} Strategi Pemasaran Online Terbaik untuk Berbagai Jenis Bisnis - Bambang Irwanto Ripto

Strategi Pemasaran Online Terbaik untuk Berbagai Jenis Bisnis

Strategi pemasaran online menjadi andalan untuk menjalankan bisnis. Banyak orang sudah mengaplikasikan beberapa strategi yang cukup potensial untuk dapat meningkatkan kesadaran merek yang mereka miliki. Strategi tersebut memang sering mudah kita dengar meski perlu ketekunan untuk menjalankannya. 

Lakukan Strategi Bisnis untuk Berbagai Bisnis


Sejauh ini, banyak orang telah menerapkan sebagian strategi pemasaran online. Strategi tersebut berhasil karena memang mereka melakukannya dengan tekun dan juga cermat. Pastinya, mereka tidak ingin asal menjalankan teori saja. Tetapi, mereka memilih beberapa strategi yang bisa dilakukan siapa saja dengan mudah, meski tetap memerlukan konsistensi. 


Cari Tahu Strategi Pemasaran Online Paling Jitu untuk Pelaku Bisnis Pemula

Saat masih menjalankan bisnis sebagai pemula, menjalankan pemasaran secara online melalui cara termudah. Berikut tahapan yang bisa teman-teman kerjakan: 

Untuk Pelaku Bisnis Pemula Ini Strategi Pemasaran Paling Jitu


Konten Marketing

Konten marketing adalah cara termudah untuk berpromosi. Konten dapat dibuat sendiri atau menyewa creator. Namun, saat masih pemula, lebih bagus berusaha membuat sendiri konten marketing, sekaligus mendistribusikannya. 

Keuntungan yang paling dapat dinikmati saat membuat konten sendiri adalah karena sudah memahami bagaimana produk yang ditawarkan. Jadi, akan tahu persis bagaimana keunggulannya. Hanya perlu mencari tahu target pasar untuk konten tersebut, sehingga tahu bagaimana konsep konten yang akan dibuat. 

Pemanfaatan Media Sosial 

Tidak ketinggalan juga memaksimalkan media sosial yang sudah dimiliki dengan konten marketing yang telah dibuat. Tentunya, wajib juga sudah melakukan riset akan target pasar melalui media sosial. Apalagi kalau sudah memiliki media sosial yang sudah dimiliki mayoritas masyarakat di Indonesia yaitu Facebook, Instagram dan Tik Tok.

Tentunya sudah mempelajari target pasar dari produk yang dimiliki. Pelajari dari berbagai macam sumber terpercaya. Bagusnya bergabung dengan berbagai komunitas yang menggunakan produk yang sama dengan yang teman-teman tawarkan. 

Hal ini sangat penting, mengingat bahwa kita dapat mengetahui selera mereka. Selain itu,  juga dapat mengetahui apa yang dimiliki dan tidak ditawarkan kompetitor. Media sosial adalah wadah penting untuk konten dalam menjaring pengikut serta membuat teman-teman terlibat dengan mereka, 

Rutinlah mengunggah konten, serta mengimbanginya dengan respon cepat. Dengan demikian, pengikut teman-teman dapat dengan mudah mengungkapkan keinginannya sekaligus menyampaikan saran. Mereka akan menganggap perusahaan teman-teman profesional, karena dapat mengakomodir kebutuhan mereka. 

Memiliki Situs dan Mengoptimasinya

Mengandalkan konten dan media sosial saja, tidak akan cukup. Teman-teman harus memiliki situs sendiri. Situs bisnis ini menjadi penentu reputasi teman-teman. 

Situs bisnis yang teman-teman kelola pun tidak asal buat. Pilihlah plugin yang tepat supaya optimasi situs menjadi maksimal. Salah satu strategi pemasaran online yang bisa teman-teman terapkan adalah optimasi SEO. Optimasi situs untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas situs supaya mendapatkan tempat di halaman pertama Google ini memang hal yang mutlak. 

Teman-teman bisa mencari plugin tepat untuk menentukan target topik yang banyak dicari audiens teman-teman. Kata kunci tersebut harus dicari dengan menggunakan platform. Dalam hal ini, teman-teman memilih Ahrefs karena sudah banyak pemilik situs yang memanfaatkan fitur ini. 

Selain itu, teman-teman harus mencoba metode marketing pay per click. Metode berbayar ini sangat efektif untuk pengusaha. Caranya adalah teman-teman harus memilih platform tempat di mana ingin beriklan. Teman-teman hanya membayar untuk iklan di platform dimana mayoritas audiens teman-teman ada. 

Memang, metode yang terakhir ini bisa gagal atau berhasil tergantung pada hasil target pasar yang teman-teman tentukan. Karena itulah, teman-teman sudah punya data dalam mendukung pilihan penargetan. Riset kata kunci adalah intinya. 

