} Cek Mutasi Rekening Pakai MBanking, Lacak Riwayat Keuangan - Bambang Irwanto Ripto

Cek Mutasi Rekening Pakai MBanking, Lacak Riwayat Keuangan

Banyak orang yang masih melakukan transaksi dengan mendatangi bank. Padahal perkembangan teknologi digital telah membuat semuanya serba canggih, termasuk dalam urusan keuangan. Salah satunya adalah manfaat mobile banking untuk kebutuhan transaksi online. 



Di dalam mobile banking sudah banyak pelayanan perbankan yang disediakan, salah satunya mengecek mutasi rekening bank. Melalui aplikasi ini, Anda bisa melihat jumlah saldo yang tersimpan, serta transaksi masuk dan keluar. Semua transaksi Anda akan tercatat dalam riwayat transaksi.

Mutasi rekening bank adalah suatu catatan atau riwayat transaksi pengguna dalam sebuah rekening, baik aliran dana yang masuk ataupun keluar. Mobile banking bekerja secara otomatis mencatat mutasi rekening. Artikel ini akan menjelaskan manfaat mobile banking dan kegunaannya untuk mengecek mutasi rekening. 


Manfaat Mobile Banking

Saat menggunakan mBanking, Anda akan merasakan berbagai manfaat yang tidak ada dalam transaksi tunai atau konvensional. Namun kelebihan yang ditawarkan oleh setiap aplikasi bisa jadi tidak sama karena bank menawarkan layanan yang berbeda-beda. 

Foto : Paxel


Ada sejumlah manfaat yang akan Anda rasakan saat menggunakan mobile banking. Sejumlah manfaat tersebut, di antaranya transaksi lebih hemat waktu dan tenaga, atur keuangan lebih mudah, keamanan terjamin, bebas tarik tunai, dan lain sebagainya. 


Kegunaan Mutasi Rekening

Terdapat beberapa kegunaan yang bisa Anda lakukan dengan mutasi rekening, di antaranya:

Syarat untuk Mengajukan VISA

Kegunaan pertama ialah sebagai syarat mendapatkan dokumen resmi, salah satunya untuk memiliki  VISA. VISA merupakan dokumen yang digunakan untuk keperluan ke luar negeri dan menjadi kebijakan bagi pendatang dari luar negeri.

Adanya Bukti Transaksi

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa mutasi rekening ini memiliki kegunaan untuk menyatakan bukti transaksi keuangan, baik kepentingan bisnis atau personal. Adanya bukti dapat meminimalisir kecurangan atau penggelapan dana.

Syarat untuk Mengajukan Kredit

Mutasi rekening juga dimanfaatkan untuk mengajukan kredit atau pinjaman, bisa berupa kredit rumah, mobil, dan lain sebagainya. Sebabnya, mutasi rekening dipercaya dapat membantu dan mengelola keuangan nasabah.

Secara umumnya, kegunaan dan manfaat dari mutasi rekening bisa membantu mengontrol transaksi-transaksi yang Anda lakukan selama periode tertentu. Anda jadi tidak khawatir mengenai saldo yang masuk dan keluar karena mutasi rekening dapat dilihat dan dicek dengan bentuk laporan digital ataupun secara cetak.

Sementara itu, bagi Anda yang memiliki usaha, mutasi rekening juga memudahkan kelancaran bisnis. Melalui mobile banking, Anda bisa melihat mutasi pembayaran dari klien yang dilakukan secara transfer bank.

Anda dapat melihat apakah transfer klien sudah dilakukan atau belum dan besaran nominalnya. Semua aktivitas transaksi menjadi lebih transparan karena sudah tercatat dalam mutasi rekening.


Cara Mengecek Mutasi Rekening

Foto : Paxel


Dengan kegunaan dan manfaat mutasi rekening di atas, pasti membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan mutasi rekening. Namun ada sebagian orang yang bingung bagaimana cara mengecek mutasi rekening? 

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh mutasi rekening:

Datang ke Bank 

Proses yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan mutasi rekening adalah dengan mendatangi kantor cabang bank terdekat dari rumah Anda. Jangan lupa membawa syarat yang diperlukan untuk mengatasi yaitu buku tabungan rekening serta kartu identitas. 

Anda perlu mengantre untuk bisa meminta layanan kepada teller atau customer service bank. Jika sudah tiba nomor antrean Anda, sampaikan maksud dan tujuannya untuk melakukan proses cetak buku tabungan atau mutasi rekening bank Anda.

Selanjutnya, Anda tinggal menunggu sampai proses cetak rampung. Dalam hasil cetak mutasi, akan ditampilkan semua transaksi dengan periode tertentu.

Mengecek di Mesin ATM

Mutasi rekening juga bisa dilakukan melalui mesin ATM. Anda bisa mendatangi ATM terdekat dari rumah Anda atau lokasi di mana Anda berada. Jangan lupa untuk membawa kartu ATM.

Silakan masukkan kartu ATM dan buka seperti biasa. Selanjutnya Anda bisa menuju menu mutasi rekening. Pilih untuk menggunakan layanan tersebut dan tunggu prosesnya. Tak perlu lama, struk berisikan transaksi terakhir akan dapatkan. Di dalam struk tersebut berisi kode, yaitu “D” untuk debit atau uang masuk dan “K” untuk kredit atau uang yang keluar.

Namun ada kekurangan dari cek mutasi rekening di ATM. Riwayat yang ditampilkan lebih sedikit, yaitu hanya sebanyak lima transaksi terakhir saja. Catatan transaksi yang bisa Anda lihat tidak sebanyak hasil mutasi dari kantor bank.

