mendapatkan imunisasi untuk kekebalan tubuhnya.  Tapi untuk lebih meningkatkan, perlu sekali tambahan,  termasuk vaksin pencegah virus. Nah, dengan menjaga pola makanan buah hati, maka imun atau kekebalan tubuh anak akan terus terjaga. Tentu saja, multivitamin tidak boleh terlewatkan.


Membatasi Jajan di Luar Rumah

Terkadang anak sakit karena jajan sembarangan. Ini karena tidak semua jajanan diluar itu sehat. Bahkan banyak yang memakai pemanis dan pewarna buatan. Tantangannya adalah, terkadang anak jajan, karena melihat temannya jajan.

Krucil saya, setiap kali batuk atau diare,  pasti karena jajan di luar. Akhirnya mengganggu  aktivitasnya, bahkan tidak masuk sekolah. Akhirnya sekarang perlu pengawasan ekstra. Jajanan krucil harus dipilihkan, dan memang sepengetahuan orang tua. Mana yang cocok, mana yang tidak. 

Membuat cemilan di rumah adalah salah satu cara ampuh. Pastinya lebih sehat, aman, dan bergizi karena tahu bahannya, cara memasaknya, dan diolah sendiri. Selain itu, juga bisa berhemat. Uang jajannya bisa ditabung saja.


Rajin Olahraga

Agar anak-anak  terus sehat, maka mereka harus terus diajak bergerak.  Tentunya olahraga harus terus digalakkan. Bukan hanya berolahraga, karena ikut kegiatan olahraga di sekolah.

jaga kesehatan dengan berolahraga
Jangan Malas Olahraga, ya...

Agar anak-anak senang berolahraga, bisa ditanya atau disesuaikan dengan olahraga apa yang dia sukai atau minati. Sebabnya kan, tiap anak-anak  minat  olahraganya berbeda satu sama lain. Nah, orang tua harus tanggap. Salah satu caranya, bisa sekali melihat idola  anak  dalam dunia olahraga. 

Misalnya diketahui bahwa si  anak senang menyaksikan idolanya The Minions ganda ranking  nomor 1 dunia, berlaga di kejuaraan dunia, pasti hobinya berolahraga bulu tangkis. Pastinya juga si anak ingin mempunyai prestasi seperti idolanya . Ini salah satu motivasi bagus, agar anak nantinya rajin berolahraga, plus mendapatkan prestasi juga.

Nah, kebetulan ada event “IndiHome Gideon Badminton Academy”. Harapannya, lewat ajang ini, akan muncul bibit-bibit baru yang berpotensi untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Jadi jangan sampai lupa daftarkan buah hati teman-teman. 

event indihome gideon badminton academy
Yuk, Ikut IndiHome Gideon Badminton Academy!

Nantinya akan ada 12 pemenang. Mereka akan mendapatkan beasiswa di IndiHome Gideon Badminton Academy selama 1 tahun. Wow sekali kan. Nah, untuk syarat lengkapnya, bisa mampir di IndiHome Gideon Badminton Academy ya... Harus bergegas ya, karena pendaftaran sudah dimulai dari 4 Februari 2022, dan akan berakhir tanggal 14 Februari 2022.

 

Menjaga Lingkungan Sekitar

Hal yang satu ini tidak boleh terabaikan. Biar asupan gizi bagus, olahraga teratur, tapi kalau lingkungan sekitar tidak bersih, sama saja akan mudah mendatangkan penyakit. Makanya lingkungan sekitar senantiasa selalu dijaga.

Perhatikan juga tempat-tempat yang sering dipakai anak-anak bermain. Jangan sampai banyak barang menumpuk yang bisa menyebabkan sarang nyamuk. Mainan anak-anak yang kadang berdebu, harus sering dibersihkan, bahkan dicuci.

Tidak ketinggalan juga di luar rumah. Jangan biarkan sampah menumpuk, termasuk ada air yang tergenang yang bisa jadi sarang nyamuk. Nah, bisa sekali tuh, kerja bakti bersama keluarga. Olahraga iya, lingkungan jadi bersih dan nyaman.


Menjaga keharmonisan

Sejatinya, anak-anak sangat senang saat bersama keluarga. Suasana yang akrab dan hangat, akan menciptakan kegembiraan. Kalau anak-anak senang dan gembira, maka akan terhindar dari sakit.

Bila ada masalah dalam keluarga, dijamin anak-anak akan sedih dan murung. Pastinya tidak bersemangat untuk beraktivitas. Akhirnya akan sakit.

