} Bahasa Cinta yang Tepat untuk Memotivasi Anak - Bambang Irwanto Ripto

Bahasa Cinta yang Tepat untuk Memotivasi Anak

Ternyata Bahasa Cinta itu harus diterapkan setiap hari, termasuk kepada anak. Tidak hanya semakin menpererat hubungan antara orang tua dan anak, tapi juga memotivasi anak untuk melakukan hal-hal yang berguna dan positif. Salah satunya termotivasi untuk meningkatkan prestasi belajarnya di sekolah.

Bahasa Cinta untuk Memotivasi Anak
Bahasa Cinta untuk Anak (Bing.com)


Antara Cinta dan Bahasa cinta

Cinta adalah kasih sayang yang diberikan seseorang kepada orang lain. Setiap orang merasakan dan bisa memberikan rasa cinta. Apalagi Cinta itu sangat universal. Tidak hanya cinta pada pasangan, tapi pada anak, keluarga, orang terdekat, termasuk pada alam sekitar juga hewan peliharaan.

Bing.com

Sedangkan Bahasa Cinta adalah cara yang dilakukan seseorang untuk mengekspersikan dan menerima rasa cinta kepada dan dari orang lain. Dan karena setiap orang berbeda cara menerima dan menrima bahasa cintanya.

Lalu bagaimana bahasa cinta yang tepat untuk anak-anak?

Bahasa Cinta yang tepat untuk memotivasi anak

Beragam bahasa cinta atau love language bisa diterapkan kepada , juga berbeda penarapannya pada anak. Tidak sama. Hal ini saya dapatkan saat mengikuti webinar Bahasa Cinta dengan pembicara Bu Jovita Ferliana, M.PSI yang merupakan seornag psikolog anak, remaja, dan keluarga.

Seminar Online Bahasa Cinta Bersama Sinotif

Bu Jovita menjelaskan ada 5 cara bahasa cinta yang bisa dilakukan orang tua kepada anak untuk memotivasinya :

Acts

Pertama Bahasa cinta itu bisa ditunjukkan dengan tindakan atau memberikan bantuan. Menunjukkan kesediaan orang tua untuk menolong, atau untuk meringankan beban beaban. Misalnya anak kesulitan mengerjakan PR, maka orang tua segera menunjukkan kesediaan untuk membantunya. Dengan begitu akan meringankan beban anak juga. Misalnya lagi saat anak ingin membuata minuman yang belum bisa dilakukan sendiri, maka orang rua bisa segera membantu.

Words 

Bahasa Cinta juga bisa tersampaikan lewat ucapan atau perkataan. Orang tua senantiasa memberi dorongan semangat, peneguhan, penghargaan, dan mendengarkan secara aktif. Misalnya saat anak mendapatkan nilai bagus, berhasil mengerjakan tugas rumah, maka jangan segan-segan untuk memberi pujian yang pastinya ajan membuat hati anak senang.

Time

Memenuhi segala kebutuhan anak, tidak menjamin anak bahagia. Karena yang dibutuhan anak adalah kebersamaan yang termasuk dalam Bahasa Cinta. Misalnya saat watu libur, menghabiskan wakti bersama anakKebersamaan, bercakap-cakap secara pribadi ke pribadi dengan penuh perhatian, termasuk menyediakan waktu saat anak membutuhkan kehadiran orang tua untuk urusan atau acara sekolah.

Touch

Bahasa cintajuga bisa didapatkan dengan sentuhan fisik. Mulai dari menggunaan bahasa tubuh, dan raut wajah, untuk menunjukkan kasih, bukan sekadar kata-kata saja. Misalnya anak terjatuh dari sepeda. Dia sedih karena selain luka di lututnya, juga belum bisa naik sepeda seperti teman-temannya. Makanya dengan belaian lembut, lalu dibantu mengobati lukanya, sambil diberi kata-kata semangat, maka anak tidak sedih lagi.

Gift

Memberikan hadiah termasuk menunjukkan bahasa kasih. Jadi bisa sekali teman0teman Memikirkan hal yang disukai atau diperlukan anak, bisa juga dengan memberikan dan menunjukkan prioritas.Mislanya saat anak dapta rangking di kelas, maka bisa membelikan sesuatu yang dia sukai.