Melalui SMS Banking

Cara lain untuk mengecek mutasi rekening adalah dengan SMS banking yang disediakan oleh setiap perbankan. Prosedur dan akses kode dalam setiap rekening bank berbeda-beda. Yang jelas, cara pengecekan dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun hanya melalui smartphone. Jadi Anda tidak perlu datang ke bank atau ATM.

Selain bersifat praktis, SMS banking memiliki kekurangan dalam melakukan cek mutasi rekening. Anda akan dikenakan biaya pulsa dan riwayat dalam mutasi hanya menampilkan 4 transaksi terakhir saja. 

Memanfaatkan Mobile Banking

Mutasi rekening juga bisa Anda dapatkan menggunakan aplikasi mobile banking. Layanan ini terbilang lebih mudah dibandingkan SMS banking. Pertama, Anda perlu mengunduh aplikasinya di Play Store atau App Store. 

Setelah aplikasi terpasang di smartphone Anda, selanjutnya tinggal masuk ke aplikasi mobile banking. Anda bisa memilih menu mutasi rekening bank guna mengecek informasi mutasi bank. Dengan adanya aplikasi ini, Anda bisa mengecek riwayat transaksi dari mana pun dan di mana pun. 


MBanking PermataMobile X

Salah satu mobile banking terbaik yang bisa digunakan untuk melakukan cek mutasi rekening adalah PermataMobile X. Platform keuangan dari PermataBank ini disediakan untuk memudahkan kebutuhan transaksi di era digital. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk melihat riwayat transaksi keluar dan masuk di rekening bank Anda.

PermataMobile X bisa Anda akses secara mudah menggunakan smartphone yang terkoneksi internet. Aplikasi ini bisa Anda unduh di Play Store (bagi pengguna Android) dan App Store (bagi pengguna Apple). Selain untuk cek mutasi rekening, mobile banking ini juga menyediakan ratusan fitur lainnya. 

Layanan yang tersedia di PermataMobile X, di antaranya transfer dana dengan BI-fast, membayar tagihan (listrik, internet, cicilan, dan lainnya), fitur login dengan Face ID dan fingerprint, kartu kredit, mengelola kartu kredit (seperti mengubah transaksi jadi cicilan, aktivasi kartu kredit, dan sebagainya), WhatsApp gift, QR pay, investasi, top up e-wallet, cek mutasi rekening hingga 12 bulan, serta tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan Indomaret dengan fitur Mobile Cash. 

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai kelebihan, di antaranya gratis biaya admin, cashback dan beragam promo belanja, autodebet, dan masih banyak lainnya. Informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran, penggunaan, dan berbagai layanan PermataMobile X bisa anda baca melalui laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex


Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Cek Mutasi Rekening Pakai MBanking, Lacak Riwayat Keuangan"

  1. MBanking sangat memudahkan kita, apalagi untuk yang freelancer dan juga yang memiliki bisnis, jadi lebih mudah tracking mutasi, gak perlu repot ke bank lagi, antri lama untuk cek mutasi doang, semua sudah bisa dilakukan dari aplikasi, tinggal duduk manis, bisa sambil ngebakso juga dong ya :D

    ReplyDelete

  2. Mobile banking ini memang memudahkan banget yaa. Bahkan sekarang kita juga bisa ambil uang di atm pakai mobile banking ini nggak perlu pakai atm lagi

    ReplyDelete
  3. Mbanking bener-bener berguna banget untuk zaman sekarang yg serba digital. Transfer, top up e-wallet, cek saldo dan cek mutasi pun bisa langsung via mbanking. Apalagi skrng banyak bank yg memberikan gratis biaya transfer seperti Permata bank

    ReplyDelete
  4. Dulu saya termasuk yang bertahan dengan mendatangi bank atau mesin ATM kalau ada transaksi yang mau dicek atau lakukan. Makan waktu banget. Setelah menggunakan mbanking, transaksi dan mengeceknya jadi sangat mudah dan efisien.
    Permata Bank mbanking yang harus dipunya juga nih.

    ReplyDelete
  5. Saya dulu pasang mobile banking kalau nggak salah pas mulai usaha online dan memang berasa sih memudahkan banget. Cuma memang kudu waspada aja sama penipuan.

    ReplyDelete
  6. Sekarang serba di mudahkan ya pak. Transaksi perbankan bisa dilakukan online, histori mutasipun bisa online tanpa harus antri di bank.

    ReplyDelete
  7. Praktis sekali karena adanya mobile banking.
    Kalau untuk cek mutasi yang keperluannya tidak begitu mendesak, cukup menggunakan mobile banking. Bersama Bank Permata, semua aktivitas mutasi bisa dilakukan dan aplikasi mbanking-nya pun akan sangat memudahkan sekali digunakan untuk transaksi digital zaman sekarang.

    ReplyDelete
  8. Daku masih yang agak takut buat punya Mobile Banking. Jadinya masih dengan cara konvensional.
    Namun setelah baca artikelnya Pak Bambang sepertinya boleh juga nih jadi wawasan baru buat dipertimbangkan

    ReplyDelete
  9. Sangat terbantu sekali saya dengan ibu mertua bahwa sekarang sudah tidak ada lagi keinginan untuk menyimpan di bank. Karena kode diketahui jadi tinggal sat sat set

    ReplyDelete
  10. Di zaman sekarang, mobile banking itu jadi kebutuhan penting karena penggunaannya yang lebih praktis dan bisa cepat juga prosesnya pas mau cek mutasi.

    ReplyDelete
  11. Mutasi rekening ini memang bermanfaat banget apalagi buat orang yang sering bertransaksi untuk jualan barang. Biar gak ketipu sama slip pembayaran palsu, bisa banget cek dulu kebenaran transaksi dari mutasi rekening.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.