Begitu juga anak-anak harus diberi pengertian. Misalnya saat bermain tidak boleh kasar. Harus saling menghargai sesama saudara atau teman . Kalau saling mengejek, bahkan berkelahi, lalu ada yang terluka, pasti akan menimbulkan rasa sakit juga.



Salah satu contoh menjaga keharmonisan dalam keluarga yang teman-teman bisa lakukan adalah dengan beraktivitas bersama IndiHome. Misalnya, bisa menonton film keluarga bersama, mencoba resep-resep terbaru, termasuk browsing bersama mencari info-info pengetahuan. Bahkan mau berkaraoke bersama juga bisa. Kebersamaan di dalam rumah pun semakin terasa.


Liburan

Liburan itu tidak sekedar jalan-jalan dan menghabiskan uang. Liburan ini membuat hati senang dan bahagia. Saat liburan, kita akan mendapatkan inspirasi. Jadi saat kembali ke aktivitas sehari-hari lagi, akan lebih semangat.

Begitu juga dengan anak-anak. Mereka pasti akan jenuh menjalankan rutinitas sehari-hari. Walau diselingi bermain juga, pasti akan bosan kalau permainannya itu-itu juga.

Makanya anak-anak perlu sesekali diajak liburan untuk melihat dan merasakan suasana baru. Dan liburan tidak harus mahal. Intinya melakukan aktivitas yang berbeda dari biasanya.

Nah, itu dia tips menjaga kesehatan anak. Dan semua itu solusinya dari kita sendiri. Semoga tulisan bermanfaat. Salam sehat selalu.


Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

48 Responses to "Tips Menjaga Kesehatan Anak"

  1. jangan jajan sembarangan ini salah satu kunci buat jaga kesehatan anak sih mas, beneran. karena kan bisa aja ada bakteri di dalam makanan yang gak bersih. untuk tubuh kuat membasssminya, makanya kita harus ajak anak olahraga, apalagi badmiinton deh, pasti bakalan lebih seneng juga mereka tuh. bisa lompat-lompat, lari, pokoknya semua anggota tubuh bisa bergerak deh kalau main badminton

    ReplyDelete
  2. Bener banget tipsnya. Saya untuk urusan olahraga, terkadang bareng anak sih. Tinggal ke taman, jogging bareng deh. Sesimpel itu mereka sudah bahagia.

    ReplyDelete
  3. setuju, makan masakan rumahan tuh emang menurutku lebih sehat sih, selain lebih irit jg, di masa pandemi gini mending di rumah aja deh termasuk soal hiburan, nobar dan karaokean di rumah aja yekan selagi inetnya kenceng mah

    ReplyDelete
  4. Yes, sepakat banget sama tips menjaga kesehatan anak ini
    Tapi aku paling susah ajak anak anak makan makanan bergizi

    ReplyDelete
  5. Memang penting banget ya pak menjaga kesehatan anak. Jasmani mau pun rohaninya. Semoga anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang sehat. Aku juga udah ngajarkan anak ku ni agar membiasakan makan sayur dan buah daripada jajan di luarm

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan makanan rumahan emang bisa lebih sehat yaa mba, juga lebih hemat hehe

      Delete
  6. Bersama Indihome, semakin menyenangkan dan semakin bervariasi aktivitas yang bisa dilakukan walau dirumahaja.
    Dan bagi yang suka badminton, bisa diikuti kegiatan positif bersama Indihome.

    ReplyDelete
  7. banyak cara jaga kesehatan anak ya, Pak. memang kudu dimulai dari asupan gizi.. belajar soal ini juga lumayan pe'er wkwk pengalaman bgt sebagai buibu yg pernah ada masalah gizi anak. kalau udah agak gede, dukung dengan vitamin dan olahraga.. sehat mental juga pentiing.. aku pun menjaga dengan banyakin main dan aktivitas sama ank, nonton2 ini salah satunya ;D

    ReplyDelete
  8. Memang mesti banyak belajar lagi untuk menjaga kesehatan anak, mari terus belajar bareng yaaa

    ReplyDelete
  9. oke banget nih tips nya :) sambil oahraga tipis-tips juga bikin anak happy selain sehat :)

    ReplyDelete
  10. Sekarang ini nggak berani liburan yang jauh, di sekitar juga banyak tempat wisata sekaligus edukasi. Ke perpustakaan daerah juga bisa dikatakan liburan :))

    ReplyDelete
  11. Bagi ibu2 tanpa ART tuh seperti saya kerasa berat bgt. Karena harus masak sendiri biar hemat, maunya bikin jajan rumahan tapi juga tenaganya ga kuat hehe. Solusinya kalo jajan kasih buah aja hehe.. sayur2an anak sy yg agak susah nih meski kadang mau kadang ngga..

