} Menikmati Makan Siang di Dapur Solo - Bambang Irwanto Ripto

Menikmati Makan Siang di Dapur Solo

Siapa yang suka makanan Solo? Saya... Saya... Hehehe.  Makanan Solo menang bikin kangen, ya. Dari Tengkleng sampai Selat Solo. Dan saya tuh terakhir ke Solo tahun 2017. Mau ke sana. Lagi eh.. Pandemi. Padahal jarang yang menjual makanan Solo di kebumen. 


Nah, awal Januari 2022 inii saya memutuskan kembali ke Jakarta. Karena rumah saya masih dikontrakin, maka saya memutuskan untuk ngontrak rumah dulu di Depok  dekat rumah adik saya. Lhooo,  ngontrakin rumah kok, malah ngontrak rumah. Ya gitu deh hahaha. 


Dapur Solo

Minggu.. Saya kebetulan diajak adik sekeluarga ke Trans Mall Cibubur.  Kebetulan keponakan mau cari sepatu. Eyang Ti dan Atung (mertua adik saya) juga ikutan. Jadinya kami family gattering di mall, begitu kata adik saya hahaha. 



Setelah mendapatkan sepatu dan membeli lainnya, Keponakan saya yang paling besar n=mengajak makan. Dalam hati saya bersorak, duh... keponakan tahu aja sudah waktunya jam makan siang hahaha. Setelah berembuk memilih tempat makan. Kebetulan pas di depan kami ada Dapur Solo yang akhirnya jadi pilihan mereka. Saya sih, ikut saja hehehe. 

Pas masuk suasana sudah ramai. Dari depan saja, menu-menu yang bikin ngeches sudah terpampang manis. Walau masih ada tempat, sayangnya tidak ada meja panjang yang muat untuk 8 orang. Akhirnya kami terpisah jadi dua kubu. Saya, adik saya, dan dua keponakan saya 1 meja. Sedangkan ipar saya, 1 keponakan saya, eyang tidur dan. Atung satu meja. 


Daftar Makanan Dapur Solo

Setelah kami semua duduk manis, seorang Mas-Mas langsung menghampiri. Ternyata sistem pemesanan  di Dapur Solo lewat scan barcode. Nanti dari situ, tersedia menu-menu yang akan dipesan. 


Awalnya, pas masuk, bayangan saya Dapur Solo ini hanya spesial menyajikan makanan-makanan khas solo saja. Ternyata dugaan saya salah, saudara-saudara. Dapur Solo ternyata masakan nusantara. 

Jadi tidak hanya ada selat soli, lontong solo, atau Timlo Solo, tapi juga ada makanan khas daerah jawa lainnya. Seperti Nasi Tmbel Sunda, Nasi Goreng Jawa, Nasi Gudeg Jogja, Nasi Pecal Madiun dan lainnya. Bahkan Nasi Uduk juga ada. Eh, Jakarta kan masih di pulau jawa ya, hahaha. Makanya tidak heran ya, sudah 30 tahun lho, Dapur Solo melestasikan kuliner jawa. Keren ya.

Pokoknya di Dapur Solo ini komplit. Teman-teman mau pesan kuah-kuahan, ulekan kudapan, sampai minuman ada. Semua pastinya khas nusantara. O, iya. Mau pesan nasi box juga ada. Bisa dipilih sesuai selera.


Waktunya Pesan Makanan

Setelah memilih, saya pesan nasi kuning, namanya Nasi Langi. Tapi kayaknya saya salah pilih porsi anak-anak. Harusnya saya pilih Nasi Langi Solo, bukan Nasi Langi si Kecil hahaha. 


Akhirnya pas yang lain masih makan, saya sudah selesai. Bahkan ipar saya sempat nyeletuk, Wah, kayaknya porsi Om Bambang kekecilan deh. Saya sih mesem-nesen manis manjah. Mau minta pesan lagi, nanti ketahuan makan saya banyak hahaaha. 

Tapi tenang, untunglah ada mendoan dan bakwan jagung yang bisa menambah isi perut. O, iya untuk minuman es tawar, bisa kok nambah dan gratis. Pas saya iseng tanya adik saja, kalau es teh manis apa gratis, jawabnya... Bayar dong, Mas hahaha. 


Pelayanan Dapur Solo

Keunggulan lain Dapur Solo adalah pelayanan. Pertama pelayanannya ramah. Begitu kami masuk, langsung disamperin dan dipersikan. Selanjutnya langsung proses pesan makanan.  Tidak hanya itu, saat makanan sudah dihidungkan semua, kami masih ditanyai lagi, apakah masih ada pesanan yang belum diantar. 



Kedua pelayanannya cepat. Ini saya amati karena pengaturan restorannya sangat apik. Jarak antara dapur dan tempat makan sangat dekat. Jadi makanan tidak perlu diantar jauh. hemat waktu dan tenaga. Bahkan peralatan makan juga sangat dekat. Keren, deh...

Suasana Dapur Solo

Secara rasa, Dapur Solo sesuai dengan lidah saya, walau saya turunan Jawa, tapi saya lahir dan besar di Makassar yang makanannya cenderung gurih dan asem.  Tapi tenang, lidah saya sudha feksibel kok hahaha. Mendoannya tidak jauh dengan mendoan kebumen yang sering saya posting. Untuk harganya juga relatif.


Suasananya juga asyik, walau tidak tempatnya tidak terlalu besar. Mau duduk di luar juga ada. Dekorasinya khas jawa dengan nuansa dominan kayu bercat cokelat. Meja dan kursinya juga kompak dari kayu dengan cat senada. Yang menonjol adalah tulisan aksara jawa di salah satu dinding ruangan. Mungkin artinya Dapur Solo, ya.



Fasilitas juga dekat. Misalnya wastafel untuk mencuci tangan itu, pas berada di samping meja saya. cantik dengan nuansa batik. Bagi yang bawa balita, tersedia juga kursi khusus. Jadi semua bisa menikmati makan dengan nyaman dan tenang.


Jadi teman-teman yang ingin mencoba, langsung saja mampir ke Dapur Solo. Pastinya, pilih saja tempat yang dekat dengan rumah teman-teman. Kalau lagi ingin rebahan, tinggal pesan saja hehehe. Selamat wisata kuliner...

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menikmati Makan Siang di Dapur Solo"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.