} Cara Mudah Memahami Sentimen Pasar Crypto - Bambang Irwanto Ripto

Cara Mudah Memahami Sentimen Pasar Crypto

Bagi yang sedang tertarik atau sudah terjun dalam bidang investasi, terutama crypto tentu sering mendengar istilah sentimen pasar. Sentimen pasar merupakan sikap investor terhadap suatu jenis sekuritas atau saham. Istilah ini sangat berkaitan dengan Crypto Fear and Greed Index.

Cara Mudah Memahami Sentimen Pasar Crypto
Foto : Canva


Fear and Greed Index dalam crypto mempunyai kegunaan yang sangat penting sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan sehingga semakin cuan. Komunitas kripto seringkali membicarakan mengenai hal ini, bahkan membagikan di media sosial yang menayangkan konten tentang investasi. 

Pengertian Crypto Fear and Greed Index  

Dalam kabar kripto, Fear and Greed Index menjadi salah satu objek yang banyak dibahas karena berkaitan dengan bagaimana meningkatkan keuntungan dalam berinvestasi. Fear and Greed Index merupakan skor atau angka yang menggambarkan sentimen pasar crypto dan mempunyai rentang angka mulai dari 0 sampai 100.

Foto : PINTU

Angka ini tidak bisa menjadi tolok ukur aset kripto secara keseluruhan, tetapi hanya Bitcoin saja. Dari angka ini Anda bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli saham atau untuk buy the dip, yaitu pada saat menunjukkan Fear atau angka 0 sampai 49. 

Sedangkan pada saat Greed yaitu skor menunjukkan angka 50 sampai 100 menjadi tanda menjadi tanda bahwa periode pasar yang bullish dapat segera berakhir. Ini berarti bahwa cryptocurrency dinilai terlalu tinggi dan mungkin berada di tengah-tengah bubble.

Bubble sendiri diartikan sebagai fenomena di mana sebuah aset kripto harganya mengalami lonjakan sangat tinggi dari nilai yang sebenarnya dalam waktu tertentu. Kenaikan harga ini biasanya akan diikuti dengan penurunan yang cepat juga. 

Kaitan antara sentimen pasar kripto dengan Crypto Fear and Greed Index sangat erat. Kabar tentang lonjakan kripto akan berpengaruh terhadap sikap yang akan diambil oleh investor. Pemilik kripto bisa mengambil dua langkah, apakah akan bertahan dan menunggu hingga harga semakin naik atau akan segera menjualnya karena sudah mendapatkan keuntungan. 

Komponen untuk Mengukur Crypto Fear and Greed Index  

Kabar kripto yang mengalami lonjakan maupun penurunan sangat penting untuk diketahui oleh investor sehingga bisa mengambil keputusan agar cuan. Karena itu, kemampuan dalam memprediksi terjadinya Fear dan Greed sangat penting. Komponen yang bisa digunakan untuk mengukur parameter tersebut adalah: 

Foto : PINTU


Volatilitas

Volatilitas menunjukkan penyebaran imbal hasil dari sekuritas atau indek pasar. Bagi investor yang cerdas, volatilitas tinggi merupakan momentum yang tepat untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, namun sebaliknya potensi kerugiannya pun besar. 

Poin ini menyumbang hingga 25 indek penilaian. Angka volatilitas dilihat dengan cara membandingkan harga antar saat ini dengan harga rata-rata selama 30 dan 90 hari sebelumnya.  

Volume pasar atau momentum

Momentum dalam bidang investasi kripto merupakan alat untuk analisis teknik yang berguna dalam mengukur kecepatan dan kekuatan pergerakan harga produk investasi dan penting dalam penentuan level bullish. 

Komponen ini dalam perdagangan kripto menyumbang 25% dari total indek. Untuk menghitungnya dengan cara membandingkan angka rata-rata selama waktu 30 dan 90 hari kemudian menggabungkan kedua angka yang diperoleh. 