    ReplyDelete
  12. Si kecilku agak susah banget makan. Makanya sering banget makan cemilan/jajanan anak plus susu. Kadang dibikin seru dgn bentuk2nya lucu, tapi kalo udh dimasukin mulut, suka dilepeh. Buat hiburannya, si kecil masih suka YouTube-an aja sih.

    ReplyDelete
  13. Memang harus sesekali mengajak anak liburan. Kalau jaga kesehatan mereka dengan tidak jajan sembarangan, ini ga bisa sesekali. Harus selalu diingatkan nyaris tiap akan berangkat sekolah.

    ReplyDelete
  14. wah ada ya bisa karaoke di indihome tv, saya baru tahu. Btw, kesehatan anak memang penting, terlebih memang kadang jajanan anak itu di tepi jalan, dan mungkin kena banyak debu. Selain mengurangi jajan sembarangan, memang ada baiknya olahraga ya, apalagi ikut badminton academy, selain sehat, bisa berpotensi jadi atlit Indonesia ke depannya.

    ReplyDelete
  15. Yah nih pak kalo jajan di luar kadang kita ngga tahu bersih apa ngga, higienis apa ngga. Better bikin camilan sendiri di rumah yah.

    ReplyDelete
  16. Dirumahaja bukan berarti mager yaa...
    Dan perlu diperhatikan asupan gizi serta cara mengolah makanan yang baik agar tidak perlu jajan di luar.
    Anak-anak yang sehat tentu gak hanya dari fisiknya, juga mentalnya yang bahagia, perlu dijaga dan dikembangkan dari sisi fitrah anak.

    ReplyDelete
  17. Duh yg agak susah sekarang tuh untuk bikin dia olahraga :(( masyaAllah magernya minta ampun kayak emaknya hahaha

    ReplyDelete
  18. Apalagi ternyata sekolah kembali PJJ, jaga kesehatan anak-anak kudu makin ditingkatkan. Baca ini terpikirkan buat ponakan daku juga.
    Sip Pak Bambang pencerahannya

    ReplyDelete
  19. Tipsnya mantap banget, Pak Bams. Pola makan, rajin olahraga yang paling utama ya. Tapi liburan dan menjaga keharmonisan di rumah juga penting biar sehat jiwa raga

    ReplyDelete
  20. lingkungan sekitar sih ya om emang perlu banget diperhatiin. karena kalau anak kan dia gak mikirin itu ��

    ReplyDelete
  21. noted nih tips menjaga kesehatan anak.
    dua anak saya nih picky ama buah, kecuali Si Bungsu malah yang doyan banget ama buah, Sulung kadang suka buah tertentu, yang Tengah sekarang gak suka buah padahal waktu kecil doyan dia, kayaknya harus pake cara lewat cemilan yang ada kandungan buahnya emang nih :)

    ReplyDelete
  22. Paling sulit tuh ga jajan
    Soalnya kadang di rumah sudah riweuh sama urusan tulisan dan domestik
    Jadi kadang jajannya anak-anak yang beli
    Harus aware nih

    ReplyDelete
  23. Pengen deh ezio suka bulutangkis..tpi arek e doyannya masak2an 😎

    ReplyDelete
  24. Bener banget, selain menjada makanan dan memenuhi asupan gizinya tiap hari, anak juga perlu untuk diajak berolahraga agar badan tetrp sehat.

    ReplyDelete
  25. semoga anak-anak kita senantiasa sehat dan terjaga selalu yaa mas. Apalagi memang butuh sekali gizi sedari dini

    ReplyDelete
  26. Setuju pak. Jajan di luar kalo dibiarin juga jadi kebiasaan nih. Meskipun sibuk tetap diusahakan masak buat anak

    ReplyDelete
  27. Setujuuuu. Anakku aku suruh sepedaan dan main badminton di luar kalau ga hujan. Maklum, cuaca Bogor bulan bulan inj ga terlalu bersahabat :") yang penting anak sehat!

    ReplyDelete
  28. Setuju mas! saya punya ponakan 3, yang satu udah SD kelas 2, suka banget main sepak bola karena dulu sering diajak nonton Bola sama bapaknya. Kalau yang nomor 2 dan 3 masih balita, sering dibeliin multivitamin untuk pendamping makanan sehat.

