} 12 Pantai Kebumen yang Wajib Dikunjungi - Cerita Bambang Irwanto

12 Pantai Kebumen yang Wajib Dikunjungi

12 Pantai Kebumen yang Wajib Dikunjungi - Wisata Indonesia itu sangat beragam, termasuk pantai. Dan salah satu kabupaten yang banyak menawarkan wisata pantai yang memasona adalah Kebumen. Walau sebenarnya, bukit-bukit di Kebumen juga memesona. Bahkan bisa jadi wisata andalan di Jawa Tengah.



Wilayah kebumen termasuk wilayah yang dilewati jalur laut pantai laut selatan. Jadi tidak.mengherankan, pantai-pantai di Kebumen sangat banyak dan beragam. Mulai dari perbatasan Cilacap, sampai perbatasan dengan kutoarjo. Dijamin wisata ke pantai di Kebumen akan sangat menyenangkan.

Nah berikut pantai-pantai di wilayah Kebumen yang sudah Saya datangi. Saya susun berdasarkan dari pantai yang berbatasan dengan Cilacap, sampai ke timur yang berada di dekat Kebumen.

12 pantai Kebumen yang Wajib Dikunjungi


Pantai Logending 

Pantai Logending ini berada di perbatasan antara wilayah Cilacap dan Kebumen. Makanya Pantai Logending berdekatan dengan pantai Jetis yang sudah masuk wilayah Cilacap. Pantai Logending juga disebut pantai Ayah, karena memang berada di kecamatan Ayah.



Saat saya ke sana, pantai Logending sedang dalam tahap penataan. Menurut seorang Bapak petugas kebersihan, nantinya kios-kios yang dulunya ditempati para pedagang, akan dibuat taman, lalu para pedagang akan pindah ke lokasi baru yang jarak sangat dekat. Paling hanya selemparan batu hehehe.



Walau begitu, pantai Logending masih menampakkan pesonanya. Saat Saya berkeliling di sekitar, ternyata ada dermaga, dan semakin lengkap dengan Tempat Pelelangan Ikan. Masih tampak juga beberapa kios yang menjual ikan. Termasuk warung makanan.



Masih menurut cerita Bapak petugas kebersihan tadi, dulu pantai Logending itu pantai yang landai. Jadi pengunjung bisa main  air dan pasir. Namun setelah dibuat pemecah pantai, pengunjung hanya dapat mengitari sekitar pantai dengan naik perahu.

Pantai Meganti

Dari Pantai Logending, teman-teman bisa langsung belok kanan, menyusuri jalan untuk menuju Pantai Meganti. Jalanan menuju pantai Menganti ini memang berkelok, menanjak, dan menurun. Maklum karena jalanan ini menyusuri lereng bukit. Namun Jalanan beraspal dan mulus.



Perjalanan itu akan terbayar saat teman-teman sampai di area pantai Menganti yang menurut saya paling komplit dan memesona. Makanya tiketnya paling mahal di antara tiket pantai lainnya, yaitu 12.500 rupiah. Tapi semua sebanding.



Di pantai Menganti, teman-teman akan disambut panorama pantai yang indah. Tidak hanya itu, bukit dan lembah ikut menyejukkan mata dan hati. Apalagi tersedia saung-saung tempat duduk bersantai. Dan.. teman-teman makin happy karena banyak sekali spot foto yang menarik. Jadi batterai kamera atau smartphone harus full.



Baca juga : Pantai Menganti Primadonanya Wisata Pantai di kebumen

Pantai Pecaron Indah

Dari Meganti, teman-teman keluar kembali menuju gerbang. Sampai jalan raya, belok kanan lagi dan mengikuti jalan saja. Nanti di sebelah kanan jalan, teman-teman akan menemukan gerbang pantai Pecaron Indah di sisi kiri jalan. Teman-teman tinggal masuk dan mengikuti jalan.



Sayangnya akses  jalanan menuju pantai Pecaron Indah agak rusak. Lalu ada jalanan yang sempit. Jadi teman-teman harus berhati-hati, dan pastinya akan mengurangi waktu tempuh perjalanan. Jadi ahrus segera dibenahi, agar pengunjung tetap ramai datang ke pantai ini.



Namun semua akan sedikit terbayar saat teman-teman sampai di pantai Pecaron Indah. Teman-teman langsung disambut pohon kelapa yang tumbuh . Lalu terhampar pantai yang berpadu dengan batu karang. Tampak juga batu-batu berserakan secara alami, yang menambah eksotis pantai ini.



