} Skill yang Harus Dimiliki untuk Berkarir di Bidang Digital Marketing - Bambang Irwanto Ripto

Skill yang Harus Dimiliki untuk Berkarir di Bidang Digital Marketing

Tentu teman-teman sudah tahu dan paham apa itu digital marketing bukan? Menurut LinkedIn, digital marketing merupakan salah satu karir dengan peminat dan jumlah lowongan paling banyak lho! Karir di dunia digital marketing mengalami perkembangan yang cukup pesat terutama 4 tahun belakangan ini. Maka dari itu, tidak keliru jika menganggap bahwa digital marketer merupakan salah satu karir dengan prospek paling baik saat ini!

7 skill yang ahrus dimiliki digital marketing
7 Skill yang Harus dimiliki untuk Berkarir di Dunia Digital Marketing

Kehadiran internet telah merevolusi bagaimana kita berkomunikasi. Selain itu, secara tidak langsung internet juga telah mengubah cara bisnis dalam menjual dan menawarkan produk ataupun jasa mereka!

Nah, semakin besar dan baik penetrasi internet di Indonesia, maka akan semakin banyak juga bisnis yang memanfaatkan strategi online untuk memasarkan produknya. Semakin banyak bisnis yang masuk ke dunia maya, maka semakin besar juga permintaan akan tenaga kerja di bidang digital marketing!

Perusahaan yang beralih ke digital akan membutuhkan tenaga kerja internal untuk mengelola usaha marketing mereka secara digital. Selain itu, saat ini telah banyak juga bermunculan agency-agency yang khusus menangani digital marketing di berbagai kota besar termasuk Jakarta. Jadi, digital agency Jakarta juga bisa menjadi destinasi awal teman-teman untuk memulai karir di dunia digital marketing.

Lalu apa saja sih skill yang harus kita miliki untuk dapat memulai karir di digital marketing? Simak pembahasannya di bawah ini ya!

1. Menulis dan Mengedit 

digital marketing perlu kemampuan menulis dan mengedit
Skill Menulis dan Mengedit

Kemampuan menulis merupakan salah satu skill yang paling penting untuk dapat berkarir di bidang digital marketing. Skill menulis akan sangat dibutuhkan ketika teman-teman diharuskan untuk membuat konten untuk strategi marketing nantinya. Berhasil atau tidaknya usaha digital marketing teman-teman nantinya sedikit banyak akan bergantung pada keberhasilkan tulisan teman-teman dalam menarik perhatian calon konsumen.


2. SEO: Search Engine Optimization 

digital marketing perlu seo search engine optimization
Terapkan SEO: Search Engine Optimization pada Digital Marketing 

Hampir semua orang di internet mencari informasi atau produk tertentu lewat search engine seperti Google. Dan salah satu cara agar bisnis atau brand teman-teman muncul di halaman pertama hasil pencarian Google adalah dengan menerapkan strategi SEO. 

Dengan begitu, SEO merupakan salah satu komponen paling utama dalam aktivitas digital marketing. Oleh karena itu, memiliki pemahaman terkait SEO dan teknik-teknik menjalankannya akan menjadi poin plus jika teman-teman melamar sebagai posisi digital marketing.


3. Skill Desain 

tingkatkan skill desain ntuk digital marketing
Tingkatkan kemampuan Desain 

Aspek visual menjadi salah satu komponen penting dalam menjalankan digital marketing terlepas dari kanal yang digunakannya, mulai dari website sampai media sosial. Konten yang berada di website dan media sosial akan lebih menarik dan memiliki performa yang lebih baik jika didapati gambar di dalamnya. Jadi sebagai digital marketer, ada baiknya jika teman-teman mengerti cara membuat dan mengedit konten visual, baik gambar maupun video.

Saat ini telah banyak tools yang bisa membantu teman-teman mendesain gambar dan video dengan mudah, misalnya saja Canva. 