Formula Bahasa Cinta

Agar Bahasa kasih tersampaikan dengan baik kepada anak, maka ada formula khusus yang diberikan oleh Bu Jovita. Formula ini terdiri dari Bahasa kasih dikali tindakan kasih yng nantinya menghasilkan tangki kasih. pastinya semua sesuaikan tindakan dengan bahasa kasih. Bahasa kasih harus disertai tindakan kasih.



Formula 2x5= 10

Formula pertama adalah 2x5 = 10. Maksudnya 2 bahasa kasih dikali 5 Tindakan kasih sama dengan 10 tangki kasih. 

Formula 5x2=10

Formula kedua adalah 5x2=10. Maksudnya 5 Bahasa kasih dikali 2 tindakan kasih sehingga menghasilkan 10 tangki kasih.

Bahasa Cinta untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Apakah ada perbedaan cara menrapkan Bahasa Cinta untuk Anak Berkebutuhan khusus? Ini merupakan pertanyaan yang saya ajukan saat webinar, dan direspon oleh Bu Jovita.

Jadi menurut Bu Jovita, sebenarnya, tidak da perbedaan menerapkan Bahasa Cinta ini kepad ABK. Tetap diterapkan 5 bahasa Cinta. Memang hanya untuk ABK, kadarnya harus dilebihkan. Teruma lebih diperbhanya dengan touch atau sentuhan fisik.

Bahasa Cinta Sinotif

Salah satu bahasa cinta ang ingin diberikan kepada orang tua kkepada anak adalah membrikan pendidikna yng bagus untuk anak-. Sebaliknya bahasa cinta yang anak berikan adalah dengan memberikan nilai-nilai pelajaran yang terbaik.

Nah,unru mendaptkan nilai pelajaran terbaik orang tua bisa memberikan bimbel terbaik kepada anak. Sinotif Bimbel Eksakta Terbaik di Indonesia spesialis Matemarika, Fisika dan Kimia. Sinoti bimbingan belajar live inetraktf. Jadi anak-anak serasa belajar di kelas.



Mumpung saat ini ada promo Februari 2024. Daftar sekarangm maka berbagai keuntungan akan didapatkan. Mulai dari free 1 bulan unag les, diskon 50 % pendaftaran, sampai kesempatan memenangkan Lucky Dip Angpao dengan total hadiah puluhan juta.

Itulah cara mengungkapkan bahasa cinta kepada anak. Teman-teman bisa menerapkan seusai anak. Bahasa kasih tidak hanya mempererat hubungan antara orang tua dan anak, tapi juga bisa memotovasi anak meningkatkan prestasinya.

Bambang Irwanto

Subscribe to receive free email updates:

20 Responses to "Bahasa Cinta yang Tepat untuk Memotivasi Anak"

  1. aku baru tahu , untuk meluapkan bahasa sinta ke anak dalam upaya memotivasinya ada rumusnya ya. yang secara garis besar saya blod, bahwa menyediakan waktu untuk anak biar bisa mengisi tangki cinta itu, adalah prioritas

    ReplyDelete
  2. Baca tulisan ini jadi nyesel anak-anakku kecepetan lahir
    Bagus banget bahasan bahasa cinta untuk memotivasi anak
    Sebagai ortu saya mendua, antara kasihan melihat mereka belajar dengan memaksa mereka karena takut mereka gagal
    Apalagi sekarang ada Sinotif yang punya cara pendekatan berbeda untuk peserta dalam memahami matematika

    ReplyDelete
  3. Wah, asyik banget nih bimbel di Sinotif. Banyak sekali promonya. Udah ada potongan 50% uang pendaftaran, free 1 bulan uang les eh bisa dapat undian angpao pula.

    ReplyDelete
  4. Bahasa cinta yang mungkin belum begitu dipahami anak-anak adalah ketika kedua orangtua memilihkan pendidikan yang terbaik. Namun, dengan tangki tangki cinta yang orangtua isi sedari dini, semoga anak-anak bisa mendapatkan pemahaman yang baik mengenai pentingnya mencari ilmu dunia dan akhirat sebagai bekal kehidupan.

    ReplyDelete
  5. Kalau boleh kembali jadi anak-anak, saya ingin banget dapat bahasa cinta act dan words. Kalau time dan gift saya mungkin bisa menerima jika orang tidak bisa memberikan, karena memang kondisinya tidak memungkinkan. Eh, kok malah jadi curhat. Hehehe.