Pantai Surumanis

Lanjut lagi ke arah timur menuju pantai Surumanis.  Teman-teman Ikuti saja jalan, lalu belok kanan saat ada plang bertuliskan Pantai Surimanis dan pantai Lampon. Ya, kedua pantai ini akses jalannua sama, kareba saling berdekatan. Tiketnya juga kompakan, sama-sama 12 ribu hehehe.



Jadi bisa disebut paket 1 in 2. Dalam satu wilayah ada dua tempat wisata. Jadi teman-teman bisa datang pagi hari. Jadi bisa sekalian ke dua pantai ini.



Lanjut soal Pantai surumanis, Pantai Surumanis ini karekater pantainya mirip dengan pantai Meganti. Tidak hanya ada pantai, tapi juga bukit. JHanya spesialnya, di pantai surumanis, kita bisa main air di pantai.



Ke pantai surumanis ini dijamin akan banyak koleksi foto jugam soalnya banyaj spot foto, baik di bukit atau di pantai. Misalnya selain bisa memandang pantai dari atas bukit, ada juga spot foto ayunan, jembatan, sampai ayunan. Lalu saat turun ke pantai, banyak sudut pantai yang bisa diekplor.



Dan kebetulan pas ke pantai Surumanis, saya datangnya agak sorean. jadi bisa sekalian nnggu sunset. Walau agak mendung, saya tetap happy bisa menikmati sunset.

Baca juga : Pantai Surumanis yang Mampu Menghadirkan Momen Manis


Pantai Lampon

Karena masih satu area, maka pantai lampon ini karakter pantainya sama pantai surumanis. Terdiri dari bukit dan juga pantai. Pemandangan dari atas bukit bagus. Apalagi banyak spot foto. Seperti Rumah Anyer, Nama pantai Lampon, sampai tempat tidur pohon.



Teman-teman juga bisa bersantai di saung-saung yang tersebar di semua area. Sambil memandang laut lepas. Tampak juga pantai Watu Bale dari Kejauhan.




Pantai watu bale.

Puas di pantai lampon, kembali kita lanjutkan wiaata pantai. Masih menyusuri jalanan berliku, tidak lama teman-teman akan sampai di gerbang pantai Wat Bale. Pantainya tidak jauh dari raya. Saya cukup membayar 10 ribu sudah termasuk tiket masuk plus parkir motor.



Begitu sampai, teman-teman akan disambut oleh pantai. Tampak batu-batu berserakan secara alami. Hanya di pantai Watu Bale tidak ada karang besar seperti di pantai Pecaron Indah. Hanya yang unik, ada susunan batu untuk pemecah ombak.



Lalu di sisi kiri ada bukit. Nah, di sanalah tempat selfie. Teman-teman bisa mendaki bukit. Lalu selfie-selfie di sana sambil memandang pantai. O, iya, tidak jauh dari pantai Watu Bale, ada tempat wisata bukit keren juga. Namanya Watu Pawon Patemon.

Pantai Karang Bolong

Ayo, kita lanjutkan wisata pantainya. Dari pantai Watu Bale, kembali ke jalan raya, lalu belok kanan. Terus ikuti jalan, hingga akhirnya sampai di pertigaan yang kalau lurus menuju pantai Karang Bolong.



Sesuai namanya, pantai Karang Bolong memang mempunyai karang besar yang tengahnya berlubang. Dan inilah salah satu spot foto yang membedakan dengan pantai lainnya. Selain itu tebing-tebing yang tinggi, juga menjadi ciri khas pantai ini.



Pantainya juga bagus, dengan paduan karang-karang. Pohon-pohon kelapa pun tampak. Hanya di sini memang tidak ada spot-spot foto yang sengaja dibuat. Namun pemandangan alami, tetap bagus dijadikan background foto.



O,iya. dari pintu gerbang pantai Karang Bolong tadi, ada jalanan menanjak yang menuju tempat wisata lain yang tidak kalah indah. namanya bukit Hud. teman-teman bisa melihat hamparan pantai yang sangat indah. spot-spot foto juga banyak.

Baca juga : Pantai Karang Bolong Karangnya Memang Bolong 

Pantai Suwuk

Pantai suwuk tidak jauh dari pantai Karang Bolong. Makanya saat teman-teman berada di pantai Karang Bolong, bisa melihat pantai Suwuk. Begitu juga sebaliknya. Bisa dadah-dadah dengan pengunjung lain walau beda pantai hahaha.



