} Pemeriksaan Rapid Test maupun PCR Swab di RS Mitra Keluarga Waru Sidoarjo - Bambang Irwanto Ripto

Pemeriksaan Rapid Test maupun PCR Swab di RS Mitra Keluarga Waru Sidoarjo

Pemeriksaan Rapid Test maupun PCR Swab di RS Mitra Keluarga Waru Sidoarjo - Sebenarnya tahun ini, saya ingin ke Makassar. Tepatnya di bulan April. Tapi sayangnya harus saya batalkan, karena ada Covid- 19 ini. Padahal saya sudah membayangkan betapa serunya ke Makassar lewat Surabaya naik kapal laut pelni. Sekalian nostalgia hehehe.

jangan lupa pemeriksaan rapid test maupun pcr swab di rs mitra keluarga waru sidoarjo  jawa timur
RS Mitra Keluatga Waru Sidoarjo

Pastinya ya, memang sayang rencana yang sudah saya susun sejak 1 tahun itu, harus mendadak batal. Tapi kesehatan jauh lebih penting. Apalagi kemarin Surabaya dan sekitarnya kan, masuk zona merah. Semalam saya lihat di televisi, sampai sekarang pun Jawa Timur masih posisi menduduki posisi 3 sebagai provinsi tertinggi penyebaran covid-19 di bawah DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Tapi kehidupan kan harus terus berlangsung. Apalagi pandemik ini belum bisa dipastikan kapan akan berakhir. Makanya era new normal mau tidak mau harus dijalankan. Pastinya  dengan berbagai aturan protokol kesehatan, ya. Termasuk saat akan bepergian jauh.

Nah, pas saya cek-cek, ternyata bisa melakukan pemeriksaan Rapid Test maupun PCR Swab Test di RS Mitra Keluarga Waru Siodarjo Jawa TimurWah, kabar bagus nih, karena rencana saya ke Makassar bisa terlaksana.

rumah sakit mitra keluarga waru sidoarjo jawa timur
RS Mitra Keluarga Waru Sidoarjo

Apalagi kan, memang lewat Sidoarjo juga. Pendaftarannya  juga sangat mudah, karena bisa melalui website di www.mitrakeluarga.com atau melalui layanan Whatsapp ke nomor 0822-1000-8080 (ketik "Hi" dan pilih nomor 3). Tanpa harus capek ke rumah sakir dan mengantre lagi.

Perbedaan Pemeriksaan Rapid Test dan PCR Swab

Nah, awalnya saya agak siwer nih. Sebagai orang awam, saya belum tahu perbedaan Rapid Test dan PCR Swab Test. Akhirnya saya cari tahu banyak infonya. Biar tidak salah tes, walaupun sama-sama bertujuan untuk mendeteksi corona.


A. Rapid Test

Saat melakukanRapid Test , maka sampel darah kita akan diambil, kemudian menggunakan antibodi IgG dan IgM yang ada di dalam darah. Nah, antibodi dalam tubuh ini terbentuk, saat kita mengalami infeksi virus.

Jadi, perlu teman-teman ketahui, nih.  Jika di dalam tubuh kita terjadi infeksi virus, maka jumlah IgG dan IgM dalam tubuh akan bertambah. Hasil Rapid Test  inillah yang memperlihatkan adanya IgG atau IgM dalam darah. Jika ada IgG atau lgM, maka akan dinyatakan reaktif ada infeksi virus.

Rapid Test ini tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 10-15 menit, sampai hasilnya keluar. Cepat dan mudah Makanya Rapid Test ini biasa dilakukan secara massal. Misalnya dilakukan di daerah pasar yang merupakan salah satu tempat rawan penyebaran virus corona.

Tapi perlu teman-teman ketahui. Rapid Test ini tidak bisa digunakan untuk mendiagnosis, apakah teman-teman terkena covid-19 atau tidak.  Soalnya Rapid Test ini hanya untuk mendata orang-orang yang butuh cepat pemeriksaan lanjutan. Jadi walau hasil tesnya nanti reaktif atau non reaktif, tetap dianjurkan pemeriksaan PCR swab.

B. Pemeriksaan PCB swab

Saat pemeriksaan PCB swab, teman-teman akan diambil sampel lendir dari dalam hidung maupun tenggorokan. Soalnya 2 area  menjadi tempat virus untuk menggandakan diri. Makanya memang penting sekali selalu menggunakan marker ya, teman-teman.

Pemeriksaan PCR swab ini memang lebih akurat dibandingkan pemeriksaan Rapid Test. Soalnya kan ditelusuri apakah ada virus corona yang masuk dan menempel dibagian hidung atau tenggorokan. Jadi nantinya ketahuan, apakah ada virus SARS-COV2 di dalam tubuh seseorang.