Email marketing juga menjadi salah satu fasilitas yang juga tersedia saat teman-teman memiliki situs dengan plugin yang mendukung. Email marketing sangat efektif dalam menjangkau pelanggan yang sudah ada sekaligus calon pelanggan potensial. Fitur otomatis email marketing tidak hanya menyusun email dengan konten promosi, tetapi juga penentuan waktu yang tepat untuk mengirim email sekaligus memantau hasil.

Memilih Faspay untuk Memfasilitasi Pemasaran Online 

Memilih Faspay adalah keputusan tepat yang bisa teman-teman lakukan. Faspay lebih dari sekedar payment aggregator yang dapat menyediakan ragam metode pembayaran. Kemudahan pembayaran tentunya adalah salah satu strategi pemasaran online yang pasti diminati pelanggan. 

Faspay mendukung pemasaran online


Faspay juga memberikan fasilitas invoice digital. Fasilitas ini juga sangat menguntungkan dalam melakukan penagihan. Teman-teman tidak perlu menagih secara manual dan berulang-ulang. Pasalnya, digital invoice dari Faspay juga dapat menawarkan fitur pengingat. 

Fasilitas lainnya adalah plugin pembayaran Wordpress yang fleksibel, kemudahan menjadi merchant dan juga pilihan pembayaran yang beragam karena kerjasama dengan ratusan bank dan puluhan e-wallet. Jadi, Faspay sangat mendukung pemasaran online. 

Strategi pemasaran online yang sudah diterapkan di atas terbukti dapat mendorong popularitas bisnis teman-teman. Tidak hanya itu, tingkat konversi dari pengunjung menjadi pembeli cukup tinggi dengan metode marketing yang tepat. Karena itu, keputusan memilih Faspay sebagai mitra penyedia layanan pembayaran dan optimasi website sangat tepat.

Subscribe to receive free email updates:

35 Responses to "Strategi Pemasaran Online Terbaik untuk Berbagai Jenis Bisnis"

  1. Bagus nih Faspay untuk UMKM pemula
    Karena umumnya UMKM lemah dalam hal keuangan (termasuk penagihan)
    Sehingga jangankan cuan, UMKM malah boncos

    ReplyDelete
  2. Waw, ada Faspay yang sudah terhubung dengan banyak merchant dan ratusan bank, e-walet dll, jadi bagus dan berpihak bagi para UMKM untuk pemasaran online lebih praktis dan cepat...

    ReplyDelete
  3. Pemasaran online melalui medsos, konten kreator, dan website memang kudu diiringi dengan metode pembayaran Fastpay yang sekaligus mendukung pemasaran digital.

    ReplyDelete
  4. Sekarang semua bisnis bisa dijalankan online. Tinggal rancang strategi jitu biar bisa menarik pasar, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak Farida. Promosi melalui media sosial yang ada sangat ampuh jika branding sudah ada. Sesuai dengan perkembangan jaman harus menggunakan Fastpay juga krn sudah terhubung dgn berbagai merchant.

      Delete
  5. Wah bener banget nih konten soft selling paling debest btw faspal ini aku baru tahu lho kak, menarik banget ya

    ReplyDelete
  6. Kalau layanan keuangan dalam hal pembayarannya cepat, pastinya bikin seneng transaksi bisnis yang dilakukan.
    Dengan begitu, kustomer gak bakal kabur dan bisa balik lagi berlangganan

    ReplyDelete
  7. Dengan metode marketing yang mengikuti zaman, melalui pemasaran online tentunya akan meningkatkan popularitas bisnis ya mas. Makanya sekarang banyak pebisnis yang merambah dunia online

    ReplyDelete
  8. Menggunakan strategi terbaik di era digital ini akan mampu meningkatkan penjualan dan minimal branding yang dikenal masyarakat ketika merujuk ke sebuah jasa atau produk. Pembayaran yang mudah menggunakan Fastpay menjadi salah satu alasan utama pemilihan customer dalam memilih jasa atau produk yang ditawarkan.

    ReplyDelete
  9. Buat yang punya bisnis atau pelaku UMKM kayanya perlu nih punya Fastpay sebagai salah satu strategi penasaran terbaik

    ReplyDelete
  10. Ternyata penting ya Mas punya situs bisnis sendiri? Kukira cukup dengan punya lapak di marketplace dan medsos. Heuheu... aku mesti belajar lagi nih biar nggak ketinggalan.

    ReplyDelete
  11. terimakasih sharingnya pak Bam, memang jika punya bisnis harus bisa mengupayakan berbagai cara marketing termasuk marketing digital ya dengan membuat konten yang bagus, dan melek medos juga. canggih Fastpay nih bisa bikin invoice digital, membantu banget untuk administrasi keuangan bisnis!

