Taman Asyik di Kota Jakarta

Awalnya, saya  mendengar soal RTH 1 RPTRA kalijodo di televisi. Karena penasaran, maka setelah dari rumah adik saya di depok, saya langsung ke RTH (Ruang Terbuka Hijau) Kalijodo itu. Apalagi saya sudah di halte busway hehehe... 



Ternyata, gampang banget, cuma sekali naik busway sudah sampai. Jadi cari busway jurusan pluit. Turun di halte busway jembatan dua. Turun, lalu jalan ke arah barat. Sampai deh. Biar tidak nyasar, jangan lupa bertanya. Kalau tidak mau keringatan, boleh kok naik angkot menuju ke sana.
Memasuki RTH Kalijodo, saya sudah suka. Pelataran depannya luas. Pasti nyaman sekali buat duduk-duduk melepas lelah. Saya pun bergegas masuk. O, iya. Bagi yang bawa kendaraan, bisa parkir di samping taman. Petugas parkir sudah siap di sana.
Dari jalan, sudah tampak arena bermain anak. Ada dua arena bermain, yang mengapit lapangan rumput untuk bermain bola. Satu arena bermain yang sepertnya diperuntukkan untuk anak usia SD. Ada permainan seperti jungkat-jangkit, perosotan, ayunan, dan juga panjatan.




Arena bermain lainnya untuk usia balita. Ada menara perosotan, dan juga terowongan. Karena untuk balita, arena ini dialasi karpet empuk. Jadi anak-anak aman bermain.







Nah, bagi adik-adik yang suka main bola, silakan main bola di lapangan rumput yang sudah disediakan. Lapangannya keren, dan sudah lengkap dengan gawangnya.



Untuk Area depan, selain arena anak, juga ada perpustakaan. Kalau kebelet mau pipis atau buang air besar, tidak usah kuatir. Toilet sudah tersedia. Keren dan bersih. Dan untuk menjaga kebersihan, ada aturan untuk melepas alas kaki. Tapi ya gitu deh, ada saja yang masih masuk pakai alas kaki hehehe...





Setelah puas melihat area depan RTH Kalijodo bagian depan, selanjutnya saya berniat melihat area belakang. Saya pun naik tangga yang berada di samping. Tangga ini menghubungkan kita menuju ke area belakang. Tapi sebelum itu, saya melihat ada penjual kue. Mampir dulu, ah... saya pun membeli 3 kue, seharga 5 ribu perak.
Pembungkus kuenya,  tentu saja saya buang di tempat sampah. Dan saya suka sekali, karena di sepanjang area, banyak tempat sampah. Jadi pengunjung harus selalu menjaga kebersihan.



Ternyata, tangganya cukup tinggi juga. Tapi tidak apa-apa. Masih pagi ini, jadi sekalian olahraga. Eh, banyak orang yang foto-foto di tangga itu dengan latar belakang nama RTH Kalijodo. Saya pun ikut selfie-selfie di sana hehehe.






Jadi memang, di papan nama itu ada nama Sinar Mas Grup. Tapi Taman keren ini bukan milik Sinar Mas. Sinar Mas memberikan dana untuk membangun taman ini, dan akan menjadi millik umum. Hanya, Sinar Mas meminta sedikit imbalan, dengan memasang logo dan nama perusahaan. Kira-kira begitu dari sepengetahuan saya. Tapi Sinar Mas tetap keren, dan kita wajib berterima kasih.



Lanjut area belakang ini, selain ada taman, juga ruang publik, arena bmx, skateboard, juga sepatu roda. Jadi selain olahraga, di sini juga keren dan seru kalau diadakan acara seni dan musik. Dan katanya, pas malam minggu dan hari minggu, RTH ini sangat ramai. O iya, bila haus, bisa langsung membeli di kotak penjualan minuman. Rata-rata harganya 5 ribu.















Di sini ada spot area yang dindingnya banyak mural-mural keren. Kita bisa foto-foto di sini. Di sampingnya ada area taman juga. Pokoknya menyenangkan sekali. Kita bisa melepas lelah dan bergembira bersama keluarga.







Setelah puas mengelilingi RTH Kalijodo, saya pun bergegas keluar. Eh, ternyata di depan taman, ada busway tour city. Busway tingkat ini bisa kita kita nikmati Jakarta, dan tentu saja gratis. Saya pun langsung naik. Busway Tour City ini rute RTH 1 Kalijodo – Monas. Selain itu, ada juga Rute lain. Saya pernah naik rute kota ke Monas. Dan kalau tidak salah, ada juga rute Senayan – Monas.


Duh, senangnya saya hari itu. Bisa melepas lelah, tapi hemat, murah, dan menyenangkan. Besok saya akan ke sana lagi. Dan sepertinya, buat menulis atau acara menulis juga seru.


Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Taman Asyik di Kota Jakarta"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.