Pemeriksaan dengan metode ini memang sedikit rumit. Makanya membutuhkan waktu yang lebih lama. Setidaknya  butuh beberapa jam sampai beberapa hari untuk menunjukkan hasilnya. Tapi pastinya lebih akurat mendeteksi virus corona. menggunakan metode PCR swab membutuhkan waktu beberapa jam hingga beberapa hari untuk menunjukkan hasilnya.

Biar teman-teman ada gambaran tahapan prosedur pemeriksaan swab test dengan metode PCR, berikut tahapannya :

1. Pertama, tenaga kesehatan akan memasukkan alat Swab yang bentuknyaseperti cotton bud yang dilakukan untuk menyapukan alat tersebut ke area belakang hidung untuk mendapatkan cairan atau lendir yang terdapat di area tersebut.

2. Setelah itu, alat swab akan dimasukkan ke tabung khusus dan ditutup.
Spesimen ini selanjutnya dikirim ke laboratorium untuk diperiksa menggunakan teknik PCR. PCR adalah teknik pemeriksaan yang dilakukan untuk mencocokkan DNA atau RNA yang dimiliki virus.
DNA atau RNA yang ada pada sampel dari swab tadi akan direplikasi atau digandakan sebanyak mungkin.

3. Kemudian dicocokkan dengan susunan DNA SARS-COV2 sebagai template. Jika cocok, maka pasien yang diambil sampel lendirnya positif terinfeksi COVID-19. Sebaliknya, jika ternyata tidak cocok, tandanya orang tersebut negatif terinfeksi COVID-19.

Jika kita mengalami berbagai gejala utama infeksi virus corona, seperti demam di atas 38°C, batuk, dan atau sesak napas, segera lakukan rapid test atau PCR swab.


Cara Mendaftar Pemeriksaan Rapid Test maupun PCR Swab di RS Mitra Keluarga Waru Sidoarjo 


Nah, bagi teman-teman yang ada keperluan jauh dan berada atau melintasi Sidoarjo, bisa melakukan Rapid Test maupun swa di Rumah sakit Mitra Keluarga. Pendaftarannya juga mudah tanpa harus ke rumah sakit dulu.

Yuk simak langkah-langkah pendaftaran tes :

1. Pertama teman-teman melakukan Booking Appointment.



2. Teman-teman pilih RS Mitra Keluarga tujuan dan jenis tesnya.




3. Kemudian pilih waktu pemeriksaan. Mau pagi atau siang juga boleh.



4. Isi data yang akan melakukan pemeriksaan, lalu pilih membuat janji.



5. Jangan lupa, baca syarat dan ketenteuan layanan. Klik, bila setuju.


6. Selanjutnya klik tombol bayar.


7.  Bila teman-teman sudah melakukan 6 langkah di atas, maka teman-teman tinggal menunggu notifikasi pembayaran lewat WA yang akan ditunjukkan pada hari pemeriksaan pada petugas beserta kartu identitas. Bilas sudah sesuai prosedur, teman-teman akan menjalankan tes. Hasilnya akan dikirim via email.



Penerapan Protokol Kesehatan RS Mitra Keluarga

Zaman pandemi ini, RS Mitra Keluarga, termasuk RS Mitra keluarga Waru Sidoarjo surabaya juga menerapkan protokol kesehatan secara berkala. Pastinya ini bertujuan mengutamakan kenyamanan dan kesehatan teman-teman yang dilakukan secara ketat dan konsisten.




Nah, inilah penerapan protokol kesehatan yang diterapkan RS Mitra Keluarga
- Sebelum memasuki area Mitra Keluarga, semua pengunjung wajib menggunakan masker

-  Petugas akan melakukan Skrining awal pada setiap pengunjung

- Mewajibkan petugas untuk menggunakan APD lengkap saat bertugas

- Memberi jarak di kursi dan lift untuk melakukan physical distancing
Pastinya ini

- Melakukan disinfektasi secara berkala dan menyeluruh yang terdiri dari desinfektasi udara dengan metode pengasapan cairan desinfektan di kamar perawatan, area publik dan toilet umum.

- Desinfektasi permukaan dengan alkohol 70% dilakukan di area publik, fasilitas umum, pegangan pintu, pegangan tangga, toilet umum, pegangan lift dan ruang perawatan..

Nah, bagi teman-teman yang ada keperluan jauh dan berada atau melintasi Sidoarjo, bisa melakukan Rapid Test maupun swa di Rumah sakit Mitra Keluarga yang beralamat di Jenderal S Parman No 8, Krajan Kulon, Waru, kecamatan Waru Sidoarjo Jawa Timur ini. Pendaftarannya juga mudah tanpa harus ke rumah sakit dulu.