    ReplyDelete
  6. Bahasa kasih itu memang baik untuk anak ya. Selain bisa mempererat hubungan antara orang tua dan anak, bahasa cinta juga bisa memotivasi anak untuk berprestasi.

    ReplyDelete
  7. memang pentin sekali ya untuk mempelajari bahasa cinta ini bukan cuma buat pasangan tapi juga buat anak-anak agar kita bisa mengisi tangki cinta mereka

    ReplyDelete
  8. Seringkali alih-alih memberikan bahasa cinta, orangtua membandingkan anak-anak dengan yang lain. Karena kurang ilmu, orangtua kerap melakukan banyak kesalahan dalam pengasuhan. Salut banget sama Sinotif yang memperhatikan sinergi antara pengasuhan dengan pembelajaran anak-anak. Padahal lembaga bimbingan belajar yaa.. Kereen~

    ReplyDelete
  9. Formula bisa juga di coba tapi saya agak pusing berhitung, jadi pokoknya bahasa cinta gak hanya di mulut tapi juga ada aksi ya. Salah satunya memberikan bimbel sinotif untuk anak anak yaaa. Apalagi lagi ada diskon dan ini beneran gratis uang les selama sebulan pak?

    ReplyDelete
  10. Formula bisa juga di coba tapi saya agak pusing berhitung, jadi pokoknya bahasa cinta gak hanya di mulut tapi juga ada aksi ya. Salah satunya memberikan bimbel sinotif untuk anak anak yaaa. Apalagi lagi ada diskon dan ini beneran gratis uang les selama sebulan pak?

    ReplyDelete
  11. Promo februari sangat menggoda, banyak sekali keuntungan yang bisa didapat. rasanya sayang banget kalau ngga segera mendaftar supaya bonusnya bisa didapatkan semuanya dong hehehe

    ReplyDelete
  12. Menarik banget baru tau formula cinta, dua formula berbeda namun menghasilkan tangki kasih yg sama.bahasa kasih orangtua yg mungkin semua anak rasakan ialah memberikan pendidikan yg terbaik

    ReplyDelete
  13. Anak-anak memang sangaaat perlu mendapat bahasa cinta dan tindakan cinta yang tepat dari ortu. Anak yang bahagia dan penuh cinta insya Allah nggak akan neko-neko.

    ReplyDelete
  14. Baru tahu arti 2x5=10 dan 5x2=10. Di bahasa cinta semua jadi bermakna ya. Anak anak memang butuh kasih sayang dari kita orang tuanya. Jangan sampai diskip

    ReplyDelete
  15. Oh iya juga ya, bahasa cinta itu ada banyak macamnya Nggak cuma hadiah aja tapi bisa dengan memberikan bantuan, cinta waktu, dan sentuhan fisik. Noted banget formula cintanya.

    ReplyDelete
  16. Sebagai orang tua kita memang harus paham bagaimana mengungkapkan cinta kepada anak. Agar mereka paham kalau kita sayang sama mereka an membuat mereka juga mudah menyayangi orang lain dan selalu percaya diri

    ReplyDelete
  17. Menyampaikan bahasa cinta kepada anak, terlebih bagi yang memiliki kebutuhan khusus, memang memerlukan sentuhan dan pemahaman yang lebih dalam lagi ya mas. Penting bagi orang tua untuk memberikan dukungan yang lebih, seperti lebih banyak memberi perhatian, sentuhan fisik, dan penghargaan atas usaha mereka. Semoga setiap anak merasakan cinta dan dukungan tanpa batas dari keluarga dan lingkungan sekitarnya. 💖

    ReplyDelete
  18. Tulisan yang bagus terutama untuk orang tua agar lebih banyak belajar lagi dalam mengungkapkan bahasa cinta dengan tepat untuk anak.

    ReplyDelete
  19. wah setuju sekalo.. anak-anak sudah sehaurnya mendapatkan bahasa cinta yang baik untuk mereka dari lingkungan terdekatnya yaitu rumah ya..

    ReplyDelete
  20. Sebagai orang tua harus sering mengungkapkan bahas cinta untuk anak. Bagaimana pun itu juga akan mempengaruhi tumbuh kembang anak-anak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.