    ReplyDelete
  29. Jajan nih yang paling sulit untuk dihentikan, apalagi sekarang serba praktis pakai delivery, tapi harus perhatikan asupannya

    ReplyDelete
  30. Sepakat banget sama tipsnya.

    Terutama bagian menjaga keharmonisan sama anak-anak. Tanpa disadari malah bikin jiwa anak pun ikut sehat. Sebab urusan sehat bukan hanya soal fisik saja kan?

    ReplyDelete
  31. Tips yang relevan dengan kondisi sekarang ya, Pak. Kita semua harus menjaga kesehatan di tengah pandemi. Terutama menjaga anak untuk bisa menjalankan hidup sehat terutama soal makanan sehatnya ya...

    ReplyDelete
  32. Terimakasih sharingnya, penting banget menjaga kesehatan anak apalagi di masa pandemi ini.bukan cuma fisiknya tapi mentalnya juga karena banyak anak yg tertekan dg keadaan pandemi ini. Smoga kita bisa jd ortu yg bijak demi kesehatan anak

    ReplyDelete
  33. Ah jadi diingatkan kalau anak2 tampaknya kurang liburan. Tapi pandemi gini agak sulit juga buat kemana2 ya pak.

    ReplyDelete
  34. Aku paling seneng liburan ma si kecil. Bisa ngobrol cantik sepuasnya dan lebih deketttt sama si kecil...

    ReplyDelete
  35. Menjaga kesehatan anak ini menjadi tanggung jawab orangtua, harus diajarkan dari sedini mungkin ya pak. Apalagi di masa pandemi ini, harus menjadi prioritas. Olahraga, asupan bergisi, dan keharmonisan, semua harus seimbang.

    ReplyDelete
  36. Setujuuu bangett pakk, apalagi yang terakhirr..hehe
    Paling disukai anak" pak.

    ReplyDelete
  37. Membuat makanan atau camilan di rumah sangat baok, sehat dan hemat daripada jajan, juga bisa banyak, sehingga anak-anak bisa anteng menjalani WFH

    ReplyDelete
  38. menjaga asupan gizi ini yang kayaknya cukup strugle, di rumah, keponakan saya selalu pengen jajan, dan semenjak jajan itu kayaknya dia mulai kurang suka makan di rumah. Belum lagi dia tidak suka semua buah dan sayuran alias pilih-pilih. Peer banget ini buat mamanya. Wajib digawangi dari sekarang biar ga jadi kebiasaan

    ReplyDelete
  39. Si kecilku juga gitu sih. Susah banget buat makan sayur dan buah. Maunya cuma makan ama tempe/telur/ikan asin. Lainnya jajan dan minum susu. Untung susu formula ini yg nambah gizinya.

    ReplyDelete
  40. Waaaa jadi kangen anak-anak. Kemarin pada bapil katanya.

    ReplyDelete
  41. jangankan anak-anak, yang dewasa aja juga kudu jaga kesehatan banget sih di musim kayak gini, gampang sakit. Sepakat deh sama semua tips-tips di atas, terutama yang jangan keseringan jajan di luar haha

    ReplyDelete
  42. tipsnya bagus sekali mas, anak-anak memang harus dibiasakan olahraga, minimal sih ya seminggu 2x, kalo saya di rumah biasanya sabtu minggu tuh jadi ajang olahraga bareng sekaligus bonding time deh

    ReplyDelete
  43. Mengundang selera anak-anak ini selain rasa juga tampilan yang menarik dari makanan itu sendiri yaa..
    Juga memperkaya pengalaman anak-anak dengan aktivitas yang positif seperti berolahraga. Pandemi, tetap sehat semua.

    ReplyDelete
  44. Jarang loh yang menyadari liburan dan keharmonisan keluarga perlu dimasukkan dalam daftar penentu kesehatan anak. Saya senang karena dua poin itu ada di daftar ini.

    ReplyDelete
  45. Semoga anak kita selalu sehat ya, pak. Salah satunya yang bapak sebutkan adalah dengan membatasinya jajan di luar rumah. Mending masak sendiri deh. Atau biasakan makan buah-buahan.

    ReplyDelete
  46. Membatasi jajan di luar ini penting banget sih. Tapi... kalau emaknya suka nge go***d gimana ya pak? wkkwkkww. Kalau kita tahu aman insyaallah gpp kali ya pak.

    ReplyDelete
  47. Noted nih, menjaga kesehatan apalagi musim kayak gini tuh penting banget. Lebih memperhatikan pola makan dan asupan gizinya, ngajak olahrga, bahkan kalau perlu ngasih multivitamin juga.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.