Media sosial

Peran media sosial, terutama Twitter, dalam mempengaruhi fluktuasi harga saham, termasuk kripto sangat penting. Media sosial sebagai sumber informasi mengenai naik turunnya harga kripto dan menyebarkan berbagai informasi yang berpengaruh pada naik turunnya harga tersebut. 

Pada dasarnya komponen media sosial yang berpengaruh pada fluktuasi Bitcoin atau uang elektronik adalah tagar dari Twitter yang dapat berpengaruh hingga 15% dari indek penilaian. Apabila tingkat interaksi lebih tinggi dari biasanya, dianggap sebagai indikator perilaku pasar yang Greed.

Karena perannya yang cukup penting, sebaiknya investor menggunakan Twitter sebagai salah satu parameter dalam mengambil keputusan. Meski tidak berperan secara langsung namun dampak dari tagar dalam Twitter sangat besar terhadap fluktuasi harga kripto. 

Dominasi

Dominasi Bitcoin dapat berarti ada pengurangan investasi pada altcoin atau koin alternatif yang lebih berisiko dan Bitcoin dianggap menjadi aset yang lebih aman untuk berinvestasi. Altcoin sendiri digunakan untuk mendeskripsikan semua aset kripto selain Bitcoin.

Jika terjadi penurunan dominasi Bitcoin dapat berarti bahwa orang lebih suka dengan berinvestasi di Altcoin yang lebih berisiko. Komponen dominasi menyumbang 10% dari skor indeks dan merepresentasikan seberapa besar persentase atau market cap Bitcoin dari keseluruhan kapasitas pasar kripto.

Trend

Volume pencarian terhadap topik bitcoin yang dapat dilihat pada Google Trend dalam fluktuasi kripto sangat besar. hal ini gambarkan dengan istilah tren. Jika volume pencarian terhadap berita negatif terkait Bitcoin meningkat, maka hal itu pertanda bahwa sentimen pasar ke arah Fear.  Tren sendiri tren menyumbang 10% dari total penilaian indeks.

Saat ini untuk berinvestasi dan memantau perkembangan aset sangat mudah karena tersedia dalam aplikasi PINTU. PINTU merupakan aplikasi berbasis perangkat untuk membeli, menjual, menyimpan, dan mengirim mata uang kripto di Indonesia. Tujuan aplikasi PINTU untuk membantu generasi muda dan investor ritel dengan mudah berinvestasi di berbagai aset kripto 

Untuk kamu yang ingin berinvestasi kripto dengan mudah, download PINTU sekarang. Saat ini PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU menjadi platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi ini fokus pada tampilan yang intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor baru dan kasual. 

Dengan memahami sentimen pasar crypto dan pengaruh dari Crypto Fear and Greed Index  siapa pun bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari berinvestasi di aplikasi PINTU. Segera mulai berinvestasi di PINTU agar semakin cuan!


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Mudah Memahami Sentimen Pasar Crypto"

  1. Kalau dari yang pernah daku lihat si bitcoin ini memang banyak penggemarnya ya dibandingkan dengan yang lain. Apa karena udah identik banget ya kalo ngomongin kripto ya ingetny bitcoin

    ReplyDelete
  2. Kalo msh takut2 dan blm ada duit dingin, jgn sampe sih main crypto. Soalnya pergerakannya gila. Harganya udh mahal utk wkt skrg. Kecuali bs cari jenis crypto lainnya yg msh pny valuasi murah.

    Jgn lupa perbanyak wawasan dulu ya sblm investasi ke crypto biqr nggak nyangkut. Hehe.

    ReplyDelete
  3. Makin ke sini, crypto memang makin banyak yg penasaran yah. Tapi memang gak bileh asal, sampe ada banyak tools buat prediksi gitu, termasuk komponen untuk mengukur crypto fear dan greed index.

    ReplyDelete
  4. Makin ke sini, crypto memang makin banyak yg penasaran yah. Tapi memang gak bileh asal, sampe ada banyak tools buat prediksi gitu, termasuk komponen untuk mengukur crypto fear dan greed index.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.