Apalagi, rumah sakit yang dibangun tahun 1998 ini, sangat komplit. Terdiri dari 20 poliklinik lengkap. Mulai dari dokter umum, polikrlink syaraf, poliklinik gigi umum, sampai poliklinik anak.

Bahkan, teman bisa nih menggunakan aplikasi Halodoc. Mau tanya berbagai penyakit, ada keluhan dan lainnya bisa. Asalkan buat janji dulu dengan dokter yang bersangkutan. Tanya Halodoc saya untuk solusi lebih lengkap berbagai penyakit.


Selain itu RS Mitra Keluarga ditangani oleh para dokter-dokter handal. Terdiri dari 61 dokter dari 24 spesalisasi.  Pastinya teman-teman akan mendapatkan penanganan kesehatan terbaik.




Itulah penjelasan singkat mengenai Rafid tes dan test di rumah sakit keluarga Waru Sidoarjo. Semoga bermanfaat ya, teman-teman.  Jangan lupa terus jaga kesehatan ya, teman-teman...

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

18 Responses to "Pemeriksaan Rapid Test maupun PCR Swab di RS Mitra Keluarga Waru Sidoarjo "

  1. Serangkaian test untuk mendeteksi virus corona ini biaya-nya berapa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lebih jelasnya, ada saat Mas Irfan mengadakan pendaftaran. Maka otomatis akan ada rincian pembayarannya, Mas.

      Delete
  2. Halodoc bisa menjadi solusi yang praktis untuk buat janji melakukan rapid test ataupun swab di rumah skait terdekat ya mas Bambang.

    Jadinya gak perlu ngantri sekedar buat janji .
    Jam kunjungan juga disesuaikan dengan jadwal kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, Mbak. Jadi untuk Rapid Tet dan PCR swab harus dilakukan di rumah sakit. Tapi daftarnya via online. Sedangkan untuk Halodoc, bisa konsultasi dan janjian dengan dokternya.

      Delete
  3. sekarang booking bisa online ya mas, lebbih simple, karena ga harus ngantri, lagian mengurangi bertemu orang saat di rumah saat dengan cara konvensional. semakin mudah dan praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali, Kak. Jadi caranya mudah, cepat dan praktis. Dan benar, pencegahan juga dari berkumpul dengan orang banyak.

      Delete
  4. rs mitra keluarga di jkt jg sudah terkenal. Ada jg ya di sidoarjo. cool

    ReplyDelete
    Replies
    1. RS MItra Keluarga banyak cabangnya Mbak. Termasuk di Waru, Sidoarjo ini.

      Delete
  5. Saya pun lebaran kemarin sebenarnya sekeluarga berencana ke Makassar, ke kampung halamannya suami. Namun tidak jadi karena covid ini. Informasi ini sangat berguna kalau kalau kita inginn tes ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kemarin pas lebaran memang masih rawan, Mbak. nah, sekarang new normal sudah bisa dicari solusinya. Bisa bepergian jauh, agar mengikuti standar kesehatan yang sudah ditetapkan.

      Delete
  6. Rumah sakitnya lengkaap ya Mas, tersedia pula rapid tes dan PCR Swab. Tentu memudahkan masyarakat yang membutuhkan tes tersebut.
    Saya belum pernah melihat sendiri kalau PCR Swab. Kalau rapid tes sudah, suami seminggu sekali sebagai persyaratan ngantor mesti rapid tes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Dian. Dan Alhamdulillah semakin dimudahkan soal test virus corona ini. Karena bagaimana pun, walau belum ketahuan kapan berakhirnya pandemi, tapi kehidupan harus terus berjalan.

      Delete
  7. Saya sebagai warga jawa timur sering juga melewati rumah sakit ini. Memang katanya pelayanannya bagus. Salah satu rumah sakit yang direkomendasikan juga kok. Apalagi sekarang dengan pelayanan berbasis teknologi tentu semua rumah sakit harus memilikinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dekat rumah dan fasilitas lengkap ya, Mbak Maria. Termasuk mau melakukan Rapid test dan PCR Swab ini bisa.

      Delete
  8. Alhamdulillah ya kalau di sana sudah ada rumah sakit yang fasilitasnya lengkap, jadi nggak perlu jauh-jauh ke Jakarta atau kota lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Kang Ali.
      jadi bisa juga pas kita di perjalanan tesnya.
      Misalnya saat saya mau Ke Makassar kan lewati Sidoarjo dulu. Bisa test di sana.

      Delete
  9. Tapi nih yaa Mas, misal mau keluar kota, kira-kira lebih baik PCR test atau rapid test aja udah cukup yaa?

    Ya harapannya sih kita semua tetap sehat yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sih, rata-rata Rapid Test, Mbak Qoty. Karena prosesnya cepat dan bisa langsung digunakan. Tapi bagusnya lanjut test PCR swab juga.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.