4. Wordpress 

kemampuan wordpress wajib dimiliki dalam digital maketing
Tingkatkan Skill Seputar Wordpress dalam Digital Marketing

25% website yang berada di internet menggunakan WordPress. Hal itu membuat WordPress menjadi CMS (Content Management System) paling populer di dunia. WordPress digunakan baik oleh brand lokal skala kecil maupun brand-brand besar seperti Spotify, The New York Post TED, 

Besar kemungkinan bahwa website yang nantinya teman-teman tangani menggunakan WordPress. Maka dari itu, memahami cara kerja WordPress beserta fitur-fitur dan plugin nya menjadi skill yang sangat berguna di dunia digital marketing. Teman-teman bahkan dapat membuat dan mengatur blog dan website untuk bisnis teman-teman sendiri dengan skill WordPress.


5. Social Media Marketing 

pentingnya social media untuk digital marketing
Social Media sangat Mendukung Digital Marketing

Tahukah teman-teman bahwa hampir ⅓ populasi dunia saat ini menggunakan media sosial? Hal itu membuat social media marketing menjadi skill yang sangat berharga di dunia digital marketing.

Skill social media marketing bukan hanya sekedar mengerti cara posting di Facebook atau Instagram saja. Selain penguasaan pengoperasian berbagai platform media sosial,u juga harus mengerti bagaimana caranya berinteraksi dengan audience di media sosial, paham konten seperti apa yang cocok untuk setiap audience, dan lihai dalam menganalisa tren yang sedang berlaku saat itu. Jadi, jangan meremehkan skill yang satu ini ya!


6. Influencer Marketing 

digital marketing harus belajar jadi influencer
Menjadi Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan salah satu teknik digital marketing yang paling populer saat ini. Baik brand besar maupun kecil dapat menarik keuntungan yang besar lewat bekerjasama dengan influencer.

Maka dari itu, memahami cara terhubung dengan influencer dan menganalisa influencer seperti apa yang cocok untuk brand tertentu merupakan skill yang cukup penting di dunia digital marketing.


7. Excel 

digital marketing perlu penguasaan excel
Perlu Penguasaan Excel dalam Digital Marketing

Meningkatnya tren penerapan data analytics membuat skill pengoperasian Excel menjadi semakin penting. Dalam dunia digital marketing, data memiliki peran penting dalam menyusun strategi marketing yang efektif. Untuk itu, akan sangat baik jika teman-teman mampu mengoperasikan Excel untuk menganalisa dan memanipulasi data dan grafik untuk keperluan pengambilan keputusan strategis.

Nah, itu dia beberapa skill yang harus dimiliki untuk berkarir di dunia digital marketing. Semoga informasinya bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Skill yang Harus Dimiliki untuk Berkarir di Bidang Digital Marketing "

  1. Keterampilan di jaman digital memang beda dengan keterampilan jaman dulu. Meski cuma bisa sedikit dalam dua point dari tujuh yang disebutkan di atas terasa banget manfaatnya. Bisa menulis dan edit dikit-dikit itu Alhamdulillah banget, bisa menghasilkan juga. Hehehe

    ReplyDelete
  2. Aku belakangan ini lagi ngulik microsoft Excel lagi nih, bnyk yg lupa lupa juga ini caranya setelah sekian lama ga diculik.

    Memang ya pengguna internet skrg ini makin bnyk, harusnya makin bnyk juga orang yg mau dan mampu kenguasai skill seperti yg pak bambang sebutkan di atas.

    ReplyDelete
  3. Kenapa semua yang disebutkan di atas saya sangat familiar sekali ya. Apa memang sekarang saya sudah jadi digital marketer juga secara tidak disadari? Hehe. Btw cuma wordpress nih yang belum digarap.

    ReplyDelete
  4. Betul banget mas. Seorang seleb facebook dengan teknik digital marketing pada setiap postingannya membuat dagangannya laris dan punya banyak pelanggan. Soft selling gitu ngiklannya

    ReplyDelete
  5. No 6 dan nomor 2 doang nih yang aku masih kurang. No 6 itu cuma kurang pengalamannya. Kalau no 2 emang perlu banyak belajar lagi nih. Padahal itu penting banget ya kak.

    ReplyDelete
  6. Semua skill yang disebutin di atas adalah skill-skill yang sedang kusepajari.hehe

    Ternyata excel juga termasuk dalam skill yang diperluin di bidang digital marketing, baru ngeh jufa kalo mengolah data itu penting banget biar lebih terencana dan terarah.

    ReplyDelete
  7. digital marketing terutama di social media masih belum aku kuasai nih.
    Masih belajar bangettt

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.