Pantai Suwuk ini dulu komplit, karena ada kolam renangnya. Jalanan pun sudah dipaving. Hanya sayang, sempat diterjang ombak, jadi paving blok sebagian rusak. Namun biru langit dan awan putih di pantai, akan tetap jadi magnet untuk datang ke Pantai Suwuk



Pantai sawangan

Dari pantai Suwuk, saatnya mampir ke Pantai Sawangan. Pantai ini menurut saya kecil tapi komplit. Pantainya bagus, ada spot foto, semakin cantik dengan cemar-cemara laut yang tumbuh.



Yang saya suka, banyak spot-spot foto yang sengaja dibuat. Mulai dari jembatan, menara, sampai nama pantai Sawangan yang keren. Saung-saung menghadap pantai juga ada, dan gratis. Bisa dipakai sepuasnya.









Pantai Bopong

Tidak jauh dari pantai Sawangan ada pantai Bopong. Jujur saja saya ke sini, karena tertarik dengan foto-foto laguna-nya di instagram. Dan saat membaca beberapa postingan blog, hanya pantai Bopong ini yang punya laguna.




Namun, pas sampai di sana, ternyata menurut Mbak warung, lagunanya sudah rusak. Ini sejak pengelolahannya diambil alih dari pemuda setempat ke perangkat desa. Jadinya saat di sana, saya hanya bisa menikmati pantainya.




Tapi karena penasaran, saya coba ke lagunanya. Awalnya jalanan berpaving blok, namun setelahnya rusak dan hanya pasir. Agak susah juga melajukan motor. Dan pas di sana, sepi... laguna juga tidak terawat.  Sayangs sekali.



Namun teman-teman yang sekedar ingin mencari suasan pantai, pantai Bopong tetap bisa jadi pilihan. Tetap bisa main air, atau bersantai di warung-warung sambil menikmati pantai

Pantai Petanahan

Pantai petanahan ini perpaduan pantai dan cemara laut. Pas saya datang, cuaca sangat cerah. Langit biru dan awan putih. Pas dipadu pohon cemara laut, itu bagus sekali.



Bila teman-teman jeli, maka akan dapat angle-angle foto yang menarik. Bentuk pohon cemara laut yang berbeda, akan memberikan efek foto yang berbeda juga. Apalagi ditambah keindahan pantai Petanahan ini.


Yang saya suka, di sini sangat teduh. Makanya disewakan tikar-tikar yang digelar di bawah pohon-pohon cemara laut. Teman-teman bisa bersantai sambil buka bekal dari rumah. Pesan makanan di warung juga bisa.



Pantaii Setrojenar

Pantai Setrojenar ini menurut saya fure pantai dengan hamparan pasirnya. Jadi tidak ada ornamen-ornamen lain seperti pantai lainnya. Saung-saung pun tak ada. Memang ada cemara-cemara laut. Tapi letaknya jauh, dan kurang masuk ke frame.



Tapi spesialnya, selain bisa main air dan pasir, di pantai Setrojenar bisa mandi dan berenang di tepian. Soalnya ombakya tetap gede, tapi tidak sebesar ombak-ombak di pantai lain. Dan menurut orang-orang, sunrise dan sunset di sini yang paling bagus.



Tiket masuk plus parkir hanya 3000. Paling murah dibandingkan pantai-pantai lainnya. Banyak warung tersedia. Jadi sehabis main air, lapar, tinggal ke warung pesan makanan hehehe



Nah, demikian 12 pantai Kebumen yang wajib dikunjungi. Jadi karena satu jalur, maka teman-teman akan lebih mudah mendatanginya. O, iya. Foto-foto yang saya tampilkan di sini diambil hanya menggunakan smartphone ya.  Bahakn saya selfie sendiri hehehe.

Baca juga : Tips Selfie Pakai Smatrphone Saat Solo Traveling

Jadi maaf bila kurang prima. Tapi tanpa editan,  Jadi teman-teman bisa menikmati aslinya. Selamat berlibur.

Bambang Irwanto


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Pantai Kebumen yang Wajib Dikunjungi"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Bila berkenan, silakan meninggal jejak manisnya di komentar. Dilarang copas seluruh isi tulisan di blog ini tanpa seizin saya. Bila ingin dishare atau diposting kembali, harap mencantumkan sumbernya. Diharap tidak memasukan link hidup di komentar, ya. Maaf sekali akan saya hapus. Terima kasih dan salam semangat menulis.