    ReplyDelete
  12. Menarik juga nih, jadi kepo sama Faspay yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimasi website. tools yang bisa digunakan sebagai strategi pemasaran online pun semakin banyak pilihan ya

    ReplyDelete
  13. Faspay emang bikin efektif dan efisien nihh, kerjaan jadi lancar juga kalo buat UMKM kek gini yaa pak

    ReplyDelete
  14. sekarang banyak banget sih yaaa promo dan jualan di sosmed, apalagi klo ada videonya, jadi lebih yakin buat beli, pembayarannya jg harus yang gampang, ga menyusahkan

    ReplyDelete
  15. memang sangat penting sekali memilih startegi pemasaran untuk bisnis kita dan tidak kalah pentingnya juga dalam memilih fasilitas pemasaran online berupa pembayaran, dan pastinya Faspay ini payment aggregator yang memiliki pembayaran beranekaragam sehingga pelanggan dapat memilih sesuai dengan apa yang dimilikinya

    ReplyDelete
  16. alat pembayaran yang memudahkan ini jadi poin penting bagi yang berbisnis online, ya

    ReplyDelete
  17. Nah ini, mengubah pengunjung menjadi pembeli ini yang jadi pr besar buat kita ya. Katena gak sedikit kan yg PHP aja itu, hehehe ... Tapi kalau ada Faspay, insyaallah jadi lebih mudah ya

    ReplyDelete
  18. Senjata paling ampuh buat saat ini memang media sosial. Pemasaran via media sosial berpotensi menaikkan brand awareness produk umkm. Mari kita Go Digital

    ReplyDelete
  19. Nah ada invoice nya ini yang dicari-cari.. karena kalo punya bisnis memang enak kalo ada invoice

    ReplyDelete
  20. Fastpay pastinya akan banyak diminati anak muda dalam transaksi pembayaran, bisa banget ini dipilih oleh pelaku usaha online. Usaha jadi makin sukses dengan memanfaatkan pembayaran seperti Fastpay

    ReplyDelete
  21. Berjalan beriringan guna bisnis yang dilakoni semakin lancar, dari kemudahan transaksi keuangannya dengan faspay serta promosinya dengan memanfaatkan media sosial.

    ReplyDelete
  22. Jadi semakin praktis ya, dengan menggunakan invoice digital seperti Faspay. Pelaku bisnis nggak perlu repot lagi bikin program invoice secara manual.

    ReplyDelete
  23. Sosmed tuh skrg powerful banget buat genjot marketing. Kalo pny anggaran lebih bs pasang iklan jg sih. Kalo jago bikin konten, malah lebih bgs lg. Enak bgt promosi di era digital ini ya kak.

    ReplyDelete
  24. Oh ternyata ini Faspay yang katanya bisa banget bantu pembayaran jadi lebih cepat sekaligus bisa ditracking dengan mudah.

    ReplyDelete
  25. Wah setuju banget mas, produk apapun tanpa strategi pemasaran online rasanya nggak bakal maju ya

    ReplyDelete
  26. Pemasaran online akan sangat terbantu dengan sistem pembayaran online seperti ini ya mas

    ReplyDelete
  27. Fitur Pengingat itu seperti apa ya? Jadi kepo. Soalnya aku termasuk yang males nagih berulang-ulang. Sekali tagih masih ngeles atau nggak respons ya udah, cancel aja.

    ReplyDelete
  28. Kayaknya Faspay ini kayaknya rekomended banget deh soalnya bisa bikin invoice juga ya kan, sangat penting apalagi berbisnis di era digital kek gini.

    ReplyDelete
  29. Alat pembayarannya kudu yang mudah, gercep dan bisa memberikan laporan secara terperinci, sehingga menggunakan Faspay menjadi solusi ketika memiliki usaha. Dan semoga dengan pelayanan yang terbaik yang diberikan akan menjadi strategi pemasaran yang dicintai pelanggan.

    ReplyDelete
  30. perkembangan teknologi informasi memang sangat terasa di lini bisnis ya, pak. Banyak kemudahan dari berbagai inovasi untuk kemajuan usaha, salah satunya dengan Faspay ini juga

    ReplyDelete
  31. Zaman sekarang kehadiran sosmed sangat membantu sekali ya dalam pemasaran. Bikin konten. Kalau pemasaran juga online, pembayaran juga harus yang mudah. Ya menggunakan fastpay ini contohnya.

    ReplyDelete
  32. Sebagai pembeli saya akan merasa sangat terbantu jika para pelaku bisnis menyediakan berbagai pilihan pembayaran yg bisa memudahkan pembeli. Jadi sudah pasti metode pembayaran sangat penting untuk pemasaran/marketing

    ReplyDelete
  33. Jadi, Faspay juga bisa termasuk jadi strategi pemasaran bisnis online yah, Pak. Keren nih, Faspay!

    ReplyDelete
  34. Terjun ke dunia usaha memang ga boleh setengah-setengah ya Mas. Harus paham dari segala sudut, termasuk bidang marketing. Mulai dari strategi pemasaran sampai aplikasi pendukung yang dapat memfasilitasi pemasaran online sebaiknya memang dimiliki oleh setiap kita yang menjadi pebisnis

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.